Resolusi Sehat 2019 Dimulai dengan Sun Life Resolution Run


Demi mewujudkan masyarakat Indonesia yang sehat, Sun Life mengadakan acara Sun Life Resolution Run 2019. Kegiatan itu juga bertujuan untuk menggalang donasi bekerjasama dengan RSCM. Donasi tersebut akan digunakan sebagai gerakan kolektif untuk melawan diabetes.

Difoto oleh Nursaidr

Gerakan ini didasarkan atas data dari Riskesdas 2018, angka prevalensi kelebihann berat badan pada generasi produktif Indonesia (usia di atas 1 tahun) mengalami peningkatan dari 11,3% pada 2013, menjadi 13,6% pada 2018. Hal yang sama terjadi pada penderita obesitas, angkanya naik, dari 14,8% pada 2013 menjadi 21,8% pada 2018. Kebetulan data tersebut senasib dengan hasil riset Sun Life Financial Asia Health Index, di mana profesional muda di Asia saat ini teracnam masuk kategori “Generasi O”.

Generasi O biasanya disebabkan karena terlalu banyak bekerja, banyak makan tidak sehat, dan hidup semakin kewalahan. Biasanya orang yang bekerjanya berlebihan tidak punya waktu untuk melakukan hal-hal lain, misalnya membeli makanan sehat atau memasak sendiri, berolahraga, dan sering sekali menghabiskan waktu luang untuk tidur atau bermalas-malasan. Semakin banyak pekerjaan dan semakin banyak tuntutan di kantor akan membuat mereka semakin stres. Beberapa dari mereka yang stres dan bekerja tak kenal waktu seringkali lebih banyak makan, yang penting makan, tidak peduli jenis makanannya sehat atau tidak, yang penting kenyang dan enak.

Resolusi sehat 2019 dengan berlari

Sebenarnya mereka yang kasusnya seperti saya ceritakan di atas, sadar bahwa gaya hidup mereka tidak sehat, tapi biasanya mereka tidak bisa melakukan apa-apa juga. Banyak tuntutan dan banyak pekerjaan yang harus diselesaikan dalam jangka waktu tidak sebentar menghabiskan waktu luang. Keinginan untuk bergaya hidup sehat biasanya hanya jadi wacana sampai akhir tahun.

Demi mewujudkan resolusi hidup sehat, Sun Life mangadakan kegiatan Sun Life Resolution Run 2019, sebagai langkah pertama wujudkan resolusi hidup sehat generasi muda Indonesia. Kegiatan ini berlangsung di ICE BSD, Tangerang, pada 20 Januari 2019. Ada lebih dari 1.500 peserta berpartisipasi dalam kegiatan tersebut. Acara itu juga merupakan bagian dari kampanye Live Healthier Lives yang mengajak masyarakat muda untuk mulai menjalani gaya hidup sehat.

Acara ini juga melibatkan Ibnu Jamil dan Kelly Tandiono untuk membantu kampanyekan pentingnya hidup sehat. Uniknya lagi seluruh biaya pendaftaran peserta akan didonasikan untuk mendukung edukasi dan peningkatan kualitas hidup para penderita diabetes.


Buat kamu yang ikut kegiatan itu, kamu harus memperhatikan tubuh juga. Kalau kamu belum pernah berolahraga lalu ikut lari 5 km, harus latihan terlebih dahulu sebelumnya agar tidak sakit atau cedera saat kegiatan berlangsung. Ibnu Jamil punya tips untuk mencegah cedera saat berlari
  1. Waktu latihan, secara bertahap tingkatkan jaraknya. Jangan langsung berlari dalam jangka waktu lama sekaligus.
  2. Kenali medannya.
  3. Lakukan olahraga lain selain berlari, misalnya push up, sit up, berenang, dll.
  4. Istirahat cukup.
  5. Konsumsi nutrisi yang sesuai untuk tubuh.
  6. Pakai sepatu yang nyaman.
  7. Lakukan pemanasan sebelum memulai dan pendinginan setelah berolahraga.
  8. Lakukan peregangan sebelum lari.
  9. Jangan memaksakan untuk menyelesaikan lomba kalau kondisi tubuh tidak mendukung atau cedera.

Tak hanya Ibnu Jamil, Kelly Tandiono juga punya tips untuk persiapan lomba lari, yaitu:
  1. Lakukan latihan satu bulan sebelum lomba, setidaknya 2-3 kali seminggu.
  2. Latihan tidak hanya berlari, tapi juga dikombinasikan dengan strength dan core training.
  3. Mengonsumsi makanan bergizi dan multivitamin, seperti minyak omega 3.
  4. Sebelum lomba, beristirahat yang cukup dan lakukan pemanasan dan peregangan
Keduanya ternyata punya tips yang mirip. Yang jelas Sun Life Resolution Run tentunya adalah kegiatan yang menyenangkan. Harusnya sih begitu. Kamu yang ikut lomba lari ini semangat ya. Jaga kesehatan mulai dari sekarang. Jangan lupa kenakan official jersey Sun Life Resolution Run, bawa BIB, Perlengkapan lari seperti race bag dan shoe bag maupun beragai voucher (yang kamu dapat saat pengambilan perlengkapan lomba), kalau dibutuhkan, bawa perlengkapan dan obat-obatan pribadi, berkumpul di lokasi satu jam sebelum lomba dimulai (05.00 WIB), bagi yang bawa barang bisa titip ke tenda penitipan barang, dan setelah selesai lari jangan pulang dulu. Ada kegiatan menarik di lokasi lomba juga loh.
Yang selesai lari bisa dapat medali. Yeay

Buat kamu yang akan ikut perlombaan lari, bisa juga ikuti tips-tips yang diberikan oleh Ibnu Jamil dan Kelly Tandino loh. Semangat ya!

No comments: