Bagaimana Cara Mendukung Perempuan Bekerja di Perusahaan?

 Menurut lembaga konsultan internasional McKinsey, jika suatu negara tida menciptakan lingkungan yang setara, seperti kesetaraan gender, 16,5% dari total ekonomi global (setara dengan delapan kali ekonomi Indonesia) akan hilang. Kesetaraan gender yang dimaksud adalah kesmepatan yang sama bagi gender laki-laki dan perempuan dalam hal partisipasi ekonomi, kesetaraan akses pendidikan, kesehatan, dan kekuatan politik.


perusahaan ramah keluarga

 

Beberapa isu terkait ketidaksetaraan gender, yaitu banya perempuan yang punya kemampuan yang sama dengan laki-laki digaji lebih rendah, banyak perempuan tidak punya aset atas nama dirinya (rumah, tanah, atau mendirikan perusahaan), sebagian masyarakat masih menganggap perempuan tidak perlu bersekolah tinggi-tinggi, perlindungan kerja di perusahaan kepada perempuan belum optimal, dan lain-lain, sehingga menyebabkan perusahaan ramah keluarga perlu hadir.


Antar-perempuan harus saling support

perusahaan ramah keluarga


Tak jarang perempuan mengeluh karena perempuan dengan perempuan malah saling menjatuhkan daripada saling support. Rosdiana Setyaningrum, Mpsi, MMEd, seorang psikolog yang menjadi pemateri dalam webinar “Perusahaan Ramah Keluarga, Bantu Perempuan Indonesia Siapkan Generasi Maju”, 8 Maret 2022 lalu mengatakan bahwa perempuan Indonesia harus saling support di tempat kerja, tidak saling menjatuhkan. Perempuan harus saling menciptakan lingkungan yang empati dan saling mengerti perasaan satu sama lain.

 

Perusahaan harus memenuhi hak perempuan

Jika berbicara soal kesetaraan gender, perempuan memanglah harus mendapat kesempatan yang sama di berbagai bidang, tetapi bila berhubungan dengan biologis tentunya antara perempuan dan pria banyak yang berbeda. Perempuan harus haid setiap bulan, harus melahirkan, harus menyusui, mengasuh anak, dll.

 

Pemerintah sudah mengatur hak perempuan yang seharusnya dipenuhi oleh perusahaan mana pun di Indonesia di dalam undang-undang. Sebenarnya ada aturan bahwa perempuan bisa melakukan cuti haid; cuti hamil dan melahirkan; cuti menyusui dan diberi fasilitas menyusui di perusahaan; larangan mempekerjakan pekerja perempuan hamil pada kondisi berbahaya; larangan PHK karena hamil, melahirkan, gugur kandungan, atau menyusui; adanya aturan mempekerjakan perempuan di malam hari; mendapat perlidungan dari kekerasan berbasis gender (pelecehan, diskriminasi).

 

Hak perempuan harus sama untuk menduduki posisi strategis

perusahaan ramah keluarga


Masih banyak yang beranggapan kalau perempuan tidak boleh menjadi pemimpin di perusahaan karena berbagai alasan, mulai dari alasan psikologis sampai agama. Memang agak sulit megedukasi masyarakat soal kesetaraan gender. Padahal ada banyak perusahaan yang dipimpin oleh perempuan dan sukses. Jika mau bicara soal agama, terutama muslim, Khadijah binti Khuwailid bin Asad bin Abd Al-‘Uzza dan Sayyidah Aisyah RA adalah istri Nabi Muhammad SWA yang juga pemimpin wanita yang berdakwah menyebarkan agama Islam. 

 

Bagaimana dengan di Indonesia? Ada Megawati Soekarno Putri, yang pernah menjabat jadi presiden Indonesia; RA Kartini, salah satu pahlawan di Indonesia yang menggerakkan emansipasi wanita, Rasuna Said, salah satu pahlawan Indonesia yang namanya diabadikan menjadi sebuah jalan di Jakarta, Vera Galuh Sugijanto, VP General Secretary Danone Indonesia; UMKM di Indonesia yang kebanyakan dipimpin oleh perempuan; dan banyak nama lagi yang tidak mungkin aku sebutkan satu per satu.

 

Danone indonesia, perusahaan ramah keluarga yang siap 24 jam menjadi partner ibu wujudkan generasi maju

perusahaan ramah keluarga


Webinar yang diadakan oleh Danone Indonesia dan Nutrisi untuk Bangsa juga bertujuan untuk memperingati #WomenInternationalDay2022. Tersebab kondisi biologis perempuan dan laki-laki berbeda, memang sepatutnya jika perempuan punya hak yang berbeda. Danone sebagai perusahaan ramah keluarga, sudah cukup lama memberikan dukungan kepada perempuan yang bekerja dengan memenuhi kebutuhan perempuan, seperti cuti melahirkan selama enam bulan, cuti haid (meski belum di semua kantor), menyediakan ruangan khusus laktasi, fasilitas antar jemput bila ada perjalanan dinas atau lembur. Dengan memberi cuti melahirkan enam bulan, Ibu bisa memberikan ASI eksklusif untuk ananya. Siap wujudkan generasi maju, danone indonesia hadir 24 jam menjadi partner ibu di seluruh Indonesia.

 

Danone Indonesia juga memberi kesempatan kepada perempuan untuk menduduki posisi strategis, itu adalah hak perempuan yang secara eksklusif jarang diberikan perusahaan lain. Kebanyakan perusahaan cukup menyulitkan perempuan menganggap remeh, mempersulit, kurang percaya jika perempuan menjadi pemimpin padahal punya kemampuan sama dengan laki-laki. Stereotip tentang perempuan masih melekat, seperti perempuan biasanya lebih emosional, harus membagi waktu antara urusan keluarga dengan pekerjaan, dll.

 

Danone Indonesia memberi jam kerja untuk perempuan lebih fleksibel. Ada riset yang menyebutkan bahwa pekerja perempuan lebih produktif dibandingkan pria. Perempuan bisa melakukan banya perkerjaan sekaligus, sementara pria tidak. Apalagi di masa pandemi ini bila ada pekerjaan, seperti rapat, biasanya akan dilakukan pada jam-jam 10 pagi hingga sebelum jam makan siang, atau setelah jam makan siang. Sebab perempuan (ibu) harus menyiapkan kebutuhan nutrisi untuk anak dan suami untuk wujudkan generasi maju.

 

Tak hanya memberikan cuti melahirkan selama enam bulan kepada perempuan, Danone juga memberi kesempatan kepada laki-laki untuk cuti selama 10 hari di masa-masa setelah melahirkan. Saat melahirkan, seorang ibu tak hanya kerepotan mengurus anak, tapi juga butuh dukungan suami, baik dukungan berupa kasih sayang, perhatian, membantu pekerjaan rumah, dll untuk wujudkan generasi maju dan untuk mewujudkan kesetaraan gender.

 

Sebagai perusahaan ramah keluarga, Danone juga memberikan layanan customer service bernama Careline untuk ibu-ibu di seluruh Indonesia. Danone Specialized Nutrition (Danone SN) memang punya misi ingin membantu anak-anak di Indonesia agar menjadi generasi yang lebih sehat. Careline bisa membantu dan mendampingi ibu pada 1000 hari pertama kehidupan buah hatinya. Jangan ragu untuk menghubungi Careline yang bisa dihubungi 24 jam, baik lewat media sosial, telepon, atau chat. Silakan simpan nomor di bawah ini.


perusahaan ramah keluarga


 

No comments: