Seberapa Penting Tampilan Blog Sih?

captured by Dedy Darmawan

Punya tampilan blog yang bagus menjadi dambaan setiap orang. Meski begitu, tidak semua orang yang punya blog tahu bagaimana cara memperlakukan blognya. Ada beberapa orang yang punya sedikit pengetahuan tentang itu sehingga boro-boro mengatur, memasukkan teks dan gambar sudah menjadi prestasi gemilang, seperti saya.

Saya pernah mencoba otak atik blog karena tampilannya kurang sesuai dengan selera. Mencoba mencari template yang sesuai dengan diri. Berkali-kali gonta ganti, tidak cocok juga. Sampai terakhir saya frustasi dan berniat tidak akan mengganti-gantinya lagi. Sebagai penyeimbangnya, saya ingin setiap postingan di blog menarik.

Ada perumpamaan menarik, jika kita bekerja di bidang marketing atau jabatan pekerjaannya mengharuskan untuk bertemu orang-orang setiap hari, mau tidak mau harus menjaga penampilan. Mulai dari sepatu, celana, kemeja, sabuk, sampai potongan rambut. Tidak mungkin juga kita menggunakan pakaian serampangan, dengan celana pendek, kaos bolong-bolong, dan rambut seperti tidak disisir. Rasa-rasanya tingkat kepercayuaan klien bisa berkurang drastis atau bahkan kemungkinan besar akan ditolak, menurut saya.

Begitu pun dengan blog pribadi. Jika kita menulis asal, template serampangan, tidak rapi, background template berwarna merah cerah atau kuning cerah yang tidak nyaman dilihat, dan lain-lain, kemungkinan orang bertahan lama membaca tulisan kita itu kecil. Kita sebagai pemilik blog pribadi tidak hanya harus memanjakan website kita dengan baik, tapi juga perlu membuat pembaca nyaman.

Persona

Sebelum membahas lebih jauh tentang pengantar di atas, saya ingin mengajak kamu memahami tentang persona. Apa sih persona? Dalam KBBI, Persona berarti orang atau pribadi. Dalam arti lain, persona diartikan sebagai orang atau benda yang punya peran dalam pembicaraan. Persona I adalah pembicara, persona II adalah orang yang diajak bicara, dan persona III adalah orang yang dibicarakan.

Istilah persona pertama kali diperkenalkan oleh Alan Cooper yang menggunakan persona dalam perancangan interaksi secara praktis untuk menghasilkan produk high-tech.  Menurutnya, persona adalah dokumentasi  yang berisi penjelasan tentang karakteristik user digabungkan dengan tujuan, kebutuhan, dan ketertarikannya yang menjadi target user yang didapatkan.


Dama Vara sedang memberi materi untuk mempercantik blog (kredit : Ani Berta)

Dama Vara dalam workshop tentang “Easy Steps To The Perfect Website Layout” sebagai pemateri menjelaskan bahwa dalam dunia blogging, persona bisa dikaitkan dengan pembaca. Persona sangat penting sebagai costumer experience agar tulisan dapat tepat sasaran. Persona ada dua, primer dan sekunder. Persona primer adalah pembaca utama yang ingin kita puasakan (dalam artian informasi, semangat, dan lain-lain). Sementara itu persona sekunder adalah mereka yang akan merasakan manfaat tulisan itu selain target utama kita.

Saya akan memberi contoh, misalnya lampu merah di perempatan jalan. Saya menganggap persona primernya adalah pengendara motor atau mobil. Ada empat arah jalan yang kemduian bertemu di satu titik. Lampu merah berfungsi untuk menghindari terjadinya kecelakaan. Sementara itu persona sekundernya adalah pejalan kaki. Pejalan kaki bisa menyebrang saat kendaraan berhenti di sisi yang sedang tidak aktif.

Nah sekarang kembali ke blog. Dalam satu postingan kita pasti punya target pembaca tertentu. Misalnya kita sedang menulis tentang salah satu pantai di Situbondo. Target utama pembaca kita bisa jadi pelancong yang mau berlibur di Situbondo atau penduduk asli yang belum pernah ke tempat tersebut.  

Ide desain

Saya coba simpulkan kamu sudah paham dengan pengantar di atas. Wkwkwk... Paham dong... Kalau tidak, saya bersedia ditanya-tanya via email atau langsung inbox di media sosial.


Sementara itu laptop disingkirkan dulu. wkwk (kredit : Ani Berta)

Saya akan kembali pada pembahasan awal, layout blog. Kadang kita bingung, desain seperti apa yang sesuai dengan karakter kita, bernilai seni, dan nyaman untuk pembaca? Saya sih download template dari soratemplates.com. Menurut saya sudah bagus sih kemudian diatur sedemikian rupa agar sesuai dengan kita. Kabar baiknya soratemplates.com. Namun kalau kamu mau merogoh isi atm sedikit, menurut Dama, template dari etsy.com cukup keren untuk kamu pakai.

Setelah diatur sedemikian rupa, apakah hanya berhenti sampai di situ saja? Tidak. Sebenarnya tugas blogger cukup sulit karena harus mengatur semuanya sendiri. Berbeda dengan website perusahaan yang dijalankan bersama tim. Tugas kita kemudian adalah memposting tulisan. Apakah hanya sekadar memosting tulisan dan meletakkan gambar kemudian menerbitkan tulisan tersebut? Tidak. Masih panjang perjalanannya.  Saya beri poin-poin ya agar terlihat seperti tips. wkwkwk

Atur paragraf

Setelah memosting, biasanya saya mengatur paragraf tulisan rata kanan kiri. Tulisan jadi terlihat lebih rapi. Tips ini juga saya dapatkan dari teman dan menurut saya trik ini cukup bagus.

Edit tulisan

Mau tidak mau, karena ini website pribadi, kita harus mengedit tulisan kita sendiri sebelum publish. Saya seringkali mengedit ulang tulisan berulang kali dan hasilnya tetap banyak kesalahan ejaan dan salah ketik.  Mau bagaimana pun, proses edit itu perlu

Foto terbaik

Seperti yang saya jelaskan di awal, penampilan postingan menjadi daya tarik tersendiri. Prinsip saya, gunakan foto terbaik untuk disertakan dalam tulisan. Jika tidak ada, ambil foto melalui internet, tentu dengan mencantumkan sumber. Jika memang terpaksa, pakailah foto seadanya. Yang terakhir memang kurang disarankan, meski saya beberapa kali terpaksa melakukan itu.


Memilih foto bisa jadi lebih sulit ketimbang menulis. Saya bisa berjam-jam memilih foto lalu mengeditnya. Itu pun seringkali masih merasa kurang sesuai dengan isi blog

Untuk tulisan di atas 500 kata, biasanya saya minimal menggunakan tiga foto dengan resolusi bagus. Bagus yang saya maksud adalah jika dizoom, masih tajam. Saya tidak akan mengurangi resolusi, meski menurut informasi akan memperlama kemunculan postingan.

Ilustrasi


Beri ilustrasi jika memang tidak ada gambar. Ilustrasi? Bercanda ya? Tidak. Kamu tidak bisa desain? Gampang. Jika kamu terbiasa menggunakan PC saat menerbitkan tulisan, sebaiknya buka canva.com. atau kamu bisa download Canva di Playstore. 



  

Canva itu apa sih? Canva adalah program design online yang sediakan banyak sekali alat edit untuk membuat berbagai design grafis seperti banner, postingan di Instagram, header Facebook, header Twitter, undangan, flyer, kover, dan lain-lain.  Saya yakin kamu hanya perlu otak atik selama beberapa menit untuk paham bagaimana cara menggunakannya. Saya bisa bilang aplikasi canva ini satu untuk semua. Sebab, kita tinggal pilih mau membuat desain untuk apa? Tinggal pilih desain yang tersedia, jika tidak sesuai bisa hapus template dan membuat kreasi baru. Jadi, lebih baik kamu coba terlebih dahulu. Jika bingung, kamu bisa kirim email atau langsung inbox medsos saya. Selamat berkarya. (Uwan Urwan)

Referensi
https://socs.binus.ac.id/2016/12/28/pengenalan-tentang-persona/

6 comments:

Tutut Laraswati said...

Saya baca tulisan ini, trus ngacain tampilan blog saya yang kusem kayak baju enggak dicuci seminggu. Hahaha. Kapan tau, saya susah payah benerin tampilannya biar lebih fresh, tapi dua taun engga ngutak-ngutik bikin saya jadi agak lupa. Sad!

Helena said...

Sebagai blogger yang ga paham desain, saya sangat terbantu dengan Canva. Buanyak banget desain keren yang gratis untuk memperindah tampilan Blog.

Liana said...

wah, artikel yang sangat menginspirasi kak.
suka sekali dengan setiap penjelasannya, saya setuju banget dengan pernyataan yang memilih foto itu lebih sulit dan lebih lama dibandingkan nulis :D
apa lagi sudah di pilih harus di edit, diberi watermark, dll
duh, itu yg suka bikin lama.

terima kasih buat sharingnya ya kak.
salam kenal,
Liana

Atisatya Arifin said...

Blogger emang harus bisa multitasking, jadi fotografer, writer, editor, designer, semuanya. hehehe. Aku juga kalau soal foto itu bisa lama banget nggak kelar-kelar karena cari foto yang paling pas. Kalau foto, kak Uwan pasang watermark nggak?

Rahman Kamal said...

Jadi iri sama tampilan blog ini

Pengen punya blog yang powerfull kayak ini juga 😊

Sandra Nova said...

kak fotomu kekecilan, lebih bagus agak gedean biar puas liat potonya.. :D