PLTS Atap Pabrik Mekarsari mampu kurangi 1.916 ton karbondioksida per tahun

Temuan dari kumpulan peneliti dari seluruh dunia yang bernama IPCC dalam laporan terbaru bilang kalau suhu bumi akan semakin panas dan efeknya sudah tidak bisa dihindari lagi. Bumi sudah sedemikian rusak karena aktivitas manusia yang merugikan lingkungan. Bila suhu bumi naik 1,5 derajat Celcius dalam setahun akan sangat berdampak. 

Beberapa bencana di tanah air seperti di angin kencang di Depok, Jawa Barat, beberapa waktu lalu sampai membuat banyak papan baliho sampai roboh, belum lagi  kasus kebakaran hutan, banjir, dan bencana lain yang tidak hanya ada di Indonesia juga merupakan salah satu dampak krisis iklim.


Banyak solusi yang bisa kita lakukan, misalnya dengan menghabiskan makanan yang kita masak, beralih ke transportasi umum, menggunakan bahan bakar listrik, beralih ke pertanian organik, tidak menebang pohon dan melakukan penghijauan, beralih ke energi terbarukan seperti solar panel. 


Bicara soal energi terbarukan, energi terbarukan adalah sumber energi yang bisa didaur ulang, dapat diperbarui, dan jumlahnya melimpah di alam. Contoh-contoh energi terbarukan adalah energi sinar matahari, energi air, energi angin, energi panas bumi, biomassa, dan energi gelombang laut.


Solar panel instalation di PLTS Atap Pabrik Mekarsari, Pabrik Danone AQUA terbesar di Indonesia


Saat ini di beberapa tempat sudah menggunakan solar panel instalation sebagai sumber energi untuk kebutuhan sehari-hari. Di Gelora Bung Karno, Jakarta, di Pelabuhan di Panarukan, Situbondo, di beberapa rumah pribadi, dan lain-lain. Mengingat saat ini pembangkit tenaga listrik masih menggunakan bahan bakar fosil sebagai bahan bakunya, artinya pemanfaatan solar panel instalation adalah salah satu cara mengurangi dampak krisis iklim yang terjadi di dunia kini.


Begitu tahu Danone-AQUA meresmikan PLTS Atap Pabrik Mekarsari, Pabrik Danone AQUA terbesar di Indonesia, aku pun ikut senang. Meski secara aksi aku termasuk yang kurang, aku selalu mendukung gerakan orang apalagi instansi besar yang arahnya pada perbaikan ekosistem dan lingkungan. PLTS Atap Pabrik Mekarsari, Pabrik Danone AQUA terbesar di Indonesia diresmikan secara virtual, 21 September 2021 lalu bertepatan dengan Zero Emission Day (Hari Emisi Nol Sedunia).


Berkapasitas 2.112 kWP Pembangkit Listrik Tenaga Surya Atap Pabrik Mekarsari ini mampu menghasilkan listrik sebesar 2,3GWh per tahun. Efeknya, solar panel instalation ini mampu mengurangi 1.916 ton karbondioksida per tahun. Danone-AQUA memang menjaid pelopor pemanfaatan PLTS Atap di industri sejak tahun 2017 dan punya komitmen membangun PLTS Atap di 21 pabrik Danone-AQUA di Indonesia dengan total kapasitas lebih dari 15MWp pada 2023, juga untuk mendukung pemerintah untuk mencapai ambisi emisi nol pada tahun 2050.



Danone-AQUA bersama sejumlah perusahaan multinasional lain yang tergabung dalam kelompok kerja Corporate Buyer dari Clean Energy Investment Accelator (CEIA) juga telah menandatangani aspirasi bersama untuk menyatakan dukungannya ke Pemerintah Indonesia dalam pengadaan energi terbarukan untuk sektor komersial dan industri di Indonesia.


Cahaya matahari bisa diolah menjadi energi murah dan berkelanjutan tahun 2050


Menurut Ridwan Kamil, Gubernur Jawa Barat, yang juga ikut meresmikan Pembangkit Listrik Tenaga Surya Atap Pabrik Mekarsari, konsep energi itu yang harus dikejar itu ada tiga, yaitu murah untuk rakyat, bersih, dan berkelanjutan. Apalagi Indonesia kaya akan sumber daya alam yang bisa dimanfaatkan sebagai sumber energi. Harapannya tahun 2050 Indonesia sudah memanfaatkan energi terbarukan dari angin, air, cahaya matahari, dan lain-lain. "Karena sebenarnya anugerah Tuhan yang diberikan ke Indonesia itu cukup kita olah menjadi energi yang murah, bersih, dan berkelanjutan," ungkapnya.


Ridwan Kamil pun melaporkan bahwa di beberapa titik di Jawa Barat sudah melakukan teknologi pengolahan sampah jadi sumber energi, di Sukabumi terdapat Pembangkit Listrik Tenaga Angin, dan yang paling ia banggakan karena paling progresif di Karawang ada pabrik yang mengolah sampah menjadi listrik.


Ridwan mengimbau agar seluruh perusahaan mencontoh solar panel instalation di PLTS Atap Pabrik Mekarsari, Pabrik Danone AQUA terbesar di Indonesia. "Kami juga akan bikin aturan bahwa seluruh pabrik di Jawa Barat wajib meng-copy paste dan mengikuti apa yang dilakukan oleh AQUA Golden Mississipi Indonesia," lanjutnya. Dengan begitu Jawa Barat akan menjadi yang terdepan dalam hal energi terbarukan. Keteladanan di Jawa Barat juga bisa jadi harapan bagi provinsi lain agar melakukan hal yang sama untuk kebaikan di bumi dan tahun 2050 Indonesia bisa 100% menggunakan energi terbarukan untuk keberlangsungan hidup kita.


Solar panel instalation yang termasuk energi terbarukan adalah salah satu solusi mengurangi dampak krisis iklim agar bumi lebih lama menjaga kita dan anak cucu.

No comments: