Setua Ini Belum Nikah Juga?

Kamu gak mau nikah? Entah sudah berapa kali pertanyaan-pertanyaan itu datang, yang membedakan cuma penanyanya. Biasanya aku diem aja sih atau senyum. Gak jawab. Capek kadang dengernya apalagi pertanyaan itu datang dari keluarga sendiri.

Kapan nikah? Kapan nikah? Kapan nikah?

Menikah bukan prioritas saat ini

Sebagian besar orang pasti ingin menjalani hidup normal, baru lahir, jadi anak-anak, tumbuh jadi remaja, lalu dewasa, menikah, punya anak, jadi kakek/nnek, terakhir mati. Siklus hidup manusia pada umumnya begini, tapi gak semua orang mau nikah. Ada temenku yang terang-terangan begitu ditanya, “Sudah menikah?” Jawabannya, “Tidak menikah.” Tidak dalam artian memang gak niat buat nikah.

Ibaratnya kalo cita-citaku tercapai, baru aku lega dan beralih prioritas lain

Kalo seperti yang orang-orang bilang, menikahlah biar bahagia. Lah, berarti orang-orang yang belum menikah tidak bahagia? Ya belum tentu kan. Bahkan orang yang sudah menikah apakah ada jaminan bahagia? Kalau memang semua pernikahan bahagia, gak mungkin ada yang namanya selingkuh, pertengkaran, dan perceraian. Jadi menurutku bahagia itu bukan soal udah nikah atau belum. Kebahagiaan itu tergantung sama diri kita sendiri.

Bila masih ada yang bertanya, “Kapan nikah?” jawabannya akan selalu sama. Paling Cuma senyum atau diam. Kalo kesel ya mukaku udah bete aja. Udah tahu mukanya gak enak masih aja diledek. Itu tu yang bikin aku males kumpul sama keluarga. Bukan soal gak pengen, tapi hal yang harusnya menyenangkan justru jadi buyar Cuma gara-gara mereka memandangku sebagai orang yang perlu dikasihani dan harus dituntut segera menikah.

Prioritasku adalah mengembangkan Uwan’s Art

Fokusku sekarang ini...

Uwan’s Art adalah bentuk dari perpanjangan hobi menggambarku sejak kecil. Mulanya sih gambar apa saja, di media mana saja yang tujuannya hanya mengisi waktu luang. Nah, serunya hobi itu lalu berlanjut karena mulai investasi alat dan bahan menggambar dari tahun 2010. Dari kecil sebenarnya udah koleksi alat gambar sih, cuma ya masih yang asal punya dan bisa berwarna aja. 

Baca juga : Deddy Corbuzier : Sekolah Itu Gak Penting!
                   Berdamai dengan Diri Sendiri

Beberapa kali berkontribusi dalam ilustrasi kover buku di penerbit indie, menerbitkan buku mewarnai untuk dewasa, dan berkontribusi di kegiatan art di komunitas. Uwan’s Art pernah menjual beragam produk lukis namun gagal karena ketidakpahaman manajemen. Wkwk. Namanya juga merintis. Sekarang lebih fokus pada jasa ilustrasi yang kemudian bisa dilanjutkan ke produk-produk turunan. Lagi belajar memahami dan memenuhi selera pasar sih jadi mmemang masih belum mau bergerak tergesa-gesa.

Salah satu karyaku

Uwan’s Art buatku adalah yang melengkapi cerita-cerita di kehidupanku yang sulit terjelaskan di blog, media sosial, dan di dunia nyata. Memang setiap manusia menyimpan misterinya sendiri-sendiri. Meski begitu, gak semua ilustrasi dalam Uwan’s Art terjelaskan juga sih.

