Delia von Rueti Libatkan Perempuan Tabanan Hasilkan Cemilan Sehat


Pemberdayaan ibu-ibu di Tabanan, Bali untuk membuat kripik kelapa (bio coconut chip) bermerek Overdozz with Love menjadi fokus utama Love and O2. Love and O2 adalah sebutan ibu pertiwi kita. Itu membuat ibu-ibu punya kegiatan yang bermanfaat dan meningkatkan perekonomian keluarga.

Bila merunut kebudayaan di Bali mulanya, perempuan diwajibkan untuk bekerja sementara para prianya bertugas untuk menjaga binatang, senjata, dan lain-lain. Seiring berjalannya waktu, karena kehidupan semakin modern, beberapa pria memilih bekerja dan membiarkan istrinya mengurus rumah tangga. Makin ke sini, pria-pria kemudian lebih banyak yang sadar untuk bekerja dan membahagiakan istrinya.

Meski begitu, perempuan-perempuan di Bali masih merasa punya tanggung jawab untuk meningkatkan perekonomian keluarga. Beberapa masih memaksa bekerja. Program Love and O2 dengan baik memanfaatkan tenaga perempuan di Tabanan untuk mendapatkan pekerjaan sampingan, selain mengurus rumah tangga.

Cemilan organik


Overdozzz with Love merupakan produk makanan sehat berupa granola brainfood dan coconut chips, salah satu pilihan sarapan atau cemilan sehat yang mampu menunjang gaya hidupmu. Buat yang belum tahu, granola adalah makanan yang terdiri dari oat, kacang-kacangan, buah-buahan kering, bisa juga ditambahkan minyak, madu atau pemanis lain. Setiap granola biasanya komposisinya berbeda, tergantung produsen atau tergantung siapa yang membuatnya. Karena kandungannya berbeda, kandungan gizinya pun bisa beda. Kandungan franola biasanya yaitu gla, lemak kalori, dan protein, tapi untuk jumlahnya bisa berbeda. Yang jelas kandungan utama granola adalah oat dan kacang-kacangan sehingga kandungan seratnya tinggi.

Zaman kini, granola digandrugi banyak pecinta makanan sehat. Biasanya dikonsumsi untuk sarapan. Beberapa juga membuat overnight oatmeal dengan campuran granola. Overnight oatmeal adalah cara penyajian bubur gandum tanpa dimasak. Biasanya didiamkan selama semalaman di dalam kulkas untuk menambah rasa segar dan nikmat saat disantap di pagi hari.


Disebut brainfood, karena granola bagus sekali untuk utrisi otak. Selain karena kandungan granola bisa memberikan asal lemak dan asam lemak tidak jenuh ganda, yang mana membantu turunkan kolesterol, menurunkan tekanan darah, dan mengurangi peradangan. Kalau rutin mengonsumsi granola setiap pagi, kita bisa terhindar dari sakit jantung, diabetes, kanker, dan penyakit lain. Asal pola hidup kita seimbang, tidak hanya pola makan saja yang diatur.

Kandungan vitamin dan mineralnya bagus untuk tubuh. Mangkanya sebenarnya granola tidak hanya bagus untuk sarapan, tapi untuk cemilan juga. Di dalam Overdozzz with Love yang paling saya suka adalah almon dan kismisnya. Kebetulan saya suka kismis. Hehe...

Inovasi seorang filantropis


Kalau kamu menjalani hidup sehat, diet seimbang, rutin berolahraga, dan lain-lain, setidaknya harus punya stok Overdozz with Love di rumah. Produk itu dibuat dari bahan-bahan organik, yang merupakan inivasi dari seorang filantropis, Delia von Rueti. Delia adalah perempuan inspiratif yang telah menginisiasi Love and O2.

Filantropis menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia adalah bersifat filantropi. Filantropi artinya berdasarkan cinta kasih terhadap sesama manusia. Istilah sederhananya, filantropi adalah dermawan yang menyumbangkan hartanya untuk kegiatan-kegiatan sosial, pendidikan, sampai kesehatan. Selain Delia, Bill Gates, orang terkaya di dunia, juga seorang filantropis. Ia punya yayasan Bill and Melinda Gates Foundation. Warren Buffet, Mark Zuckerberg, dan miliader yang juga terkaya dunia saat ini sering menyumbangkan sebagian hartanya untuk amal.

Delia pun begitu. Ia donasikan 2.500 hektar tanah pribadinya untuk dikelola menjadi taman hutan tropis di uar kota Muara Taweh, Kalimantan Timur. Lahan seluas itu ia sulap menjadi lahan pertanian yang punya Nilai Konservasi Tinggi (HVC). Lahan itu berdampak signifikan karena mampu menghentikan puluhan operasi penebangan pohon secara liar, memberi kompensasi finansial kepada petani kecil, meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar, dan beragam manfaat lain yang bisa dirasakan bersama.


Delia tak sendiri. Ia bersama anaknya, Keyla, juga masyarakat di Tabanan, menciptakan produk Overdozzz with Love. Produk granola brainfood itu dikemas dalam botol selai ukuran besar (berat bersih 275 gram), sementara itu kripik kelapanya dikemas di dalam standing pouch (berat bersih 75 gram). Saya belum cerita tentang kripik kelapanya ya? Hehe.. ketinggalan. Kripik kelapa komposisinya lebih sedikit dibandingkan granolanya, terdiri dari kelapa, garam, gula tebu, dan jus lemon. Rasanya manis, agak kriuk tapi lembut, tidak sekeras kripik singkong, ada aroma lemon menggoda, dan sayangnya beli satu bungkus rasanya kurang.

Kamu bisa mendapatkan kedua cemilan sehat ini di Foodhall atau kamu bisa membeinya secara online di www.loveando2.com. Enaknya lagi, dsetiap pembelian satu item, 15%nya akan didonasikan untuk program Love and O2. Program-programnya nanti berupa pembiayaan sekolah, perbaikan jalan, merekrut tenaga kerja di desa yang bersangkutan, dan melestarikan alam. Mau menjadi bagian dari kehidupan yang sehat? Yuk mulai dari diri kita, mulai dari hari ini. (Uwan Urwan)

No comments: