Technoplast, Konservasi Lingkungan dengan Plastik Berkualitas


Sampah-sampah plastik menjadi masalah besar di dunia karena selain sulit diurai secara alami, keberadaannya sebabkan kematian banyak hewan laut.


Tak bisa dipungkiri, plastik punya banyak manfaat dalam kehidupan sehari-hari. Plastik pertama di dunia adalah bakelite yang diciptakan oleh Leo Baekeland di New York. Sumber lain mengatakan bahwa pastik pertama kali diperkenalkan oleh Alexander Parkes tahun 1862. Kemudian banyak ilmuan yang melakukan penelitian tentang plastik sampai pada abad ke-20, masalah lingkungan terkait plastik menjadi sangat pelik.

Tas plastik yang ringan dan tidak ramah lingkungan banyak digunakan dsebagai pembungkus makanan, bungkus belanjaan, dan lain-lain yang pada akhirnya dibuang menjadi sampah. Pengguna plastik di dunia sangat banyak. Banyak produk makanan dan minuman menggunakan plastik sebagai kemasan. Beberapa waktu lalu di berbagai supermarket ada larangan untuk membayar plastik dengan harga tertentu. Itu jadi upaya untuk menanggulangi sampah plastik yang kian menumpuk. Belum lagi digalakkannya plastik eco-friendly yang mudah diurai di alam. Solusi utama yang bisa dilakukan untuk menanggulanginya memang mengurangi penggunaan plastik dan mendaur ulangnya.

Plastik biasanya mengandung polimer organik dengan massa molekul tinggi, sifatnya biasanya sintetis dan paling sering berasal dari petrokimia, beberapa ada yang bersifat alami. Karena plastik biaya produksinya cukup rendah, mudah dipakai, pleksibel, dan kedap air, untuk itu digunakan dalam banyak hal. Bahkan plastik banyak menggantikan peran kayu dan besi dalam perabotan rumah tangga.

Coba sebutkan benda-benda di rumah yang berbahan plastik. Tentu kamu akan dengan gampang menemukannya, seperti botol minuman, botol deterjen, botol sabun, rak sepatu, alas meja, korek api, gantungan baju, wadah sabun batangan, sendok,piring, gelas, kipas angin, ayo apalagi? Hahaha... yang saya sebutkan baru sebagian kecil dari penggunaan plastik.

Plastik terbaik untuk kesehatan lingkungan
Beruntung sekali saya diundang ke acara Blogger Gathering di pabrik plasticware terbesar di Indonesia, PT Trisinar Indopratama yang biasa dikenal Technoplast, Cikupa, Tangerang (8/08/2018). Technoplast biasanya mengeluarkan produk berupa wadah makanan dan botol minuman. Produknya banyak bermunculan di toko modern karena terjamin kualitasnya. Produk-produk Technoplast melakukan standarisasi kualitas produk yang mengacu pada International Organization for Standardization (ISO). Terhitung sejak tanggal 02 Agustus 2017, pabrik Technoplast berhasil menerima Sertifikat Sistem Jaminan Mutu ISO 9001 : 2015 dalam kategori Manufacture of plastic bottle, foodware and houseware atas nama PT Trisinar Indopratama. Sertifikat ini diterbitkan oleh SGS Indonesia, sebuah badan perusahaan sertifikasi dunia berbasis di Geneva, Switzerland yang memiliki cabang di Jakarta.


Saya dibawa berjalan-jalan untuk melihat proses pembuatan botol minuman dan tempat makan. Dan ternyata Technoplast memang menggunakan bahan plastik terbaik yang telah memenuhi standar SNI. Tujuannya agar awet. Kalau awet, pasti akan disimpan saat tidak digunakan, kalau pun rusak, pasti dibuang ke tempat sampah dan bisa dijual atau didaur ulang. Jadi inilah kenapa sebabnya kenapa sih mereka melakukan kampanye lingkungan sehat tapi produk Technoplast mengeluarkan botol plastik.

Sepertinya persoalannya bisa dilihat di sekitar kita. Sampah-sampah menggunung atau sampah-sampah yang seliweran di sekitar kita kebanyakan berasal dari tas kresek baik yang sintetis maupun yang degradable. Belum lagi sampah botol minuman kemasan yang hanya sekali pakai. Tidak hanya itu, masih banyak sekali makanan ringan, deterjen, dan lain-lain yang pembungkusnya menggunakan bahan plastik. Jika tidak ditangani dengan baik, masalah sampah plastik akan terus berlangsung.



Technoplast fokus untuk memproduksi produk berkualitas tertinggi dari setiap produknya. Desain yang unik dan menarik bagi anak-anak selalu hadir dengan kualitas tertinggi untuk kategori produk plastik, serta kepemilikan lisensi dari karakter animasi, seperti Hello Kitty, Warner Brothers, Disney, Marvel, dan lisensi terbaru yaitu Minion.

Technoplast sudah memegang sertifikat lisensi dari beberapa karakter terkenal seperti dari Walt Disney dan Universal. Adapun sertifikat yang dikeluarkan oleh Walt Disney telah melalui audit menggunakan WCA Intertek, yang meliputi Labour Standard, Wages and Hours, Health and Safety, Management Systems dan Environment sedangkan kepemilikan sertifikat PT Trisinar Indopratama dari Universal, dikeluarkan oleh AECOM atas nama NBCU Universal dimana standar yang berhasil dipenuhi mencakup Labour Standard, Environment, & Health and Safety. Technoplast sudah distribusikan lebih dari 550 produk ke lebih dari 50 negara.


Ada tempat makan dan minum yang menurut saya cukup unik dan simpel, namanya Puzzle Lunch Set. Desain ini baru dan satu-satunya di Indonesia. Jadi ini tempat makan dalam bentuk puzzle. Bisa dirangkai menjadi satu bentuk dan dipecah-pecah sesuai kegunaannya. Puzzle Lunch Set terdiri dari  botol minum, wadah makan, dan sendok sekaligus garpu. Ada beberapa macam desain karakter yang bisa kamu pilih, misalnya jerapah, panda, lebah, kucing, lady bug, dan sapi.

Yang jelas, produk Technoplast sudah terpercaya dan bisa kita temui di mana pun. Meski begitu, tetap perhatikan ketentuan yang ada di setiap produknya ya. Apakah aman untuk makanan, apakah BPA free, apakah boleh ditaruh di dalam microwave, dan bagaimana cara mencucinya. Ya kalau pun membeli produk lain, setidaknya kamu harus pastikan bahwa benda yang kamu pilih aman buat kamu dan keluarga.

Referensi
technoplast.com

1 comment:

Ajenghimme said...

Bismillah, komen pertama di blognya pangeran, wkwkwk. Aku pengen banget ikut itu, tapi susye hiks. Anyway, produknya technoplast ini aku punya banyak. Harganya terjangkau tapi kualitasnya bagus loh