Inovasi Prudential Melalui PRUuniversity, Tingkatkan Kualitas Pelayanan

Tidak ada jenis pekerjaan apa pun yang tidak bisa diperbaiki dengan pemikiran inovatif (Steve  Johnson)



Setiap manusia tidak mungkin selama hidupnya tidak memperbarui diri. Secara alami saja sel-sel di dalam tubuh manusia mengalami regenerasi terus-menerus sampai habis masanya. Manusia tumbuh dan berkembang, dari yang tidak berjakun, berjakun; rambutnya memanjang; kulit hitam, memutih; dan lain-lain. Perubahan-perubahan itu pun juga didasari atas keinginan dan usaha. Jika sebelumnya kulit seseorang agak gelap, dengan menggunakan krim pemutih, dalam beberapa waktu pemakaian jadi putih.

Penampilan baru dari seseorang bisa menjadi daya tarik tersendiri. Sama halnya dengan hal lain, misalnya bisnis. Hem, bagaimana kalau saya cari contoh lain yang lebih mudah dipahami. Contohnya aplikasi media sosial. Dalam kurun waktu tertentu, aplikasi tersebut akan meminta di-update. Setelah update kita akan diberikan fitur baru yang menghibur atau tampilannya berbeda sedikit. Efeknya, kita tidak bosan dan akan terus bertahan menggunakan aplikasi tersebut.

Inovasi menghasilkan sesuatu yang baru, bisa berupa hal yang benar-benar baru atau juga hasil kombinasi dari beberapa hal sehingga menjadi sesuatu yang baru. Efek kemunculan sesuatu yang baru bisa dua, diterima atau ditolak. Zaman sekarang manusia dituntut untuk kreatif, sebab hal-hal lama yang tidak mendapat sentuhan unsur kebaruan bisa jadi membosankan. Akibatnya ditinggalkan oleh beberapa orang, meski beberapa yang lain masih senang menganut sistem lama.

PRUuniversity, platform baru

Dalam dunia bisnis, inovasi ini banyak terjadi, termasuk di bidang asuransi, seperti yang dilakukan Prudential Indonesia yang meresmikan PRUuniversity sebagai platform untuk memperkaya pengetahuan dan mengembangkan kapabilitas karyawan dan tenaga pemasar agar bisa melayani jutaan keluarga di Indonesia yang telah beri kepercayaan kepada Prudential.



Prudential Indonesia sudah berdiri sejak tahun 1995 dan merupakan bagian dari Prudential plc, London. Di Asia, Prudential Indonesia induknya di kantor regional Prudential Corporation Asia (PCA), yang ada di Hongkong. Dengan menggabungkan pengalaman internasional dan pengetahuan tata cara bisnis lokal, Prudential di bidang asuransi jiwa punya komitmen mengembangkan bisnisnya di Indonesia.

PRUuniversity berguna untuk meningkatkan profesionalisme karyawan dan tenaga pemasar secara inovatif, efisien, dan relevan, juga untuk meningkatkan kemampuan dalam merespon tuntutan bisnis yang dinamis. Tentu tujuan akhirnya adalah kesuksesan bersama. Prudential ingin pastikan masyarakat Indonesia bisa dapat perlindungan terbaik, mendapatkan keterampilan dalam bidang keuangan, dan tingkatkan kesadaran tentang betapa pentingnya asuransi. Nanti akan ada kurikulum yang didesain untuk karyawan dan tenaga pemasar Prudential Indonesia agar bisa edukasi dan beri pelayanan terbaik kepada nasabah.

Prudential Indonesia bekerja sama dengan PPM School of Management, untuk melengkapi program pelatihan dan sertifikasi, seperti Life Office Management Association (LOMA), Life Insurance Marketing and Research Association (LIMRA), Financial Planning Standards Board (FPSB), serta lembaga pengembangan profesional lain. Lokasi kurikulum pelatihan dan sertifikasinya ada di tiga lokasi di Jakarta, tujuh di luar Jakarta, dan 54 pusat lisensi yang melayani 409 Kantor Pemasaran Mandiri (KPM) di seluruh Indonesia.




Platform ini jelas memberi pengetahuan sekaligus memanfaatkan teknologi digital sehingga bisa diakses kapan saja dan di mana saja. Beruntungnya lagi, platform ini terhubung ke 2.000 karyawan dan 277.000 tenaga pemasar Prudential Indonesia yang tersebar di 169 kota di Indonesia. Konsep university benar-benar ditekankan dalam platform ini. Pengguna bisa menggunakan forum belajar kolaboratif berbasis social learning agar bisa saling berbagi pengalaman, kisah sukses, dan best practices. Hasil akhirnya diharapkan bisa menghasilkan karyawan dan tenaga pemasar berkualitas yang beri banyak kontribusi positif pada pertumbuhan asuransi di Indonesia.

Peluncuran produk baru dari Prudential Indonesia tentunya untuk kita juga, karena jika platform ini sukses menghasilkan karyawan dan tenaga pemasar berkualitas, kita akan mendapatkan pelayanan terbaik. Pelayanan tersebut juga berhubungan dengan tingkat kepuasan nasabah. (Uwan Urwan)

No comments: