(Sebuah Film) Catatan Akhir Kuliah

July 15, 2015


     Menonton trailer film Catatan Akhir Kuliah (tonton di sini), membuat saya kembali pada masa empat tahun silam. Tahun 2011—2012 adalah saat-saat saya berkutat dalam hiruk-pikuk penelitian akhir demi kelulusan. Ada banyak hal kocak dan kisah sedih saat menjadi mahasiswa semester akhir. Saya percaya jika setiap orang memiliki cerita masing-masing menjelang lulus sarjana.
      Film ini sengaja diangkat dari sebuah novel berjudul sama karya Sam Maulana. Tokoh utama dalam film ini bernama Sam (Muhadkly Acho). Kisah persahabatan bersama Sobari (Ajun Perwira) dan Ajeb (Abdur) disuguhkan dengan apik. Mereka bertiga adalah mahasiswa semester akhir yang berjuang dengan skripsinya. Pada suatu waktu mereka berjanji untuk menyelesaikan kuliah segera untuk wisuda bersama.
     Berpuluh-puluh kali naskahnya harus direvisi. Ia tampak stress terlebih kedua sahabatnya telah tuntas menyerahkan skripsinya. Itu jelas-jelas mengingatkan saya saat sebagian besar teman-teman angkatan saya lulus kuliah terlebih dahulu, sementara saya masih berkutat dengan penelitian. Kehidupan kampus semakin menyeramkan saat banyak rekan-rekan atau keluarga yang bertanya, “Kapan lulus?” Saya harus melewati satu semester tambahan untuk lulus. Perasaan yang sama pasti terjadi pada Sam.
     Sam kian terpuruk saat tahu si Kodok (Dina Anjani), gebetannya, telah memiliki kekasih. Merasa frustasi, ia kemudian meminta Wibi (Elizya Mulachela) untuk menjadi pacarnya. Tak disangka, Wibi menolak lantaran memilih bersetia dengan kekasih di kampung halaman.  Sama seperti saya, meski terpuruk dalam kehidupan kelam untuk menghindari cap ‘mahasiswa abadi’, Sam pun berusaha bangkit. Tapi saya masih penasaran bagaimana endingnya? Jay Sukmo telah sukses membuat saya, mantan mahasiswa yang telat lulus, ingin menjejakkan pandangan selama beberapa jam dalam film ini. Mungkin gak sih si Sam melaksanakan wisuda bersama sahabatnya? Menurut saya sih iya. Sam akan berjuang mati-matian pada detik-detik mencekam itu. Tapi masak iya? 
      Nah lo… Penasaran…. Film ini akan tayang serentak di seluruh bioskop di Indonesia tanggal 30 Juli 2015. Don’t miss it, Guys! Bagi kalian yang ingin nonton bareng pemainnya simak terus websitenya darihatifilms.com dan twitternya  CAKthemovies (Uwan Urwan)

You Might Also Like

1 komentar

  1. Kayanya seru ya Kang... Pengen nonton nih... ikutan kepo :D

    ReplyDelete

Sangat senang kalau kamu berkenan meninggalkan komentar di sini. Kamu jaga kesehatan ya. 💪

Instagram