Caption Untuk Postingan Instagram Harus Gimana?

Bikin caption untuk postingan IG gampang-gampang susah. Kadang gampang kadang susah. Gimana gak susah, menurutku Instagram itu emang dibikin buat jadi sesempurna itu, ya gosipnya kudu sekepo itu, fotonya kudu sebagus itu, videonya harus seluar biasa itu, caption post IG kudu semenggelitik itu, pokoknya kudu semenarik itu. Beberapa orang rela pake jasa membuat caption Instagram untuk caption IG bucin, caption IG tentang corona, caption IG ambyar, caption IG alam, caption IG soal teman, dna lain-lain.

Caption Untuk Postingan Instagram

Tipe caption untuk postingan IG

Capek banget kadang bikin caption untuk postingan Instagram, padahal ngetik beberapa paragraf doang, tapi biasanya mikirnya bisa berjam-jam. Iya banget. Yang jelas ada dua tipe orang dalam membuat caption postingan IG, yaitu

Yang captionnya sesuai foto. Tipe orang ini menurutku cukup perfeksionis ya, karena apa-apa kudu disesuaikan dengan foto. Biasanya yang bikin lama ya ini. Mikir caption yang sesuai degan keadaan foto. Misalnya foto di suatu area wisata. Pasti ada informasi yang gak kerekam di otak, akhirnya browsing soal tempat tersebut. Terus dirangkum dalam caption.

Yang bikin lama lagi adalah nambahin hastagnya. Sebelum itu riset dulu hastag yang pas. Foto aja diedit berjam-jam di hape, terus caption post IG juga mikir keras, hastagnya pun pake riset. Baru posting.

Yang captionnya random. Kalo yang tipe ini menurutku serampangan ya. Kadang gak mikir soal keindahan foto dan caption. Pokoknya ada hal yang pengen dibagi, ya dibagi. Gak pake banyak cincong. Kalo pun browsing materi dan hastag, ya gak seribet tipe sebelumnya. Ini kan menurutku ya, ga tahu kalo menurut kamu. Sama gak?

Caption Untuk Postingan Instagram

Yang captionnya paling banyak satu kalimat. Tipe orang ini gak mau ribet banget wkwk. Kebayang gak sih caption cuma emitikon doang. Kadang emang karena saking bingungnya juga sih, akhirnya cuma kasih emotikon aja ato caption bucin, caption IG bucin, caption IG ambyar, caption IG galau, berupa quote orang, hasil berburu di internet. Hehe..

 

Cara membuat caption post IG

Nah kamu tergolong tipe yang gimana? Kalo dah tahu, biasanya orang-orang yang serius ngebranding di media sosial melakukan strategi tertentu. Postingannya udah terencana dalam sebulan apa aja. Terus kalo udah begitu  tinggal mikirin caption. Kebalikannya nih ya, temenku udah nyiapin caption post IG duluan, fotonya belum. Sampek dia ngajak aku hunting foto (walopun gak jadi juga).

Karena sekarang tahun 2020, mari kita bikin caption IG 2020. Caranya?

1.         Pastikan kamu bertipe caption harus sesuai dengan foto. Ya karena caption yang sesuai dengan foto perlu keahlian khusus. wkwk

2.         Tentuin kamu itu mau bikin caption informatif, caption IG ambyar, caption IG bucin, caption IG tentang alam, caption IG galau, caption IG nyindir, caption IG tentang corona, dan lain-lain

3.         Tentuin tujuan bikin caption, untuk mengedukasi, menghibur, ngasih informasi, dan lain-lain. Nah, masing-masing caption dan tujuan ada tekniknya sendiri-sendiri. Dari yang aku pelajari tuh penjelasannya bisa butuh satu tulisan sendiri. Nanti aku coba bikin deh kalo ada waktu.

4.         Abis itu bisa browsing materi di Google. Berita-berita terbaru juga bisa jadi satu sumber. Bikinnnya jangan panjang-panjang banget. Kalopun panjang captionnya, kasih jarak biar yang baca gak pusing.

5.         Kasih judul yang menarik kalo emang infonya perlu dishare biar orang mau baca sampek akhir.

6.         Buat yang lebih fokus sama quote untuk caption post IG, bisa cari-cari quote orang. Jangan lupa cantumkan sumber atau pembuatnya.

7.         Kalo mau bikin caption IG 2020 sendiri, bisa menyesuaikan sih. Mau gaya bahasa kayak apa, tinggal semedi, menemukan kata-kata, langsung tulis.

8.     Tips terakhir sih, bayar jasa membuat caption Instagram kalo mau praktis. Tinggal nentuin tema mau seperti apa. Enaknya sih dengan pake jasa membuat caption Instagram, kita bisa mengarahkan Kadang perusahaan juga perlu jasa membuat caption Instagram karena kekurangan pekerja di perusahaannya.

Caption Untuk Postingan Instagram
Meskipun kita bebas bebas aja mau bikin caption apapun, tapi kalo mau serius mending bikin caption sesuai sama foto. Itu lebih disukai

Baca juga: Menuju galeri kecil


Sebenernya persoalan bikin caption untuk postingan Instagram itu bisa dilakuin semua orang. Bahkan buat kamu yang masih suka ngeluh sekali pun. Tetep aja kan akun Instagramnya ada captionnya? Paling mentok ya kasih emotikon aja. Wkwkw.

 

Dan kalopun kamu udah gak bisa mikir lagi, bisa menggunakan jasa membuat caption Instagram yang sedang kugeluti. Bisa email ke uwanurwan@gmail.com untuk penawarannya. Aku siap membantu dengan segenap hati biar kamu tinggal duduk manis aja di rumah.

 

Di bawah ini aku bakalan bagiin contoh-contoh caption IG 2020 ala-ala quote yang cukup puitis buat kamu copy paste ke postinganmu. Spesial ini biar kamu gak pusing-pusing mikir lagi. Tinggal cari yang cocok. Jangan lupa tag dan mention aku di Instagram @uwanurwan ya

 

Caption IG ambyar

1.         Kesendirian tak selalu menyedihkan, juga bukan dosa. Ada ruang di mana kesendirian berikan lega dan itu mendamaikan.

2.         Meski pahit ternyata candu, itulah kopi. Hadirkan tenang, sendu, dan kecintaan pada diri sendiri. Sama seperti sendiri, meski terasa kosong, jadi tanpa batas menelisik pemikiran-pemikiran yang belum sempat terjelajah.

3.         Kopi dan sendiri seperti seorang teman, mereka mampu melebur dalam tawa dan duka dalam waktu bersamaan.

4.         Kadang teman tak selalu jadi tempat bertandang. Justru kesendirian yang mampu pahami betapa peliknya kehidupan ini

 

Caption IG bucin

1.         Secangkir kopi hangat yang kuminum membuat debar jantungku meningkat, sama seperti ketika kau menatapku.

2.         Aku selalu menyesap kopi dan senyummu setiap kali kita duduk berdua, memandangi malam-malam yang dingin, sementara di luar gemericik hujan menjadi penghibur kita.

3.         Ingatlah saat kau menyesap kopi, akan selalu ada aku yang merindukanmu.

4.         Ruang kerinduan itu berupa kamu, senyummu, dekapmu, genggammu, dan aroma napasmu.

 

Caption IG sedih

1.         Jika kertas kosong menjadi awal terbentuknya kisah, warna-warna yang tercecer adalah kata-katanya.

2.         Tidak ada yang salah saat Tuhan menciptakan sesuatu. Ia lahir tidak untuk membenci atau menyukaimu, ia hanya ada dan akan tumbuh.

3.         Tak ada sedih yang bahagia, tak ada bahagia yang sedih. Keduanya berjalan beriringan meski kadang tak satu jalan.

 

Caption IG mengenai alam

1.         Daun-daun itu menyertakan urat-uratnya

            Bersama mentari mengolah warna dan kosakata

            Menjadikannya energi yang terus-menerus hidup

2.         Bahkan hal-hal seragam di alam memiliki beda. Dari perbedaan itu, cerita unik tercipta.

3.         Seperti buah yang berair, langit pun begitu, di dalamnya tersimpan harapan.

4.        Hal-hal besar terbentuk dari struktur kecil, seperti hidup. Pencapaian besar berawal dari langkah-langkah kecil yang diperjuangkan.

5.         Pohon besar itu bernama keramat

            Akarnya menghujam ke dalam inti bumi

            Membawa partikel dan zat mati untuk seribu nyawa

 

Caption IG soal teman

1.         Ibarat warna, teman adalah piihan warna yang kita suka. Mereka akan terus memancarkan sinarnya seperti sebuah harapan.

2.         Meski dengan berteman tak selalu ceria, setidaknya kita selalu punya waktu bersama mereka untuk saling menertawakan kehebatan dan kebodohan kita sendiri.

3.         Teman bukan masalah dari mana mereka, tapi ini tentang penerimaan, sebagaimana sepatu yang selalu menyokong langkah-langkah kita.

1 comment:

Bang Day said...

Saya cenderung gk peduli soal caption cz gak tau bikin yang narasi bagus :)

Btw caption ambyarnya boleh dicopas gak :)