PRIMA, Perlindungan Seumur Hidup Buat Kamu

Keberlangsungan hidup sepertinya selalu dikaitkan dengan kesehatan, baik fisik dan jiwa. Keduanya saling berkaitan. Jika ada yang timpang, akan ada gangguan pada keduanya.

Kok rasanya saya tidak berhenti menulis tentang kesehatan ya? Bosan tidak? Jangan bosan ya, karena saya juga ingin berbagi info yang saya tahu. Lagipula saya bukan orang yang sehat-sehat banget, jadi sudah sebaiknya saya memotivasi diri sendiri (minimal) melalui tulisan ini untuk tetap sehat.

Kredit : Imawan

Bayangkan kalau saya stres, menulis saja rasanya berantakan, tidak ada rasanya. Tulisan saya seperti krupuk yang melempem. Tidak ada nikmat-nikmatnya. Mungkin karena saya peduli juga dengan kesehatan diri, saya diundang dalam peluncuran Proteksi Penyakit Kritis Maksima (PRIMA), hasil kerjasama PT Bank Central Asia Tbk (BCA) dan AIA. BCA adalah institusi perbankan hits di Indonesia, saya pakai. Jangan sedih. Kebetulan BCA sudah menjadi institusi yang melekat dengan masyarakat, menunjukkan inisiatifnya dalam menjangkau dan mengakomodir kebutuhan kesehatan masyarakat. Eh iya, lupa mau menjelaskan tentang PT AIA Financial. Jadi AIA merupakan salah satu perusahaan asuransi jiwa terkemuka di Indonesia, sudah terdaftar di badan Otoritas Jasa Keuangan loh.

Produk bancassurance terbaru

Ngomong-ngomong soal perusahaan asuransi kan banyak, salah satunya AIA memang perusahaan asuransi terbaik di Indonesia. Di Indonesia ada banyak perusahaan asuransi sebenarnya,tapi lagi-lagi biasanya nasabah punya keinginan berbeda. Melalui kerjasama BCA melncurkan PRIMA sebagai produk bancassurance yang merupakan produk asuransi tradisional yang memberikan proteksi penyakit kritis kita seumur hidup. Sebelum lebih jauh membicarakan tentang PRIMA, saya mau membahas tentang bancassurance.


Ada cukup banyak jenis asuransi, mungkin kamu pernah mendengar nama bancassurance tapi belum tahu maknanya. Bancassurance bukanlah jenis asuransi biasa. Jenis asuransi ini ada berkat kerjasama antara perusahaan asuransi dengan bank. Karena itulah namanya tidak jauh-jauh dengan bank dan asuransi. Bamcassurance adalah metode pemasaran produk asuransi yang ditawarkan bank kepada nasabahnya.

Karena produk ini termasuk hasil dari simbiosis, nasabah jadi lebih mudah mencari perusahaan asuransi, mendapat dua pelayanan sekaligus dalam satu tempat, sejumlah bank memberi kemudahan kredit, seperti kartu kredit dan kredit kepemilikan rumah, bagi nasabahnya yang ikut bancassurance. Saat ini bank-bank yang bersimbiosis dengan perusahaan asuransi mulai banyak, BCA salah satunya. Sebenarnya produk yang ditawarkan oleh bank, sama dengan produk asuransi pada umumnya, hanya saja ditawarkan oleh bank kepada nasabahnya. Targetnya sendiri adalah nasabah bank itu sendiri.

Untuk antisipasi sakit yang tiba-tiba mengharuskan ke rumah sakit, beberapa orang memutuskan untuk mendaftarkan diri di asuransi. Banyak sekali perusahaan asuransi di Indonesia bertebaran. Tinggal pilih, mana yang sesuai, tapi rata-rata pembayaran per bulannya cukup mahal. Belum lagi prosesnya yang cukup rumit, apalagi kalau harus klaim. Beberapa orang sudah diasuransikan dari perusahaan sehingga yang repot mengurus adalah perusahaan. Konsekuensinya, gaji dipotong untuk pembayaran asuransi rutin.

Beberapa orang yang tidak bekerja di kantor, baik swasta atau pun negeri, cukup kesulitan mengajukan asuransi. Kesulitan paling utama adalah gaji yang tidak menentu sehingga jumlah pembayaran rutin bisa jadi sangat memberatkan. Pilihan terakhirnya adalah mendaftarkan diri di BPJS. BPJS terbukti membantu banyak orang saat dibutuhkan. Prosesnya memang bisa dibilang rumit. Kalau ingin klaim ke rumah sakit, kamu harus ke puskesmas sesuai domisili terlebih dahulu, baru mendapat surat rujukan dari puskesmas untuk ke rumah sakit pilihan.

PRIMA proteksi maksimal untuk nasabah

Kemitraan strategis AIA dan BCA sebenarnya sudah terjalin lebih dari 10 tahun. Dengan adanya simbiosis ini jadi salah satu rencana strategis AIA untuk memperkuat jalur distribusi bancassurance. Peluncuran PRIMA dilandasi atas kesamaan visi kedua perusahaan dalam menghadirkan solusi perencanaan keuangan dan proyeksi yang komprehensig. Melalui kemitraan dengan BCA, kami berharap dapat membuka askses inklusi asuransi jiwa yang lebih luas serta mengedukasi masyarakat akan pentingnya memiliki perencanaan keuangan jangka panjang, termasuk proteksi penyakit kritis.

PRIMA memberikan perlindungan terhadap 60 kondisi penyakit kritis mayor termasuk kanker dan serangan jantung), dan tindakan bedah angiopasti. Premi terjangkau mulai dari Rp300 ribu dengan masa pembayaran prei dengan dapat dipilih, yaitu 10 atau 20 tahun dan manfaat nilau tunai Nasabah akan mendapat perlindungan hingga seumur hidup, premi yang dibayarkan juga tetap berdasarkan usia masuk dan tidak berubah sepanjang masa pembayaran.

Apalagi gaya hidup saat ini menjadi salah satu pemicu utama penyakit kritis. Iya kan? Kurang gerak, cukup sering makanan-makanan kurang bergizi, sering stres, macet-macetan, dan lain-lain. Akibatnya masyarakat dari berbagai usia, baik produktif maupun usia senja tidak luput dari risiko penyakit kritis. Dengan premi yang terjangkau dan perlindungan seumur hidup menjadikan PRIMA sebagai sebuah proteksi yang dapat menjangkau berbagai usia, juga untuk menjawab kekhawatiran masyarakat untuk menjawab kekhawatiran masyarakat atas tingginya biaya yang dikeluarkan untuk penyakit kritis.

AIA Healthy Living Index Survey 2018 menunjukkan 87% masyarakat Indonesia sangat mencemaskan biaya untuk pengobatan penyakit kritis. Penyakit yang dianggap akan menimbulkan dampak finansial yang serius adalah kanker (53%), penyakit jantung (47%), dan diabetes (31). Untuk pengobatan penyakit seperti kanker, 31% menyatakan mereka membayar menggunakan uang tabungan dan 28% melalui asuransi.


Asuransi PRIMA menawarkan sejumlah manfaat bagi para pemegangnya. Antara lain, manfaat meninggal sebesar 100% uang pertanggungan, manfaat meninggal akibat kecelakaan sebesar 200% uang pertanggungan, penyakit kritis minor sebesar 100% uang pertanggungan, tindakan bedah angioplasti sebesar 25% uang pertanggungan (maksimal Ro250 juta), penyakit kritis minor (opsional) sebesar 25% uang pertanggungan, dan manfaat akhir polis sebesar 100% uang pertanggungan. Yang jelas, PRIMA, yang memberikan proteksi penyakit kritis seumur hidup ini merupakan yang pertama dipasarkan melalui jaur distribusi bancassurance melalui BCA dan harapannya dapat memberi multiple coverage kepada masyarakat terhadap proteksi kesehatannya. (Uwan Urwan)


Referensi : moneysmart.id

No comments: