Skip to main content

Nih 10 Cara Jadi Blogger Keren


Pernah tidak kamu iri melihat blogger-blogger senior hadir di berbagai acara, bertemu artis, menjadi pemateri pada berbagai seminar, bertemu klien di perusahaan ternama, dan punya banyak followers di media sosialnya? Lalu kamu sedih karena tergolong masih baru atau bahkan baru mau jadi blogger? Toss, kita sama. Saya pun sering sedih kalau lihat pribadi saya belum bisa sehebat mereka.

"Ya kan kamu tidak tahu apa yang sudah mereka perjuangkan dan korbankan," kata seorang teman saat saya mengutarakan isi hati.

Lalu saya mengiyakan. Benar juga. Bisa jadi mereka yang sibuk ke sana ke mari dan mendapatkan banyak job dari hasil pertemuannya dengan orang-orang. Kita tidak tahu kan? Beberapa dari mereka mengabaikan waktu bersantai di rumah, menonton televisi, bermain bersama hewan peliharaan, atau mengajak anak dan keluarga berlibur.

"Usaha tidak menghianati hasil kok, cuma memang selalu ada yang dikorbankan," lanjutnya.

Buat kamu (dan saya) yang masih baru mau jadi blogger dan ingin seperti mereka, saya mencoba merangkumnya jadi 10 poin. Apa itu?

1. Punya blog


Modal utama seorang blogger hanya blog. Buatlah blog. Ada banyak website yang menyediakan domain gratis kok. Tapi, maaf. Domain gratis sekarang jangan dipertahankan. Belilah domain berbayar. Ada banyak website penyedia domain-domain. Jika beruntung kamu bisa mendapatkan promo dengan harga terendah.


2. Konsep blogmu
Jangan asal membuat blog. Saya beberapa kali membuat akun baik di wordpress, blogspot, dan di beberapa website lain, tapi hasilnya nol. Karena konsep belum matang dan tidak konsisten akhirnya blog itu mati. Saya juga sudah lupa pasword untuk blog-blog lama.


Konsep dengan jelas. Apakah niche blogmu itu gado-gado, travelling, kuliner, atau yang lain. www.uwanurwan.com sih memang gado-gado. Itu tidak masalah yang penting adalah konsepnya jelas (pembenaran diri).

3. Konsisten
Biasanya ini yang sulit. Kamu tak harus menunggu ada acara atau job untuk menulis. Tulis apa saja yang ada di sekitar, misalnya tutorial menghias sandal dengan cat air, kondisi ekonomi di kotamu, atau kalau niche blogmu sudah khusus, misalnya kuliner, sering-seringlah hunting makanan lalu ulas makanan tersebut di blogmu dengan menarik. Akan sangat bagus kalau bisa berbincang-bincang dengan ownernya.


4. Pakai foto, ilustrasi, dan atau video yang menarik

Penggunaan foto menjadi daya tarik tulisan kita

Ini juga jadi PR buat saya. Blog tidak hanya dinilai dari kualitas tulisannya, tapi harus didukung foto, ilustrasi, dan video yang menarik. Tidak asal comot di galeri lalu ditempelkan di blog lo ya. No. Sebaik-baiknya apalagi seburuk-buruknya hasil foto, harus melalui proses edit. Diusahakan pakai foto terbaik untuk blog, kalau terpaksa ya bolehlah ya. Karena mungkin pada suatu momen kita terburu-buru ambil foto. Atau solusi terakhir pakai foto/video di internet. Jangan lupa cantumkan sumbernya. Apapun karya yang bukan milik kita lalu kita publish, selalu sertakan sumber.


5. Share di media sosial

Setelah menulis wajib dishare. Tag dan mention siapa saja. Ah, kalau bisa sih tag teman yang tidak terlalu mempermasalahkan postinganmu. Tidak semua orang suka ditag di media sosial apalagi jika artikel itu sama sekali tak berhubungan dengan mereka. Buatlah caption yang menarik agar teman-temanmu mau membaca tulisanmu.

6. Berkomunitas

Nah ini nih. Di dunia ini ada banyak sekali komunitas. Bergabunglah dan berkomunikasilah dengan sesamanya. Ya sesama blogger. Jangan jaim untuk menyapa terlebih dahulu. Tidak peduli berteman di media sosial atau di dunia nyata, tanpa sadar kalau kita sering berkomunikasi, namamu yang akan diingat pertama kali kalau ada sesuatu. Bisa jadi untuk berdiskusi, berbagi job, atau menawarkan untuk jadi pemateri dalam sebuah workshop. Who knows?


7. Sabar
Jika semua poin sudah dilakukan, bersabarlah. Sabar adalah jalan terbaik untuk memantaskan diri kita mendapatkan sesuatu yang lebih besar di kemudian hari. Sering-sering membaca postingan orang lain di blog mereka lalu tinggalkan komen. Itu penting lo buat menaikkan rate kita, ya Page Authority dan Domain Authority. Mereka akan membalas baca postingan kita dan berinteraksi di dalamnya. Ya, hitung-hitung menambah ilmu juga. Intinya jangan sombong untuk memulai sesuatu dengan orang lain. Ini catatan buat saya juga nih.


Dan sabar itu penting. Blogger-blogger senior yang sudah memiliki banyak relasi dan job pun mengalami hal sama saat memulai dulu. Mereka juga tertatih-tatih sampai difitnah di mana-mana, atau mengerjakan 10 artikel atau lebih dalam sehari. Kalau kamu belum mengalaminya, berarti harus berjuang lebih keras lagi. Ya memang kudu sabar. Tidak boleh pantang menyerah.

8. Aktif di media sosial


Blogger itu terkenal dengan anak alay medsos. Tiada hari tanpa posting di media sosial, baik di Twitter, Instagram, dan Facebook. Sementara media sosial yang paling disukai perusahaan ya ketiga itu. Maksimalkan jumlah teman dan followers. Branding diri sebaik mungkin. Kurangi nyinyir. Ahahah.. Ini PR banget ya. Perusahaan tentu ingin promosikan usahanya kepada pemirsa yang lebih banyak. Kalau jumlah teman dan followers kita sesuai dengan ekspektasi, perusahaan yang menggaji kita akan lebih senang.


9. Bangga


Buat apa jadi blogger tapi tidak bangga? Meski saat ini penghasilanmu masih di bawah rata-rata blogger-blogger senior, tetaplah bangga. Dengan modal itu tentu kita akan percaya diri membawa nama blog kita sendiri. Ahahaha... Ini ajang branding diri juga sih.


10. Bermodal
Oh ya poin ini lupa banget. Harusnya ada di poin pertama. Ahaha. Tapi tak apalah ya. Nah modal itu penting. Sempat disinggung di poin-poin di atas.

Misalnya nih niche blog kamu tentang travelling. Bagaimana cara kamu punya pengalaman untuk postingan terbaru kalau belum pernah keluar rumah? Ya minimal travelling ke kota terdekat. Ceritakan bagaimana keindahan kota tersebut, transportasinya, kulinernya, dan kondisi penginapan termurah. Ya memang butuh modal. Kan untuk keberlangsungan hidup blogmu juga.

Jangan salah, blogger yang mondar mandir ke sana ke mari juga mengeluarkan modal. Bangun subuh, berangkat pagi karena takut terlambat tiba di lokasi, bayar angkutan umum, kalau lokasinya jauh pun ongkos yang keluar juga lebih besar, belum lagi harus membeli vitamin agar tubuh terus fit, membeli kuota untuk live tweet, atau pasang wi-fi di rumah, apalagi.... hmmm... Pulang sampai rumah sudah gelap dan masih harus menulis. Kalau beauty blogger modalnya juga besar tuh. Harga kosmestik kan mahal, belum pakaian yang kudu dipakai harus modis. Apapun niche blogmu, jangan pernah berpikir kalau jadi blogger itu gak ada modal.

Jadi blogger memang nikmat, tapi tak selalu enak. Namanya kerja ya. Pasti ada tidak enak. Sama saja jika kita memutuskan bekerja di sebuah perusahaan. Setiap hari tidak selalu enak, ada saja waktu untuk dikomplain, dimarahi atasan, atau bahkan dimusuhi orang sekantor. Eh serem yak. Hahaha. Tapi masih mau kan jadi blogger? Yuk! (Uwan Urwan)

Comments

Paling banyak dibaca

Mengilhami Dinding Sel Supermini

Pohon mangga ( Mangifera indica ) setinggi 4 m berdiri kokoh di halaman kantor saya. Daunnya rimbun membentuk payung hidup. Saat berdiri di bawah naungannya, angin sejuk dapat saya rasakan. Tentu saja, oksigen sebagai hasil metabolisme tanaman anggota family Anacardiaceae itu membersihkan karbondioksioda di udara dan digantikan oleh unsur yang bersifat oksidator. Pantas jika setiap orang yang ternaungi, tak hanya terlindung dari terik matahari, tetapi juga merasa segar. Pohon mangga (kredit: irwantoshut.net )        Tanaman itu sangat kokoh dan konsisten berdiri bertahun-tahun bahkan kian tinggi. Meski tidak memiliki rangka seperti hewan dan manusia, tanaman (tak hanya mangga) memiliki rangka-rangka dalam berukuran mikroskopis. Rangka-rangka itu dapat disebut dinding sel. Sebenarnya tidak tepat jika saya mengatakan bahwa dinding sel adalah rangka dalam (endoskeleton) tanaman, tetapi fungsinya mirip dengan sistem rangka pada tubuh hewan. Itu terbukti pada fungsinya yang memberi be

Jamur blotong Nama Ilmiahnya Ternyata Coprinus sp.

Saya menduga jamur yang selama ini saya beri nama jamur blotong nama ilmiahnya Coprinus sp. Setiap usai musim giling, biasanya musim hujan, saya dan tetangga berburu jamur ini di tumpukan limbah blotong di dekat Pabrik Gula Wringin Anom, Situbondo. Jamur Coprinus sp . tumbuh di blotong Asli, kalau sudah tua, payungnya akan berwarna hitam seperti tinta dan meluruh sedikit demi sedikit Sudah sekian lama mencari tahu, berkat tulisan saya sendiri akhirnya saya tahu namanya, meski belum sampai ke tahap spesies . Jamur yang bisa dimakan ini tergolong dalam ordo dari Agaricales dan masuk dalam keluarga Psathyrellaceae. Selain itu, jamur ini juga suka disebut common ink cap atau inky cap (kalau benar nama ilmiahnya Coprinus atramentarius ) atau Coprinus sterquilinus (midden inkcap ) . Disebut begitu karena payungnya saat tua akan berwarna hitam dan mencair seperti tinta. Nama yang saya kemukakan juga berupa dugaan kuat, bukan berarti benar, tapi saya yakin kalau nama genusnya Copr

Bunga Telang Ungu (Clitoria ternatea) Jadi Alternatif Pengganti Indikator PP Sintetis

Makin ke sini, ketenaran bunga telang (Clitoria ternatea L.) kian meluas. Banyak riset terbit di internet, juga tak ketinggalan pecinta herbal dan tanaman obat ikut berkontribusi memperluas infromasi itu.  Bunga telang ungu, tanaman yang juga dikenal dengan nama butterfly pea itu termasuk endemik karena berasal dari Ternate, Maluku, Indonesia. Meski begitu, banyak sumber juga mengatakan bahwa bunga telang berasal dari Afrika, India, Amerika Selatan, dan Asia tropis. Banyak info simpang siur karena sumber-sumber yang aku baca pun berasal dari riset-riset orang. Nanti jika ada waktu lebih aku akan melakukan riset lebih dalam mengenai asal usulnya. Antosianin bunga telang merupakan penangkal radikal bebas Kredit : researchgate.net Bunga telang kaya akan antosianin. Antosianin adalah golongan senyawa kimia organik berupa pigmen yang larut dalam air, menghasilkan warna oranye, merah, ungu, biru, sampai hitam. Tak hanya pada bunga Clitoria ternatea, antosianin juga ada di banyak buah dan say

100 Blogger Keren Berkumpul! Orang-orang Terbang ke Jakarta Demi Momen Ini...

Dunia blogger bukan lagi sekadar hobi, tetapi sebuah panggung untuk menggali potensi tak terduga. Menemukan ratusan blogger dari berbagai latar belakang dan talenta yang beragam adalah sebuah pengalaman yang luar biasa. Mereka tidak hanya menulis, tetapi juga menjadi fotografer, desainer, dan penggiat seni lainnya. Bergabung dalam komunitas yang beragam ini membuka mataku tentang keberagaman dan kemungkinan yang tak terbatas di dunia maya. Keajaiban Acara BloggerDay 2024: Inspirasi, Peluang, dan Persahabatan BloggerDay 2024 adalah magnet bagi blogger dari seluruh Indonesia. Acara ini bukan hanya tentang berbagi tips dan trik, tetapi juga tentang membangun hubungan, menciptakan peluang, dan menemukan teman sejawat. Bertemu dengan 100 blogger keren dari berbagai penjuru memberikan energi dan inspirasi yang luar biasa. Ini adalah momen langka di mana bakat, kreativitas, dan semangat bersatu untuk merayakan kekuatan komunitas. Mendekati Masa Depan Blogger dengan Dukungan Para Sponsor Acara

Bagaimana menu isi piringku yang benar?

Sering mendengar frase Isi Piringku? Hem, sebagian orang pasti tahu karena kampanye yang dimulai dari Kementerian Kesehatan ini sudah digaungkan di mana-mana, mulai dari media sosial, workshop-workshop kesehatan di daerah-daerah, dan sosialisasi ke ibu-ibu begitu ke Posyandu.  Slogan Isi Piringku menggantikan 4 Sehat 5 Sempurna Isi Piringku adalah acuan sajian sekali makan. Kampanye ini sudah diramaikan sejak tahun 2019 menggantikan kampanye 4 sehat 5 sempurna. Empat sehat lima sempurna terngiang-ngiang sekali sejak kecil. Terdiri dari nasi, lauk-pauk, sayur-mayur, buah-buahan, dan susu adalah kombinasi sehat yang gizinya dibutuhkan tubuh, sebab mengandung karbohidrat, protein, vitamin, dan mineral, susu adalah penyempurnanya. Kenapa harus berganti slogan?  Slogan 4 Sehat 5 Sempurna yang aku tangkap maknanya, dalam setiap makan harus ada empat komposisi dan susu. Mengenai jumlahnya, aku bisa ambil nasi lebih banyak dengan sedikit sayur atau sebaliknya, atau sebebas-bebasnya kita saja.

Alun-alun Situbondo Dulu dan Sekarang

Alun-alun ibarat pusat sebuah kota, semua orang bisa berkumpul di tempat itu untuk berbagai kegiatan, sebagai ruang publik, ruang sosial, dan ruang budaya. Alun-alun sudah ada sejak zaman Kerajaan Majapahit. Umumnya alun-alun dikelilingi oleh masjid, pendopo, penjara, dan area perkantoran dan dibatasi oleh jalan. Dulunya area ini dipagari Begitu pun Alun-alun Situbondo, batas selatan adalah pendopo, batas barat adalah Masjid Agung Al-Abror, batas timur adalah penjara, dan area perkantoran ada di bagian utara. Dulu, ada pohon beringin besar di tengah-tengah alun-alun Situbondo. Aku tidak ingat betul seberapa besar tapi yang aku tahu dulu ada di tengah-tengah. Masjid Al-Abror juga sudah jauh lebih bagus sekarang Alun-alun Situbondo pernah punya pohon beringin besar Gerakan protes pada akhir masa kepemimpinan Presiden Abdurrahman Wahid, tahun 2001, memicu gerakan besar yang menumbangkan sekitar seratus pohon, termasuk pohon beringin di alun-alun karena dianggap sebagai simbol partai Golka

Styrofoam Aman Digunakan Kok. Siapa Bilang berbahaya?

Hasil pengujian Badan POM RI terhadap 17 jenis kemasan makanan styrofoam menunjukkan bahwa semua kemasan tersebut memenuhi syarat, artinya styrofoam aman digunakan. Sampai detik ini tidak ada satu negara pun melarang penggunaan styrofoam atas dasar pertimbangan kesehatan. Pelarangan penggunaan styrofoam, nantinya akan jadi sampah non organik, di beberapa negara biasanya berhubungan dengan pencemaran lingkungan. Padahal daur ulang styrofoam sangat mudah. Menurut JECFA-FAO/WHO monomer stiren pada wadah gabus tidak mengakibatkan gangguan kesehatan jika residunya berada di ambang batas 40-500 ppm. Kalau mencapai 5000 ppm bisa menyebabkan kanker. Bungkus makanan hangat pakai styrofoam aman kok Kemasan makanan styrofoam ternyata sebagian besar adalah udara Badan POM RI menguji 17 jenis kemasan, antara lain berupa gelas POP MIE rasa baso, gelas POP Mie Mini rasa ayam bawang, mangkuk NISSIN Newdles Mie Goreng Pedas Kriuk Bawang, mangkuk Bowl Noodle Soup Kimchi flavour Vegetal, kot

Insto Dry Eyes: Rahasia Menghadapi Mata Kering dan Computer Vision Syndrome

Pernahkah kamu merasakan matamu berkunang-kunang dan migrain setelah seharian menatap layar hape? Aku mengalaminya. Aku, Uwan Urwan, seorang pengembara kata, pemburu cerita, dan pencipta puisi, nyaris terjebak dalam jerat kecanduan layar. Mata yang lelah dan kering menjadi teman setia. Pengalaman Mata Kering karena Terlalu Lama Menatap Layar Hape Keseharianku sebagai seorang blogger, kreator konten, dan penulis puisi membawaku dalam aliran teknologi, menyulut pancaran cahaya layar sepanjang hari. Awalnya hanya urusan pekerjaan, namun perlahan, kebiasaan membuka hape dan laptop terus menggelayuti, meski cahaya pekerjaan telah surut. Mataku pun menjadi korban kelelahan yang terabaikan. Dalam dunia maya, aku menemukan kebahagiaan berinteraksi, meresapi riset para peneliti, dan terbius oleh pancaran cahaya teknologi. Sulit untuk melepaskan diri dari belenggu kecanduan layar hape, bahkan dalam momen-momen sederhana sehari-hari. Namun, kebahagiaan hakiki ditemukan ketika berada di tengah-ten

Beli follower atau organik?

Follower Instagram . Mau banyak atau sedikit tergantung tujuan kita punya akun itu. Tidak semua orang punya orientasi untuk menjadikannya ladang bisnis. Beberapa orang hanya sekadar bahagia posting foto selfie , curhat, dan kehidupan sehari-hari. Ada yang postingannya bagus dan terstruktur, tapi tak sedikit juga yang amburadul dalam postingannya. Jujur, foto dan caption yang tidak menarik (jelek, red ) di Instagram bisa jadi sangat mengganggu. Jangan berharap followers bertambah. Berbeda jika kita posting gambar asal di Facebook, Twitter, atau Path . Orang akan maklum. Namun, segmen dunia Instagram jelas berbeda.  Jangan sekali-kali posting foto blur , tidak jelas maksudnya, atau entahlah pokoknya tidak enak dilihat karena itu sangat berpengaruh pada masa depan followers kita, yang notabene pasti teman kita sendiri. Jangan sedih kalau follower kita berkurang setiap hari atau bahkan teman kita unfollow . Jangan sedih . Akun dengan foto dan caption keren saja sering menjadi k

Teknologi Scanner dan Printer yang Makin Hebat

Kebutuhan scan dan cetak dokumen sudah sejak dahulu kala ada dan masih diperlukan. Meskipun saat ini sudah banyak perusahaan, organisasi, sekolah, dan kampus yang beralih online, tapi untuk kebutuhan tertentu, dokumen hardcopy sangat penting. Meskipun ada aplikasi scanner, keberadaan scanner yan dijual secara offline tak mengurangi peminatnya sebab secara kualitas aku sangat puas dengan scanner yang mesin. Scanner sekarang pun spesifikasi dan fiturnya lebih canggih, tak perlu repot lagi mencari apliksi scanner tanpa watermark. Kita bisa scan apa saja termasuk scan kartu vaksin. Sementara itu printer terbaik 2021 pasti tergantikan dengan printer terbaik 2022 karena teknologi selalu berkembang.  Scanner tanpa watermark, memindai dua sisi dalam sekali scan Perlu scan dokumen yang di dalam satu kertas, dua sisinya ada tulisannya? Aku punya rekomendasi buat kamu, yaitu HP ScanJet Pro N4000 snw1 Sheet-feed Scanner. Panjang sekali ya namanya. Hehe. Scanner ini tentu akan mempermudah pekerjaan