Membuat Gambar Ilustrasi Digital Pake Hape

Kesulitanku selama membuat ilustrasi manual cuma di ribetnya. Ribet, bikin kotor, terus males beres-beresnya, ditambah kudu nungu kering, abis itu kudu discan, setelah discan aku harus edit dulu pake aplikasi (ngebersihin, motong, ngebenerin warnanya), baru posting di medsos. Keribetan ini yang bikin aku penasaran membuat gambar ilustrasi di hape. Aku cari-carilah aplikasi menggambar di hp, ketemulah beberapa, tapi masih keasyikan bikin ilustrasi pake cat poster.
 
Membuat Gambar Ilustrasi uwan urwan

Membuat ilustrasi manual serius gak enak?

Aslinya aku lebih puas ngegambar di kertas. Gak ada tandingannya sih emang bikin gambar ilustrasi manual. Pas ngecampur warna, ada perasaan yang masuk ke dalam warna itu sendiri. Begitu warna disapukan terus dikombinasiin sama warna lain biar bergradasi, jiwaku kayak nyatu gitu. Begitu kering aku senyum-senyum sendiri ngeliat hasilnya dan bakalan dibuka-buka terus karena bangga sama diri sendiri, “Aku keren juga!”
 
Di sisi lain, hal yang bikin ribet itu bikin aku mikir dua kali. Iya sih ada perjuangan ada kepuasan. Rasa puasnya gak ada yang nandingin. Cuma kalo aku bikin ilustrasi pake aplikasi menggambar di android, keribetan itu keapus. Coba ni dipikir-pikir, pertama nyiapin bahan dan alat (kalo belum punya mah beli dulu cat, kuas, dan kertasnya. Itung aja berapa biaya yang kudu dikeluarin buat itu), terus nyiapin aer dan kertas. Pokoknya kalo mau membuat ilustrasi manual kudu siap lahir batin, soalnya sekali menggambar gak bakal berhenti di satu gambar aja. Pasti lanjut dan lanjut lagi sampek capek.
 


Kelar ngegambar kudu aku scan. Sementara gak punya scanner, aku kudu ke toko sebelah buat scan. Per gambar aku kudu bayar Rp5.000. Sekali scan aku biasanya batesin sampek lima gambar aja, kalo kebanyakan nanti aku kehabisan duit. Toh mikirnya buat feed Instagram yang gak tiap hari posting juga kan. Bayangin kalo aku scan 10 gambar, abis Rp50ribu.
 
“Dih, perhitungan banget. Itu kan investasi buat masa depan!” 
 
Membuat Gambar Ilustrasi uwan urwan


Ya gimana. Kalo banyak duit, aku scan semua gambar-gambarku sekalian, bisa 20 gambar, berarti total 100ribu. Duit 100ribu cuy, kueman-eman, apalagi lagi pandemi gini. Pemasukan seret, eh pengeluaran mencret. Wkwk..
 

Membuat gambar ilustrasi pake hape aja

Alat menggambar digital memangkas banyak langkah ribet kalo dibandingin sama manual. Iyalah, aku ga perlu nyiapin kertas, cat, kuas, aer, serbet, dan duit buat scan gambar. Aku cari-cari aplikasi menggambar di hp, aplikasi menggambar di android demi membuat ilustrasi digital. Install ini, cobain, bingung, uninstall. Instal lagi, cobain, bingung, uninstall. Wkwk. Labil banget.

Baca juga :

Dari Hobi Gambar Abstrak Sampai ke Melukis Tas Goodiebag

Kalo Gak Bisa Gambar, Bisa Jadi Ilustrator Gak?



Terus tanya-tanya sama temen yang pake alat menggambar digital juga, kayak gampang dan enak banget makeknya. Ternyata pada pake Procreate. Yaelah, itu kan adanya di IOS. Hapeku android. Bikin pengen beli Ipad kan?  Ntar aja deh kalo udah ada duit belinya. Terus buka-buka Youtube, ketemulah sama alat menggambar digital, aplikasi Ibispaint X. Install duu ni sambil liat-liat tutorial. Cuma bisa o o o doang dan langsung praktek. Eh, ternyata seru.
 
Membuat Gambar Ilustrasi uwan urwan

Selama pandemi aku buka-buka Youtube ngeliat tutorial bikin gambar pake aplikasi itu. Mau belajar aplikasi lain males, nanti kepalaku tambah botak. Pokoknya aku ulang-ulang sampek paham. Aku bikin langkah membuat ilustrasi ya, subbab baru.
 

Langkah membuat gambar ilustrasi di hp

Jadi, karena aku dah keduluan buka-buka tutorial makek aplikasi Ibispaint X, makanya aku terusin. Sebenernya kesalahan sebelumnya pas aku install aplikasi ngegambar di hp terus coba-coba ngegambar pake aplikasi itu, terus gak bisa, frustasi, uninstall fatal banget. Kudunya liat tutorial di Youtube dulu sebelum memulai bikin ilustrasi digital. Ya kan percuma akhirnya kalo punya alat menggambar digital tapi bego cara makeknya. wkwk
 
Jadi langkah membuat gambar ilustrasi bisa dimulai dari, install aplikasi menggambar di android atau aplikasi menggambar di hp (ada banyak kok di Playstore. Hei, kamu anak IOS, kita musuhan dulu ya). Abis itu, buka Youtube. Belajar menggambar lewat tutorial yang dikasih orang-orang. Belajar fungsi menu-menu yang ada di aplikasi.
 
Langkah membuat gambar ilustrasi selanjutnya adalah praktek langsung dari tutorial yang diliat. Bisa menggambar ilustrasi wajah atau ilustrasi digital apa aja. Latihan terus sampek capek. Kalo capek, tidur. Gak usah dipaksain. Lagian, aplikasi menggambar di android gak bakal ilang kok.

Membuat Gambar Ilustrasi uwan urwan yura yunita

Emang kunci dari langkah membuat gambar ilustrasi digital itu latihan, latihan, dan latihan. Gak latihan, ya kayak percuma. Pokoknya selama teknik dasarnya kita paham, soal bayang-bayang, gradasi warna, dan bentuk, dan lain-lain, bakalan gampang kok ngegambarnya.
 
Selama alat mengambar digital ada, ya aplikasi menggambar di hp, kemauan ada, dan ga pantang menyerah belajarnya, membuat gambar ilustrasi digital bakalan lebih cepet sih. Sekali liat tutorial (langkah membuat gambar ilustrasi), praktek, bisa loh. Membuat ilustrasi manual gimana? Dua-duanya asyik, punya kelebihan dan kekurangan sendiri-sendiri. Tinggal kita mau maksimalin kelebihannya itu ato gak.

1 comment:

Skor Bola said...

Cantiknya gambar..