Prioritaskan Lima Bali Baru, Kemenhub Bangun dan Perbagus Sarana Prasarananya

Rata-rata orang luar yang tidak begitu paham, menganggap Indonesia adalah Bali. Bali adalah Indonesia. Padahal Indonesia punya 17.500 pulau dan terbagi menjadi tiga kawasan, barat, tengah, timur. Masing-masing kawasan sendiri punya banyak jenis kebudayaan, adat istiadat, bahasa, beragam jenis makanan, dan lain-lain. Sebegitu kayanya Indonesia sampai bingung mau yang mana yang harus didatangi. Nah, Presiden Jokowi melihat potensi lima tempat wisata baru harus diprioritaskan, dinamakan 5 Bali baru, yaitu Danau Toba (Sumatra Utara), Candi Borobudur (Jawa Tengah), Mandalika (Nusa Tenggara Barat), Labuan Bajo (Nusa Tenggara Timur), dan Likupang (Sulawesi Utara).

Lima Bali baru
Kredit foto : travelspromo.com

Lima Bali Baru yang memesona

Begitu kayanya negeri ini baik dari sumber daya alamnya sampai sumber daya manusianya. Tak heran kalau Indonesia pernah dijajah negeri lain selama beratus-ratus tahun untuk dimanfaatkan sumber dayanya. Dan sayangnya selama ini yang paling terkenal di dunia adalah Bali, ya meski semakin ke sini gak cuma Bali aja yang dikenal.

Melalui acara “Conectivity Makes Traveling Easy” yang diadain oleh Kementerian Perhubungan aku dikasih tahu kalo pemerintah sedang gencar-gencarnya mengembangkan lima destinasi wisata itu. Nah, tugas Kementerian Perhubungan adalah menjembatani, melalui penyediaan transportasi, pembuatan jalan, dan menyediakan sarana dan prasarana lain. 

Lima Bali baru
“Pak Jokowi meminta Kementerian Perhubungan ntuk menyediakan fasiltas-fasilitas yang memudahkan wisatawan berkunjung. Jadi tidak hanya sarana yang bagus, tapi transportasinya diadain dan dibenerin, sekaligus jalan dibangun. Biar tahun 2021 langsung siap,” ujar Djoko Sasono, Sekretaris Jenderal Kementerian Perhubungan, yang jadi narasumber kala itu.

Lima destinasi itu menjadi aset penting karena tidak hanya punya nilai lebih di pemandangan, tapi di sejarahnya juga. Danau Toba di Sumatra Utara terbentuk dari hasil letusan sangat dahsyat di Gunung Toba. Kabarnya, letusan ini membuat sebagian bumi tertutupi oleh aerosol asam sulfat dan menyebabkan bumi gelap selama enam tahun. Letusan itu juga menyebabkan terbentuknya Danau Toba seperti yang sering kita dengar.




Di tempat lain, Candi Borobudur adalah kuil Buddha sekaligus salah satu monumen Budha terbesar di dunia. Tak hanya menyimpan banyak cerita, wilayah Magelang dan sekitarnya adalah kaya akan sejarah dan kental dengan budayanya. Kalau Labuan Bajo di Nusa Tenggara Timur, aduh, tempatnya keren banget. Labuan Bajo adalah ibukota Kabupaten Manggarai Barat dan letaknya di ujung paling barat Pulau Flores. Labuan Bajo adalah titik peluncuran untuk perjalanan ke Pulau Komodo dan Pulau Rinca, asal komodo. Tahu kan kenapa akhirnya Labuan Bajo terpilih?

Lima Bali baru

Lima Bali baru
Tarian yang dibawakan bertajul lima Bali baru

Bagaimana dengan Mandalika dan Likupang? Nah, kebetulan aku juga baru tahu nih. Mandalika ada di Lombok, tahu kan kalau katanya untuk pesona alamnya, Lombok jauh lebih bagus dibandingkan di Bali. Mandalika sudah diresmikan sebagai Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) pariwisata yang bisa menjadi tempat liburan representatif karena sudah ada banyak hotel dan beragam rekreasi. 

Sementara itu di Likupang yang merupakan daerah di Minahasa, Sulawesi Utara, kamu bisa bebas ke pantai, laut, savana, sampai ke perbukitan yang masih hijau dan asri. Memang tidak terlalu familiar sih, makanya jadi salah satu surga tropis yang tidak seramai Bali. Ya, harapannya begitu lima Bali ini sudah siap, wisatawan mau menjaga kebersihan dan keelokan wisata-wisata tersebut.

Pemerintah juga butuh kritik

Upaya pembangunan dan perbaikan sarana dan prasarana di lima destinasi prioritas itu melibatkan banyak pihak. Budi Setiadi, Direktur Jenderal Kementerian Perhubungan Darat, menyampaikan bahwa semangat Pak Jokowi tercermin dari menteri-menterinya. “Kita harus bangga sama Indonesia,” lanjutnya. Pak Budi juga diminta untuk memperbaiki 20 terminal di Indonesia. 

Lima Bali baru

Sementara itu, Dirjen Perhubungan Darat sudah menyiapkan banyak kegiatan untuk menarik perhatian wisatawan dan memperkenalkan objek-objek wisatanya di Danau Toba, Labuan Bajo, Mandalika, Tanjung Lesung, Wakatobi, Kepulauan Seribu, dan lain-lain. Tak hanya itu, 12 dermaga di sekitar Danau Toba sudah siap, juga sudah disiapkan lima kapal untuk wisatawan dan patroli.



“Pak Presiden ingin pariwisata memberikan kebaikan untuk Indonesia. Di Danau Toba saja 15 tahun lalu ramai pengunjung, tapi akhir-akhir ini sepi. Nah melalui pengembangan ini tentu saja akan menarik wisatawan lagi,” kata Pak Budi. Nah kalau di Labuan Bajo sudah ada dua pelabuhan, pelabuhan turis dan pelabuhan untuk logistik. Jadinya antara logistik dan turis tidak tumpang tindih dan teratur.

Lima Bali baru
Terminal Arjosari, jauh lebih bagus setelah diperbaiki

Harapannya adalah menambah kunjungan wisatawan ke Indonesia. Bertambah turis, artinya menambah pemasukan negara, menambah pemasukan masyarakat sekitar, menambah lapangan keperjaan, dan yang jelas lebih banyak positifnya. Selain itu, jika memang ada kritik dan saran, bisa disampaikan langsung. Ada banyak platform yang disediakan, paling cepat memang media sosial. Sampaikanlah keluhannya di media sosial agar pariwisata di Indonesia semakin maju.

No comments: