Cara Menggunakan Kamera DSLR Canon 1000D Secara Maksimal

Setiap pecinta fotografi maupun fotografer pasti menginginkan tampilan gambar dengan detail yang jelas, kontras yang baik serta maksimal. Meskipun bahkan definisi foto yang yang jelas dan detail akan berbeda tiap orang. Apalagi untuk kamu yang baru belajar fotografi menggunakan kamera DSLR Canon 1000D. Jika kamu penasaran dan ingin belajar lebih lanjut, berikut ini adalah cara menggunakan kamera DSLR Canon 1000D secara maksimal.


Menjaga sikap badan saat pengambilan gambar


Pengambilan gambar dengan menggunakan cara handheld memang membutuhkan perhatian ekstra dan lebih hati — hati, hal ini karena tubuh manusia memiliki banyak bagian yang bisa bergerak sendiri sekalipun sudah ditahan. Bahkan gerakan kecilpun membuat kamera bergoyang saat mengambil gambar.

Jadi sebaiknya sikap tubuh sangat penting untuk dikontrol. Lebih baik sandarkan badanmu pada sesuatu yang kokoh seperti dinding, pagar, batu besar ataupun sekedar menahan nafas pada saat menekan tombol shutter. Ini akan sangat membantumu dalam mengurangi goyangan atau gerakan berlebihan. 

Menggunakan tripod 


Cara menggunakan kamera DSLR Canon 1000D yang selanjutnya adalah jangan lupa gunakan tripod. Kelebihannya adalah kamu bisa mendapatkan ketajaman gambar yang maksimal serta bisa mengurangi getaran pada kamera terutama yang berasal dari getaran tangan atau bagian tubuh lainnya. Meskipun tidak seluruh waktu menggunakan tripod, namun hal ini akan sangat dibutuhkan dalam mengambil gambar. 

Gunakan self timer atau Cable release


Selain penggunaan tripod, ternyata mengatur self timer juga bisa mengurangi getaran saat menekan tombol shutter. Bahkan sehalus apapun menekan tombol shutter, pastinya akan selalu ada resiko getaran kecil yang bisa mengurangi ketajaman gambar. Dalam cara menggunakan kamera DSLR Canon 1000D ini, kamu bisa memanfaatkan self timer dengan waktu jeda selama 2 detik atau 10 detik tergantung kebutuhan.  

Mirror Lock Up


Kamera DSLR Canon 1000D dilengkapi dengan fasilitas mirror lock up yang berfungsi untuk mengunci gerakan cermin pembidik yang ada di dalam badan kamera. Kemudian cermin ini akan mengangkat sesaat sebelum pengambilan gambar dimulai. Dengan fasilitas ini meskipun terdapat sentakan cermin tidak akan mempengaruhi hasil foto yang diambil.

Shutter speed


Shutter speed merupakan komponen yang penting dalam kamera. Sebaiknya gunakan shutter speed sesingkat mungkin untuk mendapatkan hasil gambar yang maksimal. Kamu bisa menggunakan rumus 1/focal length.


ISO Speed


Selain shutter speed, pada ISO speed kamu harus menyettingnya seminimal mungkin. Sebaiknya ubah nilai ISO hanya pada saat dibutuhkan atau saat setting Aperture dan Shutter speed tidak bisa menolong lagi.

Gunakan mode RAW Format


Bagian terakhir dari cara menggunakan kamera DSLR Canon 1000D adalah dengan memotret menggunakan mode RAW Format. Dengan begitu, foto masih bisa terbuka dan diproses lebih lanjut menggunakan Software Digital Photo Professional bawaan kamera ini sendiri.

Hal ini sangat berguna untuk pengguna kamera DSLR  Canon 1000D yang mungkin kurang maksimal dalam memperbaiki settingan warna serta ketajaman dalam pengambilan foto. Dengan mode ini maka pengguna bisa fokus hanya pada pengaturan komposisi gambar dan juga setting exposure. 

Itulah bagaimana cara menggunakan kamera DSLR Canon 1000D dengan maksimal. Sangat mudah sekali bukan? Kamu bisa berlatih untuk menghasilkan gambar yang baik secara rutin agar terbiasa dan tidak bingung dalam mengatur kamera. Semoga bermanfaat.

No comments: