Koleksi Emas Kini Lebih Terjangkau


Mon andhi’ pesseh, kabelli emmas-emmasan bei!

Begitulah yang sering diucapkan ibu saya saat menyarankan sesuatu kepada orang lain untuk menabung. Eh, sebentar, kamu mengertikah artinya? Haha... Kalau diterjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia, “Mending kalau punya uang, dibelikan emas saja”. Ibu memang suka sekali membeli perhiasan emas jika tiba-tiba punya uang banyak. Entah itu kalung, cincing, atau pun gelang. Pada saat-saat tertentu, beliau mengenakan semua perhiasan tersebut, tapi disimpan kembali saat tidak ada acara.


Saat dibutuhkan, perhiasan-perhiasan itu dijual. Kalau beruntung, harga jual lebih mahal dibandingkan harga beli. Saya ingat, waktu saya hendak menempuh pendidikan di universitas, ibu menjual perhiasannya untuk membiayainya. Emas buat ibu adalah benda berharga, lebih berharga dibandingkan uang. Kalau uang disimpan bisa habis sewaktu-waktu tapi tidak dengan emas. Ibu bisa tahan untuk tidak menjualnya, sebab prosesnya lebih rumit. Kalau punya uang, bisa saja diambil dari kantong kemudian dibelanjakan kemudian habis ak bersisa. Jika emas, ibu harus menempuh perjalanan sekitar 10-15 km untuk menjualnya dan harus diantar. Artinya, punya perhiasan emas adalah investasi jangka panjang yang hanya akan dijual saat terdesak.

Kalau berbicara perhiasan emas, mungkin subjek yang akan menjadi bahan obrolan adalah perempuan, tapi berbeda jika saya bilang, emas batangan. Emas batangan juga digemari perempuan, tapi kaum pria pun gemar. Tujuannya sama, investasi jangka panjang. Buat orang-orang yang sadar akan pentingnya investasi, mereka akan melakukan itu, membeli emas lalu menyimpannya.

Emas kan mahal?

Tenang, tenang saudara-saudara. Memang emas tidak ada yang murah, tapi kalau kamu mau investasi emas, itu pilihan yang tepat. Saya sangat senang sekali, kemarin (30/07/2018) diundang PT Antam untuk peluncuran desain dan kemasan emas ANTAM-LM terbaru. Hadir juga Arie Prabowo Ariotedjo, Direktur Utama PT Antam yang kemudian menjelaskan bahwa desain dan kemasan emas ANTAM Logam Mulia (LM) terbaru ini merupakan sebuah refleksi dan inovasi Antam di sektor hilir komoditas emas yang dikelola perusahaan.


Inovasi itu bukan hanya soal bentuk saja, tapi juga lebih ke arah perlindungan buat kamu yang gemar berinvestasi emas dengan menjamin keaslian produknya. Jangan heran jika pengolahan dan pemurnian Antam bersertifikasi responsible gold dari London Bullion Market Association (LBMA). Itu untuk memastikan pasokan emas perusahaan bebas dari pencucian uang, pelanggaran hak asasi manusia, dan tidak terlibat konflik.


Harga emas per per gramnya berapa sih? Saat ini harga segram emas adalah Rp645.000 (harga bisa berubah-ubah sewaktu-waktu). Bisa tidak beli setengah gram saja? Bisa. PT Antam sudah membuat pecahan baru, yaitu 0,5 gram; segram, dua gram, tiga gram, 10 gram, 25 gram, 50 gram, dan 100 gram. Kamu tinggal pilih berapa gram yang sesuai dengan kantongmu. Tidak apa-apa perlahan-lahan beli setengah gram, bulan depan setengah gram, bulan depan lagi setengah gram, tanpa terasa akan sebanyak 100 gram juga. Kalau sedang ada rezeki lebih banyak, bisa beli pecahan yang lebih besar, seperti 50 gram.

Sedang bahagia di peluncuran emas ANTAM baru (Captured by Timo WP)

Yang unik lagi, untuk setiap emas  kepingan yang kamu beli, ada teknologi certicard, di mana certicard beri kamu perlindungan certicode yang bisa diakses melalui certieye. Emas kepingan itu juga punya nomor seri yang berbeda-beda. Eh sebentar, yang paling kelihatan sih desain emasnya berbentuk batik yang elegan dan kekinian. Jadi kamu tidak hanya memiliki sekeping atau sebatang emas saja, tapi sebuah perhiasan unik yang Indonesia banget.

Dengan pecahan paling kecil, 0,5 gram, tentu harganya lebih terjangkau lagi dibandingkan yang pecahan besar. Memiliki emas bukan impian semata saat ini, karena setumpuk emas akan didapatkan jika kita rajin membeli satu per satu yang harganya paling murah. Akan lebih terasa ringan bukan ketimbang beli emas batangan yang 100 gram sekaligus. Yuk investasi emas!

17 comments:

Lily Kanaya said...

Asyikk harganya masih terjangkau ya mas, trus trus design Indonesia banget which is I love :)

Tira Soekardi said...

wah desainnya tipis ya , mudah menyimpannya, harganya stabil, cenderung meningkat

Dedy Darmawan said...

wah, saya tertarik segera untuk membeli mas. Doakan saya cari duit dulu. Semoga emas terbeli. Aaaamin.

Dennise Sihombing said...

Baru tahu kalau emas Antam bisa dibeli 0,5 gram.Semoga suatu hari ada rejeki pengen beli emas batangan yang bisa untuk tabungan dimasa depan.

nursaidr said...

Emas antam edisi batik ini keren banget emang.selain dipadu desain batik,keunggulan sistem pengamaman wajib diacungin jempol. Keren pokoknya.

Elly Nurul said...

Bisa jadi koleksi baru buat kakak nih.. kalo saya memang sudah koleksi sejak lama hehe.. desain baru ini sangat menarik dan elegant, bakalan jadi inceran banyak orang nih

Dewi Nuryanti said...

Mau dong koleksi terbaru Antam. Emas batik. Duh hrs nyari org yg mau beliin emas model terbaru.dari Antam nih. Logam mulia batangan corak batik hmmmmm menarik bgt

FaniaSurya said...

Wahhh... emas Antam versi baru ini keren deh. Ini investasi paling oke banget deh. Apalagi buat yang mau persiapan kawin. Hehe. Yuks invest emas yuks

Rani Yulianty said...

Cita-cita nih bisa koleksi emas, hehehe...sekarang bisa ada pecahan kecil ya jadi bisa terjangkau, ada uang bisa langsung beli LM

Ade UFi said...

Emang ya mas uwan. Ibu2 jaman dulu tuh gitu. Nyaranin infestasinya emas, rumah dan tanah. Tapi kayaknya saya juga akan jadi ibu2 jaman dulu deh.. hahaha.. soalnya saya sudah membuktikan kalau investasi LM dari antam itu bener2 ok banget. Sama halnya dengan tabungan bank. Bedanya investasi LM antam jauh dari riba.

Utie adnu said...

Hayuuhh beli buat mahar eh.. bner mas uwan harga murah bisa bertujuan utk yg mau invest idenya keren

Nova Violita said...

Tapi kok enak beli yg udah jadi perhiasan..ya.., kapan pengen bisa buat dipakai..he2

Emas harga lebih stabil ya..cocok buat investasi..karena harga cendrung naik tiap tahunnya .

Juliastri Sn said...

Emas adalah investasi yang menguntungkan karena nilainya selalu naik, tak terpengaruh oleh inflasi.. :)

Nefertite Fatriyanti said...

Woow, tampilan logam mulia Antam mempesona euy.
Logam Mulia memang investasi yang fleksibel trus ngga akan susut

Gita Siwi said...

Bicara Antam pasti bicara emas ya bukan mas Uwan lho hahaha. BTW enak nabung emas gini. Kalau kata ibu saya tinggal melipir ke penggadaian beres hahaha

Anis Khoir said...

Kisahnya bagus sekali ya Kak sekali Indonesia sehingga selain bisa untuk investasi juga bisa untuk koleksi

Eni Martini said...

Iya, apalagi sekarang banyak yang nawarin LM dengan sistem menabung