Tiga Aroma dalam Satu Parfum One Jessica Mila Sangat Eksklusif

Suatu siang yang cerah, seorang kurir memanggil namaku. Ia memberikanku sebuah bingkisan terbungkus rapat. Aku mengernyitkan dahi melihat nama pengirimnya, lupa pernah pesan barang apa. Beberapa saat kemudian aku teringat pewangi badan. "Parfum Jessica Mila," kataku dalam hati. Aku pun terburu-buru membukanya. Begitu plastik pembungkusnya terbuka, wangi menyeruak tercium dan menambah keceriaanku hari itu.


One Jessica Mila


Wangi parfum One yang berganti dan tahan hingga 8 jam

One Jessica Mila

Tak hanya mendapatkan parfum One 5 ml, di dalam bingkisan itu terdapat hand sanitizer dalam kotak semprot berukuran 6,5 cm x 5,5 cm dan tebal 1 cm. Hand sanitizer dengan volume 18 ml itu punya 75% kandungan alkohol dan wanginya senada dengan parfum One. Tak sabar aku coba semprotkan ke leher, ah, aroma yang manis, segar, dan kuat menyeruak seperti embusan angin yang tiba-tiba menimpa sekujur tubuh. Sejenak ruh ikut terlepas bersama wangi yang menggoda itu.

Benar juga, top notes-nya ada leci dan jeruk bali merah. Pantas saja terasa segar dan kuat. Bayangkan saja aku sedang menggenggam buah leci dan jeruk bali merah yang sudah matang dan dikupas. Wangi middle notes-nya berupa mawar dari Selatan Perancis dan melati muda dari Jawa yang terasa lebih elegan dan lembut. Base notesnya adalah vanila dari Sumatra, biji tonka Afrika, oakmoss Perancis, dan ambergris Bahama yang membuat pemakainya lebih memukau dan terkesan eksklusif.


Bagai untaian nada dalam lagu, di dalam parfum pun begitu. Top notes, middle notes, dan base notes ibarat komposisi aroma yang menciptakan identitas dalam parfum dalam tiga tingkatan itu. Top notes bisa diibaratkan pembuka. Bila dalam lagu, top notes ibarat sebuah intro yang mengantarkan ke bagian lirik bersambung. Top notes juga bisa diibaratkan pandangan pertama. Pandangan pertama menentukan apakah wangi itu akan memikat kita dalam belaiannya. Top notes yang memang umum dijumpai itu adalah kelompok jeruk, buah-buahan, dan herbs.


Begitu top notes memudar, wangi inti (middle notes) muncul. Middle notes bila diibaratkan makanan adalah hidangan utama dalam sebuah jamuan. Middle notes biasanya wanginya akan bertahan lebih lama dibandingkan top notes. Wangi utama ini juga akan berpengaruh pada base notes yang akan segera menyusul. Middle notes parfum One adalah mawar dan melati, bisa dibayangkan seorang pengantin mengenakan hiasan bunga mawar dan melati di kepala dan lehernya. Aromanya akan terasa lembut dan elegan.


Sementara itu, begitu base notes yang mendapat pengaruh middle notes diibaratkan penutuh dari sebuah perjalanan panjang saat kita berkelana ke suatu tempat. Base notes adalah pemberi kesan, ingatan yang memikat. Bila perjalanan itu menyenangkan, base notes akan mendatangkan mood yang positif. Base notes ini menempel lama di kulit dan pakaian selama berjam-jam. 

One Jessica Mila
Kredit: fashiongtonpost.com


"Pertama kali disemprot, wanginya akan intens dan bisa memenuhi ruangan, lama-lama wanginya akan lebih lembut dan bisa tahan sampai 8 jam," ujar Jessica Mila saat launching One, Minggu, 26 September 2021 lalu lewat live di Instagramnya. Ia pun menambahkan bahwa wanginya tetap bertahan setelah berenang.


Parfum hasil kolaborasi dua negara, dua benua

One Jessica Mila

Parfum One dibuat dari hasil kolaborasi dengan dengan pembuat parfum terbaik di Perancis, menggandeng ahli parfum dengan segudang penghargaan di Berlin, Jessica dan tim mencari bahan-bahan lokal dan wewangian yang menunjukkan adat-istiadat dan punya kekuatan sejarah di Indonesia. Tak hanya dari bahan di Indonesia, tapi dikombinasikan dengan bahan-bahan dari beberapa negara menjadikan parfum itu satu, One.

Jessica Mila adalah satu dari sekian orang yang senang kombinasikan beberapa parfum jika ingin bepergian. Ia ingin bila wangi tubuh yang menyeruak saat berjalan dan tersapu angin menjadi khas dirinya. Aku pun begitu, meski harga parfum yang kupakai dan Jessica pakai berbeda dari segi merek dan harga, biasanya aku kombinasikan beberapa macam wewangian agar tak hanya segar, tapi mampu membuat orang lain yang mencium mengira bahwa parfum yang kupakai bukanlah merek yang umum dipakai orang.


Untuk itulah, Jessica Mila butuh waktu dua tahun untuk menciptakan parfum One, mulai dari diskusikan jenis wewangian yang disukai, memilih bahan-bahannya, membuat konsep botol dan tutupnya, sampai ke penjualannya. "Aku suka menggabungkan beberapa parfum, dua sampai tiga jenis. Kalau itu terus dilakukan jadi mahal ya, makanya aku pengen bikin parfum yang benar-benar sesuai sama keinginan dan karakterku," katanya.

One Jessica Mila


Jessica bekerja sama dengan tim yang tepat, berpengalaman, dan mengerti keinginannya. Selain sesuai dengan karakternya, parfum One juga ingin merangkul keberagaman dalam parfumnya. Itu terlihat dari kombinasi bahan yang dipakai, yang tak hanya dari tanah air, tapi juga dari beberapa negara. Selain itu, tutup botol parfum yang terbuat dari kayu pun punya keunikan sendiri untuk setiap botolnya karena motif serat yang berbeda. Keberadaan cincin warna emas di setiap botolnya pun melambangkan kesukaannya akan asesoris. Berharap siapa pun yang punya parfum One akan merasakan kebahagiaan yang sama seperti yang Jessica rasakan.


Parfum One cocok buat remaja, orang-orang yang berjiwa muda, perempuan dan pria. Meski Jessica mengaku wanginya lebih feminin, ada wangi yang bisa ditoleransi oleh pria karena tidak begitu menyengat seperti parfum wanita pada umumnya. Kelebihan lain dari parfum One adalah bagus untuk yang tipe kulitnya sensitif terhadap parfum apalagi sudah mendapat sertifikat dari Intenational Fragrance Association (IFRA).


Melalui kerja keras dan penuh dedikasi untuk parfum ini, ditambah prosesnya sangat detail, Jessica mengaku sangat bahagia begitu parfum One launching. "Untuk harganya sangat terjangkau jika dibandingkan dengan parfum berkualitas lain," ungkapnya. Dalam launchingnya, ia mengungkapkan bahwa ada gift box limited edition yang di dalamnya ada parfum One kemasan 50 ml, 5 ml, dan juga ada yang dapat bonus sepatu dengan warna senada dengan parfumnya. 

One Jessica Mila


Parfum One bisa didapatkan dengan mudah lewat websitenya www.jessicamila.id (free shipping) jangan lupa masukkan kode one.uwan untuk mendapatkan potongan harga 5%, atau via WhatsApp 081220300636, atau di Blibli.com di Official Merchant Beauty Now.


Bahan-bahan alami dari tanah air dan tanah Eropa

One Jessica Mila

Seperti yang digembor-gemborkan di media-media dan karya ilmiah, Indonesia memang dikenal sebagai negara megabiodiversitas kedua di dunia setelah Brasil. Kekayaan hayati di Indonesia diakui oleh banyak negara karena tak hanya kaya akan flora faunanya, tapi juga kaya akan hasil mineral dan tambangnya. Untuk itulah Jessica Mila juga ingin menggunakan bahan-bahan yang ada di Indonesia sebagai bagian dari parfumnya. Bahan-bahan lain juga diambil dari benua Eropa kemudian dikombinasikan untuk menciptakan top notes, middle notes, dan base notes yang ceria, elegan, dan esklusif.

Top notes

One Jessica Mila
Kredit: Nikiko (Pixabay)

Leci yang bernama latin Litchi chinensis Sonn. adalah tanaman yang dimanfaatkan buahnya sebagai bahan makanan. Anggota keluarga Sapindaceae ini tumbuh di iklim tropis, biasanya ditemukan di Tiongkok, India, Madagaskar, Nepal, Bangladesh, Pakistan, Taiwan, Filipina, Vietnam, Indonesia, Thailand, Afrika Selatan, dan Meksiko. Wangi buah yang manis dan segar menjadikannya buah favorit untuk semua orang. Tak jarang buahnya juga diekstrak untuk dijadikan parfum.

One Jessica Mila
Kredit: Couleur

Sebagai kombinasi leci dalam top notes, jeruk bali merah (grapefruit) merupakan varietas hibrida antara jeruk manis (Citrus sinensis) dan pomelo (Citrus maxima). Wangi buah jeruk bali merah menurut Kasandra Putranto dalam wolipop.detik.com, psikolog lulusan Universitas Indonesia, bisa meningkatkan daya memori dan kemampuan koordinasi tangan dan mata. Buah ini mengandung senyawa sitronelal dan limonene sehingga bisa membantu menenangkan suasana hati, membuat relaks, dan mampu mengirimkan sinyal emosi positif ke otak.

Middle notes

One Jessica Mila
Kredit: Leeting (Pixabay)

Sementara itu, di middle notes-nya merupakan perpaduan bunga mawar dan melati adalah kombinasi yang tepat. Mawar dan melati umum sekali dipakai sebagai bahan untuk parfum. Bunga melati aromanya bermanfaat bagi kesehatan, antara lain meredakan kecemasan. Penelitian yang diterbitkan dalam Natural Product Communications menemukan bahwa mengoleskan minyak bunga melati dan menghirup aromanya dapat meredakan kecemasan dan stress sehari-hari, mengurangi keparahan kram perut gejala PMS, menyembuhkan sakit kepala, membuat tidur lebih nyenyak, meningkatkan konsentrasi.

One Jessica Mila
Kredit: Couleur (Pixabay)

Berpadu dengan mawar yang dapat membuat seseorang lebih ceria dan bersemangat, mengikis stres, kecemasan, meredakan nyeri, mengurangi depresi, meningkatkan hasrat seksual, membantu tidur lebih nyenyak. Kombinasi manfaat yang pas antara mawar dan melati bisa mengembalikan mood yang turun.

Base notes

One Jessica Mila
Kredit: Bru-nO (Pixabay)

Base notes-nya sendiri merupakan perpaduan antara wangi vanila, biji tonka, oakmoss, dan ambergris. Vanila merupakan tanaman merambat yang dimanfaatkan aromanya di kue atau es krim. Wangi yang manis dan menggoda itu selalu membuatku jadikan makanan rasa vanila sebagai pilihan utama. Vanila banyak dibudidayakan di Indonesia, termasuk untuk kebutuhan parfum One, vanilanya khusus diambil dari tanah Sumatra. Vanila tergolong rempah mahal di mana wanginya mampu meningkatkan fungsi otak, menyembuhkan peradangan yang dapat mempengaruhi kinerja kognitif, mengontrol sistem saraf, menyembuhkan stres, meredakan mual, dan menurunkan berat badan.

One Jessica Mila

Kandungan lain dalam base notes-nya adalah tonka bean (Coumarouna odorata). Tonka bean adalah biji hitam yang berasal dari pohon tonka asal Amerika Tengah dan selatan. Aromanya khas, yaitu seperti vanila dan karamel yang dihasilkan dari bagian pahit dalam bijinya. Tak hanya dipakai untuk makanan, tonka bean juga dimanfaatkan minyak atsirinya sebagai antiseptik, mengobati obat batuk juga asma, mencegah pembekuan darah, mengusir serangga, penghilang rasa sakit, menenangkan otak, dan mengontrol tekanan darah.

One Jessica Mila
Kredit: HardDy_UA (Pixabay)

Oakmoss adalah bahan ketiga dalam base notes parfum One. Oakmoss adalah lumut kerak dari tanaman ek yang banyak dipakai sebagai bahan parfum dan sabun. Oakmoss merupakan lumut kerak asli Eropa dan Amerika Utara. Oakmoss mengandung lichenol, chloroatranol, dan atranol yang mana punya manfaat sebagai antiseptik, emolien (menyejukkan, menghaluskan, dan melembabkan kulit), ekspektoran (mengencerkan dahak), mengobati sakit kepala atau sinusitis.

One Jessica Mila
Kredit: nationalgeographic.grid.id

Sementara itu ambergris dalah muntahan ikan paus sperma yang merupakan zat padat mirip lilin dan mudah terbakar. Ambergris sangat mahal harganya. Padahal awal keluar dari tubuh paus sperma, ambergris berbau busuk dan berwarna hitam, tapi setelah didiamkan lama, bau busuk akan berubah harus seperti kasturi dan berfungsi membuat wangi parfum lebih tahan lama.

Setelah kupaparkan segudang manfaat dari kombinasi kandungan parfum One, tak heran jika Parfum One by Jessica Mila punya wangi ceria, elegan, segar, dan ekslusif. Kamu harus punya juga! 

No comments: