Job Fair Qareer Carnival 2018 Siapkan Konsep Baru

Masa setelah lulus kuliah adalah kehidupan yang sesungguhnya.

Kutipan di atas adalah pesan yang secara turun-temurun disampaikan dengan bijak oleh banyak orang, termasuk saya. Saya yakin, ungkapan tersebut tak akan lekang meski zaman berganti, sebab kenyataannya memang begitu. Kehidupan setelah menempuh jenjang pendidikan tertinggi adalah yang paling berat. Sadar atau tidak sadar, kita sudah menjadi manusia dewasa yang bertanggungjawab atas segala perbuatan yang dilakukan.

Berusaha tegar dan tersenyum meski melamar kerja butuh usaha ekstra (Cptured by Andini Harsono)
Hal terberat pertama setelah lulus adalah mencari kerja. Ah, rasanya pusing setelah tahu bahwa saya harus bekerja untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari. Bantuan finansial dari orangtua menjadi minim atau bahkan tidak sama sekali. Jadi mau tidak mau harus aktif mencari info ke sana ke mari, baik online maupun offline. Ribetrya mencari kerja meliputi
  • Menyiapkan berkas-berkas (SKCK, surat keterangan sehat dan bebas narkoba, daftar riwayat hidup, surat lamaran kerja, sertifikat-sertifikat)
  • Menyiapkan foto diri berbagai ukuran untuk beberapa keperluan
  • Menyiapkan ijazah dan transkrip plus legalisir sebanyak mungkin
  • Mengirimkan lewat Pos atau via surat elektronik
Keempat poin di atas tidak membutuhkan waktu sehari dua hari. Jika universitas tempat kuliah jaraknya cukup jauh, legalisir ijazah dan transkrip bisa memakan waktu dan biaya tidak murah. Belum lagi urus SKCK dengan antrian tidak sedikit. Harus fotokopi berkas-berkas juga. Untuk surat keterangan sehat dan bebas narkoba pun harus lewat rumah sakit atau Puskesmas terdekat. Beberapa berkas bisa dengan mudah disiapkan, tapi sisanya bisa menghabiskan uang cukup banyak. Belum lagi untuk perusahaan yang masih menggunakan standar lama, harus mengirimkan surat lamaran via Pos. Mau tidak mau harus mengeluarkan uang lagi untuk ongkos kirim. Belum lagi jika ada lebih dari 10 perusahaan yang harus dikirimkan surat lamaran kerja, kira-kira berapa biaya yang dibuutuhkan untuk itu? Oh ya, beberapa teman saya bisa mengirimkan ke lebih dari 50 perusahaan via paket pengiriman.

Apakah perjuangan para pencari kerja sampai di situ? Tidak. Dari sekian puluh lamaran yang dikirim, bisa jadi tidak ada satu pun yang dipanggil untuk wawancara. Atau dipanggil wawancara tapi tidak ada satu pun yang lolos. Buat orang yang beruntung bisa jadi hanya kirim beberapa lamaran, langsung dipanggil, kemudian wawancara, dan diterima bekerja di perusahaan tersebut. Tiap orang pasti punya cerita yang berbeda, tapi yang jelas, mau beruntung atau tidak, biaya yang dikeluarkan untuk melamar kerja sampai bekerja di perusahaan itu tidak sedikit.

Job Fair Qareer Carnival ke-4
Masalah di atas itu cukup pelik dan dihadapi oleh sebagian besar lulusan kampus, baik yang ternama atau pun pinggiran. Solusinya adalah datang ke job fair. Job fair memberi kemudahan pagi pelamar kerja menemukan banyak perusahaan di satu tempat. Pelamar tak perlu lagi mengirim ke banyak perusahaan melalui paket pengiriman atau email. Cukup sediakan surat lamaran kerja lengkap dengan berkas-berkasnya, lalu masukkan ke perusahaan yang diinginkan. Beberapa perusahaan biasanya melakukan interview on the spot sehingga memudahkan kita yang mencari kerja.

Qareer Carnival 2018 semuanya serba digital. Bawalah smartphonemu dan pastikan baterainya tidak habis sebelum pulang (Captured by: Rudi Apriadi)

Kabar bahagianya, Qareer Group Asia buka pintu buat kamu yang lagu cari pekerjaan. Tahun lalu mereka sukses dengan Job Fair Qareer ke-3, tanggal 25-26 Juli 2018 di Gedung Patra Jasa (Ballroom Yudistira), Jakarta, akan digelar Job Fair Qareer Carnival ke-4 dengan konsep baru. Pelamar tidak perlu lagi membawa surat lamaran dalam bentuk kertas, materai, foto, dan lain-lain. Pelamar cukup mendaftarkan diri melalui link ini, membawa flashdisk, dan datang ke lokasi. Sistem digital (paperless) tentu memudahkan kamu dan kamu. Tidak perlu lagi print, fotokopi, beli amplop, dan kirim lewat paket pengiriman

Jadi sistemnya sangat memudahkan para pencari kerja sekaligus menghemat pengeluaran. Melalui link di atas, jobseekers hanya perlu mengisi data diri, upload CV, lalu cek email. Kemudian lanjutkan proses registrasi dengan klik link verifikasi di email. Setelah registrasi, nanti kamu akan dapat kode QR dan kode  OTP lewat email Jobs.ID selanjutnya.

Sesampainya di lokasi Job Fair Qareer Carnival ke-4, apa yang harus dilakukan? Tenang. Saya akan beri panduannya.
  • Pastikan di smartphone kamu ada aplikasi Google Chrome. Kalau belum, install sekarang.
  • Log in ke akun Jobs.ID dan dapatkan notifikasi untuk pendaftaran ulang.
  • Klik tombol registrasi ulang dan scan kode QR di pintu masuk Qareer Carnival.
  • Kalau error, refresh. Kalau masih belum bisa, panggil petugas. Nanti akan ada beberapa petugas yang akan membantu.
  • Kalau sudah, kamu bisa masuk ke booth-booth yang diinginkan.
Akan ada sekitar 50 perusahaan yang tergabung dalam Qareer Carnival kali ini. Pastikan kamu sudah mencari tahu terlebih dahulu perusahaan apa saja yang ada dan kamu incar. beberapa perusahaan besar yang tergabung, meliputi Bukalapak, Cocowork, Danamon, Coca Cola Amatil, AXA Mandiri, Valburi Asia Futures, dan lain-lain. Persiapkan sebaik mungkin. Semua data kalau bisa disimpan dalam flashdisk atau disimpan dalam Google Drive agar sewaktu-waktu bisa diakses jika flashdiskmu bermasalah. Dengan banyaknya perusahaan yang tergabung, harapannya kamu memasukkan lamaran ke perusahaan yang sesuai dengan keahlianmu. Satu lagi, Qareer Carnival ini disponsori oleh Bank DBS Indonesia, AIA Finance, Purbasari, dan AICE Ice Cream.

Eh, ada yang terlewat kan. Jadi yang spesial dalam Job Fair Qareer Carnival 2018 iselain semuanya serba digital adalah, ada talkshow dan management trainee test (MT Test). MT Test itu akan ada setiap satu jam mulai pukul 10.00 WIB sampai 16.00 WIB. Hanya ada lima sesi dalam satu hari dan terbatas untuk 30 peserta per sesi. MT Test ini dirancang khusus buat kamu untuk menentukan kemampuan Bahas Inggris dan pengembangan diri sebelum masuk program Management Trainee. Saya harap kamu bisa ikut tes ini selama event berlangsung karena pastinya akan sangat bermanfaat. Seperti konsep yang ditawarkan, tes ini pun hanya lewat smartphone saja, tidak ada kertas atau pun pena.

Talkshownya punya beberapa topik yang akan diangkat. Ada empat topik talkshow yang akan dibagikan ke kamu yang hadir. Per hari hanya ada dua talkshow. Akan ada tips melalui wawancara bersama calon mertua dengan baik dan benar, bagaimana cara menarik perhatian mantan agar lolos wawancara, bagaimana cara membuat CV yang menarik, cara cari tahu posisi yang sedang hits saat ini, mempelajari hak-hak kalau kamu sudah dinyatakan lolos semua tes, dan lain-lain. Nanti juga akan ada beauty class loh. Intinya nanti akan mengajarkan bagaimana cara menggunakan make up yang pas buat wajah dan digunakan untuk wawancara kerja. Mohon maaf, kelas kecantikan ini hanya untuk perempuan. Nanti kalau mau protes, demo saja ke panitianya minta diadakan kelas ketampanana. Hehe...


Acaranya tidak lama. Saya ulangi lagi dan kamu bisa catat. Qareer Carnival 2018 akan berlangsung pada tanggal 25-26 Juli 2018 di Gedung Patra Jasa, Jl. Gatot Subroto, RT.6/RW.3, Kuningan, Jakarta. Jangan lupa daftarnya di sini.  Siapkan dirimu, banyak berdoa, semangat, dan jangan lupa pantengin akun media sosial Qareer Carnival untuk info-info terbaru.






No comments: