Mulai Menjaga Kesehatan Tubuh Ala Uwan


Kesehatan begitu mahal. Itu bisa dirasakan saat sakit apalagi kalau menggunakan biaya pribadi.

Captured by Imawan Anshari

Saya selalu mengira badan baik-baik saja dan selalu sehat, ternyata tidak. Setahun terakhir saya merasa ada ada saja yang tidak beres dengan badan. Demam, flu, gatal-gatal, diare, batuk, pegal-pegal, dan nyeri punggung sekaligus leher yang berlangsung terus-menerus. Hem, sebenarnya tidak terus-menerus sih, tapi saling berganti. Kalau tidak flu dan batuk, ya diare, atau malah flu disertai nyeri leher dan punggung. Gejala-gejala ini tentu tidak boleh dibiarkan begitu saja karena menjaga kesehatan tubuh tidak semudah makan mi instan.

Saya beberapa kali ikut workshop kesehatan. Tidak lucu dong kalau tiba-tiba saya sakit sudah stasium parah. Setiap penyakit berat sebenarnya bisa dengan mudah diobati kalau bisa dideteksi lebih awal. Tahun ini saya membuat beberapa resolusi untuk menjaga kesehatan saya. Mungkin kamu juga bisa ikuti beberapa hal yang sudah saya lakukan.


Install aplikasi kesehatan di rumah

Saya malas berolahraga. Memang sadar sih karena sering merasa lelah. Kalau sudah lelah, tidak bisa bohong, muka saya tidak bisa terlihat ceria kalau berkumpul bersama teman-teman. Apalagi kalau sakit. Saya sakit diare dua hari saja, badan sanat lelah dan rasanya tidak ingin mengobrol dengan orang lain. Untuk itu, langkah bijak saya adalah mendownload aplikasi Home Workout. Ada banyak di Playstore atau Appstore, tinggal pilih jenis olahraga yang sesuai denganmu.


Dengan aplikasi ini saya bisa berolahraga dengan rutin. Ya bisa dijadwal melalui aplikasinya dan diingatkan untuk berolahraga. Ya olahraga ringan saja, yang penting tubuh bergerak. Serius, ini bagus banget loh buat kamu yang tidak suka berolahraga di luar. Haha...

Jaga makanan


Penyakit sekarang itu benar-benar tidak bisa diprediksi. Banyak penyakit mematikan tidak menimbulkan gejala. Sebenarnya bergejala sih, hanya saja, biasanya, gejala itu bisa diabaikan. Mungkin hanya nyeri-nyeri sebentar lalu sembuh lagi. Apalagi buat kamu yang keluarganya punya riwayat penyakit tertentu. Harusnya lebih mawas diri. Kalau saya, mulai tidak kalap kalau ada makanan. Makan lebih banyak sayur dan buah dan tidak berlebihan saat makan. Sadar kalau tubuh saya juga perlu nutrisi lain, jadi saya min um vitamin atau herbal.

Segera ke Puskesmas terdekat

kredit: klikdokter.com

Apakah beberapa hal di atas sudah memastikan tubuh saya bisa sehat? Tidak. Untuk sehat, harus ada banyak hal yang perlu dilakukan. Rutin berolahraga, hindari asap rokok, hindari stres, makan-makanan bergizi, dan rutin cek kesehatan. Banyak faktor yang bisa bikin tubuh sakit, tapi yang jelas kalau sakit segera ke puskesmas atau rumah sakit terdekat. Bukan berarti saya menyaranan untuk ke dokter setiap sakit, tapi menurut saya, lebih baik mencari tahu kira-kira kamu sakit apa? Kalau saya biasanya memberi jeda waktu maksimal tiga hari. Kalau masih sakit, saya harus ke dokter untuk berobat.

Kenali tubuh

Sebagai yang punya tubuh, saya sudah tahu bagian mana yang mengalami masalah dan mana yang saya anggap cukup oke. Atau, bagian tubuh mana yang rentan kena gatal-gatal, bagian mana yang selalu lembab dan butuh penanganan ekstra, bagian mana yang perlu ditutup, dan lain-lain. Tidak hanya bagian luar, tapi bagian dalam juga. Bagian mana yang suka bermasalah. Seperti saya, yang akhir-akhir ini memang menghindari pedas, kalau terpaksa makan pedas, saya harus tahu mengobati jika perut mulas atau tiba-tiba diare.

Daftar asuransi

Ini yang menurut saya penting juga. Mendaftarkan diri di asuransi itu penting. Tidak ada yang mendoakan seseorang untuk sakit, tapi di masa depan kita akan selalu berhadapan dengan sakit, entah itu penyakit ringan atau pun yang berat. Saya sekeluarga sudah daftarkan diri asuransi. Kebetulan ibu saya beberapa waktu lalu sempat sakit dan merasakan manfaat dari asuransi tersebut. Biaya pengobatan gratis. Alhamdulillah.

Ngomong-ngomong soal asuransi, sebenarnya ada banyak sekali perusahaan asuransi di Indonesia dan kamu bisa pilih mana saja yang sesuai kebutuhan. Untuk asuransi, saya punya saran, salah satunya belilah asuransi di FWD Life. Beberapa waktu lalu, FWD Life meluncurkan Asuransi Bebas Handal, di mana, saya (dan kamu) sebagai freelancer bisa ikutan dengan biaya investasi 75ribu rupiah, minimal, per bulan. Dengan begitu kamu bisa mendapatkan manfaat tahunan 50juta rupiah atau 100juta rupiah.


Oh ya sekarang untuk berasuransi tidak harus selalu ke kantornya atau bertemu salah satu agen asuransi, tapi bisa pakai aplikasi. FWD Life memudahkan kita untuk daftar asuransi secara online  melalui aplikasi FWD Max. Kamu download saja di PlayStore atau AppStore. Segala kemudahan bisa kamu dapatkan hanya dengan memainkan jari.

Kebetulan 4 September 2018 lalu, FWD Life meluncurkan kartu kesehatan berbasis digital pertama (eMedical) dan integrasi klaim online (eFriend) ke dalam satu aplikasi kobile FWD Max. Layanan ini tentu untuk mempermudah nasabah juga, selain karena FWD Life ingin memperkuat komitmen dan layanannya kepada nasabah korporasi.


eMedical Card bisa dipakai untuk klaim kesehatan secara cashless di rumah sakit yang bermitra dengan FWD Life. Tidak perlu lagi membawa kartu asuransi fisik untuk ditunjukkan, cukup tunjukkan saja aplikasinya. Sementara itu fitur eFriend membantu nasabah untuk mengecek manfaat yang dimiliki, memonitor klaim, dan melakukan klaim pakai smartphone. Dengan klaim online ini, kamu yang ingin mengajukan itu bisa mengupload semua dokumen klaim yang dibutuhkan ke fitur eFriend di aplikasi. Gampang kan?

Captured by Imawan Anshari

Sayangnya, aplikasi FWD Max tidak hanya untuk hal-hal di atas saja. FWD Max menyediakan penawaran-penawaran menarik mulai dari diskon, voucher, dan MAX Points yang bisa kamu tukar ke 22.000 merchant di Indonesia. Tentunya kamu perlu cek dulu merchant mana yang bekerjasama dengan FWD Life.

Kesimpulannya, meski sudah berusaha jadi sehat, saya sadar butuh perlindungan. Ya dengan mejaga pola hidup, menjaga makanan yang dikonsumsi, menjaga diri, dan tidak lupa yang terakhir asuransikan diri. Pilih mana yang terbaik buat kamu agar di kemudian hari tidak kesulitan.

19 comments:

Shinta juliana said...

Whoaaa.. mengajukan klaim hanya dengan mengupload semua dokumen klaim yang dibutuhkan ke fitur eFriend di aplikasi. Mudah banget..

William Giovanni said...

Inovasi FWD Life yang memberikan kemudahan dalam klaim asuransi melalui aplikasi FWD MAX. Apalagi ada benefit poin juga yang bisa didapatkan untuk ditukarkan dengan berbagai merchant.

Elly Nurul said...

Penting dan mahal, maka itu kesehatan harus dijaga, dengan adanya kemudahan dalam berasuransi seperti FWD Life ini semakin mengundang kepercayaan tentang pentingnya asuransi ya ma

Diah Woro Susanti said...

Pengalaman berasuransi jadi makin gampang ya sekarang, yeayyy

Annafi said...

Sekarang sudah jamannya paperless dan cashless ya, ga perlu bawa-bawa kartus dan kertas2, FWD Life keren banget!

Shine Fikri said...

Prosesnya mudah banget ya tinggal klik2 aja di FWD Max dan langsung jadi, ga pake ribet. Ini sih ngedukung bnget buat jaga kesehatan

Gita Siwi said...

Sebagai mobile work aku apresiasi bamget keberadaan FWD MAX dari FWD Life Indonesia.

Elva Susanti said...

FWD Life makin keren aja ya inovasinya. Tau aja apa yang dibutuhkan sama para nasabahnya

Awan said...

Sehat itu anugerah yang terkadang tak disyukuri banyak orang, giliran sakit baru deh tahu betapa pentingnya sehat itu.

Duuh itu FWD MAX keren ya ada fitur eFriend yang bisa membantu nasabah untuk mengecek manfaat yang dimiliki, memonitor klaim, dan melakukan klaim hanya pakai smartphone saja. Mantaps!

kurnia amelia said...

Selalu suka sama inovasi FWD Life yang mempermudah para nasabahnya, aku juga udah beberapa kali ngerasain manfaat dari Aplikasi FWD MAX lho.

Tuty Queen said...

Salut dengan FWD Life yang selalu punya inovasi digital yang diluncurkan.

Rudi Apriadi said...

Gilaa, semakin mudah dan simpel dgn adanya fitur trbarunya ini.

Tati Suherman said...

Makin mudah aja gak usah lagi bawa-bawa kartu

Rach Alida Bahaweres said...

Halo kak Uwan, memang penting banget buat menjaga kesehatan tapi sekaligus kita juga harus melindungi diri ya mas. Apa yang dilakukan oleh FWD ini memberikan inovasi yang berbeda tapi bagus ya

Primasari AndiMirati said...

yg bikin FWD MAX makin keren karena selain ada fitur asuransi gaya digital, di sini juga nasabah bisa puaskan passion dan lifestyle nya.. makin mantap deh..

nursaidr said...

Jaga kesehatan dr diri sendiri emang penting. Tapi ga kalah penting klo juga ikut berasuransi sbg jaga2 di masa mendatang ya gan.

Sulung Siti Hanum said...

Kita harus terus jaga kesehatan kak. Tapi jaminan gitu perlu juga ya. Apalagi FWD udah menawarkan produk asuransinya lewat layanan aplikasi digital kaya gini. Asoylah...

Nurul Dwi Larasati said...

Wihh kamu sudah menjalani hal yang benar tuh Wan...adanya aplikasi kesehatan bisa memantau kesehatan diri. Ditambah punya aplikasi asuransi yang memberikan perlindungan hidup kita.

Pertiwi Yuliana said...

Wah tips menjaga kesehatan ala kakak hits satu ini gak boleh dilewatin nih :3