Tokoh Inspiratif Ada di Sekitar Kita


Setiap orang menjalani kehidupan berbeda. Ada yang sukses lebih dahulu, ada yang tertunda karena harus banyak belajar dari pendahulu. Paling sederhana adalah Bob Sadino yang meraih kesuksesan tanpa mengenyam pendidikan tinggi.

Bob Sadino merupakan tokoh inspiratif bagi sebagian orang, tapi tidak untuk sebagian yang lain. Beberapa lebih mengidolakan Syahrini atau Agnez Mo sebagai tokoh inspiratif menurut mereka. Ada juga yang mengidolakan Afandi dengan lukisan-lukisannya sebagai panutan. Beberapa orang yang cukup fanatik akan agama kemungkinan akan menyebut Nabi Muhammad SAW sebagai tokoh panutannya. Setiap orang bebas menentukan tokoh inspiratif agar mendapatkan semangat yang sama menuju kesuksesan. 


Saya rasa tidak ada seorang pun dari kamu yang tidak punya tokoh panutan. Minimal mengagumi diri sendirilah. Tidak apa-apa dong egois sedikit. Haha... Namun, benar loh, punya tokoh panutan itu memberi semangat. Kita akan berjuang dengan cara yang minimal sama dengan tokoh yang kita kagumi, selebihnya merupakan hasil dari modifikasi.

Ada banyak sekali tokoh-tokoh yang bisa menjadi panutan bagi kita. Tidak selalu selebriti atau orang yang sudah berkali-kali masuk pemberitaan di media. Orang-orang di sekitar kita juga bisa jadi panutan. Boleh jadi gurumu di sekolah, dosenmu di kampus, teman sekelasmu, teman sepermainanmu, guru ngajimu, dan lain-lain.


Sekumpulan tokoh inspiratif
Kebetulan saya diundang dalam peluncuran website www.tokohinspiratif.id (9/9/2018) di Ocha & Bella Resto, Jakarta. Website ini muncul sebagai bentuk kepedulian terhadap masa depan bangsa. Tujuannya ingin individu-individu di dalam tatanan masyarakat saling terhubung dengan orang-orang yang memberi inspirasi dan semangat. Tidak hanya itu, harapannya agar makin banyak orang yang jadi panutan bagi lingkungannya, banyak berbuat baik dan menyebarkan virus kebaikan, sekaligus memberi inspirasi bagi masyarakat dan terutama untuk generasi muda.

Tokoh inspiratif yang diundang dalam launching website tokohinspiratif.id (kredit: Shinta)

Banyak tokoh inspirasi yang hadir dan siap menyalurkan energi positif. Tokoh-tokoh tersebut berasal dari berbagai kalangan, tanpa pandang usia, etnis, latar belakang, dan minat. Yang paling utama adalah mereka adalah orang yang menyala-nyala semangatnya. Tentu mengajak kamu dalam berbuat baik.

Tentu saja jika kamu mau membuka website tersebut, kamu akan menemukan banyak orang yang mungkin tidak kamu kenal. Mereka sudah melakukan kontribusi nyata dengan efek luar biasa kepada lingkungan dan masyarakat. Ada sebelas kategori tokoh inspiratif dalam website tersebut, yaitu komunitas, akademisi, organisasi non pemerintah/non politik, masyarakat adat, penyelenggara/aparatur negara, guru, kesehatan, difabel, demokrasi, seniman dan nelayan. Jadi benar kan, siapapun bisa menjadi tokoh inspiratif buat kamu.

Kebetulan saat launching website, hadir beberapa tokoh yang memberikan testimoni tentang website tersebut juga tentang bagaimana memberikan kontribusi nyata kepada masyarakat sebagai bagian dari bangsa yang ingin memajukan negaranya. Tokoh-tokoh itu antara lain, Nur Hidayati, aktivis organisasi nonpolitik yang menjabat sebagai Direktur Eksekutif Nasional Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (WALHI) dan dikenal sebagai pejuang lingkungan; Dr. Ratna Dewi Petalolo, SH, MH sebagai aparatur pemerintah yang merupakan anggota Bawaslu RI Divisi Penindakan; Titi Anggraini, Direktur Eksekutif Perkumpulan untuk Pemilu dan Demokrasi (Perludem) juga menyuarakan pendapatnya mengenai demokrasi; Prof. Dr. Sulistyowati Irianto, Guru Besar Antropologi Universitas Indonesia yang tak gentar melawan korupsi; dan Johansyah Ismail, Koordinator Nasional Jaringan Advokasi Tambang (Jatam) yang kerap disapa Bung Merah.

Johansyah Ismail (kredit: tokohinspiratif.id)

Tokoh-tokoh yang hadir menceritakan bagaimana perjuangan mereka masing-masing sesuai bidang yang digeluti, seperti Johansyah Ismail yang memperjuangkan agar pertambangan dihentikan. Di tempat kelahirannya pertambangan penuh dengan politik yang merugikan lingkungan dan masyarakat sekitar.

Kamu bisa jadi tokoh inspiratif
Tak hanya alharhum Bob Sadino saja yang gila, J.K. Rowling pun termasuk salah satu orang gila yang sukses. Coba sekarang siapa yang tidak gemar menonton Harry Potter? Pasti ada ya, tapi kebanyakan pasti suka, termasuk saya. Harry Potter adalah karakter yang dibentuk oleh J.K. Rowling. Karakter di dalam film diangkat dari novel laris yang ditulis J.K. Rowling. Seluruh dunia ikut punya imajinasi seperti dunia sihir yang dibangun Rowling. Rowling bercerai kemudian menghidupi anaknya sendirian. Ia menulis dan harus ditolak oleh 12 penerbit sampai akhirnya Bloomsburry menerbitkan karyanya di tengah kekalutan hidupnya. Rowling saat ini menjadi tokoh inspiratif yang banyak dikagumi.

Intinya, Rowling dan Bob Sadino mulanya bukanlah siapa-siapa, mereka manusia yang menjalani kehidupan penuh drama. Dengan tekat dan keuletan, mereka mampu berjuang dan sukses secara ekonomi. Menjadi inspirasi banyak orang. Nah, kamu juga bisa menjadi seperti mereka.

Kalau kamu membuka website tokoh inspirasi, kamu akan menemukan tokoh-tokoh inspiratif. Suatu hari namamu bisa ada di dalamnya. Bukan hanya itu, kalau kamu punya kenalan yang menginspirasi, bisa diajukan. Setelah diajukan nanti akan dinilai oleh tim editor. Kalau lolos, temanmu akan berjuang bersama-sama dengan yang lain mengangkat nama Indonesia melalui perjuangannya.


Ada kriterianya loh kalau kamu ingin mengajukan diri sendiri atau rang lain. Silakan dicatat
  • Punya integritas. Integritas itu semacam keadaan utuh di mana punya potensi dan kemampuan
  • Punya passion, semangat. 
  • Punya kapasitas baik ilmu, akses, ataupun kemampuan
  • Suka berinovasi yang berbeda dari yang lain
  • Punya semangat memberi dan berbagi. Harus punya semangat agar bisa menularkan energi positif agar orang lain bangkit.


Bagaimana? Kalau belum siap tidak apa-apa, siapkan diri dari sekarang. Tidak harus menjadi tokoh inspiratif yang muncul di banyak media sih, tapi lebih kepada keinginan berbuat baik lebih giat dan lebih ulet dibandingkan orang kebanyakan, menurut saya sudah cukup. Kalau pun terkenal karena kontribusi-kontribusi itu, saya rasa itu bonus dan rayakanlah. (Uwan Urwan)



5 comments:

Food Travel Zone said...

Suara lantang Johansyah dengan pemikiran soal tambang yang tidak fair, membuat saya tersentak. Semoga dia bisa menggerakkan pemuda2 untuk memberi input kepada pemerintah agar mengambil keputusan yang tepat soal investasi negara yang kedaulatannya harus di kita.

Hanni said...

banyaknya inspirator jadi bisa menginspirasi banyak orang agar indonesia tambah maju

Ya Yat said...

mereka adalah orang-orang yang keren... moga makin banyak yang mengikuti jejaknya

Dedy Darmawan said...

Paling tidak kita semua sudah punya gambaran atau role model. Bahwa mereka bukan orang yang menunggu apapun untuk berbuat besar untuk negeri ini.

Uci said...

Semoga akan semakin banyak bermunculan tokoh tokoh inspiratif di Indonesia dan membawa Indonesia pada kebaikan.