Makin Gampang Euy Mengurus Administrasi Hukum


Beberapa orang terlahir buat jadi pebisnis. Bagusnya bisa membuka lapangan kerja untuk orang lain, kekurangannya ya memang agak ribet untuk membangun bisnis itu dari awal, apalagi mengurus administrasi, mendaftarkan usahanya. Oh ya, udah pada tahu kalau untuk membangun CV atau PT baik organisasi nonprofit maupun profit bisa mendaftarkan diri secara online?

Mau daftarin badan usaha mandiri ke mana ya? (Ini yang motoin siapa? Said atau Novitania?)

Mendaftarkan badan usaha ke mana?
Katakanlah Budi sudah tiga tahun punya bisnis rumahan, Kripik Talas. Pelangggannya sudah tersebar di banyak titik di Pulau Jawa. Kini ia mau melebarkan sayapnya dengan menjadikan bisnisnya dari CV (Comanditaire Venootschap) ke Perseroan Terbatas (PT). Buat yang bingung CV itu apa sih, jadi CV adalah bentuk badan usaha persekutuan yang didirikan oleh dua orang atau lebih, di mana beberapa orang anggotanya punya tanggung jawab yang tak terbatas dan sebagian anggota lain tanggung jawabnya terbatas. Untuk jadi CV, sebelumnya Budi harus menggunakan akta dan mendaftarkan itu.

Sementara itu, PT adalah perusahaan di mana modalnya terbagi atas saham-saham dan tanggung jawab dari pemegang saham. Yang jelas, PT sudah lebih terstruktur, di mana harus ada direksi, komisaris, dan ada rapat umum pemegang saham. Masa hidup perusahaan dapat terjamin secara kontinu sih.




Nah, mendaftarkan PT-nya ke mana? Ke AHU Online. AHU Online itu apa? Jadi AHU Online adalah sistem pelayanan publik secara online punya Direktorat Jenderal Administrasi Hukum Umum, Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia. Kamu buka http://ahu.go.id, nanti akan ada lima pilihan. Untuk mendaftarkan PT, kamu bisa pilih badan hukum. Nanti kamu bisa ikuti petunjuk yang ada di website tersebut. Akan ada banyak sekali form yang harus diisi, untuk itu pastikan semua data-data tersedia.

Status kewarganegaraan kita bagaimana?
Berbeda dengan Budi, Gloria Natapraja Hamel dicoret dari daftar anggota paskribraka tahun 2016. Kenapa? Ternyata Gloria bermasalah di status kewarganegaraannya, akhirnya ia harus kecewa dan sedih karena sebenarnya sudah melalui seleksi yang cukup ketat dan latihan selama berbulan-bulan. Susah sih, masalahnya orang tua gadis blasteran Perancis-indonesia itu berbeda kewarganegaraan dan statusnya bukan warga negara Indonesia.

Buat sebagian orang, isu kewarganegaraan adalah hal rumit. Teman saya yang menikah dengan orang asing pun begitu. Kalau ayah dan ibu berbeda kewarganegaraan, ada banyak sekali persyaratan yang harus diurus sejak lahir sampai akhirnya memilih kewarganegaraan pada usia 18 tahun. Buat kamu yang menikah dengan kewarganegaraan sendiri mah tidak perlu ambil pusing.

Urusan kewarganegaraan juga di Direktorat Jenderal Administrasi Hukum Umum (Ditjen AHU). Sesama unit eselon I Kemenkumham yang sudah dibentuk sejak tahun 2000 lalu, pemekaran dari Direktorat Hukum dan Perundang-undangan. Direktorat Hukum dan Perundang-undangan ini tidak hanya dimekarkan menjadi Ditjen AHU, melainkan menjadi dua.



Rekan sesama pemekaran adalah Direktorat Jenderal Peraturan Perundang-undangan yang fokus pada penyusunan peraturan perundangan-undangan. Sedang Ditjen AHU lebih ke tugas pelayanan hukum pada masyarakat, mencakup hampir semua bidang hukum secara umum. Kamu juga bisa mengurus kewarganegaraanmu lewat AHU Online.

Administrasi hukum lain bisa diurus lewat AHU Online juga

Selain dua hal di atas, untuk kepastian hukum individu dan kelompok, juga bisa diurus lewat AHU Online. apa saja? Sebut saja untuk urusan penunjang kemudahan bisnis, mengurus wasiat, fidusia, pelayanan dan notaris. 


Tak hanya membuat CV atau PT, kita-kita yang mau membangun organisasi baik tujuan profit maupun non-profit bisa mendaftarkannya secara online. Semua jenis perkumpulan, di antaranya bentuk Yayasan, Koperasi, dan Partai Politik (Parpol). Seperti badan usaha, boleh banget kalau mau pesan nama melalui AHU Online.

Beberapa tahun belakangan ini, pemerintah menggenjot kinerja kemudahan berusaha (ease of doing business). Salah satu kontribusi AHU dengan mempercepat pembentukan badan usaha. Dengan layanan AHU Online, pendirian dan pengintegrasian CV (Comanditaire Venootschap) dan Perseroan Terbatas bisa secara digital. Tidak hanya mendaftarkan badan usahanya, kalau mau pesan nama perseroannya juga bisa melalui AHU Online.


Kalau punya aset atau harta yang ke depannya bisa bermanfaat buat keturunan kita, atau justru bisa disalahgunakan pihak lain, atau punya potensi konflik, ada baiknya membuat wasiat dan mendaftarkan ke Ditjen AHU. Bikinwasiatnya tetap di depan Notaris tetapi sebaiknya dilengkapi dengan pelaporan melalui AHU Online.

Oh ya saya membahas fidusia, buat yang belum paham, fidusia adalah pengalihan hak kepemilikan sebuah benda, di mana haknya masih dalam kekuasaan pemilik benda tersebut. Misalnya kamu kredit motor, pemberi kredit akan membeli ke dealer. Selama kamu belum lunas, hak milik masih kepunyaan pemberi kredit. Baca-baca dulu syaratnya, jangan sampai di kemudian hari barangmu ditarik kembali karena belum melakukan cicilan.

Total sih ada 93 jenis layanan hukum yang dilayani oleh Ditjen AHU. Sebanyak 47 di antaranya sudah bisa dilayani melalui aplikasi AHU Online atau bisa diakses melalui ahu.go.id, dengan layanan berbasis online. Semantara 43 layanan sisanya masih manual.

Agak berat ya bahasannya? Namun paham kan yang saya maksud? Semoga berguna ya.

No comments: