Inilah Pola Makan yang Tepat Bagi Penderita Darah Tinggi


Penyakit kronis kini menjadi momok buruk bagi masyarakat Indonesia, termasuk darah tinggi. Beberapa kasus tekanan darah tinggi dapat seakan pecahnya pemuluh darah.

Banyak sekali jenis penyakit kronis yang di awalnya tak menampakkan gejala seperti pada penyakit akut, namun seiring waktu semakin mengganggu kesehatan bahkan memberikan batasan pada kegiatan manusia. Tak jarang penyakit kronis ini juga memakan korban jiwa karena kurangnya kewaspadaan dan terlambatnya pengobatan. Salah satu contoh dari jenis penyakit kronis yang banyak diderita oleh masyarakat Indonesia adalah penyakit tekanan darah tinggi.


Tekanan darah tinggi adalah penyakit yang bisa menyerang siapa saja tak peduli usia, jenis kelamin hingga bobot badan. Darah tinggi juga termasuk penyakit turunan dimana anggota keluarga dengan leluhur pemilih darah tinggi memiliki resiko yang lebih besar terkena penyakit yang sama. Ditandai dengan tingginya tekanan darah yang dimiliki oleh penderita sehingga bisa menyebabkan timbulnya gangguan penyakit lainnya. Jika tak dilakukan pengobatan hipertensi yang benar, maka penyakit ini bisa menjadi pencetus penyakit lain yang lebih fatal seperti gangguan jantung hingga kebutaan dan kematian saat melahirkan.

Selain pengobatan yang dilakukan secara medis untuk menjaga kestabilan kondisi tekanan darah dan menurunkannya saat tinggi, cara lain yang bisa dilakukan oleh penderita darah tinggi adalah dengan melakukan diet. Diet yang dilakukan tentu saja berhubungan dengan menjaga asupan makanan agar tak menyebabkan semakin tingginya tekanan darah. Berikut ini adalah contoh makanan yang perlu dihindari oleh penderita hipertensi agar tekanan darah tak menjadi lebih tinggi:

        Makanan kaya kolesterol seperti santan.
        Makanan kaya lemak seperti daging dan kulit.
        Garam.
        Makanan olahan dalam kaleng dan mie instan.
        Kopi
        Susu.
        Gorengan.
        Alkohol.


Selain makanan pantangan tersebut, penderita juga bisa mengusahakan turunnya tekanan darah dengan memperbanyak konsumsi makanan tertentu. Berikut ini adalah beberapa bahan makanan tradisional yang bisa menjadi obat herbal bagi penderita tekanan darah tinggi dan terbukti manjur jika dikonsumsi secara rutin:

        Daun sirsak.
        Buah belimbing matang.
        Daun seledri.
        Bawang putih.

Hindari minuman beralkohol dan kebiasaan merokok untuk stabilkan tekanan darah yang kamu miliki.

No comments: