Skip to main content

Art Jakarta 2018, Pusat Seni Terkemuka di Asia


Lukisan abstrak kerapkali secara terburu-buru dianggap tak punya hubungan dengan dunia keseharian, karena seolah tidak menghadirkan rupa atau objek yang kita lihat sehari-hari dalam taraf apapun. Rupa pada lukisan abstrak non-figuratif, yang total mengutamakan esensi bentuk, sering dianggap sebagai substansi asing. (Chabib Duta Hapsoro)

 
Salah satu karya di Art Jakarta 2018 (Captured by Frieda)
Saya adalah salah satu orang yang senang sekali dengan karya seni. Sebab saya juga seorang pelakunya. Surealisme adalah aliran yang saya anut dalam menggambar. Saya tidak berani menyebut diri sendiri sebagai pelukis atau ilustrator, meski dalam kondisi tertentu saya terpaksa menyebut begitu. Karya saya tak banyak, beberapa karya dengan bangga dipakai sebagai sampul buku kumpulan puisi dan cerpen.

Diundang dalam pembukaan Art Jakarta 2018, yang menempatkan Jakarta sebagai salah satu pusat seni terkemuka di Asia, adalah sebuah kehormatan buat saya. Bertempat di Ballroom The Ritz-Carlton Jakarta, Pacific Place, festival seni rupa internasional terbesar di Indonesia ini digelar. Festival seni itu berlangsung dari tanggal 2-5 Agustus 2018, memulai bulan kemerdekaan Indonesia dengan ciamik.

Pameran internasional ke-10
Pameran karya-karya seni itu menjadi penanda perjalanan Art Jakarta yang sudah digelar sejak 2009. Selain itu juga, Art Jakarta mempertemukan pecinta seni, kolektor, art dealer, seniman, penikmat, dan pelaku yang memadukan karya seni dengan gaya hidup. Melalui perjalanan panjang itu, tentu Art Jakarta sudah cukup matang dengan konsep-konsepnya.


Kepala Badan Ekonomi Kreatif (BEKRAF) Indonesia, Triawan Munaf meresmikan pameran itu. “BEKRAF Indonesia sepenuhnya mendukung sepenuhnya dan bangga dapat bekerjasama dengan Art Jakarta yang telah menjadi pameran seni milik bersama. Tahun ini merayakan 10 tahun keberhasilan dalam mengangkat karya seniman lokal dan internasional, sekaligus menjadi inspirasi bagi pelaku seni kreatif tanah air dalam meningkatkan sektor ekonomi kreatif sebagai tulang punggung perekonomian nasional,: kata Triawan Munaf.

Senada dengan yang disampaikan Triawan Munaf, Paramita Soedarjo, Head of Commitee Art Jakarta 2018 pun mengatakan bahwa Art Jakarta bisa membuktikan bahwa Indonesia dapat menjadi wadah pertemuan antara pelaku dan pecinta seni, yang sudah diakui di tanah air dan mancanegara sehingga mampu menginspirasi kolektor-kolektor baru dan membawa senirupa ini menjadi pusat seni terkemuka di Asia.



Memang benar, karya-karya yang dipamerkan bukan hanya dari pelaku seni lokal, tapi juga mancanegara. Saya terkesima melihat banyak karya seni yang bisa dibilang punya konsep baru dengan banyak inovasi. Seni memang sangat cepat perkembangannya. Jika ada banyak pelaku seni lama masih berkecimpung dengan alat-alat lukis standar, di Art Jakarta 2018 ada banyak perubahan drastis. Apalagi Art Jakarta 2018 tidak hanya memamerkan karya dua dimensi, tapi juga tiga dimensi, berupa seni instalasi. Rata-rata karya yang dipamerkan adalah karya abstrak. Ternyata peminat seni rupa cukup banya. Sederet artis dan influencer keren pun datang untuk meramaikan.


Beragam program ditawarkan
Di sana kamu bisa menemukan karya-karya terbaik dengan program-program khusus, antara lain Mall Art oleh Faisal Habibi, pameran senirupa publik bekerjasama dengan Mall Pacific Place; Creative Art Class oleh Ganara Art Space; Workshop untuk memberikan wawasan terhadap dunia senirupa untuk semua umur,; Creative Art Talk dengan topik pilihan Korean Art Now, How to collect art photography, Art in music composition, Art in music video, dan How to become collector (oleh BEKRAF); 10 for 10, yaitu 10 instalasi dengan konsep museum show untuk 10 tahun Art Jakarta dari seniman terkemuka; Art Unlimited yang diprakarsai oleh BEKRAF dengan presentasi khusus bagi para seniman muda; penampilan khusus dari Flying Ballon Puppet Show dan Pasar Purnama oleh Sasikirana; Gold/Glory dari Thingking Room; Find Your Light, instalasi khusus dari Meliantha Muliawan untuk Lancome Genifique; dan Japan Art Now yang menampilkan 10 seniman Jepang terkini yang berhubungan dengan Art Jakarta. Kamu bisa lihat jadwalnya melalui website artjakarta.com.

Berfoto bersama teman-teman di salah satu karya di Art Jakarta

Tak hanya itu sih, kamu juga bisa menikmati Art Gram. Apasih Art gram itu? Art gram adalah persona-persona Instagram dengan tampilan pisting bernuansa seni. Ada juga NAFA, Biennale Yogya, Museum dan educational  (MACAN, Ciputra Artpreneur Museum, SCAD, dan Erudio School of Art), Instalasi galeri termasuk Gajah Gallery, ROH Project , Mizuma Gallery, RUCI Gallery, dan galeri anggota AGSI; Metamorphosis oleh Ay Tjoe Christine, Solo Show Botero oleh El Museo/Fernanda Pradilla dari Spanyol/Colombia; Lelang amal Art Carpet untuk Yayasan Mitra Museum Jakarta, dan program kampanye dari Yayasan Jantung Indonesia, serta lelang lemari es dari Modena untuk DoctorSHARE.

Ah, apa sih itu semua? Saya yakin kamu akan betah berlama-lama di Art Jakarta. Apalagi koleksinya ada banyak sekali. Saya punya beberapa tips sebelum masuk ke Art Jakarta 2018
  1. Makanlah terlebih dahulu. Kamu akan terkagum-kagum dengan karya seni yang dipamerkan di dalam. Tak cukup satu atau dua jam karena di satu stand bisa saja menghabiskan beberapa puluh menit.
  2. Siapkan uang Rp50.000 untuk tiket masuk. Percayalah, kalau kamu penyuka seni, harga itu bisa dibilang murah, tidak sebanding dengan karya-karya keren yang dipamerkan.
  3. Siapkan baterai cadangan untuk kamu yang membawa kamera atau powerbank dengan daya penuh. Foto sekali pasti tidak cukup. Siapa tahu kamu bertemu beberapa influencer, artis, atau pembuat keryanya. Pasti mau dong foto-foto dengan mereka.
  4. Jangan bersandar pada karya seni yang dipamerkan. Jangan pula menyentuh. Kalau memang ada petugas, silakan meminta izin terleih dahulu. Kalau tidak diperbolehkan jangan memaksa karena jika rusak, kamu belum tentu bisa memperbaikinya.
  5. Jangan sendirian. Ajaklah teman karena kamu nanti akan kesulitan jika ingin berfoto bersama karya yang ada di sana.
  6. Sebisa mungkin berilah apresiasi jika kamu suka dengan karya-karya yang ada di sana. Walaupun tidak bertemu langsung dengan pembuatnya, minimal petugas yang menjaga akan menyampaikan apresiasimu kepada sang pembuat.

Pameran itu dibuka dari pukul 10.00 WIB sampai pukul 21.00 WIB. Kecuali hari Jumat kemarin, Art Jakarta buka pukul 12.00 WIB sampai pukul 22.00 WIB. Jadi jangan sampai kelewatan melihat lebih dari 1.000 karya dari  300 seniman lokal dan mancanegara. (Uwan Urwan)

Comments

Paling banyak dibaca

Mengilhami Dinding Sel Supermini

Pohon mangga ( Mangifera indica ) setinggi 4 m berdiri kokoh di halaman kantor saya. Daunnya rimbun membentuk payung hidup. Saat berdiri di bawah naungannya, angin sejuk dapat saya rasakan. Tentu saja, oksigen sebagai hasil metabolisme tanaman anggota family Anacardiaceae itu membersihkan karbondioksioda di udara dan digantikan oleh unsur yang bersifat oksidator. Pantas jika setiap orang yang ternaungi, tak hanya terlindung dari terik matahari, tetapi juga merasa segar. Pohon mangga (kredit: irwantoshut.net )        Tanaman itu sangat kokoh dan konsisten berdiri bertahun-tahun bahkan kian tinggi. Meski tidak memiliki rangka seperti hewan dan manusia, tanaman (tak hanya mangga) memiliki rangka-rangka dalam berukuran mikroskopis. Rangka-rangka itu dapat disebut dinding sel. Sebenarnya tidak tepat jika saya mengatakan bahwa dinding sel adalah rangka dalam (endoskeleton) tanaman, tetapi fungsinya mirip dengan sistem rangka pada tubuh hewan. Itu terbukti pada fungsinya yang memberi be

Jamur blotong Nama Ilmiahnya Ternyata Coprinus sp.

Saya menduga jamur yang selama ini saya beri nama jamur blotong nama ilmiahnya Coprinus sp. Setiap usai musim giling, biasanya musim hujan, saya dan tetangga berburu jamur ini di tumpukan limbah blotong di dekat Pabrik Gula Wringin Anom, Situbondo. Jamur Coprinus sp . tumbuh di blotong Asli, kalau sudah tua, payungnya akan berwarna hitam seperti tinta dan meluruh sedikit demi sedikit Sudah sekian lama mencari tahu, berkat tulisan saya sendiri akhirnya saya tahu namanya, meski belum sampai ke tahap spesies . Jamur yang bisa dimakan ini tergolong dalam ordo dari Agaricales dan masuk dalam keluarga Psathyrellaceae. Selain itu, jamur ini juga suka disebut common ink cap atau inky cap (kalau benar nama ilmiahnya Coprinus atramentarius ) atau Coprinus sterquilinus (midden inkcap ) . Disebut begitu karena payungnya saat tua akan berwarna hitam dan mencair seperti tinta. Nama yang saya kemukakan juga berupa dugaan kuat, bukan berarti benar, tapi saya yakin kalau nama genusnya Copr

Bunga Telang Ungu (Clitoria ternatea) Jadi Alternatif Pengganti Indikator PP Sintetis

Makin ke sini, ketenaran bunga telang (Clitoria ternatea L.) kian meluas. Banyak riset terbit di internet, juga tak ketinggalan pecinta herbal dan tanaman obat ikut berkontribusi memperluas infromasi itu.  Bunga telang ungu, tanaman yang juga dikenal dengan nama butterfly pea itu termasuk endemik karena berasal dari Ternate, Maluku, Indonesia. Meski begitu, banyak sumber juga mengatakan bahwa bunga telang berasal dari Afrika, India, Amerika Selatan, dan Asia tropis. Banyak info simpang siur karena sumber-sumber yang aku baca pun berasal dari riset-riset orang. Nanti jika ada waktu lebih aku akan melakukan riset lebih dalam mengenai asal usulnya. Antosianin bunga telang merupakan penangkal radikal bebas Kredit : researchgate.net Bunga telang kaya akan antosianin. Antosianin adalah golongan senyawa kimia organik berupa pigmen yang larut dalam air, menghasilkan warna oranye, merah, ungu, biru, sampai hitam. Tak hanya pada bunga Clitoria ternatea, antosianin juga ada di banyak buah dan say

100 Blogger Keren Berkumpul! Orang-orang Terbang ke Jakarta Demi Momen Ini...

Dunia blogger bukan lagi sekadar hobi, tetapi sebuah panggung untuk menggali potensi tak terduga. Menemukan ratusan blogger dari berbagai latar belakang dan talenta yang beragam adalah sebuah pengalaman yang luar biasa. Mereka tidak hanya menulis, tetapi juga menjadi fotografer, desainer, dan penggiat seni lainnya. Bergabung dalam komunitas yang beragam ini membuka mataku tentang keberagaman dan kemungkinan yang tak terbatas di dunia maya. Keajaiban Acara BloggerDay 2024: Inspirasi, Peluang, dan Persahabatan BloggerDay 2024 adalah magnet bagi blogger dari seluruh Indonesia. Acara ini bukan hanya tentang berbagi tips dan trik, tetapi juga tentang membangun hubungan, menciptakan peluang, dan menemukan teman sejawat. Bertemu dengan 100 blogger keren dari berbagai penjuru memberikan energi dan inspirasi yang luar biasa. Ini adalah momen langka di mana bakat, kreativitas, dan semangat bersatu untuk merayakan kekuatan komunitas. Mendekati Masa Depan Blogger dengan Dukungan Para Sponsor Acara

Bagaimana menu isi piringku yang benar?

Sering mendengar frase Isi Piringku? Hem, sebagian orang pasti tahu karena kampanye yang dimulai dari Kementerian Kesehatan ini sudah digaungkan di mana-mana, mulai dari media sosial, workshop-workshop kesehatan di daerah-daerah, dan sosialisasi ke ibu-ibu begitu ke Posyandu.  Slogan Isi Piringku menggantikan 4 Sehat 5 Sempurna Isi Piringku adalah acuan sajian sekali makan. Kampanye ini sudah diramaikan sejak tahun 2019 menggantikan kampanye 4 sehat 5 sempurna. Empat sehat lima sempurna terngiang-ngiang sekali sejak kecil. Terdiri dari nasi, lauk-pauk, sayur-mayur, buah-buahan, dan susu adalah kombinasi sehat yang gizinya dibutuhkan tubuh, sebab mengandung karbohidrat, protein, vitamin, dan mineral, susu adalah penyempurnanya. Kenapa harus berganti slogan?  Slogan 4 Sehat 5 Sempurna yang aku tangkap maknanya, dalam setiap makan harus ada empat komposisi dan susu. Mengenai jumlahnya, aku bisa ambil nasi lebih banyak dengan sedikit sayur atau sebaliknya, atau sebebas-bebasnya kita saja.

Alun-alun Situbondo Dulu dan Sekarang

Alun-alun ibarat pusat sebuah kota, semua orang bisa berkumpul di tempat itu untuk berbagai kegiatan, sebagai ruang publik, ruang sosial, dan ruang budaya. Alun-alun sudah ada sejak zaman Kerajaan Majapahit. Umumnya alun-alun dikelilingi oleh masjid, pendopo, penjara, dan area perkantoran dan dibatasi oleh jalan. Dulunya area ini dipagari Begitu pun Alun-alun Situbondo, batas selatan adalah pendopo, batas barat adalah Masjid Agung Al-Abror, batas timur adalah penjara, dan area perkantoran ada di bagian utara. Dulu, ada pohon beringin besar di tengah-tengah alun-alun Situbondo. Aku tidak ingat betul seberapa besar tapi yang aku tahu dulu ada di tengah-tengah. Masjid Al-Abror juga sudah jauh lebih bagus sekarang Alun-alun Situbondo pernah punya pohon beringin besar Gerakan protes pada akhir masa kepemimpinan Presiden Abdurrahman Wahid, tahun 2001, memicu gerakan besar yang menumbangkan sekitar seratus pohon, termasuk pohon beringin di alun-alun karena dianggap sebagai simbol partai Golka

Insto Dry Eyes: Rahasia Menghadapi Mata Kering dan Computer Vision Syndrome

Pernahkah kamu merasakan matamu berkunang-kunang dan migrain setelah seharian menatap layar hape? Aku mengalaminya. Aku, Uwan Urwan, seorang pengembara kata, pemburu cerita, dan pencipta puisi, nyaris terjebak dalam jerat kecanduan layar. Mata yang lelah dan kering menjadi teman setia. Pengalaman Mata Kering karena Terlalu Lama Menatap Layar Hape Keseharianku sebagai seorang blogger, kreator konten, dan penulis puisi membawaku dalam aliran teknologi, menyulut pancaran cahaya layar sepanjang hari. Awalnya hanya urusan pekerjaan, namun perlahan, kebiasaan membuka hape dan laptop terus menggelayuti, meski cahaya pekerjaan telah surut. Mataku pun menjadi korban kelelahan yang terabaikan. Dalam dunia maya, aku menemukan kebahagiaan berinteraksi, meresapi riset para peneliti, dan terbius oleh pancaran cahaya teknologi. Sulit untuk melepaskan diri dari belenggu kecanduan layar hape, bahkan dalam momen-momen sederhana sehari-hari. Namun, kebahagiaan hakiki ditemukan ketika berada di tengah-ten

Styrofoam Aman Digunakan Kok. Siapa Bilang berbahaya?

Hasil pengujian Badan POM RI terhadap 17 jenis kemasan makanan styrofoam menunjukkan bahwa semua kemasan tersebut memenuhi syarat, artinya styrofoam aman digunakan. Sampai detik ini tidak ada satu negara pun melarang penggunaan styrofoam atas dasar pertimbangan kesehatan. Pelarangan penggunaan styrofoam, nantinya akan jadi sampah non organik, di beberapa negara biasanya berhubungan dengan pencemaran lingkungan. Padahal daur ulang styrofoam sangat mudah. Menurut JECFA-FAO/WHO monomer stiren pada wadah gabus tidak mengakibatkan gangguan kesehatan jika residunya berada di ambang batas 40-500 ppm. Kalau mencapai 5000 ppm bisa menyebabkan kanker. Bungkus makanan hangat pakai styrofoam aman kok Kemasan makanan styrofoam ternyata sebagian besar adalah udara Badan POM RI menguji 17 jenis kemasan, antara lain berupa gelas POP MIE rasa baso, gelas POP Mie Mini rasa ayam bawang, mangkuk NISSIN Newdles Mie Goreng Pedas Kriuk Bawang, mangkuk Bowl Noodle Soup Kimchi flavour Vegetal, kot

Beli follower atau organik?

Follower Instagram . Mau banyak atau sedikit tergantung tujuan kita punya akun itu. Tidak semua orang punya orientasi untuk menjadikannya ladang bisnis. Beberapa orang hanya sekadar bahagia posting foto selfie , curhat, dan kehidupan sehari-hari. Ada yang postingannya bagus dan terstruktur, tapi tak sedikit juga yang amburadul dalam postingannya. Jujur, foto dan caption yang tidak menarik (jelek, red ) di Instagram bisa jadi sangat mengganggu. Jangan berharap followers bertambah. Berbeda jika kita posting gambar asal di Facebook, Twitter, atau Path . Orang akan maklum. Namun, segmen dunia Instagram jelas berbeda.  Jangan sekali-kali posting foto blur , tidak jelas maksudnya, atau entahlah pokoknya tidak enak dilihat karena itu sangat berpengaruh pada masa depan followers kita, yang notabene pasti teman kita sendiri. Jangan sedih kalau follower kita berkurang setiap hari atau bahkan teman kita unfollow . Jangan sedih . Akun dengan foto dan caption keren saja sering menjadi k

Teknologi Scanner dan Printer yang Makin Hebat

Kebutuhan scan dan cetak dokumen sudah sejak dahulu kala ada dan masih diperlukan. Meskipun saat ini sudah banyak perusahaan, organisasi, sekolah, dan kampus yang beralih online, tapi untuk kebutuhan tertentu, dokumen hardcopy sangat penting. Meskipun ada aplikasi scanner, keberadaan scanner yan dijual secara offline tak mengurangi peminatnya sebab secara kualitas aku sangat puas dengan scanner yang mesin. Scanner sekarang pun spesifikasi dan fiturnya lebih canggih, tak perlu repot lagi mencari apliksi scanner tanpa watermark. Kita bisa scan apa saja termasuk scan kartu vaksin. Sementara itu printer terbaik 2021 pasti tergantikan dengan printer terbaik 2022 karena teknologi selalu berkembang.  Scanner tanpa watermark, memindai dua sisi dalam sekali scan Perlu scan dokumen yang di dalam satu kertas, dua sisinya ada tulisannya? Aku punya rekomendasi buat kamu, yaitu HP ScanJet Pro N4000 snw1 Sheet-feed Scanner. Panjang sekali ya namanya. Hehe. Scanner ini tentu akan mempermudah pekerjaan