Sarapan Pagi Sehat dengan Australian Baked Oats


Sudah sarapan pagi malah mengantuk atau lapar lagi? Kalau iya, pertanyaan saya adalah, yakin sarapanmu sehat? Sarapan pagi sehat memang keinginan semua orang sih, tapi tidak semua orang bisa memenuhi itu. Cara hidup sehat sebenarnya bisa dimulai dengan asupan makanannya. Cari tahu yuk!


Cara hidup sehat dengan sarapan pagi sehat itu seperti apa?

Mungkin kamu sudah merasa cukup makan pagi dengan berbagai menu atau hanya satu menu lalu kenyang, tapi beberapa jam kemudian lapar lagi. Bisa saja sih. Saya juga sering mengalaminya. Haha. Saya kutip dari health.detik.com, kemungkinan makanan yang kita telan itu mengandung gula dan karbohidrat olahan. Tubuh mengubah karbohidrat olahan menjadi gula dan menimbulkan rasa tidak puas sehingga tubuh meminta asupan makanan kembali. Karbohidrat sederhana seperti apa sih? Menurut alodokter.com, karbohidrat sederhana contohnya kue kering, puding, jus, roti, soda, dan permen.

Pilihan sarapan seperti apa yang kamu suka?

Konsumsilah karbohidrat kompleks agar perut terasa penuh dan lebih lama dicernanya. Karbohidrat kompleks adalah karbohidrat yang mengandung molekul gula panjang dan kompleks. Karbohidrat jenis ini dibagi dua jenis, yaitu serat dan pati. Serat sangat dibutuhkan tubuh agar pencernaan lancar dan kontrol kadar kolesterol, contohnya biji-bijian, gandum, sayur, dan buah. Sementara itu untuk pati bisa ditemui dalam makanan ini, antara lain nasi, sereal, oat, jagung, kentang, roti gandum, dan kacang polong.

Ternyata mengonsumsi nasi saat pagi hari itu tidak salah. Nasi adalah salah satu karbohidrat kompleks yang membuat perut kita penuh sehingga kenyang dalam waktu lama. Berarti selama ini sarapan roti itu bisa dibilang salah, karena beberapa sumber sebutkan roti termasuk karbohidrat sederhana. Karbohidrat sederhana adalah semua makanan yang berasal dari karbohidrat olahan, termasuk sirup, kue, dan lain-lain.

Foto diambil di Pixabay.com

Oat dan sereal adalah karbohidrat kompleks lain yang cukup dianjurkan untuk dikonsumsi saat sarapan. Ada banyak produk oat dan sereal yang tersedia di pasaran dan bisa dipilih. Oat dan sereal bisa dikonsumsi dengan tambahan buah agar memperkaya nutrisi. Tambahan kacang almon, kenari, kacang tanah, mete, biji labu, kuaci, dan kismis bisa menambah kaya nutrisi dan proteinnya. Bagus untuk tubuh. Rolled oat kaya akan serat magnesium, zat besi, folat, vitamin B, dan nutrisi penting lainnya. Jika dikonsumsi secara rutin, rolled oat dapat membantu menurunkan kolesterol jahat.

Australian baked oats jadi salah satu alternatif makanan sehat untuk jantung

Saya tidak bisa sarapan roti karena kenyangnya temporer. Mungkin karena pilihan rotinya salah, saya pilih yang karbohidrat olahan. Seharusnya saya pilih roti gandum. Roti gandum masih tergolong karbohidrat kompleks, berbeda dengan roti lain. Kalau mau sarapan roti, sebaiknya pilihlah yang belabel gandum. Saran lain adalah stok sereal dan atau oat. 

Sereal adalah pilihan makanan sehat lain yang bisa kita konsumsi saat sarapan

Oh ya saya mau bilang, kalau kamu termasuk orang yang senang sekali konsumsi karbohidrat olahan, sebaiknya mulai hati-hati. Kurangilah konsumsinya sebab bisa membuat tubuh gendut dan berisiko menderita diabetes. Menjaga asupan karbohidrat kompleks bisa menjadi kunci hidup sehat. Sebab, karbohidrat kompleks bisa membantu mengendalikan berat badan Anda, sehingga risiko diabetes tipe 2 dan gangguan jantung menjadi lebih rendah. 

Saya tergolong orang yang jarang sarapan, tapi saya stok sereal dan oat di rumah. Ya demi memenuhi cara hidup sehat dengan mengonsumsi makanan sehat untuk diet dan makanan sehat untuk jantung. Sereal dan oat yang saya konsumsi biasanya rasanya hambar. Wkwk... Saya tahan-tahan sih. Kadang agak nakal, saya tambahkan gula agar terasa manis. Setelah saya temukan informasi di atas, saya mulai berpikir, berpikir, dan berpikir.

Kemudian tanpa sengaja saya temukan GRANOLAB Australian baked oats.Ya bisalah ya jadi menu sarapan pagi sehat saya. Saya sadar saya tidak sehat dan seringkali melanggar peraturan tubuh dengan sering begadang dan mengonsumsi makanan tidak sehat. Untuk itu saya imbangi dengan stok makanan sehat untuk jantung.

Tidak hanya itu. Saya juga stok minuman jahe dan beberapa herbal lain untuk saya konsumsi. Ya tidak dikonsumsi rutin sih, kadang dua hari sekali, kadang seminggu sekali. Kadang saya memaksa diri untuk lebih banyak makan buah saat diundang ke sebuah acara, di mana disediakan banyak kudapan. Ya sekali lagi demi memenuhi kebutuhan tubuh akan makanan sehat untuk diet dan makanan sehat untuk jantung.

GRANOLAB adalah produk rolled oats yang memang berasal dari Australia. Rolled oats australia dikenal punya rasa dan aroma lezat, juga tingkat persentase gandumnya tinggi akan serat. Uniknya lagi, GRANOLAB menggunakan pemanis alami stevia. Tidak dipungkiri GRANOLAB juga menggunakan madu, gula aren, dan gula pasir, tetapi dalam jumlah minim. Selebihnya pakai pemanis alami stevia. Ekstrak daun stevia bisa meningkatkan rasa manis tanpa tambahan kalori. Secara medis, pemanis alami stevia mampu menurunkan gula darah dan melawan diabetes.

GRANOLAB Australian baked oats seperti namanya adalah oat panggang, di mana dipanggang dengan metode double-baked untuk memastikan agar granola yang kamu nikmati tetap dalam tekstur dan citarasa oke. Jaminannya lagi adalah kandungan serat tertinggi, bagus untuk pencernaan. Serat yang terkadung dalam satu kemasan (210 gram) bernilai enam kali lebih banyak dibandingkan dengan 200 gram bayam.

GRANOLAB, makanan sehat untuk diet punya tiga rasa

Tak bisa saya pungkiri, granola belakangan ini memang jadi tren untuk menikmati sarapan pagi sehat. Oh iya, saya dari tadi belum menyebutkan tentang granola. Apa sih granola? Buat beberapa orang yang paham pasti tidak asing memang. Buat kamu yang belum tahu, granola adalah makanan yang terdiri dari oat, kacang-kacangan, buah-buahan kering. Kadang granola ditambahkan dengan minyak, madu atau pemanis lain. 

Nambah lagi nih alternatif sarapan dan cemilan sehat

Nah, granola dipercaya termasuk salah satu makanan sehat untuk diet dan makanan sehat untuk jantung, cukup mengenyangkan tapi tidak berisiko menyebabkan tubuh sakit. Granola mempunyai kandungan serat tertinggi dan mengandung protein tinggi. Lemak dalam granola juga termasuk lemak sehat. Kandungan serat tertinggi pada granola bermanfaat untuk melancarkan pencernaan, mencegah sembelit, kontrol gula darah, menurunkan kolesterol, menurunkan tekanan darah, menurunkan risiko terkena kanker, bagus untuk kesehatan otak, dan bikin kita kenyang lebih lama.

GRANOLAB Australian baked oats punya tiga jenis, original honey, fruit & nut, dark chocolate & almond. Tidak seru kan kalau saya hanya hanya beli satu. Hehe, pamer. Original honey rasanya manis, tapi manisnya tidak kuat. Saya kurang begitu suka rasanya karena yang saya cicipi seluruh granola yang saya gigit hanya berasa setengah manis dan renyah. Bagusnya sih, granolanya tidak menggumpal satu sama lain.

Sarapan yang saya suka kalau ditemani dengan buah

Rasa lainnya adalah fruit & nut. Pertama kali saya buka kemasan yang ini. Enak. Kebetulan saya suka buah kering. Kismis dan granolanya tidak menggumpal. Kalau hanya makan granolanya, rasanya mirip yang original honey, tapi yang ini lebih kuat. Selain itu sensasi saat menggigit buah kering yang lembuh memberi nuansa lain. Itu yang membuat saya suka. Sementara itu, yang dark chocolate & almond adalah yang paling saya suka. Ada rasa pahit, ada rasa manis cokelat, ada rasa gurih biji-bijian. Rasanya menurut saya lebih kompleks dan yang paling kuat.

Cara mengonsumsi oat panggang

Cara paling sederhana adalah dengan dicemil biasa. Sambil nonton film, smabil bergosip, sambil mengerjakan tugas, sambil mandi, sambil salto, eh, ini sudah mulai kebablasan ya. Berbeda kalau mengonsumsi kripik singkong yang ada rasanya, selalu ada bumbu yang menempel di tangan. Kadang cukup mengganggu ya, meski enak sih. GRANOLAB tidak meninggalkan bumbu saat saya cemilin satu-satu.

Nah yang ini rasa favorit. Paling enak dibandingkan yang lain

Cara kedua adalah dengan mencampur sereal atau oat dengan GRANOLAB untuk sarapan pagi sehat. Saya tidak perlu lagi menambahkan gula karena pemanis alami stevia di dalam australian baked oats ini sudah beri rasa manis. 

Kalau ini yang paling disukai teman saya. Katanya rasanya menimbulkan efek bahagia. Wkwkw ada-ada saja memang dia itu.

Cara ketiga adalah mencampur sereal dengan minuman serbuk kedelai ditambah GRANOLAB. Kebetulan saya juga punya stok serbuk kedelai sehat untuk sarapan. Begitu saya campur ketiga komponen itu, rasanya jadi luar biasa. Ketiga rasa dari bahan berbeda tidak saling tumpang tindih tapi sama-sama seimbang terasa di lidah.

Saya coba makan dengan yogurt, hem, enak juga, tapi kenapa fotonya ini blur ya. Hemmm...

Cara ketiga adalah dengan menjadikan oat panggang ini jadi toping es krim. Cara keempat adalah dengan dijadikan toping di yogurt. Cara keempat adalah dengan mengganti sereal dengan GRANOLAB ditambah susu. Bagus untuk sarapan pagi sehat, demi memenuhi kebutuhan cara hidup sehat. Sekarang kamu punya alternatif makanan lain, bukan? Cobalah!

1 comment:

Lisa Maulida R said...

Wahhh, jadi kepingin.. Sayang Australian Baked Oats ini belum sampai di Taiwan ya. Nyari-nyari dulu deh, siapa tau ketemu.