Stay Halal untuk 10 Sektor Ini!

Sebagai negara mayoritas muslim, halal bukan hanya mengacu pada makanan, tapi sebenarnya ada 10 sektor yang harus stay halal, yaitu makanan, keuangan, fashion, media dan rekreasi, farmasi, wisata, kosmetik, eduksi, pelayanan medis dan kesehatan, serta seni dan budaya. Meski logo halal baru sempat jadi kontroversi, penting sekali untuk memastikan produk-prdoduk di 10 sektor di atas itu halal atau tidak. Sebab tak jarang saat ada produk yang diragukan kehalalalnya selalu ramai jadi pusat perbincangan, termasuk saat pandemi, "Apakah vaksin halal?"


Stay Halal


Kita pasti mengira bahwa “halal” itu hanya untuk muslim, padahal tidak. Jetti Rosila Hadi, Vice Chairwoman Indonesia Halal Lifestyle Center dalam webinar “Gaya Hidup Halal Fondasi Indonesia Sehat dan Kuat” bersama Danone Indonesia di live streaming akun Youtube CNN Indonesia mengatakan bahwa halal itu untuk semua orang. Halal mengacu pada objek atau tindakan apa pun yang diizinkan untuk digunakan, dikonsumsi, atau dilakukan menurut hukum Islam.


Berdasarkan surat Al Baqarah:168 yang mengatakan, “Wahai manusia! Makanlah dari (makanan) yang halal dan baik yang terdapat di bumi, dan janganlah kamu mengikuti langkah-langkah setan. Sungguh, setan itu musuh yang nyata bagimu.” Dalam surat tersebut menyatakan bahwa hal yang halal bukan hanya untuk orang muslim, tapi manusia. Itu pun tidak berdiri sendiri, halal harus diiringi dengan tayyib, di mana tayyib artinya bersih, baik, sehat, dan aman dikonsumsi serta menyehatkan dan bermutu.

Stay halal dalam keseharian

Penting sekali memerhatikan kehalalal dalam sebuah produk atau kegiatan, sebab kegiatan kita sehari-hari tak lepas dari menggunakan produk, entah itu untuk dimakan atau dipakai. Garis besarnya seperti ini


Bangun tidur dan mandi

Stay Halal
Bangun tidur masih mager mau ngapa-ngapain tapi pasti ke kamar mandi


Saat bangun tidur kita masih di kasur. Yang kita pakai saat itu adalah pakaian, kasur, bantal, selimut, dan bedcover. Barang-barang yang aku sebutkan haruslah halal. Begitu bangun, kita pasti ke kamar mandi, membersihkan diri. Umumnya, yang kita pakai selanjutnya adalah sikat gigi, sabun mandi, pakaian bersih, alas kaki.


Salat lima waktu

Stay Halal


Kewajiban seorang muslim adalah salat lima waktu. saat bangun di pagi hari, harus menjalankan salat subuh. Yang kita pakai adalah pakaian bersih, sarung, sajadah. Alat-alat untuk dipakai salat haruslah bersih dan halal, jika tidak salat kita mungkin tida sah.


Olahraga

Bagi yang rutin olahraga di pagi hari atau di waktu tertentu, tentu perlu pakaian olahraga, termasuk sepatu dan kaos kaki.


Baca juga: Pengobatan Kusta Gratis di Puskesmas


Sarapan pagi, makan siang, makan malam

Setiap orang pasti membutuhkan makan setiap hari, minimal dua kali. Makanan yang kita makan haruslah halal dan tayyib agar terhindar dari penyakit. Ada beberapa jenis makanan yang tidak boleh dimakan umat muslim dan tidak halal, di antaranya daging babi, daging binatang bertaring, darah, dan lain-lain. Makanan-makanan tersebut dilarang karena menurut Islam tidak aman dan tidak sehat.

Konsumsi produk kesehatan

Tak hanya orang sait, orang sehat pun kerap mengonsumsi suplemen, jamu, dan obat-obatan untuk menjaga kesehatan tubuh. Tak sedikit bahan obat yang mengandung bahan-bahan yang tidak halal. Untuk itu sebaiknya dihindari, kecuali dalam keadaan darurat. Isu halal memang bisa jadi sorotan, termasuk pertanyaan vaksin halal, apakah vaksin pfitzer halal atau haram? apakah vaksin booster halal? apakah vaksin moderna halal atau haram?

Aktivitas rutin

Setelah itu biasanya kita punya aktivitas harian yang memang biasa dilakukan, misalnya belajar di sekolah atau bekerja. Prinsip belajar dan bekerja adalah ibadah. Tentu perlu sekali jika kegiatan yang kita laukan dan peralatan yang kita pakai itu halal agar lebih berkah.


Perawatan diri

Zaman sekarang, hampir semua orang melakukan perawatan diri, apalagi yang pekerjaannya berhubungan dengan orang lain, minimal pembersih wajah. Sebagian yang lain perawatan tubuhnya bisa lebih lengkap, mulai dari perawatan kuku, perawatan kai, perawatan wajah (yang tidak hanya satu produk), perawatan rambut, dan lain-lain. Gaya hidup halal tidak lengkap jika scincare dan kosmetik yang kita pakai tidak halal.


Indonesia jadi pangsa pasar terbaik untuk gaya hidup halal

Stay Halal


Jaminan halal untuk setiap sektor sangat penting karena sudah jelas sebelum dikonsumsi (makanan) sudah melakukan prosedur tertentu, apalagi yang produk kemasan pabrik. Ada proses sertifiksi halal juga agar bisa dikonsumsi semua orang, terutama umat muslim. Apalagi isu halal memang jadi makanan empuk untuk digoreng di media online termasuk di media sosial. Persoalan logo halal baru saja yang sempat ramai menuai banya hujatan, belum lagi isu mengenai termasuk pertanyaan vaksin halal, apakah vaksin pfitzer halal atau haram? apakah vaksin booster halal? apakah vaksin moderna halal atau haram?


Baca juga: Pilih Furnitur Desain Unik atau Furnitur Ergonomis?


Indonesia merupakan pasar konsumen halal terbesar di dunia dengan 184 miliar dolar beanja konsumen tahun 2020. Melihat kondisi tersebut, peluang bisnis halal di berbagai sektor di beberapa negara jadi besar. Ada tiga peluang utama yang perlu dikembangkan, yaitu pertumbuhan ekspor, subtitusi impor, dan pertumbuhan investasi asing.


Tak heran juga banyak negara membuka bisnis halal, seperti wisata, restoran halal, dan lain-lain karena masyarakat muslim terutama di Indonesia juga suka melancong ke luar negeri. Sempat ada Focus Group Discussion (FGD) yang Indonesia ikuti bersama 18 negara lain untuk jaminan produk halal, yaitu Australia, Tiongkok, Denmark, EU, India, Inggris, Italia, Jepang, Jerman, Korea Selatan, Norwegia, Prancis, Singapura, Swedia, Vietnam, Selandia Baru, Hongaria, dan Belgia. Produk halal saat ini memang jadi salah satu perhatian terbesar dunia karena punya pasar besar dan sangat menjanjikan.


Sementara itu Danone Indonesia sebagai salah satu produsen air minum (Aqua, Mizone, Vit) dan specialized nutrition (Nutrition Royal, SGM, Bebelac, Fortifyt, dan lain-lain) juga memerhatikan kehalalan produknya dari hulu ke hilir. Itu bermula dari komitmen Danone Indonesia yang menjadi pondasi keberlangsungan industri di Indonesia. 


Stay Halal


Danone Indonesia menghasilkan produk air minum tak hanya dalam bentuk kemasan botol tapi galon guna ulang, di mana proses sebagian kemasannya juga merupakan hasil daur ulang. Produknya tak hanya stay halal, tapi kualitas, keamanan, kebersihan, dan lain-lain terjaga. Untuk itulah, Danone Indonesia punya tim internal untuk memastikan bahan baku sampai diposes menjadi produk kemasan tetap halal agar semua lapisan masyarakat bisa mengonsumsi.

Tak hanya itu, perlu juga ada sertifikasi halal karena harus mendapatkan persetujuan dari pihak yang berwenang bahwa produk-produknya aman dikonsumsi dan stay halal. Bagaimana? Apakah kamu sudah melakukan gaya hidup halal sehari-hari? Dan apakah produk dari industrimu itu sudah stay halal? Jangai sampai industrimu tutup karena orang ragu seperti pertanyaan vaksin halal, apakah vaksin pfitzer halal atau haram? apakah vaksin booster halal? apakah vaksin moderna halal atau haram? dan jadi ramai di medis sosial seperti kasus logo halal baru. Hehe...


 #gayahiduphalal #DanoneIndonesia 

1 comment:

Suciarti Wahyuningtyas (Chichie) said...

ya ampun emang deh ya kalau puasa gini tuh baca stay aja kebacanya satay, gimana nih coba? Tapi kalau sebagai umat muslim aja nih, halal itu wajib hukumnya.