Ini Dia Gaya Kasual Cowok Untuk Kencan


Kencan? Hemmm, apa? Kamu mau ngatain saya jomlo? Saat ini sih memang jomlo. Baru putus akhir tahun 2018 kemarin. Namun, saya kan lagi gencar-gencarnya ngegebet seseorang. Tidak boleh kelihatan jelek dong. Iya tidak?


Sebagai anak muda yang tidak lagi muda, kencan adalah sebuah kebutuhan primer. Apalagi dedek-dedek yang saya dekati lucu-lucu dan gemesin. Punya pakaian rapi tapi tidak terlalu formal juga jadi kebutuhan penting. Ya, untuk menunjang ketampanan saya yang tidak seberapa ini. Apa yang bisa dibanggakan lagi kalau ketampanan saya hanya setengah dari pria-pria yang biasanya mendapatkan pasangan menarik? Ya, bagi saya berpakaian yang pas. Pakaian casual date adalah pilihan yang tepat untuk mengeluarkan aura kegantengan yang tersembunyi di balik tanah kuburan.

Gaya kasual tidak pernah gagal menarik perhatian


Sebelumnya saya tidak pernah perhatikan penampilan. Pakai kaos goodiebag yang berlabel acara tertentu, sandal gunung, rambut tidak rapi, tidak pakai parfum, kadang pakaiannya kusut, dan beberapa hal tidak menarik lainnya. Akibatnya, orang-orang yang saya dekati mungkin risih. Kadang bau keringat juga sampai saya tidak percaya diri berdekatan dengan siapapun.

Akhir-akhir ini saya lebih peduli dengan penampilan. Mau tidak mau kalau mau datang ke sebuah acara harus menghargai pengundang. Caranya ya dengan berpakaian yang nyaman, tidak sembarangan, sesuai tema acara. Tujuan lainnya adalah kalau misalnya saya jalan bareng teman atau gebetan, saya tidak malu lagi kan?

Sesuai dengan subjudul ini, outfit kasual tidak pernah gagal membuat orang tertarik dengan kita. Biasanya sih tidak sembarang kasual, tapi yang pas dan nyaman dilihat sesuai dengan karaktermu. Kalau sudah pas, auramu akan terpancar dengan sendirinya. Bagaimana sih cara memilih gaya kasual pria yang cocok? Saya punya tipsnya nih, tapi sebelum itu saya mau menjabarkan pakaian kasual itu apa sih? Baik gaya kasual pria atau pun gaya kasual wanita. Sayangnya untuk artikel ini saya fokuskan untuk pria. Mohon maaf untuk gaya kasual wanita saya belum bisa membuat artikelnya. Teman-teman saya yang perempuan sepertinya akan mengulas itu.

Pakaian kasual adalah pakaian yang biasa kita pakai sehari-hari, nyaman digunakan dan cocok digunakan pada saat apa saja. Misalnya nih, kita mau nongkrong malam mingguan, mau les atau kursus, dan mengunjungi acara tidak formal. Biasanya desain pakaian kasual tidak ribet, tidak terlalu banyak detail, simpel, tapi tampak elegan saat dilihat. Ada beberapa tips memilih outfit casual date ini, perhatikan poin-poin berikut ini.
  1. Kenali dirimu
Sesuaikan gayamu dengan karaktermu

Gaya berkaian simpel ini juga harus disesuaikan dengan karaktermu. Outfit kasual tidak melulu pakai kaos oblong, celana, dan sepatu saja, tapi bisa beragam. Kalau kamu suka dengan gaya-gaya sporty, pakai sneaker bisa jadi pilihanmu. Untuk atasakan, bisa pakai kaos lengan pendek, kaos lengan buntung, atau jaket hoodie. Sementara itu untuk bawahan bisa pakai celana selutut atau tiga perempat berbahan katun. Celana chino juga bisa kamu pakai untuk gaya sporty.

Kalau kamu suka sesuatu yang agak formal, pakai kemeja adalah pilihan tepat atau pakai kaos yang kemudian ditutup dengan kemeja flanel sebagai outer juga cukup oke. Atau kemeja flanel kamu lilitkan di leher untuk memperkeren gaya casual date-mu.

  1. Cari warna-warna kalem, lembut, atau gelap
Tuh. Ganteng kan?

Paling aman sih memang pakai warna kalem. Tidak semua orang pantas mengenakan pakaian berwarna stabilo dan kontras. Pilihan warna aman, misalnya abu-abu, hijau lumut, warna-warna pastel, atau bisa jadi warna hitam makin membuat penampilanmu makin keren. 

  1. Tabrak warna juga bukan masalah
Tabrak warna sebenarnya malah bagus. Hanya saja, kalau tidak sanggup dan tidak percaya diri mengenakan pakaian tabrak warna lebih baik pakai warna kalem dan lembut. Kalau mau tampil berani, tabrak warna memang cocok. Kamu akan jadi pusat perhatian karena pesonamu menghipnotis masyarakat di negara berflower ini.

  1. Baju branded biasanya pas di badan
Sayang sekali, semakin mahal harganya akan semakin pas di badan. Berbeda dengan kemeja seharga Rp50.000 dengan kemeja seharga Rp300.000. Nah, berbeda lagi kalau kamu membeli kemeja di desainer ternama yang harganya bisa jutaan, akan sangat pas di badan dan tentunya kamu dapat bonus konsultasi dengan desainernya.

  1. Pakai asesoris sederhana dan tidak berlebihan
Kalau sudah bergaya seperti ini, kalung saya simpan di lemari tapi masih pakai gelang atau jam tangan.

Sesuaikan asesoris yang kamu pakai dengan outfitnya. Jangan asal pakai. Ada beberapa asesoris yang bisa dipakai dengan outfit tema apa saja, tapi tetap untuk gaya tertentu harus disesuaikan asesorisnya. Misalnya kamu memilih tema casual formal, menggunakan kemeja hitam, misalnya. Tentu akan sangat tidak sesuai jika dipadu padankan dengan topi pantai yang motifnya cerah dan bergambar kartun. Iya kan?

  1. Warna pakaian senada lebih aman
Pakailah warma senada kalau takut jomplang. Eh tapi itu tasnya enggak banget ya
 Ahahaha

Buat kamu yang kesulitan padu padankan gaya pakaian, celana, sepatu, dan asesoris lain, saya sarankan untuk memakai outfit dengan warna senada. Ya kalau misalnya kaos berwarna hijau, sepatu sebaiknya menggunakan yang ada nuansa hijaunya. Atau bisa jadi warna sepatu disesuaikan dengan warna celana. Yang jelas saya pernah baca kalau untuk pria setidaknya outfitnya maksimal tiga warna. Kalau mau lebih, ya lebih baik warna-warni sekalian.

  1. Nyaman saat dipakai
Yang terpenting memang nyamam saat dipakai

Poin paling penting adalah nyaman. Kalau kamu tidak nyaman, mau pakai gaya apapun, tentu saja kamu akan terlihat kaku. Paling sederhana sih memang pakai kaos, celana jeans, dan sneaker. Selebihnya bisa kamu tambah dengan jam tangan, gelang, atau kalung. Jangan lupa pakai wewangian ya agar gebetan atau pacarmu senang. Sebenarnya pemilihan baju casual date tidak sulit, bukan?

Pakaian gaya kasual pria mahal?

Ada harga ada rupa, tapi untuk tampil keren tidak harus mengeluarkan uang jutaan.

Waduh, astaga, maaf. Saya sempat menyinggung kalau semakin mahal pakaian yang kita pakai akan semakin bagus. Sebenarnya tidak sih. Serius tidak harus beli barang yang mahal itu, tapi kalau kamu mau beli barang bagus dengan harga ekonomis saya punya beberapa rekomendasinya.

1.   Berbelanjalah saat mendekati perayaan hari besar

Datanglah ke outlet-outlet yang kamu tahu barangnya berkualitas, tapi mahal. Jangan asal datang! Perhatikan waktunya. Di Indonesia ada beberapa hari besar, yaitu lebaran, natal, imlek, tahun baru, valentine, dan hari-hari bersejarah lain. Biasanya toko-toko itu mengeluarkan barang lama dengan diskon menarik, 50% bahkan bisa sampai 70%. Biasanya saya mendapatkan harga produk tidak sampai 100ribu sampai maksimal 200ribu kalau diskonnya sedang besar-besaran. 

Jangan asal beli juga. Perhatikan apakah di beberapa bagian ada cacatnya atau tidak. Kalau cacat, bisa cari produk lain. Jangan berlama-lama di satu toko. Kalau beruntung, dengan uang 500ribu, kamu bisa mendapatkan enam produk yang total harga normalnya bisa sejuta lebih.

2.   Cari promo atau berjuang saat flash sale
Promo barang murah tidak selalu ada di hari-hari besar. Baik di toko offline atau toko online saat ini sedang gencar-gencarnya promosi barang murah untuk beberapa produk. Apalagi toko online sudah menjamur di Indonesia. Untuk toko yang bersifat bisnis personal, biasanya ada promo belanja lebih murah dai harga biasa di hari-hari tertentu. Manfaatkan harga termurah itu dengan baik. Biasanya harga normal hanyalah strategi memasarkan barang agar saat promo, produk itu habis terjual

3.       Beli di toko pakaian bekas
Jangan salah, outer yang saya pakai itu beli di toko baju bekas. Barang impor loh.

Siapa bilang baju-baju bekas jelek? Justru biasanya baju-baju bekas itu branded. Hanya saja karena sudah tidak terpakai, dijual dengan harga murah. Bekas pakai orang sih, mungkin ada beberapa cacat, tapi jika diperbaiki bisa layak pakai. Harganya pun variatif, kalau beruntung kamu bisa dapat baju seharga 10ribu dengan cacat yang tidak berarti.

4.       Selalu update info garage sale
Tidak jauh berbeda dengan baju bekas, biasanya garage sale juga barang bekas pakai. Biasanya juga ada cacat, tapi tidak selalu. Beberapa orang membuka garage sale untuk berdonasi atau karena memang ingin menghabiskan barang-barang karena mau pindah rumah ke luar kota atau luar negeri. Jangan sedih, harganya pun bisa miring banget.

5.     Belanja di Factory Outlet (FO)
Saran terakhir adalah berbelanjalah di FO. FO apa sih? Eits, jangan salah mengartikan FO ya. Beberapa orang ternyata belum tahu apa itu FO. FO adalah sebuah istilah yang dipakai untuk toko pakaian yan menjual pakaian jadi dengan brand dan merek terkenal dan kebanyakan termasuk pakaian sisa ekspor. Namanya barang sisa, kualitas bisa beragam. Ada yang bagus ada yang cacat. Yang jelas barang-barang di FO itu baru, bukan KW ya.

Hati-hati kalap belanja di FO

Untuk poin satu sampai lima, saran saya tetap pastikan barangnya masih bagus. FO biasanya hanya menyediakan barang yang disajikan, kalau bisa minta ukuran, beruntunglah kamu. Artinya stok barang tersebut banyak dan ukurannya beragam. Kalau tidak, jangan sedih, pilihlah barang lain atau misalnya kebesaran bisa kamu kecilkan di penjahit. Mengenai harga? Jangan takut dan jangan bimbang, bisa jauh lebih murah dari harga di toko aslinya. Jadi kamu sekarang tahu kan kalau di FO, harga produknya bisa jauh lebih murah kan? Nah, sekarang tinggal cari tahu Factory Outlet di Jakarta itu ada di mana saja.

Factory Outlet di Jakarta


Kabar bahagia buat kamu, yang ingin punya pakaian gaya kasual pria, gaya kasual wanita, atau mencari pakaian casual date seperti yang saya paparkan di atas, kamu tidak perlu jauh-jauh ke Bandung lagi. Di Bandung memang terkenal dengan pusat FOnya sih. Mangga Dua Square kini telah menjadi pusat Factory Outlet di Jakarta yang murah dan lengkap. Kebetulan saya beberapa kali berbelanja di sana. Saking ingin mengabarkan berita menggembirakan ini, saya tulis di blog ini. Di Mangga Dua Square, ada delapan FO, yaitu DSE, Premier, Chois FO, Amira FO, Fifth Avenue, RAJA FO, Super Bazaar, dan Publicity FO. Kabar gembiranya lagi Publicity FO baru saja grand opening pada 15 Februari 2018 kemarin.



Sebagai pusat Factory Outlet Jakarta, Mangga Dua Square menyuguhkan koleksi fashion yang terupdate, berkualitas, dan harga terjangkau. Kebetulan saya berbelanja di Publicity FO. Produknya bagayagus-bagus, kebanyakan untuk perempuan sih. Seperti biasa, stok pakaian untuk pria kebanyakan kaos dan celana. Koleksi pakaian di FO ke-8 ini bagus, berkualitas, dan branded. Saya temukan merek-merek terkenal yang biasanya ada di mall-mall elit. Di sana hanya seharga seratusan ribu. Oh iya, harga untuk pakaian perempuan pun dimulai dari 10ribu. Untuk gaya kasual wanita pun jadi banyak pilihan.



Beberapa produk di Publicity ada juga yang seharga sejutaan kok. Kalau lihat barangnya memang bagus, tidak mungkin dijual seharga 10ribu. Bisa rugi bandar. Saya juga mau memberi tahu kalau selama masa grand opening, kamu bisa berblanja di sana dengan diskon 10% untuk produk baru dan ada juga produk yang diskonnya 50%. Publicity juga buka cabang di Pasar lama tangerang, Pantai Indah Kapuk, Penjaringan, Citra Raya (2 cabang), Bekasi. Rencana tahun ini siap dibuka cabang lagi di Tangerang.


Baca juga : Tips Tampil Keren Buat Cowok ala Imawan 

Selain di Publicity, saya juga belanja di Premier. Koleksi untuk style casual date jauh lebih banyak dan lucu-lucu. Tidak semua pas dipakai untuk badan seperti saya sih, kebanyakan kebesaran. Untuk FO lain ada juga RAJA FO. Menurut saya, RAJA FO produknya lebih kekinian dan lebih beragam. Saya juga suka berbelanja di RAJA FO. Ada beragam kupluk, tas, parfum, celana, jaket, outer pria, dan lain-lain. Saya yakin kamu akan suka kalau berkeliling di Mangga Dua Square.

Mangga Dua Square memang akan dijadikan pusat Factory Outlet di Jakarta. Karena FOnya ada delapan, siapkan mental dan dana untuk mendapatkan barang-barang menggiurkan. Eh, astagfirullah, saya malah jadi promosi banget kan. Padahal niat awalnya hanya ingin berbagi inspirasi untuk gaya kasual pria biar kencan kita makin menyenangkan bersama gebetan atau pasangan. 


Senangnya habis belanja di FO Premier, Mamgga Dua Square 

Gaya casual date sebenarnya tidak sulit, hanya saja kadang kita bingung harus beli barang mahal agar penampilan bagus. Beberapa teman yang punya uang banyak memang lebih senang beli barang branded, tapi untuk yang keadaan keuangan pas-pasan dan mau punya pakaian casual date tinggal ikuti tips saya di tulisan ini. Jangan lupa juga follow Instagram @mangga2square ya karena pusat Factory Outlet di Jakarta itu akan terus bertambah dan kamu akan semakin tidak ingin pulang rasanya kalau sudah di sana. (Uwan Urwan)

5 comments:

uni dzalika said...

gaya kasual ini sangat cocok untuk kaka yang berjiwa bebas~ dan paling suka sama outfit yang merah itu ternyata bagus ya kalau dipakai senada warnanya ^^

Cucukakek said...

Outfit casual date yg poin 3(tiga) aku tuh gak suka. Mengandung unsur kekerasan bisa jatuh korban karena tabrakan

donasaurus said...

aih nice infoh kakak, bermanfaat banget buat ABG.

Ikrom said...

pantesan kakak ini ngehits terus dan ganti2 terus model bajunya
simpel lagi

Alexander said...

Saya juga kadang suka belanja dan lihat-lihat baju di Mangga Dua Square sih. Harganya cenderung lebih murah dari di branded store tapi lumayan enak dipakai. Cuman kalau lagi ada duit lebih, saya lebih suka belanja di Uniqlo sih. Banyak pakaian gaya kasual di sana yang enak-enak dipakai haha.