Uniknya Instalasi Seni untuk Natal di Mall-Mall Jakarta

Hari Natal bagi umat nasrani ibarat Hari Raya Idul Fitri buat muslim. Hari besar yang memang harus dirayakan bersama keluarga dan sanak kerabat. Tiap perayaan hari besar, beberapa mall di Jakarta akan menghias atrium atau area tertentu dengan instalas yang berhubungan dengan natal. Biasanya sejak awal bulan Desember pernak-pernik natal akan menghias di mall itu. Tujuannya sih biasanya untuk area foto, apalagi dengan kebangkitan era media sosial sekarang ini.

Perekaman momen ini adalah sebuah kebetulan. Awalnya hanya karena lewat, merasa lucu, kemudian dipotret. Kemudian saat merasa sudah memotret beberapa hiasan natal di beberapa mall, aku jadi punya ide untuk menuliskannya di blog ini. Penasaran aku datang ke mall mana saja, yuk langsung simak.

Tangerang City

Hari Natal 2019

Kebetulan awal bulan Desember 2019 main-main ke Tangerang City. Tidak lama sih dan belum sempat benar-benar berkeliling di dalam. Yang kutemukan adalah semuah panggung dengan hiasan belakang berupa rumah Suku Eskimo, dihiasi oleh boneka salju dan pohon natal dengan lampu kerlap-kerlip. Tak lupa backgroundnya adalah gunung es, mengingatkanku pada film Frozen II. Panggung itu terletak di jantung mall, lupa lantai berapa, dan ada di antara tangga eskalator naik dan turun. 

Hari Natal 2019

Tak ingin ketinggalan ada ornamen boneka cokelat, boneka salju, lambang es, dan beberapa printilan lain sengaja digantung di atas panggung.. Cukup semarak sih di Tangerang City. Oh ya, sebenarnya Tangerang City tidak ada di Jakarta, tapi di Tangerang (sesuai namanya ya). Hanya saja, berhubung yang di luar Jakarta baru sempat ke sini, ya kukelompokkan saja ke Jakarta. Hehe...

Setiabudi One

Hari Natal 2019

Hari Natal 2019


Setiabudi One cukup dekat dengan tempat tinggalku. Apalagi kalau ingin menonton film di bioskop, yang terdekat hanyalah Setiabudi One. Cukup jalan kaki sekitar 15 menit atau naik ojek online sekitar 5 menit, aku sudah bisa sampai ke sana. Ada pohon cemara berukuran besar di bagian luar, yang sebelumnya sempat ditempati oleh Go Food Festival. Saat malam pohon cemara itu terang benderang karena memang ada banyak sekali lampu kecil-kecil berwarna kuning. Ada bintang besar di puncak pohon cemaranya. Di bagian dasar, ada kado warna merah, putih, dan hijau bertebaran. 

Hari Natal 2019

Kukira hiasan natal 2019 cuma di situ saja. Begitu masuk gedung di area Setiabudi One, lampu-lampu yang dibentuk seperti tirai menghiasi ruang-ruang kosong di tengah. Kalau dihilat dari jauh dan sejajar, lampu-lampu itu seperti air hujan. Bagus. Ada banyak sekali orang berfoto di sana. Tak cukup di situ, di lantai paling bawah saat melewati lorong-lorongnya, aku disambut oleh gerbang pohon natal dengan lampu gemerlap. Ciamik banget instalasi seni Natal 2019-nya di Setiabudi One.

Lotte Shopping Avenue

Hari Natal 2019

Hari Natal 2019

Hari Natal 2019

Mall ini cukup luas menurutku dan aku menemukan instalasi seni hari natal terletak di panggung dan di lantai, hem, berapa ya lupa. Wkwkwk. Di sekitar panggung utama, ada bazar beragam produk sih. Sementara itu, background panggung dibuat seolah-olah seperti tembok dengan cat putih. Di sana ada jendela, pohon cemara, kado-kado, dan ornamen lain. Kukira di bagian ini terlihat biasa saja. Maksudnya biasa, ya karena instalasi natal yang di panggung sebelumnya kutemui di Tangerang City, jadi sudah terbiasa. 

Hari Natal 2019

Sementara itu untuk di Lottte Shopping Avenue, aku menemukan Xmas Photo Zone yang beneran beda. Jadi konsepnya tidak berbeda jauh dengan di panggung yang kuceritakan di atas. Hanya saja ini beneran rumah dengan tembok berwarna putih, genteng hijau, ada banyak jendela, dan bertuliskan Merry Christmas. Yang unik adalah ada ruang panjang yang masuknya bisa lewat pintu. Di ruang itu ada kampu-lampu disejajarkan sedemikian rupa sehingga pengunjung bisa berfoto di lorong itu. Sayangnya aku sendirian waktu itu, jadi Cuma bisa memotret.

Pacific Place

Hari Natal 2019

Hari Natal 2019

Instalasi natal paling unik menurutku sih di Pacific Place. Terletak di main atrium dan konsepnya adalah Pink Paradise, di mana instalasinya berupa tropical pink christmas vibe dengan flamingo berukuran besar. Tidak sengaja juga waktu itu berkunjung ke Pacific Place untuk ya bermain-main dan cuci mulut. hehe...

Hari Natal 2019

Hari Natal 2019

Ada banyak flamigo bertebaran di tengah Pacific Place, mulai dari yang digantung di tengah dan berbentuk pohon natal, ada yang berukuran raksasa, ada yang berupa pelampung flamingo berwarna pink dan diatur sedemikian rupa membentuk pohon cemara. suka sekali dengan instalasinya di Pasific Place karena menurutku ini termasuk baru dan beda dengan yang lain.




Uniknya lagi, ada kubah kaca, di mana ada banyak tanaman yang sudah dicat pink di dalamnya. Konsepnya saja flamingo ya, pasti akan ada flamingo dan ada spot menarik juga. Sayangnya ramai, aku hanya bisa memotret orang-orang saja. Oh iya, ada kode QR yang bisa dipakai sebagai filter di Instastories, di mana saat diarahkan ke area tertentu akan ada objek flamingo di bawah atau sedang terbang. Ada yang sudah foto-foto di instalasi di Pacific Place?

Fx Sudirman

Hari Natal 2019

Hari Natal 2019

Agak bingung juga kalau di Fx Sudirman ada instalasi pohon natal raksasa. Areanya cukup sempit menurutku. Jadi mereka menyiasati dengan instalasi natal ada di gerbang utama dan di meja costumer service. Di dekat costumer service hanya ada kado-kado, boneka, dan tongkat belang-belang. Namun di gerbang ada spot foto menarik. Ini memang dibuat agar pengunjung mall sebelum keluar, berfoto-foto. Entah sendirian atau bersama entah siapa. Wkwkwk...

Hari Natal 2019

Hari Natal 2019

Ada permen besar, ada boneka, ada kapas-kapas yang diibaratkan salju, ada kado ada boneka lain, ada pohon natal, ada lampu-lampu. Aku sempat berfoto bersama teman-teman di situ meski wefie. Wkwk

Kuningan City

Hari Natal 2019

Di Kuningan City tak cukup heboh sih. Satu konsep dengan Tangerang City dan Lotte Shoping Avenue, instalasi natalnya ada di panggung. Temanya sepertinya sirkus ya, karena aku lihat ada tenda sirkus. Tak lupa hiasan pohonnya dan ornamen lain mempercantik instalasinya. Yang unik sih, ada ornamen ayam panggang di atas piring. Wkwkwk.. membayangkannya jadi pengen makan ayam satu ekor.

Hari Natal 2019

Hari Natal 2019

Plaza Festival

Hari Natal 2019

Berbeda lagi dengan Plaza Festival, sulit menemukan instalasi natal. Aku hanya menemukan satu dan kupikir pemiliknya cukup posesif. Sebab pohon natal yang indah itu diletakkan di dalam kaca. Tak ada yang bisa menyentuhnya, hanya bisa pandangi dari luaar saja.

Kalibata City


Hari Natal 2019

Di Kalibata City pun cukup sederhana. Aku sih menemukan instalasi seni natalnya di panggung ya. Ada kado susun tiga dengan lampu cukup terang. Kado itu cukup besar dan ada tulisan Sound of Christmas. Harusnya sih ada instalasi lain ya. Mungkin sedang kelewat karena waktu itu buru-buru. Hehe

Grand Indonesia

Hari Natal 2019

Hari Natal 2019


Nah, sebenarnya aku melihat instalasi seni hari Natal di tengah. Hem, itu di mana ya, atrium di east mall kalau tidak salah. Selain itu, aku menemukan instalasi seni hari Natal di lantai 3A (kalau tidak salah). Itu loh, tempat air mancur menari. Tapi sekarang air mancurnya sedang direnovasi katanya.

Hari Natal 2019

Hari Natal 2019

Nah, instalasi natal di situ berbentuk seperti menara, eh, benteng apa ya. Ya itulah. Ada empat sisi yang masing-masing sisinya diberi kursi pengantin. Hem, itu kursi yang biasa dipakai untuk pengantin sih. Hehe... tapi juga dipakai untuk kursi-kursi kerajaan (sepertinya). Nah, karena aku adalah Pangeran Situbondo, ya, harus duduk di kursi yang disediakanlah. Untuk instalasi di main atriumnya, konsep instalasinya seperti pasar di Eropa zaman dulu. Aku susah menjelaskannya, kamu tinggal lihat di gambar saja. hehe...

Nah, gak ada lagi. Aku belum mengunjungi mall lain karena memang belum ada keperluan. Kalau lihat di media sosial, instalasi natal yang di Senayan City bagus. Ya, maaf, belum sempat ke sana. Kalau diurutkan yang paling favorit, aku lebih suka instalasi seni hari Natal yang ada di Pacific Place, kemudian menyusul yang di Grand Indonesia, dan di Setiabudi One. Karena sebentar lagi tahun baru 2020, menutup tulisan ini, semoga tahun 2020 nanti lebih baik, lebih membahagiakan, lebih lucu, lebih bersemangat, dan lebih-lebih-lebih yang ke arah positif lagi. Aamiin.

No comments: