Kalo gak bisa gambar bisakah jadi ilustrator?

Jawabannya bisa. Kenapa harus enggak? Kita semua bisa jadi apa aja yang kita mau selama mau. Ya, selama mau dan belajar. Mau aja gak cukup, tapi kudu memulai. Pengen bisa gambar ya belajar?

Ilustrasi uwan urwan

Semua orang bisa gambar kok

Aku percaya kalo setiap kita itu bisa gambar. Gambar paling sederhana aja, bebek yang dimulai dari membuat angka dua. Ya tapi kan, tapi kan hasilnya gak bagus. Bengkok-bengkok garisnya.

Nah kamu pengen menggambar dengan gaya apa?

Referensi “bisa gambar” versimu itu seperti apa?

Pengen gambar seperti apa?

Sebelum yakin mau mulai dari mana, kamu harus tahu arah dan tujuanmu menggambar itu seperti apa dan bagaimana? Ambil salah satu gambar yang kamu sukai atau ilustrator idolamu. Tunjukkan pada diri sendiri, aku mau membuat gambar semacam itu.

Aku kasih contoh, kamu pengen gambar kayak di akun @perempuanpeduli. Yang perlu kamu lakukan pertama kali adalah meniru, pelajari teknik yang dia lakukan, pantengin terus medsosnya, atau bisa tanya-tanya langsung via dm. Memang agak keras sih belajarnya, apalagi bila kamu pengen ahli mengambar gaya realis, naturalis, dan potrait yang tekniknya sulit, ya mau gak mau kudu kursus, kuliah, atau mantengin tutorial di Youtube buat paham teknik dasar yang kudu dikuasai.

Ilustrasi uwan urwan

Kalo kamu pengen menggambar abstrak atau surealis, menurutku adalah pilihan yang bijak buat yang udah gak punya duit buat kuliah dan kursus, gak punya waktu buat baca-baca dan mantengin Youtube setiap waktu. Menggambar abstrak dan surealis menjadi sangat bebas karena emang gak ada aturan yang mengikat.

Ilustrasi dan lukisan abstrak itu merupakan hasil dari imajinasi kita sendiri. Bentuk-bentuk yang dibuat bisa cukup liar dan gak pernah kita temui di dunia ini. sementara itu surealisme itu menurutku sih abstrak juga ya, tapi kamu bisa bayangin kalo lagi mimpi kamu bisa ketemu kelelawar berwajah babi, misalnya, terus bisa terbang lagi. Kalo bingung, coba googling gambar dengan dua kata kunci itu.

Gimana cara memulai menggambar?

Seperti yang kusebutin di atas, kamu tingal sediain kertas. Menggambarlah angka dua. Bebas mau bentuknya kayak apa. Imajinasikan bentuk dua itu akan jadi objek apa, kalo masih bingung, mending bikin bebek aja. Gak usah terlalu mikirin gambarnya harus bagus ato enggak, mengambar aja. Lepasin.


Buat aku menggambar itu terapi. Kalo lagi stres, suka ngalir aja ngegambarnya. Tiba-tiba jadi bentuk apa gitu tanpa disadari. Ya karena emang alam bawah sadar kita yang bekerja.

Aku bikin bebek, dengan mahkota bunga matahari, kepala gak lurus dengan leher, kakinya mirip kayak tangan manusia, dan punya cangkang penyu. Warnanya bagaimana? BEBAS! Gunakan imajinasimu. Namanya juga belajar.

Ilustrasi uwan urwan

Ada banyak teknik pewarnaan, aku pernah nulis dan dari hasil wawancara dengan temen-temen yang bergelut di seni.


Melukis Tas Lama


Tara, selamat. Kamu udah berhasil menggambar satu ilustrasi surealisme. Ngerasa jelek dan gak sesuai ekspektasi? Hei, jangan rendah diri dulu. Pede dong! Kalo kamu berkumpul dengan orang2 yang berjiwa seni, kemungkinan kecil sekali gambarmu diejek. Setiap proses itu penting buat diapresiasi.

Ilustrasi uwan urwan

Postinglah di media sosial. Lihat respon orang-orang. Beberapa mungkin akan komen negatif, tapi ya gak apa-apa. Mereka gak salah, Cuma gak ngerti aja. Hehe...

 

 

2 comments:

Ikrom Zain said...

aku lama enggak nggambar dulu pas ngajar mau gak mau harus nggambar
iya dimulai dari yang simpel kayak buat angka 2 jadi angsa

gak PD juga sih kalo posting kalau mas uwan udah expert ini hehe

Bola Asia said...

artikel yang baik! keep it up mas !