Nih 10 Cara Jadi Blogger Keren

April 28, 2017


Pernah tidak kamu iri melihat blogger-blogger senior hadir di berbagai acara, bertemu artis, menjadi pemateri pada berbagai seminar, bertemu klien di perusahaan ternama, dan punya banyak followers di media sosialnya? Lalu kamu sedih karena tergolong masih baru atau bahkan baru mau jadi blogger? Toss, kita sama. Saya pun sering sedih kalau lihat pribadi saya belum bisa sehebat mereka.

"Ya kan kamu tidak tahu apa yang sudah mereka perjuangkan dan korbankan," kata seorang teman saat saya mengutarakan isi hati.

Lalu saya mengiyakan. Benar juga. Bisa jadi mereka yang sibuk ke sana ke mari dan mendapatkan banyak job dari hasil pertemuannya dengan orang-orang. Kita tidak tahu kan? Beberapa dari mereka mengabaikan waktu bersantai di rumah, menonton televisi, bermain bersama hewan peliharaan, atau mengajak anak dan keluarga berlibur.

"Usaha tidak menghianati hasil kok, cuma memang selalu ada yang dikorbankan," lanjutnya.

Buat kamu (dan saya) yang masih baru mau jadi blogger dan ingin seperti mereka, saya mencoba merangkumnya jadi 10 poin. Apa itu?

1. Punya blog


Modal utama seorang blogger hanya blog. Buatlah blog. Ada banyak website yang menyediakan domain gratis kok. Tapi, maaf. Domain gratis sekarang jangan dipertahankan. Belilah domain berbayar. Ada banyak website penyedia domain-domain. Jika beruntung kamu bisa mendapatkan promo dengan harga terendah.


2. Konsep blogmu
Jangan asal membuat blog. Saya beberapa kali membuat akun baik di wordpress, blogspot, dan di beberapa website lain, tapi hasilnya nol. Karena konsep belum matang dan tidak konsisten akhirnya blog itu mati. Saya juga sudah lupa pasword untuk blog-blog lama.


Konsep dengan jelas. Apakah niche blogmu itu gado-gado, travelling, kuliner, atau yang lain. www.uwanurwan.com sih memang gado-gado. Itu tidak masalah yang penting adalah konsepnya jelas (pembenaran diri).

3. Konsisten
Biasanya ini yang sulit. Kamu tak harus menunggu ada acara atau job untuk menulis. Tulis apa saja yang ada di sekitar, misalnya tutorial menghias sandal dengan cat air, kondisi ekonomi di kotamu, atau kalau niche blogmu sudah khusus, misalnya kuliner, sering-seringlah hunting makanan lalu ulas makanan tersebut di blogmu dengan menarik. Akan sangat bagus kalau bisa berbincang-bincang dengan ownernya.


4. Pakai foto, ilustrasi, dan atau video yang menarik

Penggunaan foto menjadi daya tarik tulisan kita

Ini juga jadi PR buat saya. Blog tidak hanya dinilai dari kualitas tulisannya, tapi harus didukung foto, ilustrasi, dan video yang menarik. Tidak asal comot di galeri lalu ditempelkan di blog lo ya. No. Sebaik-baiknya apalagi seburuk-buruknya hasil foto, harus melalui proses edit. Diusahakan pakai foto terbaik untuk blog, kalau terpaksa ya bolehlah ya. Karena mungkin pada suatu momen kita terburu-buru ambil foto. Atau solusi terakhir pakai foto/video di internet. Jangan lupa cantumkan sumbernya. Apapun karya yang bukan milik kita lalu kita publish, selalu sertakan sumber.


5. Share di media sosial

Setelah menulis wajib dishare. Tag dan mention siapa saja. Ah, kalau bisa sih tag teman yang tidak terlalu mempermasalahkan postinganmu. Tidak semua orang suka ditag di media sosial apalagi jika artikel itu sama sekali tak berhubungan dengan mereka. Buatlah caption yang menarik agar teman-temanmu mau membaca tulisanmu.

6. Berkomunitas

Nah ini nih. Di dunia ini ada banyak sekali komunitas. Bergabunglah dan berkomunikasilah dengan sesamanya. Ya sesama blogger. Jangan jaim untuk menyapa terlebih dahulu. Tidak peduli berteman di media sosial atau di dunia nyata, tanpa sadar kalau kita sering berkomunikasi, namamu yang akan diingat pertama kali kalau ada sesuatu. Bisa jadi untuk berdiskusi, berbagi job, atau menawarkan untuk jadi pemateri dalam sebuah workshop. Who knows?


7. Sabar
Jika semua poin sudah dilakukan, bersabarlah. Sabar adalah jalan terbaik untuk memantaskan diri kita mendapatkan sesuatu yang lebih besar di kemudian hari. Sering-sering membaca postingan orang lain di blog mereka lalu tinggalkan komen. Itu penting lo buat menaikkan rate kita, ya Page Authority dan Domain Authority. Mereka akan membalas baca postingan kita dan berinteraksi di dalamnya. Ya, hitung-hitung menambah ilmu juga. Intinya jangan sombong untuk memulai sesuatu dengan orang lain. Ini catatan buat saya juga nih.


Dan sabar itu penting. Blogger-blogger senior yang sudah memiliki banyak relasi dan job pun mengalami hal sama saat memulai dulu. Mereka juga tertatih-tatih sampai difitnah di mana-mana, atau mengerjakan 10 artikel atau lebih dalam sehari. Kalau kamu belum mengalaminya, berarti harus berjuang lebih keras lagi. Ya memang kudu sabar. Tidak boleh pantang menyerah.

8. Aktif di media sosial


Blogger itu terkenal dengan anak alay medsos. Tiada hari tanpa posting di media sosial, baik di Twitter, Instagram, dan Facebook. Sementara media sosial yang paling disukai perusahaan ya ketiga itu. Maksimalkan jumlah teman dan followers. Branding diri sebaik mungkin. Kurangi nyinyir. Ahahah.. Ini PR banget ya. Perusahaan tentu ingin promosikan usahanya kepada pemirsa yang lebih banyak. Kalau jumlah teman dan followers kita sesuai dengan ekspektasi, perusahaan yang menggaji kita akan lebih senang.


9. Bangga


Buat apa jadi blogger tapi tidak bangga? Meski saat ini penghasilanmu masih di bawah rata-rata blogger-blogger senior, tetaplah bangga. Dengan modal itu tentu kita akan percaya diri membawa nama blog kita sendiri. Ahahaha... Ini ajang branding diri juga sih.


10. Bermodal
Oh ya poin ini lupa banget. Harusnya ada di poin pertama. Ahaha. Tapi tak apalah ya. Nah modal itu penting. Sempat disinggung di poin-poin di atas.

Misalnya nih niche blog kamu tentang travelling. Bagaimana cara kamu punya pengalaman untuk postingan terbaru kalau belum pernah keluar rumah? Ya minimal travelling ke kota terdekat. Ceritakan bagaimana keindahan kota tersebut, transportasinya, kulinernya, dan kondisi penginapan termurah. Ya memang butuh modal. Kan untuk keberlangsungan hidup blogmu juga.

Jangan salah, blogger yang mondar mandir ke sana ke mari juga mengeluarkan modal. Bangun subuh, berangkat pagi karena takut terlambat tiba di lokasi, bayar angkutan umum, kalau lokasinya jauh pun ongkos yang keluar juga lebih besar, belum lagi harus membeli vitamin agar tubuh terus fit, membeli kuota untuk live tweet, atau pasang wi-fi di rumah, apalagi.... hmmm... Pulang sampai rumah sudah gelap dan masih harus menulis. Kalau beauty blogger modalnya juga besar tuh. Harga kosmestik kan mahal, belum pakaian yang kudu dipakai harus modis. Apapun niche blogmu, jangan pernah berpikir kalau jadi blogger itu gak ada modal.

Jadi blogger memang nikmat, tapi tak selalu enak. Namanya kerja ya. Pasti ada tidak enak. Sama saja jika kita memutuskan bekerja di sebuah perusahaan. Setiap hari tidak selalu enak, ada saja waktu untuk dikomplain, dimarahi atasan, atau bahkan dimusuhi orang sekantor. Eh serem yak. Hahaha. Tapi masih mau kan jadi blogger? Yuk! (Uwan Urwan)

You Might Also Like

40 komentar

  1. Jadi Blogger juga ngga boleh pantang menyerah dan baperan. Hrs terus semangat meski sering ngga kepilih event hiks wkwkwk jadi curcol *ehh. Tp ngga kalah penting juga sich adalah jadilah blogger yg berattitude baik

    ReplyDelete
  2. Boleh lah boleh lah, bangga jadi Blogger :)

    ReplyDelete
  3. dan titik tertinggi blogger adalah masuk publisher google, senang tuh rasanya

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyees banget..... tapi saya belum tuh. hikss

      Delete
  4. Nah, kl yg konsisten msh blm bs euy, apalg blog yg atunya huhu ...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul banget Mas... Susah ya buat konsisten. Wkwkw apalagi kalo dibarengi sama galau. Wkwk

      Delete
  5. Fotonya kece2 kakaaak.. Ajarin bikin foto yang kece duuong..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ah cuma pake shampoo kok kak. Loh. Wkwk

      Delete
  6. Sebenarnya tanpa niche g masalah kok mas. Asal karakter tulisan kita bagus

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ahahah ya bener Mas.... Saya sih masih gado gado aja sih

      Delete
  7. Makasih sharing nya kakak...secara saya piyik bgt nih,suka nulis tp gak pernah di publish heheheh....dan baru mau mulai mencoba jadi bloger baru netes banget dr cangkaknya saya ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semangat pokok e.. Semangat wae mbak.... Ojo kendur. Wkwkw

      Delete
  8. Yeay.... Bangga jadi blogger. Rempong ya jadi blogger. Haha...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ahahaha rempong banget kakak..... Ngetssss

      Delete
  9. yeay saya bangga jadi blogger .. salam dari bloger Bondowoso mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya dong mas harus bangga. Ahahahaha.... Blogger tetangga. Wkwkw

      Delete
  10. Wah..inspiratif tulisannya. Mampir ya ke blog saya

    ReplyDelete
  11. Nice share, mas. Ihiy... jadi malu.. saya nulis "gado-gado" di blog saya. Ndak apa, yang penting bermanfaat nantinya. Setidaknya biar nanti suatu saat dapat meningat kembali apa yang sudah saya pernah lakukan/pikirkan...

    ReplyDelete
    Replies
    1. ahahah samatohMbak..saya pun gado gado.....gado2enakkok...aamiinaamiinbener banget tu

      Delete
  12. Artikelnya bermanfaat banget bagi saya yang masih pemula, semoga blogger2 tetap semangat menulis kebaikan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. alhamdulillah kalo gt...... aamiin aamiin...

      Delete
  13. Replies
    1. emang harus jadi superman toh?ahahaha

      Delete
  14. Keren mas uwan tipnya. mudah2an bisa saya aplikasikan sehingga bisa menjadi blogger keren nan kece. eh tapi yang di poin komunitas nggak ada foto sayanya hehehhe

    ReplyDelete
    Replies
    1. ahahahha..halah...kau udah keren gttt

      Delete
  15. konsisten itu tingkat yang paling sulit loh :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener banget,, saya masih mencoba konsisten nih

      Delete
  16. wkwkwk.. benar semua mas... setuju banget tuhhh.

    Jadi seorang blogger itu menyenangkan

    ReplyDelete
  17. Jadi blogger itu harus menyebarkan good vibe tapi tetap orisinil #ehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. setuju jugaaa.. hihihih makasih udah mampir mbak

      Delete
  18. Setuju sama semua tipsnya..
    Semoga aku bisa istiqomah ya jadi bloggernya. Aamiin :D

    ReplyDelete
  19. Saya ngakak baca yang nomer 10. Eh tapi memang bener sih
    Termasuk disini ... modal beli buku untuk membaca. modal pulsa/data
    dan juga modal untuk bersosialisasi
    Ini penting untuk tetap up date dengan situasi saat ini

    salam saya Wan

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe makasih opm sudah mampir. btw blognya yang mana yah.. kok di wp blm bs dikomen Om

      Delete
  20. yang paling sulit tidak bisa konsisten

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul banget om.... susah banget yak.. hiks

      Delete

Sangat senang kalau kamu berkenan meninggalkan komentar di sini. Kamu jaga kesehatan ya. 💪

Instagram