Skip to main content

Tren Investasi Kripto saat Pandemi

Dulu investasi hanya dilakukan oleh orang-orang tertentu. Berkat teknologi, semua informasi bisa diakses siapa aja dan semua orang punya kesempatan sama untuk menanamkan modal. Ya, investasi adalah penanaman modal untuk ditarik di masa depan dengan nilai yang lebih besar. Secara awam, kita bisa menganggap itu tabungan (meski pengertiannya dan kegiatannya berbeda). Menabung sendiri adalah menyimpan sejumlah uang secara rutin sebagai persiapan dana di masa depan. biasanya menabung itu bentuknya uang dan bisa disimpan sendiri lewat celengan, kotak, brankas, dan lain-lain) atau disimpan lewat bank.


Tren Investasi Kripto
Kredit : rubns28 (Pixabay)


Sementara investasi itu wujudnya bisa berupa tenaga, tanah, uang, waktu, emas, saham, reksadana yang nama lainnya adalah aset. Harapannya di masa depan aset tersebut nilainya bertambah. Keuntungan yang didapat dari investasi bisa berupa bunga, deviden, royalti, atau uang sewa.


Investasi itu apa saja?

Investasi berdasarkan bentuknya

Sebelum terlalu jauh membahas investasi kripto, aku ingin memberitahu bahwa investasi itu ada dua jenis, yaitu aktiva riil dan aktiva finansial. Investasi aktiva riil ini dapat dilakukan dengan aset yang bisa kita lihat wujudnya, misalnya tanah, properti, dan logam mulia. Sementara itu aktiva finansial itu yang asetnya dilakukan dengan sekuritas, misalnya deposito dan saham.


Investasi berdasarkan jangka waktu

Berdasarkan jangka waktunya investasi juga terbagi dua, yaitu investasi jangka panjang dan investasi jangka pendek. Investasi jangka panjang biasanya jangka waktunya dari tiga sampai puluhan tahun. Meskipun lama, keuntungan yang didapat bisa cukup besar dan bisa jadi tabungan di hari tua atau ditargetkan untuk membiayai sekolah anak saat dewasa.


Sementara itu investasi jangka pendek biasanya investor bisa memutuskan jangka waktu penanaman modal dalam kurun waktu satu sampai tiga tahun. Memang keuntungannya tidak akan sebesar yang jangka panjang, tapi jenis ini berguna bagi kita yang butuh dana segera untuk keperluan yang direncanakan dalam satu sampai tiga tahun.


Instrumen investasi populer di Indonesia

Setelah paham mengenai jenis-jenis investasi, yang perlu kita tahu selanjutnya adalah tentang instrumennya. Instrumen investasi adalah tempat atau media yang bisa dipakai untuk melindungi aset yang kita punya. Sebelum berinvestasi, pahami dulu jenis dan instrumennya agar perencanaan ekonomi tepat sasaran dan sesuai dengan kemampuan. Berikut beberapa instrumen investasi populer di Indonesia:


Emas

Tren Investasi Kripto
Kredit : Stevebidmead (Pixabay)


Emas adalah salah satu pilihan instrumen investasi populer di Indonesia yang sudah orang zaman dulu lakukan. Ibuku adalah salah pelaku investasi yang menggunakan emas sebagai instrumennya. Begitu punya uang, ibu akan selalu ke toko emas dan membeli emas berupa gelang, anting, dan kalung. Meskipun bukan emas batangan, asesoris emas yang ibu beli bisa dipakai untuk dipamerkan saat ada acara besar. Emas punya keuntungan nilainya stabil dan terus naik setiap tahunnya. Tentu saja ini termasuk investasi yang menguntungkan bagi siapapun karena saat ini kita bisa membeli emas mulai dari lima ribu di beberapa platform.


Deposito

Tren Investasi Kripto
Kredit : liputan6.com


Bagi sebagian orang, deposito adalah salah satu instrumen investasi populer di Indonesia yang sangat mudah. Kita cukup menyimpan uang dalam jumlah tertentu untuk diambil dalam jangka waktu tertentu, misalnya lima tahun atau 10 tahun. uang yang dikembalikan sesuai masanya tetap ditambah suku bunga pasti. Hanya saja lewat instrumen investasi ini kita tidak bisa mencairkan dana sebelum jangka waktu yang sudah disepakati.


Saham

Saham juga termasuk salah satu instrumen investasi populer di Indonesia. Biasanya kita membeli saham di bursa saham dan kita bisa mendapatkan sekian persen kepemilikan perusahaan. Semakin besar persentase saham yang dimiliki, semakin kuat kita di dalam perusahaan itu.


Properti

Tren Investasi Kripto


Sebagian orang yang punya uang dan ingin passive income, biasanya berinvestasi di properti. Instrumen investasi populer di Indonesia ini juga investasi yang menguntungkan karena harganya terus naik. 


Reksadana

Instrumen investasi populer di Indonesia yang akhir-akhir ini ramai dipakai orang adalah reksa dana. Reksa dana adalah investasi yang dananya dikumpulkan dari beberapa investor jadi satu lalu diivestasikan di instrumen pasar modal. Reksa dana sendiri punya beberapa jenis, reksa dana saham, reksa dana pendapatan tetap, reksa dana campuran, reksa dana index, reksa dana pasar uang.


Cryptocurrency (mata uang kripto)

Investasi kripto juga termasuk instrumen investasi populer di Indonesia apalagi saat pandemi. Investasi kripto adalah investasi yang lahir berkat kecanggihan teknologi, di mana menawarkan return tinggi. Cryptocurrency itu adalah mata uang digital yang cuma ada dan bisa dipakai di dunia maya. Kalau kamu pernah mendengar bitcoin, nah itu termasuk investasi kripto yang diperkenalkan pertama kali oleh Satoshi Nakamoto tahun 2009.


Investasi kripto diperkirakan mampu mendominasi pasar keuangan global 

Sejak pandemi, Cryptocurrency makin digemari, terutama oleh generasi milenial dan generasi Z. Enaknya mata uang virtual yang dipakai dalam investasi ini tidak mungkin bisa dipalsukan dan bisa dipakai untuk banyak transaksi online (pembayaran, belanja, transfer dari satu orang ke orang lain) dan bisa ditukar ke dolar, rupiah, yen, dan mata uang lain.


Bitfinex adalah platform trading crypto terkemuka di dunia. Didirikan pada tahun 2012, berdasarkan review Bitfinex, platform ini menawarkan berbagai macam fitur dan layanan untuk para trader crypto, termasuk perdagangan spot, margin, kontrak berjangka, dan staking. Bitfinex memiliki volume perdagangan yang sangat besar, menjadikannya salah satu platform yang paling likuid di dunia. Hal ini menjadikannya pilihan yang tepat bagi trader yang ingin melakukan transaksi dengan volume besar.Bitfinex juga menawarkan berbagai macam fitur keamanan untuk melindungi aset para penggunanya. Platform ini telah menerapkan berbagai macam protokol keamanan, termasuk enkripsi tingkat bank, manajemen risiko, dan audit independen.


Karena makin ke sini tren aset kripto makin marak dan jadi salah satu investasi yang menguntungkan, membuat beberapa perusahaan mencari peluang, salah satunya dengan menerbitkan aset kripto. Jangan khawatir, sekarang di Indonesia sudah ada beberapa aset kripto, salah satunya toko token (TKO) yang diterbitkan oleh Tokocrypto, salah satu exchange yang diakui resmi oleh Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti). Toko token memanfaatkan fitur Binance Lauchpad dan dibangun di atas Binance Smart Chain (BSC).

Tren Investasi Kripto


Toko token yang merupakan toko hybrid adalah kripto lokal Indonesia pertama yang mengombinasikan model token hybrid unik, yaitu utilitas Centralized Finance (CeFi) dan hybrid Decentralized Finance (DeFi). Kan aset kripto berupa Bitcoin, Dogecoin, Ethereum, dan Ripple itu berasal dari luar negeri. Melalui utilitas CeFi, toko token bisa dipakai dalam program tabungan seperti TKO Deposit, TKO Rebate, TKO Saving, dan TKO Cashback. Sementara dalam utilitas DeFi, toko token bisa dipakai pada farming pools dan lending. Selain itu Tokocrypto juga menghadirkan layanan staking dan saving di mana investor bisa mendapatkan bunga berdasarkan durasi penyimpanannya.


Instrumen investasi mata uang kripto diperkirakan mampu mendominasi pasar keuangan global. Apalagi menurut Mumammad Lutfi, Menteri Perdagangan Republik Indonesia, nilai transaksi investasi kripto di Indonesia sampai Mei 2021 mencapai 370triliun. Jumlah ini naik lebih lima kali dibandingkan akhir tahun 2020, yaitu sebesar 65triliun rupiah. Hal menarik lain adalah, jumlah pemain kripto di Indonesia tercatat naik 62,5% jadi 6,5juta orang pada Mei 2021. Padahal akhir tahun 2020, jumlah pemain uang kripto baru 4 juta orang.


Kemungkinan pelaku investasi kripto akan semakin meningkat dari tahun ke tahun karena termasuk salah satu investasi yang menguntungkan pada zaman sekarang. Apalagi teknologi makin memudahkan kita menggunakan berbagai macam aplikasi dalam satu smartphone tanpa harus keluar rumah. Juga karena sudah ada investasi kripto lokal yang sudah diakui negara. Melalui kombinasi token hybrid yang bisa dipakai dalam banyak hal.

Comments

Paling banyak dibaca

Mengilhami Dinding Sel Supermini

Pohon mangga ( Mangifera indica ) setinggi 4 m berdiri kokoh di halaman kantor saya. Daunnya rimbun membentuk payung hidup. Saat berdiri di bawah naungannya, angin sejuk dapat saya rasakan. Tentu saja, oksigen sebagai hasil metabolisme tanaman anggota family Anacardiaceae itu membersihkan karbondioksioda di udara dan digantikan oleh unsur yang bersifat oksidator. Pantas jika setiap orang yang ternaungi, tak hanya terlindung dari terik matahari, tetapi juga merasa segar. Pohon mangga (kredit: irwantoshut.net )        Tanaman itu sangat kokoh dan konsisten berdiri bertahun-tahun bahkan kian tinggi. Meski tidak memiliki rangka seperti hewan dan manusia, tanaman (tak hanya mangga) memiliki rangka-rangka dalam berukuran mikroskopis. Rangka-rangka itu dapat disebut dinding sel. Sebenarnya tidak tepat jika saya mengatakan bahwa dinding sel adalah rangka dalam (endoskeleton) tanaman, tetapi fungsinya mirip dengan sistem rangka pada tubuh hewan. Itu terbukti pada fungsinya yang memberi be

Insto Dry Eyes: Rahasia Menghadapi Mata Kering dan Computer Vision Syndrome

Pernahkah kamu merasakan matamu berkunang-kunang dan migrain setelah seharian menatap layar hape? Aku mengalaminya. Aku, Uwan Urwan, seorang pengembara kata, pemburu cerita, dan pencipta puisi, nyaris terjebak dalam jerat kecanduan layar. Mata yang lelah dan kering menjadi teman setia. Pengalaman Mata Kering karena Terlalu Lama Menatap Layar Hape Keseharianku sebagai seorang blogger, kreator konten, dan penulis puisi membawaku dalam aliran teknologi, menyulut pancaran cahaya layar sepanjang hari. Awalnya hanya urusan pekerjaan, namun perlahan, kebiasaan membuka hape dan laptop terus menggelayuti, meski cahaya pekerjaan telah surut. Mataku pun menjadi korban kelelahan yang terabaikan. Dalam dunia maya, aku menemukan kebahagiaan berinteraksi, meresapi riset para peneliti, dan terbius oleh pancaran cahaya teknologi. Sulit untuk melepaskan diri dari belenggu kecanduan layar hape, bahkan dalam momen-momen sederhana sehari-hari. Namun, kebahagiaan hakiki ditemukan ketika berada di tengah-ten

Bunga Telang Ungu (Clitoria ternatea) Jadi Alternatif Pengganti Indikator PP Sintetis

Makin ke sini, ketenaran bunga telang (Clitoria ternatea L.) kian meluas. Banyak riset terbit di internet, juga tak ketinggalan pecinta herbal dan tanaman obat ikut berkontribusi memperluas infromasi itu.  Bunga telang ungu, tanaman yang juga dikenal dengan nama butterfly pea itu termasuk endemik karena berasal dari Ternate, Maluku, Indonesia. Meski begitu, banyak sumber juga mengatakan bahwa bunga telang berasal dari Afrika, India, Amerika Selatan, dan Asia tropis. Banyak info simpang siur karena sumber-sumber yang aku baca pun berasal dari riset-riset orang. Nanti jika ada waktu lebih aku akan melakukan riset lebih dalam mengenai asal usulnya. Antosianin bunga telang merupakan penangkal radikal bebas Kredit : researchgate.net Bunga telang kaya akan antosianin. Antosianin adalah golongan senyawa kimia organik berupa pigmen yang larut dalam air, menghasilkan warna oranye, merah, ungu, biru, sampai hitam. Tak hanya pada bunga Clitoria ternatea, antosianin juga ada di banyak buah dan say

Jamur blotong Nama Ilmiahnya Ternyata Coprinus sp.

Saya menduga jamur yang selama ini saya beri nama jamur blotong nama ilmiahnya Coprinus sp. Setiap usai musim giling, biasanya musim hujan, saya dan tetangga berburu jamur ini di tumpukan limbah blotong di dekat Pabrik Gula Wringin Anom, Situbondo. Jamur Coprinus sp . tumbuh di blotong Asli, kalau sudah tua, payungnya akan berwarna hitam seperti tinta dan meluruh sedikit demi sedikit Sudah sekian lama mencari tahu, berkat tulisan saya sendiri akhirnya saya tahu namanya, meski belum sampai ke tahap spesies . Jamur yang bisa dimakan ini tergolong dalam ordo dari Agaricales dan masuk dalam keluarga Psathyrellaceae. Selain itu, jamur ini juga suka disebut common ink cap atau inky cap (kalau benar nama ilmiahnya Coprinus atramentarius ) atau Coprinus sterquilinus (midden inkcap ) . Disebut begitu karena payungnya saat tua akan berwarna hitam dan mencair seperti tinta. Nama yang saya kemukakan juga berupa dugaan kuat, bukan berarti benar, tapi saya yakin kalau nama genusnya Copr

Cara Menggunakan Kamera DSLR Canon 1000D Secara Maksimal

Setiap pecinta fotografi maupun fotografer pasti menginginkan tampilan gambar dengan detail yang jelas, kontras yang baik serta maksimal. Meskipun bahkan definisi foto yang yang jelas dan detail akan berbeda tiap orang. Apalagi untuk kamu yang baru belajar fotografi menggunakan kamera DSLR Canon 1000D. Jika kamu penasaran dan ingin belajar lebih lanjut, berikut ini adalah cara menggunakan kamera DSLR  Canon 1000D secara maksimal. Menjaga sikap badan saat pengambilan gambar Pengambilan gambar dengan menggunakan cara handheld memang membutuhkan perhatian ekstra dan lebih hati — hati, hal ini karena tubuh manusia memiliki banyak bagian yang bisa bergerak sendiri sekalipun sudah ditahan. Bahkan gerakan kecilpun membuat kamera bergoyang saat mengambil gambar. Jadi sebaiknya sikap tubuh sangat penting untuk dikontrol. Lebih baik sandarkan badanmu pada sesuatu yang kokoh seperti dinding, pagar, batu besar ataupun sekedar menahan nafas pada saat menekan tombol shutter . Ini

Golda Coffee dan Kopi ABC Botol, Kopi Kekinian, Kopi Murah Cuma 3000an

Kamu suka kopi hitam pekat, kopi susu, kopi kekinian, atau yang penting kopi enak di kedai kopi? Mungkin kita sering sekali nongkrong bersama teman di kedai kopi mencoba berbagai aneka ragam kopi, mahal pun tak masalah, tapi yang jadi persoalan jika sedang miskin, apakah akan tetap nongkrong? Pilihannya ya minuman murah, misalnya kopi murah dan kopi enak yang cuma 3000an ini.   Aku, Uwan Urwan, memang bukan penikmat kopi banget, tapi suka minum kopi, kadang sengaja mampir ke kedai kopi punya teman, paling sering membeli kopi Golda Coffee dan/atau Kopi ABC Botol, yang harganya hanya 3000an. Aku akan mencoba mereview empat rasa dari dua merek yang kusebut sebelumnya. Golda Coffee kutemukan di minimarket punya dua rasa, yaitu Golda Coffee Dolce Latte dan Golda Coffee Cappucino. Sementara Kopi ABC botol juga kutemukan dua rasa, chocho malt coffee dan kopi susu.   Keempat rasa kopi kekinian kemasan itu aku pikir sama karena biasanya hanya membeli, disimpan di kulkas, dan langsung ku

Terungkap Rahasia Dibalik Keindahan Alun-alun Situbondo: 41 Pohon Penyelamat Bumi!

Aku beberapa waktu lalu mengunjungi Alun-alun Situbondo di suatu sore yang cerah. Kejutan menyambutku begitu tiba di sana; bagian pendoponya telah mengalami perubahan yang memukau, lebih bagus dan lebih ramah bagi mereka yang berkebutuhan khusus. Namun, perhatianku lebih tercurahkan pada pohon Angsana yang tersebar di sekitar alun-alun itu. Apa yang membuatku tertarik pada pohon Angsana? Simak kisah selengkapnya! Pesona Bunga Angsana dan Aroma yang Memikat Ketika pohon Angsana mulai berbunga, suasana di sekitarnya menjadi luar biasa. Daunnya yang berpadu dengan bunga kuning menciptakan pemandangan yang memesona. Tidak hanya itu, aroma wangi dari bunga-bunga Angsana membuat alun-alun tercium harum sepanjang hari. Sensasi itu begitu memikat hatiku sehingga aku sering menghabiskan waktu di bawah pohon-pohon Angsana yang berbunga, menikmati keindahan alam yang disuguhkan. Ketika aku berada di bawah pohon-pohon Angsana yang sedang berbunga, aku merasa seperti terhubung dengan kehidupan alam

Empat Alasan Tidak Memakai Pasir Pantai untuk Kucing

  Gara-gara pasir kucing habis dan uang pas-pasan, akhirnya aku putar otak, bagaimana cara kucing bisa pup. Ketemu jawabannya, “pasir pantai”. Kebetulan rumahku bisa dibilang tida terlalu jauh dengan pantai, naik motor setengah jam, sampai.   Itu juga karena aku mendapat inspirasi dari video Tiktok yang rutin mengambil pasir pantai sebagai penganti pasir kucing. Dan setelah mencoba pakai selama dua hari, hasilnya, aku atas nama pribadi, Uwan Urwan, TIDAK DIREKOMENDASIKAN . Kenapa? Pasir pantai lebih berat dibandingkan pasir khusus kucing Pasir pantai tidak jauh berbeda dengan pasir yang dipakai untuk bahan bangunan, berat. Warna pasir pantai beragam, mulai dari hitam seperti batu sampai krem. Ukuran pun beragam, mulai dari yang sangat halus sampai ke pasir ukuran normal. Yan paling au soroti adalah warnanya, ternyata setelah diletakkan di dalam bak, jadi tidak bagus. apalagi kalau sudah ada gundukan pup dan kencing yang seperti menyebar. Berbeda dengan pasir khusus kucing, y

Fried Chicken Enak di Situbondo, Kamu Wajib Tahu!

Tidak ada KFC atau pun McD di Situbondo, ya setidaknya hingga kini dan beberapa waktu ke depan. Dulu sempat ada CFC, belum sempat berkunjung, eh sudah tutup. Jika aku ingin makan ayam goreng krispi di Situbondo beli di mana? Beberapa warung makan di Situbondo juga menjual ayam goreng tepung. Memang tak khusus ayam goreng. Berbeda dengan di kota besar, di mana gerai olahan ayam tepung bisa ditemui di mana pun. Hisana Fried Chicken Situbondo punya rasa khas, jadi salah satu favoritku Bila kamu sedang travelling ke Situbondo dan sangat ingin menikmati ayam goreng krispi, aku cukup merekomendasikan makan di Hisana Fried Chicken. Sesuai namanya, Hisana adalah gerai ayam goreng tepung yang cukup terkenal dan banyak digemari. Hisana Fried Chicken tidak hanya ada di Situbondo, tapi juga di Jakarta, Bandung, dan kota-kota lain. Sudah ada ratusan outlet yang tersebar di banyak titik di Indonesia. Hanya saja aku baru tahu ada brand ayam goreng krispi lokal ini begitu pulang ke Situbondo. Meski ad

Sasak Herbal Oil: Benarkah Berkhasiat Mengobati Segala Penyakit?

Sekarang ini, makin banyak produk kesehatan alami yang menjadi sorotan, termasuk minyak herbal seperti Sasak Herbal Oil. Apakah benar minum minyak bisa bikin sehat? Rasanya cukup aneh, ya? Nah, aku ingin berbagi pengalaman pribadi aku setelah mencoba mengonsumsi Sasak Herbal Oil. Keajaiban Sasak Herbal Oil: Pengalaman Pribadi yang Membuat Kagum Luka cakaran kucing kuoleskan Sasak Herbal Oil. Foto diambil pada kondisi pencahayaan yang berbeda Sebagai seorang yang tidak memiliki diabetes, awalnya aku cukup skeptis ketika mencoba Sasak Herbal Oil ini. Namun, setelah membaca beberapa ulasan positif, aku memutuskan untuk mencobanya. Pertama, aku mencoba mengoleskan minyak Sasak pada luka yang aku dapatkan akibat cakaran kucing. Hasilnya! Luka aku lebih cepat mengering dan pulih dengan baik. Seperti yang pernah aku bahas di tulisan sebelumnya di blog ini, Sasak Herbal Oil bisa menyembuhkan luka yang disebabkan oleh diabetes . Proses penyembuhannya pun bertahap tapi berdasarkan review yang ak