Ingin Wisata Kuliner di Medan, Lihat Referensi Ini

Melakukan perjalanan wisata ke suatu daerah tidak lengkap jika tidak diiringi dengan melakukan aktivitas berburu kuliner. Apalagi daerah tersebut sangat terkenal dengan aneka wisata kulinernya yang menggugah rasa.

Kota Medan adalah salah satu tempat di mana kamu bisa menemukan berbagai keunikan rasa. Berbagai panganan dan minuman unik khas kota ini, mampu membuat kamu tidak ingin segera meninggalkan kota temuan Guru Patimpus Sembiring itu begitu cepat.

Kamu bisa menemukan beragam kuliner di setiap sudut kota ini. Tak hanya satu atau dua jenis, kamu tentu akan menemukan banyak sekali makanan enak di kota ini. Perpaduan budaya dan adat istiadat masyarakat kota Medan mampu menghadirkan berbagai kuliner nusantara yang sangat sayang untuk kamu lewatkan.

Nah, jika ingin merasakan kuliner khas kota Medan maka segeralah datang ke kota ini. Kamu bisa menggunakan jasa pesawat terbang dari luar provinsi Sumatera Utara untuk mencapai kota ini. Namun, jika kamu masih berada di Provinsi Sumatera Utara, seperti Binjai, Siantar, Kisaran atau Rantau Parapat, kamu bisa mengandalkan transportasi massal darat, seperti kereta api untuk bisa tiba di kota Medan.

Ya, PT Kereta Api Indonesia juga menyediakan layanan jasa kereta api yang bisa kamu nikmati di wilayah Sumatera, khususnya Sumatera Utara. Kamu bisa menggunakan fasilitas ini mulai dari Bandara Internasional Kualanamu hingga ke daerah-daerah yang sulit dijangkau dari kota Medan.
Layanan transportasi ini tentu akan memudahkan kamu untuk bisa menikmati berbagai wisata di kota Medan. Kamu bahkan tidak perlu membayar mahal untuk sebuah tiket kereta api menuju kota Medan. Cukup dengan biaya mulai dari Rp25ribu hingga Rp100ribu, kamu sudah bisa menggunakan jasa transportasi ini setiap saat.

Selain harga yang relatif terjangkau, pemesanan dan pembelian tiket kereta api kini juga dikemas secara efisien. Jika kamu ingin menghemat waktu, maka kamu kini tidak lagi perlu membeli tiket langsung di loket asal. Kamu bisa melakukan pembelian tiket kereta api Medan di Traveloka, sebagai salah satu layanan berbasis online yang telah bekerjasama resmi dengan pihak PT KAI.
Tiket online yang sudah kamu bayar nantinya akan menjadi tiket sementara. Kamu harus mencetak tiket asli di stasiun kereta api asal, beberapa saat sebelum waktu keberangkatan. Setelah semua masalah tiket selesai, kini kamu sudah bisa menulis daftar rencana wisata kuliner kamu di kota Medan kali ini.

Untuk memudahkan kamu menemukan tempat-tempat kuliner yang memikat lidah, saya akan memberikan kamu beberapa referensi kuliner yang patut kamu coba, antara lain :

1.      Durian

Selain bika ambon yang sudah terkenal sejak lama, kota Medan sangat terkenal dengan aneka durian yang menggugah selera. Itulah mengapa, pastikan kamu untuk berburu durian saat berada di kota ini. Medan memiliki banyak penjaja durian di setiap sudut kota. Namun, jika kamu ingin makan di tempat atau membawa pulang durian sebagai oleh-oleh kamu perlu mencari penjaja durian yang sudah menyediakan jasa packing durian.


2.       Wisata kuliner Jalan Semarang

Jangan mengaku sudah tiba di kota Medan jika kamu belum menikmati aneka kuliner di Jalan Semarang. Kawasan ini berada di pusat kota yang didominasi oleh bangunan-bangunan lama serta toko-toko yang beroperasi di pagi hari. Kamu bisa mencoba aneka mie seperti chinesse food noodle atau mie pangsit khas Medan serta martabak mini saat berada di tempat ini.


3.      Lontong Medan

Tidak hanya kota-kota di pulau Jawa yang memiliki kuliner berupa lontong. Kota Medan juga memiliki sajian kuliner berbahan dasar lontong yang sungguh menggugah selera. Perpaduan kuah santan yang kental, ikan teri kacang serta kerupuk berwarna merah menjadi ciri khas makanan yang satu ini. 



Lontong medan (kredit: masclink.blogspot.co.id)


Selain lontong, jangan lupa juga mencicipi nasi gurih, nasi lemak atau lupis Medan. Beberapa penjual lontong medan biasanya menjual serangkaian makanan ini, sehingga memudahkan kamu untuk menemukannya.

4.      Merdeka Walk
Jika ingin merasakan sensasi menikmati kuliner di malam hari bersama para pemuda kota Medan maka berkunjunglah ke kawasan Merdeka Walk. Tempat ini merupakan salah satu kawasan yang diubah sebagai sentra kuliner khas kota Medan.

Tak hanya menikmati kuliner, kamu juga bisa melihat berbagai acara menarik seperti live music yang seringkali dihadirkan pada saat-saat tertentu.





19 comments:

Azzura Lhi said...

Asik kali lah andai saya bisa menjejakkan kaki di Medan.
Apalagi sekarang masalah tiket gak perlu pusing lagi, tinggal klik.. Hahah

Dewi Nuryanti said...

Medan itu bukan cuma terkenal lontong medan, durian dan bika ambon Zulaikha atau Bolu Meranti doang. Tapi banyak kuliner yg khas dan bikin ketagihan. Pecel Medan uendeees bgt lho! Aku aja selalu kangen dtg ke Medan.5thn lebih tinggal di Medan jadi jatuh cinta dg kota ini

Amanda Desty Yunistyani said...

pengen ke medan tapi masih belum terealisasi. medan khas sekali duriannya ya.. tapi karena saya gak doyan durian mungkin kalau suatu saat kesana bisa coba lontong medan, masi gurih, nasi lemak, mie pangsit atau lupis medannya ;)

Tira Soekardi said...

wah aku penasaran dg lontong medan , kapan bisa ke medan dan di sini belum ada yang jual

Adiitoo said...

Betul banget. Ke Medan tanpa wisata kuliner seperti dekatin gebetan tanpa nembak, sia-sia. #alah

Mamaku untungnya orang Medan yang bisa masak lontong medan dan lupis Medan. yummy

Bimo Aji Widyantoro said...

wah ini, makanan. Pokoknya traveling tanpa kulineran kayak hambar rasanya. Saya penasaran tuh dengan lontong meda, pernah sih nyobain tapi kayaknya belum dapet rasa pasnya kalau gak langsung ke tempat asalnya.

Rach Alida Bahaweres said...

Aku dua kali ke Medan dan selalu makan durian. Soalnya enaak, mas :)

uwanurwan said...

aamiin.. segera kak...

uwanurwan said...

aku blm pewrnah m akan pecel meda.. hmmmm... beklah kalo k sana lagi beli pecelnya ah

uwanurwan said...

iya bener. tanpa makan durian keknya g enak deh.......


ak durian.. pengen makan lagi

Nusantara Adhiyaksa said...

Durian Medan emang TOP MARKOTOP dah .....
sayang gak bisa dibawa di pesawat jika packing dan lewat bagasi ...

uwanurwan said...

bikin sendiri coba kak.. hehehe

uwanurwan said...

widiii.. bisa ni kapan2 dimasakin sama si ibuk kalo k jakarta. wkwkkw

uwanurwan said...

harus ke medan berarti kak

uwanurwan said...

ahaha.. durian emang enak ya tyernyata...

lianny hendrawati said...

Belom pernah ke Medan nih. Pengin nyobain kulinernya.

uwanurwan said...

makasih mas. btw webnya blm ada tulisan ya? itu suka minta layanan gt. wkwkwk...

uwanurwan said...

aku pernah sekali kak. g puas. cuma bentar huhuhuh

Wichan said...

Alhamdulillah fotonya enggak semua ada. Mupengku terselamatkan. Hahhahaha

Instagram