Indonesia Peringkat ke-5 Bayi Prematur Terbanyak di Dunia

Tahu gak, kelahiran bayi prematur jadi penyebab kematian tertinggi anak baru lahir di berbagai kelahiran di seluruh dunia. Bayi prematur adalah bayi terpaksa dilahirkan pada usia kandungan kurang dari 37 minggu. Normalnya bayi lahir pada usia kandungan 9 bulan.

Bayi prematur adalah

Menurut data dari World Health Organization (WHO) ada 10 negara  penyumbang 60% kelahiran bayi prematur di seluruh dunia. Mau tahu gak Indonesia ada di peringka ke berapa? Indonesia ada di peringkat ke-5 penyumbang kelahiran prematur dengan jumlah 675.500 bayi tahun 2010. Bayi prematur adalah salah satu sebab ada 27.800 bayi meninggal setiap tahunnya, karena perkembangan janin belum sempurna.

Bayi prematur adalah bayi yang lahir sebelum minggu ke-37

Masuk ke usia kandungan 30 minggu, bayangkan, perkembangan janin berukuran sebesar semangka kecil. Biasanya beratnya hanya 1,3 kg dengan panjang sekitar 40 cm. Kalau sulit membayangkan, pernahkan kamu membeli beras seberat satu kg? Begitulah ukuran janin, lebih sedikit. Kecil sekali, bukan? Biasanya ibu-ibu menjalankan tes bulanan terakhir. Pada minggu-minggu ini, otaknya berkembang pesat. Tak hanya otak, perkembangan paru-paru juga saluran perncernaan bayi mulai terbentuk dengan matang. Sumsum tulang belakang juga sudah mengambil alih untuk produksi sel darah merah.

Minggu ke-31 dan 32, perkembangan janin otak bayi sudah berfungsi sepenuhnya, tapi indera penciuman belum bisa bekerja dengan optimal, perkembangan bentuk wajah janin juga sudah mulai sempurna, rambut mata sekaligus alis dan di kepala mulai muncul.

Pas udah minggu ke-33 perkembangan otak udah di masa-masa puncak, sel-sel saraf bakalan bekerja bikin pancaindera singkron. Minggu ke-34 ukurannya makin gede. Hebatnya pas minggu-minggu ini janin bakalan ngambil banyak kalsium dari ibu buat perkembangan tulangnya. Kalo dah minggu ke-35, bayi sebenernya udah bisa nangis di dalam kandungan, mulai buka-buka mulut, dan bernapas. Seru ya. Kalo dah minggu ke-36 cukup unik karena batok kepalanya bisa gerak-gerak dna tumpang tindih (molding) biar gampang pas lahiran nanti.

Kebayang kalo misalnya bayi harus lahir pas usia kehamilan di bawah minggu ke-30? Ada berapa tahap yang harus kepotong? Perkembangan janin meliputi otak dan organ-organ belum sempurna. Bayi yang lahir di bawah usia 34 minggu kemampuan adaptasinya terbatas, kemampuan untuk bertahan hidup juga rendah. Kalo bayi dah lahir pada minggu ke-24 sudah tergolong kelahiran bayi prematur, bayi butuh banget intervensi medis, berupa ventilasi mekanis dan perawatan invasif lain termasuk perawatan di neonatal intensive care unit (NICU).

Bayi prematur adalah
NICU (Kredit : alodokter)

Bisa idup? Bisa! Kecanggihan teknologi saat ini sudah memungkinkan buat mempertahankan kehidupan bayinya meski bayi prematur adalah bayi yang pertumbuhan dan perkembangan janin belum sempurna. Ya tetap dengan konsekuensi tertentu, misalnya perkembangan organ jantung belum sempurna dan lain-lain tergantung pada berapa minggu bayi itu terpaksa dilahirkan. Makin lama usianya makin tinggi peluang hidupnya.

Kunci sebab bayi prematur adalah pada sang ibu

Ada banyak faktor yang bisa menjadi penyebab kelahiran bayi prematur. Yang paling besar kemungkinan menjadi sebabnya memang adalah kondisi sang ibu. Beberapa faktor yang mungkin, meliputi usia ibu yang terlalu muda pas hamil, ibu yang hamil kembar dua atau lebih, infeksi pas hamil, ibu menderita penyakit tertentu (diabetes, hipertensi, anemia, dll), ibu kurang nutrisi, gaya hidup ibu tidak sehat, gangguan mental saat mengandung, dan lain-lain.

Seperti yang udah kujelaskan di atas, anak yang lahir prematur tuh kayak kehilangan beberapa tahap yang kudu dijalani selama di kandungan sampai lahir normal, tapi gak dapet. Apa bisa punya kesempatan tumbuh kembang sama dengan anak normal lain? Bisa. Konsultasi sama dokter sih yang paling bener. Kudu diberi nutrisi yang bagus buat perkembangan syaraf otak, juga perlu dipantau terus pertumbuhan dan perkembangannya.

Nutrisi paling bagus yang emang belum ada gantinya ya air susu ibu (ASI), bukan air tuba ya. Jangan bermain pantun di sini. Haha.. Gak Cuma itu sih, keluarga juga kudu mendukung, misalnya bener-bener merhatiin proses mandiin. Soalnya kelahiran bayi prematur rentan hipotermia, makanya kudu mandi air anget dan bener-bener dikeringin. Metode kanguru juga direkomendasiin sih karena secara riset manfaatnya bagus buat bayi.

Bayi prematur adalah

Cyntia Lamusu, penyanyi dan ibu yang punya bayi prematur, sempet dateng ke acara “Bicara Gizi” yang diadain Danone Indonesia buat memperingati Hari Prematur Sedunia (17 November 2019), juga sempet cerita kalo proses persalinan kedua anaknya cukup bikin terharu. “Padahal baru mau belajar cara menyusui, eh, bayinya udah lahir terlebih dahulu,” Kata Cynthia Lamusyu. Bukan hanya panik, Cynthia pun sempet depresi meski pada akhirnya bisa diatasi.

Bayi prematur adalah
Banyak anak yang lahir prematur yang hebat kok

Tatjana dan Bima, anak Cynthia Lamusu harus dilahirkan karena tekanan darah Cynthia Lamusyu tinggi. Saya juga suka ngeliat instastory beliau, kadang kasih asupan bubur sayur untuk anaknya. Meski udah ngelewati sedih-sedihan, tapi kedua anaknya bisa tumbuh dengan baik. dna oh iya, banyak kok anak yang lahir prematur, saat dewasa jadi orang hebat. Artinya, mau lahir prematur atau tidak, semua punya kesempatan sama. Yang diperlukan emang dukungan dari lingkungan untuk menuju ke jalan kehebatannya itu.

No comments: