Investasi dan Proteksi Masa Depan Perlu Disiapkan Sejak Dini

Pada musim hujan biasanya orang-orang sengaja siapkan payung. Jika sewaktu-waktu hujan, tinggal mengeluarkan payung dari dalam tas dan memakainya sehingga masih bisa berjalan saat hujan meski terkena percikan.

Beberapa orang dengan gigih mempersiapkan apa yang sekiranya akan terjadi di kemudian hari. Bapak dan ibu saya rajin menabung, baik menabung di koperasi, sekolah, atau diletakkan di selempitan lemari untuk hari tua. Biasanya mereka menabung untuk kebutuhan bulan Ramadan. Karena bagi orang muslim, hari raya Idul Fitri adalah sebuah perayaan besar yang tentunya membutuhkan banyak uang untuk membeli segala sesuatu yang berhubungan dengan ritual tersebut.


Di sisi lain, bapak dan ibu juga suka berinvestasi emas dan sepeda motor. Kalau emas memang kesukaan perempuan sih ya, sementara itu bapak lebih suka membelanjakan uangnya untuk membeli sepeda butut kemudian ia perbaiki agar harga jualnya lebih mahal. Begitu pentingnya berinvestasi bagi mereka sehingga saat ada kebutuhan dadakan tidak kesusahan. Untuk kesehatan, mereka juga sudah ikut asuransi. Jadi, meski keluarga saya tergolong keluarga sederhana, banyak hal sudah disiapkan dengan sadar.

Investasi dan proteksi

Bagaimana pun investasi dan proteksi untuk masa depan itu perlu. Seperti yang saya jelaskan di tulisan saya sebelumnya, ada jenis asuransi terbaru, yaitu unit link. Unik link sebagai jenis investasi yang “tergolong” baru ternyata memang lebih banyak diminati karena jelas manfaat proteksi dan investasi. Kita bisa mengalokasikan kelebihan dana yang kita punya untuk lebih banyak diinvestasikan. Tahu kan mengapa kita harus berinvestasi? Perusahaan bertindak sebagai pengelola atau penanggung. Sementara itu nasabah tetap punya kewajiban untuk membayar premi kepada perusahaan.


Bedanya dengan jenis asuransi lain, di unit link, nasabah membayar premi, preminya dikonversikan menjadi unit. Nah, untuk jumlah unit yang terbentuk itu bergantung kamu mau pilih investasi yang bagaimana. Nanti bisa dikonsultasikan ke unit. Nah, unit sendiri digunakan sebagai pembayaran biaya asuransi dan akumulasi nilai tunai. Kalau misalnya kamu mengalami kondisi sesuai perjanjian, perusahaan akan memberi manfaat ke kamu (sesuai perjanjian juga).




Alhamdulillah, melalui rahmat Tuhan Yang Maha Esa, PT Prudential Life Assurance (Prudential Indonesia) meluncurkan produk asuransi terkait investasi (unit link) terbarunya, yaitu PRUlink generasi baru dan PRUlink syariah generasi baru. Memang Prudential Indonesia sedang semangat-semangatnya memberi kemudahan tidak terkira untuk nasabahnya, baik untuk nasabah lama atau pun baru.

kredit: pakarasuransi.id

PRUlink generasi baru adalah produk asuransi jiwa terkait unit link terbaru dari Prudential Indonesia yang memberikan perlindungan jiwa sekaligus alokasi investasi positif sejak nasabah pertama kali membayarkan premi. PRUlink generasi baru yang memberikan perlindungan berupa uang pertanggungan hingga usia 99 tahun dan dikaitkan dengan investasi. PRUlink generasi baru juga membantumu merencanakan warisan atas potensial hasil investasi dan memulai dengan solusi yang terjangkau. Sementara itu untuk PRUlink syariah generasi baru sebenarnya tidak berbeda jauh dengan PRUlink generasi baru, hanya saja sistemnya syariah.


Beruntungnya, PRUlink generasi baru dan PRUlink syariah generasi baru punya banyak fitur yang bakalan bikin kamu senang, yaitu
  • PRUbooster investasi, di mana nasabah bakalan dapat tambahan alokasi investasi setiap tahunnya? Bagaimana perhitungannya ya kira-kira?
  • PRUbooster proteksi, di mana nasabah dapat memilih agar uang pertanggungannya meningkat setiap tahun, tanpa perlu pernyataan kesehatan.
  • Alokasi investasi sudah terbentuk sejak hari pertama.
  • Dua kali nilai uang pertanggungan kalau terjadi meninggal dunia atau kecelakaan
  • Tidak ada biaya administrasi, kalau pakai transaksi elektronik dan autodebit rekening, sesuai syarat dan ketentuan.
  • Beragam pilihan manfaat (riders) tambahan termasuk dua rider baru, PRUtotal & permanent disablement dan PRUcritical hospital cover, yang keduanya punya opsi konvensional maupun syariah, serta dana investasi sesuai toleransi risiko nasabah.


Lagipula berdasarkan hasil survei, Prudential melihat masyarakat menekankan kebutuhan mereka buat mempersiapkan masa pensiun, biaya rumah sakit, pendidikan anak, serta perlindungan sakit kritis sebagai alasan utama dalam memilih produk unit link. Karena saya tahu bahwa masyarakat juga tidak jauh berbeda dengan orangtua saya, di mana saat tua ingin kehidupan yang lebih tenang, damai, tanpa lagi harus berpikir tentang bekerja keras, memikirkan keuangan, memikirkan hal lain yang sebenarnya tidak perlu lagi. Memang benar sih, masa tua lebih baik dihabiskan untuk mendamaikan diri dan fokus pada keluarga.

Tentunya masyarakat juga perlu tahu dan paham apa kebutuhan masa depan, rencana keuangan, dan toleransi mereka terhadap risiko, serta mempelajari jenis-jenis produk asuransi jiwa mana yang sesuai dengan kebutuhan perlindungan mereka sebelum memilih. Iya kan? Dengan adanya produk baru dari Prudential Indonesia, semoga masyarakat menjadi semakin memikirkan masa depannya. Semoga juga bisa memilih mana jenis asuransi yang tepat untuk diri sendiri dan keluarga. (Uwan Urwan)

#PRUlinkGenerasiBaru
#PRUlinkSyariahGenerasiBaru
#PastiDikasihLebih

1 comment:

Riza Firli said...

kalau aku yang penting dalam memilih produk asuransi investasi harus tau bgt dengan jelas dan paham, dan paling penting ini #PastiDikasihLebih :)