Dari Mendapatkan uang dari ngeblog, metaverse, sampai gali potensi diri

“Begitu aku coba baca-baca tulisan temen yang satu job, ternyata tuliannya template sesuai brief dan tidak ada tambahan lain seperti curahan hati atau user experience,” ungkap Matahari Timoer dalam sebuah webinar “Selebrasi Virtual BloggerDay 2022” yang diadakan oleh Komunitas Bloggercrony Indonesia pada 27 Februari 2022.


Selebrasi Virtual BloggerDay 2022


Dapat uang dari ngeblog?

Selebrasi Virtual BloggerDay 2022


Memang sih, blogger kini bukan hanya hobi, tapi sudah menjadi lapangan pekerjaan yang cukup menjanjikan. Melalui komunitas atau agensi, blogger sepertiku mendapatkan pekerjaan mengulas produk, jasa, atau acara lewat blogku, ya blog ini, yang sedang kamu kunjungi. Tiap jenis pekerjaan punya harganya masing-masing, ada yang ditentukan oleh agansi dan komunitas atau mereka meminta kita mengajukan harga berdasarkan ketentuan yang disebutkan.

 
Proses untuk mendapatkan pekerjaan menulis di blog pun bukan sesuatu yang instan, ada proses panjang di dalamnya, intinya #ScaleUpYourSkill. Hal pertama yang dilakukan adalah punya blog/website pribadi baik yang terdaftar di wordpress atau blogspot. Kemudian harus rutin menulis, minimal setiap bulan ada satu tulisan yang diterbitkan. Tak hanya rutin menulis, blogger juga dituntut untuk bisa memotret, punya kemampuan menjadi editor, fotografer, punya kemampuan berbahasa yang baik, punya media sosial dengan pengikut banyak, mengerti SEO, dan lain-lain.

 
Matahari Timoer yang juga biasa dipanggil MT, mengaku lebih memilih menjadi blogger yang sesuai kodratnya, menuangkan opini dan ide-ide dalam tulisannya tersebab ia bisa dibilang tidak terlalu mendapatkan banyak gagasan dan cerita baru dan berbeda dari tulisan blogger lain, bila berada di ranah menulis sesuai pesanan. Ia justru mendapatkan kesempatan lain, bisa bekerjasama dengan penerbitan buku. “Berkah ngeblog bisa dipertemukan dengan penerbit dan memindahkan tulisan di blog jadi buku,” ungkapnya.

 

Selebrasi Virtual BloggerDay 2022

Berbeda dengan Joe Candra, pemateri lain dalam topik ini. Ia mengaku senang bisa menghasilkan uang lewat ngeblog. Ia punya banya kesempatan merasakan uji coba produk, jalan-jalan ke luar negeri, mendapat gaji berupa dolar, dan dikenal orang-orang yang membaca kontennya. Ia kerap disapa orang tidak dikenal saat pergi ke suatu tempat karena pernah melihat kontennya di media sosial.

Diminta menyanyi di Selebrasi Virtual BloggerDay 2022

Selebrasi Virtual BloggerDay 2022


Untuk ketiga kalinya aku ikut merayakan kelahiran Komunitas Bloggercrony Indonesia, yang saat ini usianya 7 tahun. Selama pandemi, perayaannya hanya bisa virtual. Pertama kalinya ikut serta, acara diadakan di Bandung, Bloggerday 2019, di mana aku dan teman-teman bermain-main di TransStudio Bandung, istirahat di Crowne Plaza Bandung, dan ikut seminar dan terapi jiwa yang dibimbing teman-teman Lineation Aesthetic & Healthy Care. Acara yang digelar secara offline memang sangat menyenangkan, bisa berkumpul dengan teman-teman, ngobrol, tapi lelahnya juga luar biasa sih.

 
Tahun ini, mulanya bingung, begitu ada pengumuman Selebrasi Virtual BloggerDay 2022 akan dilakukan secara virtual dan pesertanya terbatas, “Apakah aku perlu mendaftar atau tidak?” setelah beberapa hari berpiki akhirnya aku mengisi formulir pendaftaran. Belum lagi aku diminta Kak Satto Raji, Co-Founder Komunitas Bloggercrony Indonesia, untuk mengisi acara dengan bernyanyi. Tentu saja aku sangat senang bila bisa hadir dan terpilih.




Ada tiga lagu yang akan menjadi selingan pergantian sesi, yaitu One Direction – History (yang katanya adalah lagu wajib Bloggerday 2022), Yeni Inka – Noah – Yang Terdalam, dan Project Pop – Ingatlah hari ini. Aku harus jujur lagu yang paling aku kuasai hanya Ingatlah Hari ini. Sementara itu lagu History baru mendengar dan lagu dangdut Yang Terdalam nadanya untuk perempuan, jadi buat au terlalu rendah. Lagu History sebanarnya juga terlalu tinggi nadanya, jadi saat menyanyikan bagian reff, tenggorokanku langsung sakit.

 
Proses rekamannya pun cukup melelahkan. Sebab harus lebih dari 10 kali mengulang. tapi tida apa-apa, demi Bloggercrony. Entah mengapa kalau tidak direkam, aku merasa suaraku sempurna dan tidak salah-salah, tetapi begitu direkam selalu salah. Dari awal sampai akhir menurutku hasilnya tidak ada yang bagus, tapi karena tenggorokanku sudah sakit, akhirnya kusudahi dan kupilih yang terbaik, meski aku kecewa pada diriku sendiri karena hasilnya kurang maksimal.

Selebrasi Virtual Bloggerday 2022 bertabur hiburan

Dan tara, aku terpiih sebagai salah satu peserta Bloggerday 2022. Hanya 100 orang terpiih yang bisa ikut serta. Karena acaranya virtual, blogger yang hadir tak hanya dari Jadebotabek saja, tapi juga sampai ke Papua. 

 

Selebrasi Virtual BloggerDay 2022


Awalnya aku sangat antusias ya, tapi begitu lihat jadwal acaranya, waw, aku harus ikut webinar lima jam nonstop? Watu itu sudah cenat-cenut kepala. Bagaimana tida, webinar yang hanya satu jam saja seringnya aku tidak tahan, apalagi ini, lima jam. Namun, ternyata acaranya tidak seburuk itu. Justru cukup menarik karena sesi kuis dan bagi-bagi hadiah tersebar dari awal acara sampai akhir. Aku salut sih dengan panitia yang membuat acara serapi itu meski ada beberapa kendala. Entah kenapa waktu lima jam itu menurutku meski lama, tapi terasa singkat.

 
Di sisi lain aku menunggu kolabirasi menyanyiku yang akan ditampilkan dalam acara ini. Hem, ternyata aku belum siap untuk melihat diriku sendiri, disaksikan banyak orang. Aku malu melihat diriku sendiri karena aku merasa cukup amatir untuk acara sebesar ini. Sebenarnya perasaannya campur aduk, antara senang dan malu. Banyak teman-teman mengapresiasi membuatku terharu. 

 

Selebrasi Virtual BloggerDay 2022


Oh ya, apalagi yang membuatku senang ikut Bloggerday 2022? Aku menang kompetisi di Instagram. Tidak hanya itu, aku juga dapat souvenir kantor, dikirim langsung dari Jakarta. Aku tidak menyangka mendapatkan kaos BCCSquad. Bahannya nyaman dan pas di badan. Aku jadi tambahan kaos baru yang bisa aku pakai saat keluar rumah. Tak lupa, aku juga dapat masker. Jujur, masker-masker dari Komunitas Bloggercrony Indonesia dari tahun ke tahun selama pandemi masih tersimpan rapi. Masih ada lagi, aku dapat goodie bag dengan ilustrasi makanan, yang lucu dan bisa kupakai berbelanja ke pasar. 

 
Oh ya ketinggalan stiker dan pin yang tak pernah ketinggalan dari Bloggerday selalu tersemat. Pin, kaos, dan stiker Bloggerday 2022 adalah hasil kerjasama kegiatan ini dengan Cera Production. Cera Production adalah salah satu sponsor acara ini yang bergerak dalam layanan produksi souvenir kantor swasta dan instansi. Cera Production memproduksi seminat kit kantor, premium gift set, suvenir kantor, seragam kerja, dan kebutuhan cetak. Cera Production sudah dipercaya lebih dari 350 kantor, perusahaan, dan instansi dan tersebar di 13 kota di Indonesia. Apa saja produk-produk Cera Production? Selain yang sudah disebutkan di atas, bentuk produknya, yaitu kalender meja, mug, flashdisk, ballpoint, kaos, backpack, tumbler, dan plakat award.


Acara ini juga tak akan meriah tanpa dukungan dari Hotel Aston Simatupang yang menyediakan tempat untuk panitia sehingga acara berjalan dengan cukup baik selama lima jam. Juga Mangrove Jakarta, Id Cloud Host, Digiefood, Nyipede Souvenir, dan Laluna Kitchen yang ikut membuat riuh perayaan ulang tahun #7thBloggercrony.

Ngobrol soal Metaverse dan menggali potensi diri di #7thBloggercrony

Selebrasi Virtual BloggerDay 2022


Anwari Natari, Editor dan dosen Bahasa Indonesia, dipasangkan dengan Tuhu Nugraha, digital bussiness consultant and trainer, untuk berbicara soal Metaverse dan Kejahatan Berbahasa. Jujur menurutku ini adalah bahasan yang berat bagi aku yang lebih senang bergosip, memakan bangkai teman sendiri bersama teman. wkwkw. Metaverse bisa dianggap sebagai dunia baru yang bisa dibilang seru tapi mengerikan. Dunia nyata tak lama lagi akan benar-benar tergantikan dengan dunia yang tak bisa disentuh.

 
Melihat kejahatan di zaman sekarang tak hanya bisa dilakukan dengan memukul atau berkata kasar di depan orang, di dunia maya sudah dilakukan dan sering terjadi, orang rela menggunakan akun palsu untuk menghina orang lain di dalam komentarnya. Metaverse bisa lebih hebat lagi. Kita bisa mengatur warna rambut, bentuk tubuh, wajah, dan lain-lain sehingga menjadi sesuatu yang baru di dunia itu. Ketika orang tidak punya identitas, akan gampang sekali melakukan kejahatan, pelecehan.

 
Untuk menghadapinya, kita sebagai manusia memang harus membekali diri dengan sesuatu yang positif, belajar akhlak, belajar norma lebih dalam, dan lain-lain. Tujuannya agar saat dunia kita sudah beralih ke metaverse, kita akan tetap menjaga sikap, perbuatan, dan perkataan dalam setiap tindakan, apalagi sebagai bloger harus jadi panutan bagi pembaca dan pengikut di media sosial.

 
Dari situah Tsurayya Syarif Zain, S.Pd.I., S.Psi., M.A, Praktisi Psikologi Pendidikan, Founder Alfalah.ed dan Sayanganak.id mengarahkan peserta webinar untuk menggali potensi lewat minat dan bakat yang bertujuan untuk menjadi pribadi terbaik versi masing-masing. Saat kita menjadi versi terbaik diri kita sendiri, tentu kita akan senang menjalani hidup dan melakukan apa yang kita suka.

 

Selebrasi Virtual BloggerDay 2022


Sesi Tsurayya dimulai dengan melemparkan pertanyaan terkait minat dan bakat. Lebih penting mana, minat atau bakat? Keduanya penting, tapi bakat tanpa minat, tidak akan ada gunanya. Jadi yang paling utama adalah minat. Jika kita minat melaukan sesuatu, tentu kita akan belajar. Dengan kata lain, bakat bisa dipelajari dan diasah. Sebagai saran, bila ingin mengetahui bidang yang diminati beberapa tahun ke depan, perbanyaklah ativitas terkait miat, realistis, dan kemampuan. Diiringi dengan mencari kesempatan, pengalaman yang sedang diminati saat ini.

 
Nah, sebenarnya masih banyak yang ingin kubahas. Sepertinya seribu dua ribu kata tak cukup memang, tapi inti yang ingin kuceritakan sudah tertuang. Kabar baiknya adalah pandemi tampaknya akan segera berakhir dan aku yakin tahun depan bisa perataan secara offline. Aku ingin hadir memeriahkan acara Bloggerday 2023, bertemu teman-teman, dan menikmati duduk berdekatan dengan mereka. Ah, tidak sabar. Oh ya, sekali lagi selamat ulang tahun Komunitas Bloggercrony Indonesia, semoga tetap punya energi baik untuk kita semua.


1 comment:

ainun said...

selebrasi bloggerday kemarin seru abis, dannn mas uwan nyanyi dengan sempurna hehhee
ga sabar buat nunggu setahun lagi nih untuk acara offlinenya, semoga ya