5 Pelajaran dalam Mobile Legend Yang Bisa Diaplikasikan ke Kehidupan Sehari-hari

Aku pemain baru Mobile Legend. Main game ini juga karena pandemi gak kelar-kelar kan. Ada banyak waktu kosong, yang biasanya kerja di luar, sekarang keseringan nganggur dan jadi keasyikan. Aku dapet lima poin penting pas main Mobile Legend yang menurutku kudu diterapin di dunia kantor, organisasi sekolah, organisasi kampus, sampek ke masyarakat biar suksesnya bareng-bareng. Ini dia poin-poin yang udah aku rangkum.

Mobile legend uwan urwan


Harus kompak dan gak egois

Mobile legend uwan urwan


Main Mobile Legend itu gak melulu soal keren-kerenan hero yang dipake. Meskipun hero yang kamu pake udah expert dan udah level tinggi, akan percuma kalo temen satu tim gak kompak, apalagi salah satu atau semuanya egois. Tim lawan akan gampang sekali menghacurkan pertahanan.

Sama aja kayak kerja dalam tim. Gak bisa yang satu ke sana, yang satu ke sini. Tetep ada pembagian tugas, masing-masing harus kerja bener dan maksimal. Satu orang kerjaannya gak bener dengan sengaja, bakalan ngerepotin dan ngeberatin pekerjaan temennya. Ya soalnya kerjaan si A bakalan dibebankan ke si B, atau sebaliknya. Dalam bermasyarakat pun begitu, sama.

Saling menjaga

Mobile legend uwan urwan


Selalu ada map untuk melihat pergerakan dan posisi lawan dan teman satu tim. Kita dituntut untuk terus waspada, kalo ada satu orang yang butuh bantuan, harus segera ditolong. Atau kalau ada satu turet yang sedang diserang musuh dan teman satu tim tidak ada yang menjaga, diusahakan buat menyelamatkan turet.

Turet ibarat ujung tombak. Satu per satu turet hancur artinya kita sedang berada di ambang kekalahan. Jika sudah sampai ke turet terakhir, mau tidak mau harus mempertahankan. Bila gak sanggup, ya udah nyerah aja. Kalo sangup dan bikin musuh lengah, kita bisa mengalahkan musuh juga kok. Yang penting saling menjaga, menyelamatkan teman satu tim, dan kompak.

Organisasi juga gitu. Untuk mempertahankan program-programnya tetap jalan, selain kompak harus saling menjaga, saling memperhatikan teman satu kelompok, apakah kesulitan, apakah sedang sakit, apakah sedang sibuk? Misalnya sakit nih, kita bisa menunda program kerja atau mengambil alih sementara. Yang penting kudu selalu ada solusi untuk setiap masalah yang diadepin temen satu tim.

Punya strategi

Mobile legend uwan urwan


Menyerang lawan gak boleh sembarangan, harus punya strategi. Mentang-mentang udah level tinggi, menyerang lawan membabi buta. Hehe. Yang ada malah bikin lawan menang. Masalahnya, kalo lawan lebih kompak, kamu bakalan cepet mati karena dikeroyok. Sekali tebas, abis.

Ada pembagian wilayah yang harus dijaga, didatangi, dan diserang. Ada yang harus ke wilayah atas, wilayah tengah, dan wilayah tengah. Pemilihan hero pun tidak boleh sembarangan. Mentang-mentang sudah expert semua, hero yang dipilih teman satu tim adalah mage semua, gak ada fighter, gak ada tank, gak ada assassin. Ya jadi sasaran empuk.

Mobile legend uwan urwan

Mobile legend uwan urwan


Begitu pun dalam bermasyarakat/berorganisasi. Untuk mewujudkan visi misi bersama, gak bisa ya jadi pekerja semua. Kudu ada yang ngekonsep, pemimpin, sekretaris, pemegang uang, dan lain-lain. Kalo semua megang duit, yang kerja siapa? Duit siapa juga yang kudu dipegang? Kalo semuanya mau jadi pemimpin, yang dipimpin siapa? Tetep ya, kudu ada tempat masing-masing sesuai keahlian. Yang keahliannya sama, bisa berkolaborasi.

Gak gegabah

Mobile legend uwan urwan


Main Mobile Legend gak bisa pake napsu. Satu hero musuh nyawanya tingal dikit tuh, tapi dia bisa melarikan diri ke dalam turet. Nah, nyawa kita juga tinggal dikit nih. Karena napsu pengen bunuh, akhirnya kita masuk turet. Bukannya ngebunuh musuh, malah kitanya yang mati karena diserang turet. Harusnya, ya biarin aja musuh balik dan kita juga balik ke base buat nambah nyawa lagi.

Dalam bermasyarakat atau berorganisasi pun begitu. Udah nyiapin strategi mateng-mateng nih, eh karena gegabah dan napsu pengen nyelesein kerjaan cepet-cepet dan nyelesein semuanya sendiri. Lupa kalo punya temen satu tim yang bisa dibagi-bagi tugasnya. Malah yang ada sakit sendiri karena lupa waktu, telat makan, kalo pun makan, makanannya gak sehat.

Punya dana yang cukup

Mobile legend uwan urwan


Main Mobile Legend gak cuma main doang, tapi kita diajari buat ngumpulin tiket, koin, dan permata (diamond). Ibaratnya itu harta kita ya. Buat apa? Buat beli hero, skin, dan emblem. Masing-masing punya manfaat tersendiri dalam kehidupan bermain game. Hero ya buat main. Ada banyak pilihan hero kalo emang pengen beli hero baru. Terus skin gunanya buat upgrade penampilan dan nambah kekuatan. Kalo emblem fungsinya pun beda-beda. Tiap hero punya emblem khusus. Makin tinggi level emblemnya, makin kuat heronya.

Hubungannya dengan kehidupan bermasyakat apa ya? Ada dong. Ibaratnya dana simpanan organisasi atau bermasyarakat itu untuk kebutuhan penting. Kalo ada program kerja terus gak ada duitnya, siapa yang mau jalan? Semua orang baru mau jalan kalo dikasih duit kali. Iya kan?

Top Up Diamond di Mobile Legend dapet satu hero gratis

Mobile legend uwan urwan


Kan keasyikan main Mobile Legend ya, pengen punya hero yang Freya tapi cuma bisa dibeli pake diamond. Itu pun kudu to up mobile legend sebanyak 599 diamond. Top up game 11 diamond harganya Rp3.000, top up game 50 diamond harganya Rp15.000, dan top up game lebih banyak diamond lebih mahal lagi. Kalo top up diamond 599 diamond kira-kira aku kudu ngeluarin duit sekitar 179ribu. Mahal ya.

Terus aku cek ada bonus pembelian. Top Up berapapun dapet satu hero gratis dari tiga hero yang bagus-bagus. Aku Top Up Gopay aja 50ribu terus beli 50 diamond. Mau beli 3ribu kemurahan (sombong). Eh udah pada tahu kan kalo top up game di google play lebih murah? Bayar pake GoPay. Abis ini aku kasih tahu caranya.

Mobile legend uwan urwan


Abis top up diamond, aku dapet Freya dong. Gratis. Gak jadi ngeluarin duit 179ribu. Enaknya lagi aku dapet cashback 75% dari GoPay. Aku bayar 16.500 buat top up mobile legend sebanyak 50 diamond dan dapet cashback 12.500. Artinya cuma bayar Rp4.000 doang dong buat top up mobile legend. Alhamdulillah. Hemat. Sisa duitnya bisa buat jajan. Gak itu doang, aku dapet hadiah lainnya juga dari Mobile Legend.

Cara Beli Diamond Mobile Legend di Google Play pake GoPay

Buat yang penasaran cara beli diamond mobile legend pake GoPay biar dapet cashback juga, begini caranya

1. Kamu perlu ke Google Play dulu buat ngelink akun GoPay sama Google Playnya.
2. Klik payment methods.


3. Masuk ke menu selanjutnya klik Add GoPay.
Mobile legend uwan urwan

4. Ikuti aja petunjuknya.
5. Klik-klik aja sampek ke menu Link Google with GoPay.
6. Kalo dah sukses langsung deh keluar dari layar ijo. Gak usah nungguin.
Mobile legend uwan urwan

Mobile legend uwan urwan


Kalo mau beli-beli produk di game ato aplikasi, bisa lewat aplikasinya. Caranya begini

- Masuk ke menu Shop
Mobile legend uwan urwan


- Pilih produk apa yang mau kamu beli. Aku beli 50 diamond aja karena ngejar dapet hero Freya gratis lagipula murah, cuma 15ribu.
Mobile legend uwan urwan


- Pilih pembayaran pake GoPay
- Masukkan passwordnya dan ikuti langkah selanjutnya. Klik 1-tap buy. Kelar. Yeay. Aku dapet cashback Rp12.375 dong.
Mobile legend uwan urwan

Mobile legend uwan urwan

Mobile legend uwan urwan

Mobile legend uwan urwan

Mobile legend uwan urwan

Mobile legend uwan urwan


Kelar yeay. Karena aku dapet cashback promo dari Gopay jadi makin murah. Mending kamu coba beli juga ni, langsung aja cek link ini ya. Gampang kan?

 

No comments: