Pilih Furniture Desain Unik atau Furniture Ergonomis?

Furnitur adalah jenis perabotan yang paling utama dibutuhkan dalam ruangan. Fungsinya memang sebagai elemen dekoratif dan fungsional. Ada banyak jenis furnitur dengan kombinasi material, antara lain free standing furniture, knockdown furniture, mobile furniture, transformable furniture, dan lain-lain. Pemilihan furniture pun biasanya juga disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing orang. Kebutuhan itu punya dasar, entah tujuannya untuk dekorasi saja, yang penting fungsinya saja, atau kombinasi keduanya. Untuk membeli, biasanya juga disesuaikan dengan tema rumah, selera, dan harga, juga lokasinya apakah itu furnitur kantor atau furnitur rumah.


Furnitur ergonomis


Furniture custom unik banyak beredar di pasaran

Furnitur ergonomis
Kredit: brightside.me


Furnitur yang tak lain dan tak bukan juga bernama mebel, fungsinya beragam, tergantung dari jenis furniturnya sendiri, misalnya meja ya untuk meletakkan barang-barang, kursi untuk duduk. Untuk pemilihannya pun disesuaikan dengan lokasi, misalnya furnitur kantor isinya ya meja kerja minimalis, meja minimalis modern, meja resepsionis, kursi kantor, sofa untuk diletakkan di ruang tamu kantor, lemari, dan lain-lain. Bila di rumah ya tergantung fungsi ruangannya, meja makan di ruang makan, sofa di ruang tamu atau ruang santai, lemari di kamar, dan lain-lain.


Makin ke sini, orang semakin ingin interior di rumah atau di tempat kerja punya furnitur custom unik apalagi untuk rumah minimalis. Jika zaman dulu orang tidak begitu berpikir soal desain, yang penting punya, orang sekarang berpikir apakah mebel yang dibeli itu sesuai tema dan estetik. Baik rumah minimalis atau yang mewah, kini orang berlomba-lomba ingin membuat dirinya sendiri dan keluarga merasa lebih nyaman di rumah. Untuk itu, mereka memutuskan membuat rumah terlihat lebih enak dipandang.


Tak sedikit yang akhirnya memesan furnitur custom unik agar rumahnya lebih estetik dan fungsional, mulai dari sofa dan meja makan multifungsi, story (perpaduan sofa, workstation, dan tempat tidur), kursi di dalam kursi, rak fleksibel, meja tamu minimalis modern, meja makan minimalis, dan lain-lain. Saat ini furnitur minimalis memang banyak dicari.


Furnitur ergonomis
Kredit: weburbanist.com


Furniture custom unik tak hanya bisa memenuhi keinginan kita yang ingin rumahnya cantik dan fungsional, tapi juga lebih fungsional. Aku pun sebenarnya ingin meruntuhkan rumah sendiri dan membangun ulang. Menyewa jasa arsitek agar rumah jadi lebih maksimal pemanfaatannya tentu akan membuatku lebih bahagia, tapi lagi-lagi penghasilanku belum besar untuk mewujudkan itu. Mungkin suatu hari, aamiin. 


Ergonomic furniture bisa jadi salah satu pilihan sehat

Furnitur ergonomis


Sering pegal-pegal di punggung atau pinggang?


Sering tidak nyaman duduk di kursi tertentu sehingga harus berganti-ganti posisi?


Sering susah tidur?


Masalah di atas bisa jadi disebabkan karena furnitur yang sehari-hari kita pakai, misalnya furnitur kantor seperti kursi kantor di ruang kerja. Jika kursi yang tidak nyaman itu dipakai terus-menerus dan berlangsung dalam jangka waktu lama, tentu akan menyebabkan gangguan pada kesehatan kita. Sementara itu fungsi dari berbagai furnitur yang kita pakai harusnya tak hanya pemanis ruangan, tapi memudahkan pengguna dan membuat nyaman. Furnitur ergonomis (ergonomic furniture) adalah furnitur yang didesain atas pertimbangan penyerasian antara anatomi tubuh manusia dengan jenis pekerjaan pada sebuah lingkungan tertentu.


Furnitur apa yang paling sering kita pakai, sebaiknya memang perlu diperhatikan kesesuaiannya. Misalnya kita setiap hari di kantor menggunakan furnitur kantor yang disediakan, berupa meja kantor, meja resepsionis, kursi, dan meja. Nah, gantilah kursi di tempat kerja kita dengan kursi kantor ergonomis dan meja ergonomis agar pekerjaan lebih maksimal. Meja makan minimalis, meja minimalis modern, meja tamu minimalis modern pun bisa pilih ergonomic furniture. Di dapur juga bisa mengganti dengan kitchen set ergonomis, sebab sudah disesuaikan dengan anatomi tubuh manusia. Tujuannya memang untuk meminimalisir kecelakaan, mudah dalam bergerak, dan bisa menjangkau beberapa area dengan mudah.


Sudah memutuskan pilih furniture custom unik atau ergonomic furniture?

Furnitur ergonomis


Setelah membaca penjelasan singkat di atas, kira-kira kamu akan memilih furniture custom unik atau furnitur ergonomis? Pilih yang unik? Pilih yang furnitur ergonomis? Menurut survey masyarakat di negara wakanda, 50% memilih yang unik dan 50% pilih furnitur ergonomis. Wah, tidak ada yang unggul, sayang sekali.


Padahal kita bisa mengkombinasikan keduanya, furniture custom unik dan furnitur ergonomis. Di zaman sekarang, apa sih yang tidak bisa dilakukan? Syaratnya hanya satu, PUNYA UANG. Nah, selama kita punya uang, bisa mewujudkan itu. Tinggal menghubungi jasa pembuatan ergonomic furniture, sampaikan kemauan kita, tunggu selesai, jadi, bayar. Semudah itu. 


Bagi yang uangnya pas-pasan juga bisa punya. Furnitur custom unik dan ergonomis, seperti meja kerja minimalis yang ergonomis, meja minimalis modern yang ergonomis, meja resepsionis yang ergonomis, kursi kantor ergonomis, sofa ergonomis, kasur ergonomis, kitchen set ergonomis, dan lain-lain. Syaratnya, yaitu bersabar dalam memangkas pengeluaran dan menabung atau pinjam uang ke tetangga kaya raya. Hehe... Namun jika memang ingin memiliki tapi perekonomian pas-pasan, bila ada niat pasti ada jalan. Bisa jadi hari ini kita bermimpi, besok tiba-tiba dapat pekerjaan tambahan yang gajinya 10 kali lipat dari gaji saat ini? Aamiin.


Nah salah satu perusahaan yang mengeluarkan furnitur ergonomis adalah PEXIO furniture. PEXIO furniture sudah berdiri sejak tahun 2018 di Bogor di bawah naungan PT Guna Jaya Indonesia. PEXIO furniture memulai bisnisnya sebagai pemasok furnitur suku cadang perkantoran, kemudian berkembang menjadi penyedia produk akhirnya, seperti furnitur kantor, kursi kantor, sofa, meja yang termasuk dalam kategori ergonomic furniture dan living furniture. PEXIO furniture juga membuka jasa desain interior. 


Jadi, sudah memutuskan untuk membeli furnitur? Apakah free standing furniture, knockdown furniture, mobile furniture, transformable furniture apakah semuanya termasuk yang berdesain unik atau ergonomis?

No comments: