Sun Life Indonesia Donasikan 850juta ke RSCM untuk Penanggulangan Diabetes

Isu kesehatan soal cegah diabetes bergaung di mana-mana, makin kenceng gaungnya sekarang karena orang-orang masih belum bisa melakukan pola hidup sehat secara penuh, termasuk aku. Harus kuakui. Kadang sudah punya niat dan benar dilakukan selama beberapa waktu, tapi tergoda juga dengan doyan rebahan sepanjang watu, makan-makanan kurang bergizi, kadang malah dalam satu minggu gak makan buah sama sekali, dan lain-lain.

Semua orang ingin hidup sehat, tapi ya lagi-lagi jadi manusia gak gampang. Banyak godaan. Makanya juga orang-orang yang konsisten menjaga kesehatan berlomba-lomba mengajak yang lain untuk melakukan itu juga. Termasuk perusahaan-perusahaan juga melakukan gerakan itu, salah satunya Sun Life Indonesia lewat Resolution Run Indonesia yang diadakan di ICE BSD, 12 Januari 2020.

Resolution Run Indonesia ga cuma event lari

Melalui event lari itu, Sun Life Indonesia mengumpulkan dana dari kegiatan Sun Life Virtual Charity Run’ yang sebelumnya digelar pada November hingga Desember 2019, biaya pendaftaran ‘Sun Life Resolution Run 2020’, dan juga dana hibah dari perusahaan. Sejumlah 850juta kemudian didapatkan dan diserakna kepada RSCM untuk membantu menanggulangi penyakit diabetes, melalui kegiatan eduksi, pencegahan, dan peningkatan kualitas hidup para penderita diabetes di Indonesia.
Leo Grepin, President Sun Life Financial Asia menyerahkan donasi secara simbolis kepada dr. Dante S. Harbuwono Sp.PD-KEMD, PhD, Kepala Divisi Metabolik Endokrin Departemen Ilmu Penyakit Dalam FKUI/RSCM dan didampingi Paul Joliat, Assistant Vice President, Global Partnership, Global Marketing Sun Life Financial, dan Elin Waty, Presiden Direktur Sun Life Indonesia. Donasi ini menjadi bagian dari komitmen Sun Life secara global.


Aku percaya, kalau kita semua mau sehat. Tiap minggu ada banyak orang berolahraga di Car Free Day. Kalau ke gelanggang-gelanggang olahraga, seperti Gelora Bung Karno, juga ada banyak kok yang lari bahkan membentuk komunitas. Mereka juga mengajak pengunjung lain untuk berolahraga. Soalnya kalau sehat fisik, sudah jelas sehat finansial juga kan. Mau biaya berobat dicover BPJS atau asuransi, tetap juga kan, ujung-ujungnya mengeluarkan uang lebih banyak dibandingkan saat sehat. 
Kalau bicara soal lari sih, yang belum pernah olahraga sama sekali bisa lari-lari kecil dulu, ya sekalian kumpul sama temen kan. Kalau gak kuat, ya berhenti, biarkan teman di lari. Juga kalau sudah terbiasa lari, bisa menjaga ritme lari. Cara berlari juga menentukan kan. Tergantung tujuan lari kita itu apa. Beberapa orang memilih lari cepat kalau misalnya latihan jadi maling dan lagi dikejar warga wkwkwk. Ga, ah, becanda.

#TeamUpAgainstDiabetes

Tahun kedua penyelenggaraan kegiatan ini jadi puncak kampanye #LiveHealthierLives. Diabetes memang masih menjadi momok menakutkan. Ajang lari ini bisa jadi cara untuk berolahraga yang menyenangkan. Apalagi kalau olahraga sendirian kan suka males ya. Alhamdulillahnya, Sun Life Resolution Run 2020 lebih sukses dari tahun sebelumnya karena yang ikutan lebih banyak. Dampak positifnya juga lebih baik, harusnya sih begitu.

Baca juga : Tips Menikmati Hidup Meski Musim Hujan

“Sejak tahun 2018, Sun Life berkomitmen untuk membantu masyarakat Indonesia meraih masa depan yang lebih sehat, baik secara fisik, maupun finansial. Komitmen ini dikukuhkan melalui beragam inovasi dan inisiatif yang kami prakarsai. Digelar setiap awal tahun, ajang kompetisi lari untuk berdonasi ‘Sun Life Resolution Run 2020’, menjadi salah satu langkah nyata yang diinisiasi Sun Life dengan melibatkan masyarakat dan komunitas, dalam upaya bersama membangun generasi yang lebih sehat dan melawan diabetes - #TeamUpAgainstDiabetes. Keterlibatan lebih banyak masyarakat dalam ajang ini turut berkontribusi dalam peningkatan jumlah donasi yang lebih besar dari tahun lalu. Kami berharap, inisiatif dan donasi yang diberikan dapat membantu mewujudkan resolusi masyarakat yang lebih sehat, sekaligus mencegah penyebaran penyakit diabetes,” kata Elin Waty, Presiden Direktur Sun Life Financial Indonesia.

Dengan bekerjasama dengan RSCM, menurutku Sun Life Indonesia sudah menunjukkan komitmennya untuk mengatasi diabetes, penyakit yang kelihatan tida berbahaya tapi cukup mengerikan. Huhu. Sudah sejak tahun 2015 sih Sun Life Indonesia bersama Divisi Metabolik Endokrin Departemen Ilmu Penyakit Dalam Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI)/Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM), aktif beri edukasi dan penanganan bagi penderita diabetes di Indonesia. Kemitraan ini diawali dengan peresmian klinik edukasi diabetes yang dibangun di RSCM, dan dilanjutkan dengan mengadakan beragam kegiatan edukasi biar masyarakat makin sadar bahaya penyakit diabetes dan makanan diabetes yang setidanya harus dikonsumsi.

Gak cuma itu, akhir 2018 lalu, Sun Life juga memberikan dukungan dalam bentuk pembuatan kaki palsu dan sepatu diabetes untuk keberlangsungan dan peningkatan kualitas hidup para penderita kaki diabetic. Ke depan, berbagai inisiatif terkait diabetes akan dijalani, khususnya yang berfokus pada upaya preventif, salah satunya melalui buku edukasi terkait diabetes yang disusun oleh tim dari RSCM.

Baca juga : Penyandang Disabilitas Harus Mendapat Hak yang Sama

Aku sih berharap #ResolutionRunID gak cuma diadain sekali dan gak berfokus ke diabetes saja sih. Kalau soal edukasi, masih banya orang yang kudu tahu lebih banyak soal penyakit di sekitar, yang disebabkan karena kita suka gak jaga pola hidup dan ya begitu. Sudah makan sembarangan, senang rebahan. Wkwkwk. Kalo menurutku sih lari memang jadi kegiatan paling menyenangkan buat dilakuin. Paling seru lari jika ramean. Suka ga kerasa, larinya sudah sejauh itu. Iya kan?
Dengan rajin berlari, kita ga cuma mengidari diabetes, tapi juga penyakit lain. Tubuh lebih bugar dan tidur jadi nyenyak. Tahun depan ikut Sun Life Resolution aja kali ya, itung-itung berdonasi buat mereka yang juga ingin sehat, biar kehidupan jadi #LebihBaik.

No comments: