Skip to main content

Kunci Memilih Jurusan Kuliah yang Benar

Mencoba flash back ke tujuh belas tahun lalu, di mana bingung dan cemas, aku mencoba memahami bagaimana teman-teman sekelas sudah dapat dengan yakin memilih jurusan kuliah mereka. Pengumuman seleksi di sekolah hanya membuatku merasa semakin tertinggal, dan pada saat yang sama, teman-teman sudah memancangkan pilihan mereka, kuliah jurusan apa dan berencana kerja di mana. Kadang-kadang, keinginan untuk memilih kuliah kuliah di kehutanan membuatku iri melihat teman-teman yang sudah yakin dengan masa depan mereka.


salah pilih jurusan tes minat dan bakat


Namun, kenyataan di depan mataku bukanlah pemandangan yang cerah. Jurusan kehutanan yang kumimpikan ternyata terletak di Institut Pertanian Bogor (IPB), sebuah kampus yang jauh dari tempat tinggalku. Ayah dan ibu pun menolak memberi restu, dan aku pun terombang-ambing dalam lautan kebingungan. Teman-teman sekelas sudah menentukan langkah mereka, sementara aku masih mencari-cari jalan keluar.


Dalam kebimbangan dan tekanan, aku memutuskan memilih jurusan kuliah yang setidaknya tak terlalu jauh dari kehutanan yang kukagumi. Ayah dan bunda menyarankan untuk pilih jurusan pendidikan di Universitas Jember, tapi hatiku masih tertarik pada jurusan biologi di Universitas Brawijaya Malang. Saat itu, aku belum tahu banyak tentang kampus tersebut, tapi keyakinan dan keinginan untuk mengukir takdir sendiri membimbingku menambahkan pilihan Jurusan Biologi, Universitas Brawijaya, selain Jurusan Biologi di Universitas Jember dan Pendidikan Biologi di Universitas Jember.


Waktu berjalan panjang, dipenuhi doa dan harapan agar langkahku dipandu menuju keputusan yang baik. Saat pengumuman keluar, aku bersorak gembira karena diterima di Jurusan Biologi, Universitas Brawijaya. Namun, senangku berubah menjadi kekecewaan saat kuberitahu ayah dan ibu. Mereka tidak bisa menerima kenyataan bahwa mereka mengatakan bahwa aku salah pilih jurusan  Biologi, Universitas Brawijaya dan bersikukuh agar aku kuliah di Universitas Jember.


Webinar Pencerahan: Menilik Tren Mahasiswa Salah Pilih Jurusan 

Kekecewaan ini membuka lembaran baru dalam hidupku. Aku menyadari pentingnya dukungan orang tua dalam mengejar minat bakat anak. Setelah mengikuti webinar yang diselenggarakan oleh Sinotif dengan topik "Jangan Salah Pilih Jurusan! Kenali Minat dan Bakat Anak Sejak Dini," aku mulai melihat betapa berharga dukungan ortu dalam menentukan jalur pendidikan.


salah pilih jurusan tes minat dan bakat


Novitania, pembicara dalam webinar itu, membagikan pandangannya tentang tren mahasiswa yang salah pilih jurusan. Menurutnya, tren tersebut menurun, dan itu bisa disebabkan oleh akses mudah informasi melalui internet dan media sosial. Mahasiswa kini dapat mencari dan bertanya kepada mereka yang telah menjalani jurusan tertentu, mendapatkan pandangan tentang kegiatan kampus, dan mengetahui mata kuliah yang akan mereka hadapi.


Lebih jauh, Novitania menyebutkan bahwa semakin banyak pilihan jurusan kuliah yang ditawarkan oleh universitas. Jika dulu pilihan terbatas, kini mahasiswa memiliki lebih banyak opsi, sehingga tren salah pilih jurusan turun. Ini memberikan kesempatan bagi mereka untuk fokus pada jurusan yang sesuai dengan minat dan karir yang diinginkan.


salah pilih jurusan tes minat dan bakat


Selain itu, bantuan tes minat dan bakat juga turut berkontribusi. Anak dan orang tua dapat memiliki gambaran mengenai bakat dan minat, sehingga dapat membuat keputusan lebih baik. Tes ini bisa dilakukan sejak usia dini, memberikan pandangan yang lebih jelas tentang kecenderungan anak. Hal ini memungkinkan ayah dan bunda untuk memberikan dukungan yang lebih baik sesuai dengan minat bakat anaknya, sehingga salah pilih jurusan kemungkinannya sangat kecil.


Dukungan Orang Tua: Kunci Utama dalam Menemukan Jalur Karir yang Sesuai

Dukungan orang tua bukan hanya dengan memberi izin untuk mengikuti jurusan yang diinginkan. Ayah dan bunda juga dapat memasukkan anak ke lembaga-lembaga kursus sesuai dengan minat bakat. Jika anak mengalami kekurangan di bidang tertentu, ayah dan bunda dapat mendorong mereka untuk mengikuti kursus yang dapat meningkatkan keterampilan mereka. Ini bisa menjadi solusi bagi anak yang memiliki potensi besar di bidang tertentu namun memerlukan bimbingan tambahan.


salah pilih jurusan tes minat dan bakat


Menurut Novitania, tes minat dan bakat sangat penting karena membantu anak menentukan arah hidupnya dan memilih jurusan kuliah yang sesuai. Melakukan tes sejak dini, misalnya pada usia 5 tahun, memberikan gambaran yang lebih baik. Dengan mengetahui minat anak di bidang tertentu, dukungan orang tua lebih mudah , dengan memberikan stimulus yang sesuai, membantu anak mengembangkan kognitif, psikomotorik, dan emosional mereka.


Namun, perlu diingat bahwa minat bakat anak dapat berubah seiring waktu. Hal ini dapat disebabkan oleh berbagai faktor, seperti pengalaman baru, teman-teman baru, atau informasi baru yang diperoleh melalui internet. Oleh karena itu, Novitania menekankan bahwa ayah dan ibu dapat melakukan tes minat dan bakat kembali jika dianggap perlu. Ini memungkinkan mereka untuk terus mendukung anak dalam perkembangan mereka hingga dewasa.


Bagi ayah dan ibu yang memiliki anak dengan minat di bidang eksakta, seperti matematika, fisika, dan kimia, Sinotif dapat menjadi solusi. Sinotif adalah lembaga bimbingan belajar online yang fokus pada mata pelajaran tersebut. Didirikan pada 25 Maret 2000, Sinotif telah mengalami transformasi menjadi lembaga bimbingan belajar online "live dan interaktif."


Dukungan Orang Tua dan Sinotif dalam Meningkatkan Skill Minat Bakat Anak 

Sebagai spesialis dalam matematika, fisika, dan kimia, Sinotif telah membimbing lebih dari tiga puluh ribu siswa dari seluruh Indonesia. Dengan metode belajar online live interaktif, mereka menyajikan pengalaman belajar yang memberikan nuansa tatap muka. Program-program yang mereka tawarkan disesuaikan dengan kebutuhan dan target masing-masing siswa.


Sinotif sangat memahami bahwa setiap anak memiliki keunikan dalam belajar. Oleh karena itu, mereka menawarkan layanan yang disesuaikan dengan kebutuhan individual siswa. Ini memberikan ketenangan kepada ayah dan ibu dan memungkinkan mereka untuk fokus pada aktivitas mereka.


Didirikan oleh Bapak Hindra Gunawan dan Bapak Anthonyus Kuswanto, Sinotif memiliki visi menjadi perusahaan pendidikan terbaik di dunia yang terus berinovasi dan mengikuti perkembangan teknologi di bidang pendidikan. Misi Sinotif adalah membangun dan mengembangkan generasi muda yang berkualitas, mandiri, dan mampu bersaing dalam dunia yang semakin kompetitif melalui inovasi di bidang pendidikan yang berkelanjutan.


Bimbel Persiapan PTN & Bimbel Matematika tidak hanya tentang mengajarkan mata pelajaran, tetapi juga tentang memberikan ketenangan kepada ayah dan ibu. Dengan tim yang bersemangat dan berfokus, Sinotif menyajikan layanan premium dengan nuansa "online rasa tatap muka." Ini memungkinkan setiap anak di Indonesia untuk merasakan pengalaman belajar yang berkualitas dan bisa memilih jurusan kuliah yang sesuai.


salah pilih jurusan tes minat dan bakat


Dalam perjalanan panjang mencari jurusan, tes minat dan bakat, dan dukungan dari orang tua dapat menjadi penentu keberhasilan. Penting bagi orang tua untuk tidak hanya memberi izin atau membatasi pilihan anak, tetapi juga untuk mendukung mereka melalui proses eksplorasi. Pilihan jurusan yang tepat bukan hanya menjaga masa depan akademis, tetapi juga melibatkan kebahagiaan dan pemenuhan diri.


Tes minat dan bakat dapat menjadi peta arah, dan Sinotif adalah salah satu alat yang dapat membantu anak mengembangkan potensi mereka di bidang eksakta. Mendukung anak sejak dini, memberikan stimulus yang sesuai, dan memberikan layanan bimbingan belajar yang terfokus dapat menjadi kunci kesuksesan anak dalam mengejar impian mereka.


Jadi, dalam memilih jurusan kuliah dan mendukung anak-anak kita, mari kita bersama-sama membantu mereka menemukan jalan menuju keberhasilan. Setiap anak memiliki potensi yang berbeda, dan sebagai orang tua, kita memiliki peran penting dalam membimbing mereka melewati lautan kebingungan dan mencapai pantai keberhasilan. Sama seperti kisahku walaupun pada awalnya dukungan orang tua sangat mustahil tapi berkat kegigihanku aku bisa kuliah di Jurusan Biologi, Universitas Brawijaya.

Comments

Paling banyak dibaca

Mengilhami Dinding Sel Supermini

Pohon mangga ( Mangifera indica ) setinggi 4 m berdiri kokoh di halaman kantor saya. Daunnya rimbun membentuk payung hidup. Saat berdiri di bawah naungannya, angin sejuk dapat saya rasakan. Tentu saja, oksigen sebagai hasil metabolisme tanaman anggota family Anacardiaceae itu membersihkan karbondioksioda di udara dan digantikan oleh unsur yang bersifat oksidator. Pantas jika setiap orang yang ternaungi, tak hanya terlindung dari terik matahari, tetapi juga merasa segar. Pohon mangga (kredit: irwantoshut.net )        Tanaman itu sangat kokoh dan konsisten berdiri bertahun-tahun bahkan kian tinggi. Meski tidak memiliki rangka seperti hewan dan manusia, tanaman (tak hanya mangga) memiliki rangka-rangka dalam berukuran mikroskopis. Rangka-rangka itu dapat disebut dinding sel. Sebenarnya tidak tepat jika saya mengatakan bahwa dinding sel adalah rangka dalam (endoskeleton) tanaman, tetapi fungsinya mirip dengan sistem rangka pada tubuh hewan. Itu terbukti pada fungsinya yang memberi be

Insto Dry Eyes: Rahasia Menghadapi Mata Kering dan Computer Vision Syndrome

Pernahkah kamu merasakan matamu berkunang-kunang dan migrain setelah seharian menatap layar hape? Aku mengalaminya. Aku, Uwan Urwan, seorang pengembara kata, pemburu cerita, dan pencipta puisi, nyaris terjebak dalam jerat kecanduan layar. Mata yang lelah dan kering menjadi teman setia. Pengalaman Mata Kering karena Terlalu Lama Menatap Layar Hape Keseharianku sebagai seorang blogger, kreator konten, dan penulis puisi membawaku dalam aliran teknologi, menyulut pancaran cahaya layar sepanjang hari. Awalnya hanya urusan pekerjaan, namun perlahan, kebiasaan membuka hape dan laptop terus menggelayuti, meski cahaya pekerjaan telah surut. Mataku pun menjadi korban kelelahan yang terabaikan. Dalam dunia maya, aku menemukan kebahagiaan berinteraksi, meresapi riset para peneliti, dan terbius oleh pancaran cahaya teknologi. Sulit untuk melepaskan diri dari belenggu kecanduan layar hape, bahkan dalam momen-momen sederhana sehari-hari. Namun, kebahagiaan hakiki ditemukan ketika berada di tengah-ten

Jamur blotong Nama Ilmiahnya Ternyata Coprinus sp.

Saya menduga jamur yang selama ini saya beri nama jamur blotong nama ilmiahnya Coprinus sp. Setiap usai musim giling, biasanya musim hujan, saya dan tetangga berburu jamur ini di tumpukan limbah blotong di dekat Pabrik Gula Wringin Anom, Situbondo. Jamur Coprinus sp . tumbuh di blotong Asli, kalau sudah tua, payungnya akan berwarna hitam seperti tinta dan meluruh sedikit demi sedikit Sudah sekian lama mencari tahu, berkat tulisan saya sendiri akhirnya saya tahu namanya, meski belum sampai ke tahap spesies . Jamur yang bisa dimakan ini tergolong dalam ordo dari Agaricales dan masuk dalam keluarga Psathyrellaceae. Selain itu, jamur ini juga suka disebut common ink cap atau inky cap (kalau benar nama ilmiahnya Coprinus atramentarius ) atau Coprinus sterquilinus (midden inkcap ) . Disebut begitu karena payungnya saat tua akan berwarna hitam dan mencair seperti tinta. Nama yang saya kemukakan juga berupa dugaan kuat, bukan berarti benar, tapi saya yakin kalau nama genusnya Copr

Bunga Telang Ungu (Clitoria ternatea) Jadi Alternatif Pengganti Indikator PP Sintetis

Makin ke sini, ketenaran bunga telang (Clitoria ternatea L.) kian meluas. Banyak riset terbit di internet, juga tak ketinggalan pecinta herbal dan tanaman obat ikut berkontribusi memperluas infromasi itu.  Bunga telang ungu, tanaman yang juga dikenal dengan nama butterfly pea itu termasuk endemik karena berasal dari Ternate, Maluku, Indonesia. Meski begitu, banyak sumber juga mengatakan bahwa bunga telang berasal dari Afrika, India, Amerika Selatan, dan Asia tropis. Banyak info simpang siur karena sumber-sumber yang aku baca pun berasal dari riset-riset orang. Nanti jika ada waktu lebih aku akan melakukan riset lebih dalam mengenai asal usulnya. Antosianin bunga telang merupakan penangkal radikal bebas Kredit : researchgate.net Bunga telang kaya akan antosianin. Antosianin adalah golongan senyawa kimia organik berupa pigmen yang larut dalam air, menghasilkan warna oranye, merah, ungu, biru, sampai hitam. Tak hanya pada bunga Clitoria ternatea, antosianin juga ada di banyak buah dan say

Empat Alasan Tidak Memakai Pasir Pantai untuk Kucing

  Gara-gara pasir kucing habis dan uang pas-pasan, akhirnya aku putar otak, bagaimana cara kucing bisa pup. Ketemu jawabannya, “pasir pantai”. Kebetulan rumahku bisa dibilang tida terlalu jauh dengan pantai, naik motor setengah jam, sampai.   Itu juga karena aku mendapat inspirasi dari video Tiktok yang rutin mengambil pasir pantai sebagai penganti pasir kucing. Dan setelah mencoba pakai selama dua hari, hasilnya, aku atas nama pribadi, Uwan Urwan, TIDAK DIREKOMENDASIKAN . Kenapa? Pasir pantai lebih berat dibandingkan pasir khusus kucing Pasir pantai tidak jauh berbeda dengan pasir yang dipakai untuk bahan bangunan, berat. Warna pasir pantai beragam, mulai dari hitam seperti batu sampai krem. Ukuran pun beragam, mulai dari yang sangat halus sampai ke pasir ukuran normal. Yan paling au soroti adalah warnanya, ternyata setelah diletakkan di dalam bak, jadi tidak bagus. apalagi kalau sudah ada gundukan pup dan kencing yang seperti menyebar. Berbeda dengan pasir khusus kucing, y

Terungkap Rahasia Dibalik Keindahan Alun-alun Situbondo: 41 Pohon Penyelamat Bumi!

Aku beberapa waktu lalu mengunjungi Alun-alun Situbondo di suatu sore yang cerah. Kejutan menyambutku begitu tiba di sana; bagian pendoponya telah mengalami perubahan yang memukau, lebih bagus dan lebih ramah bagi mereka yang berkebutuhan khusus. Namun, perhatianku lebih tercurahkan pada pohon Angsana yang tersebar di sekitar alun-alun itu. Apa yang membuatku tertarik pada pohon Angsana? Simak kisah selengkapnya! Pesona Bunga Angsana dan Aroma yang Memikat Ketika pohon Angsana mulai berbunga, suasana di sekitarnya menjadi luar biasa. Daunnya yang berpadu dengan bunga kuning menciptakan pemandangan yang memesona. Tidak hanya itu, aroma wangi dari bunga-bunga Angsana membuat alun-alun tercium harum sepanjang hari. Sensasi itu begitu memikat hatiku sehingga aku sering menghabiskan waktu di bawah pohon-pohon Angsana yang berbunga, menikmati keindahan alam yang disuguhkan. Ketika aku berada di bawah pohon-pohon Angsana yang sedang berbunga, aku merasa seperti terhubung dengan kehidupan alam

Golda Coffee dan Kopi ABC Botol, Kopi Kekinian, Kopi Murah Cuma 3000an

Kamu suka kopi hitam pekat, kopi susu, kopi kekinian, atau yang penting kopi enak di kedai kopi? Mungkin kita sering sekali nongkrong bersama teman di kedai kopi mencoba berbagai aneka ragam kopi, mahal pun tak masalah, tapi yang jadi persoalan jika sedang miskin, apakah akan tetap nongkrong? Pilihannya ya minuman murah, misalnya kopi murah dan kopi enak yang cuma 3000an ini.   Aku, Uwan Urwan, memang bukan penikmat kopi banget, tapi suka minum kopi, kadang sengaja mampir ke kedai kopi punya teman, paling sering membeli kopi Golda Coffee dan/atau Kopi ABC Botol, yang harganya hanya 3000an. Aku akan mencoba mereview empat rasa dari dua merek yang kusebut sebelumnya. Golda Coffee kutemukan di minimarket punya dua rasa, yaitu Golda Coffee Dolce Latte dan Golda Coffee Cappucino. Sementara Kopi ABC botol juga kutemukan dua rasa, chocho malt coffee dan kopi susu.   Keempat rasa kopi kekinian kemasan itu aku pikir sama karena biasanya hanya membeli, disimpan di kulkas, dan langsung ku

Cara Menggunakan Kamera DSLR Canon 1000D Secara Maksimal

Setiap pecinta fotografi maupun fotografer pasti menginginkan tampilan gambar dengan detail yang jelas, kontras yang baik serta maksimal. Meskipun bahkan definisi foto yang yang jelas dan detail akan berbeda tiap orang. Apalagi untuk kamu yang baru belajar fotografi menggunakan kamera DSLR Canon 1000D. Jika kamu penasaran dan ingin belajar lebih lanjut, berikut ini adalah cara menggunakan kamera DSLR  Canon 1000D secara maksimal. Menjaga sikap badan saat pengambilan gambar Pengambilan gambar dengan menggunakan cara handheld memang membutuhkan perhatian ekstra dan lebih hati — hati, hal ini karena tubuh manusia memiliki banyak bagian yang bisa bergerak sendiri sekalipun sudah ditahan. Bahkan gerakan kecilpun membuat kamera bergoyang saat mengambil gambar. Jadi sebaiknya sikap tubuh sangat penting untuk dikontrol. Lebih baik sandarkan badanmu pada sesuatu yang kokoh seperti dinding, pagar, batu besar ataupun sekedar menahan nafas pada saat menekan tombol shutter . Ini

Manfaat Luar Biasa Pohon Angsana: Tanaman Obat Multifungsi

Selamat datang di dunia keajaiban alam, di mana keindahan dan manfaat bertemu dalam satu pohon, pohon Angsana ( Pterocarpus indicus ). Kunjunganku ke Alun-alun Situbondo membawa terobosan baru dalam pemahaman tentang keberagaman hayati dan manfaat ekologis yang luar biasa dari pohon Angsana. Kredit: bibitbunga.com Meskipun pohon ini sering diidentikkan dengan keindahannya, ternyata ia juga menjadi pahlawan dalam bidang kesehatan dengan sejumlah manfaat yang luar biasa. Mari kita telusuri bersama manfaat luar biasa pohon Angsana sebagai tanaman obat multifungsi. Pesona Bunga Angsana dan Aroma yang Memikat Ketika pohon Angsana mulai berbunga, suasana di sekitarnya menjadi luar biasa. Daunnya yang berpadu dengan bunga kuning menciptakan pemandangan yang memesona. Tidak hanya itu, aroma wangi dari bunga-bunga Angsana membuat alun-alun tercium harum sepanjang hari. Sensasi itu begitu memikat hatiku sehingga aku sering menghabiskan waktu di bawah pohon-pohon Angsana yang berbunga, menikmati

Pengalaman Pakai Pasir Pantai sebagai Pengganti Pasir Kucing

Sudah punya kucing sejak kecil. Biasa atas keberadaan kucing membuatku tak pernah berhenti untuk punya kucing. Kucing liar yang sering mampir ke rumah biasanya aku juga beri makan dan yang mau mendekat aku pelihara. Punya kucing sebelumnya dibiarkan pup di luar. Repot kalau anak-anak kucing sudah mulai makan selain air susu induknya, pasti akan kencing dan pup di kasur karena induknya pasti lebih nyaman meletakkan anak-anaknya di kasurku. Dulu harus melatih mereka terlebih dahulu selama beberapa waktu sebelum bisa pup di luar   Setiap hari harus mencuci sprei dan menjemur kasur. Begitu tahu bahwa kasur bukanlah tempat pup dan pipis, mereka akan buang hajat di luar. Tentu saja akan mencari pasir atau tanah yang cukup gembur sebagai tempat merahasiakan hasil buangan. Kadang tanah tetangga jadi sasaran dan harus menerima omelan mereka.   Sejak awal tahun 2022, kembali dari ibukota, kucing melahirkan, dan sudah mulai makan selain air susu induknya, aku siapkan pasir buat mereka. Namu