Membangun karir kudu kerja keras

Ini nih yang aku maksud prioritas. Apapun yang aku pilih, gak selalu mudah jalannya. Di dalam hidup kan tiap orang punya tujuan hidup masing-masing ya, ada yang emang pengen nikah muda, ada yang pengen  kerja mapan, pengen buka usaha, pengen fokus belajar, dan lain-lain. Tiap pilihan ada konsekuensinya. Yang milih nikah muda, tentu konsekuensinya di bisnis dan pekerjaan. Beberapa orang yang begitu pada akhirnya akan bekerja apapun meski ga sesuai passion. Ya karena udah punya tanggung jawab, ada istri dan anak. Beda dengan orang yang fokusnya karis, ya konsekuensinya mungkin akan menikah di usia yang gak muda. 
Misi aku saat ini tergambar dalam hasil kuis

Ya ini hidup. Pilihan ada di tiap orang, gak ada yang salah dan gak ada yang bener. Kalo tujuannya baik ya lanjutkan saja. Namun, buat aku yang punya MiSSION ke depannya berupa karir, banyak yang kudu disiapin. Ya aku kudu belajar ke orang-orang yang lebih pengalaman soal ini, ngumpulin modal usaha, perluas relasi, dan memilih perlindungan yang tepat buat aku.


Oh ya, aku kan bercerita di sini karena sebelumnya ikut kuis yang menggambarkan Mission aku apa. Dan tahu jawabannya apa? Ya fokusku emang ke karir. Kamu ikutan dulu deh sebelum melanjutkan baca ini. Ikut di sini. bit.ly/wujudkanmissionmu


Secara finansial aku mau kasih tahu kalo tiap kita harus punya MiSSION yang jelas, jangan sampe ngejalani hidup ya asal jalan aja. Yang penting dijalani. Gak gitu. Kudu ada target yang harus dicapai. Ikhtiar itu perlu dong. Coba kamu tengok solusi dari MiSSION yang merupakan singkatan dari MiSmart Insurance Solution.

MiSSION jadi investasi jangka panjang

MiSSION Punya banyak manfaat buat aku, kaum milenial biar aku bisa ngewujudin masa depanku. Perhatiin nih, dari premi yang cukup terjangkau, perlindungan jiwa seumur hidup sampai 110 tahun, bonus loyalitas sampek 750%, dan penggantian biaya rawat inap di rumah sakit sesuai tagihan loh. Aku di sini berada di pihak MiSSION sih. Soalnya aku gak tahu ke depannya bakalan terjadi apa. Makanya Manulife meluncurkan solusi, MiSmart Insurance Solution (MISSION) yang dilengkapi dengan investasi jangka panjang guna memenuhi tujuan finansialku.


MISSION menyasar ke banyak kalangan terutama milenial, pilihan preminya mulai dari Rp4.000.000/USD400 per tahun. Produk ini juga dilengkapi dengan manfaat loyalitas yang akan dibayarkan sesuai dengan ketentuan polis, yaitu sebesar 50% di Akhir Tahun Polis ke-10 dan 700% di Akhir Tahun Polis ke-25. Semakin muda aku mulai berinvestasi semakin ga mikirin apa-apa lagi di masa tua nanti.

Menurut Laporan Indonesia Millenial Report tahun 2019 disebutkan kalo sebanyak 51,1% milenial menghabiskan pendapatannya untuk kebutuhan bulanan dan hanya 10,7% milenial yang mengalokasikan dana untuk tabungan. Sejalan dengan hasil Manulife Investor Sentiment Index Study XI (MISI XI) yang dikeluarkan tahun 2017. Penelitian yang dilakukan pada masyarakat Indonesia dengan rentang usia di atas 25 tahun tersebut memperlihatkan jika prioritas utama mengenai kebutuhan finansial masyarakat Indonesia masih berupa simpanan dana tabungan untuk Pendidikan sebesar 29% sementara untuk perlindungan jiwa hanya sebesar 1%.

Aku mencoba mencetak karyaku di kaos

Oh ya MiSSION punya manfaat tahunan tambahan untuk 4 Penyakit Khusus: Kanker, Serangan Jantung, Gagal Ginjal, dan Transplantasi Organ loh. Manfaat tambahan lain berupa perlindungan terhadap Manfaat penyakit kritis (MiSCC) dan Manfaat Pembebasan Premi Dasar (MiSWP). Aku sih berharap tetap sehat fisik, sehat jiwa, dan sehat fnansial ya sampe hari tua. Harapanku juga sih bener, ini Uwan’s Art gak Cuma kudu jalan, tapi kudu sukses tahun ini. 

Lalu kapan nikahnya? Hehe... Kita tunggu aja.

1 comment:

Joe Candra said...

Semangat bro buat mengembangkan Uwan's Art nya