Situbondo Adventure, Salah Satu Objek Wisata Wajib Dikunjungi

Sesungguhnya travelling itu adalah bepergian.

Dalam bahasa Madura, travelling juga bisa diartikan sebagai berkeliling. Memang sih, sebenarnya orang-orang Indonesia suka sekali menggunakan istilah travelling yang merupakan bahasa India. Mungkin biar lebih terlihat keren. Bayangkan saja kalau pakai bahasa bugis, dolen, akan terlihat seperti wong ndeso. Menurut saya sah-sah saja, karena sebenarnya sejak dahulu kala sudah ijab kabul dan semua orang setuju mereka kawin. Kemudian lahirlah anak-anak lain yang sebenarnya punya arti sama, yaitu dari trip (Belanda), jalan-jalan (Aceh), dan berkelana (Tutur Tinular).

Mari tinggalkan sejenak mengenai istilah yang membuat kepala pusing. Em, hei, abaikan paragraf satu yang ngawur itu. Wkwkwk. Kali ini saya mau cerita tentang salah satu objek wisata di Situbondo yang tidak kalah bagus. Beberapa masyarakat di Situbondo pasti sudah pernah berkunjung apalagi yang tinggal di wilayah Situbondo bagian timur. Sebut saja Situbondo Adventure.


Bukit Kecil
Lokasinya terletak di Dusun Samir, Desa Bantal, Kecamatan Asembagus, Kabupaten Situbondo, Provinsi Jawa Timur. Untuk menuju lokasi, dari pusat kota Situbondo, kamu hanya perlu sekitar 1—1,5 jam kearah timur. Jika sudah tiba di pertigaan Masjid besar, Taman Kota Asembagus, berbeloklah ke kanan jalan. Lebih baik membawa kendaraan sendiri jika ingin sampai ke lokasi. Atau kalau kamu punya teman di Aasembagus, naiklah bus dari Terminal Situbondo menuju Asembagus, lalu berangkat bersama teman. Dari masjid, waktu yang ditempuh sekitar 30 menit.

Sebenarnya Situbondo Adventure tempat apa sih? Sesuai dengan namanya, Adventure (saya bingung kenapa sih kebanyakan tempat wisata di Indonesia penamaannya harus diInggris-inggriskan? Apakah KBBI kurang banyak perbendaharaan katanya?), petualangan. Eh iya benar kan ya, adventure itu petualangan, bertualang? Iyain saja biar cepat. Situbondo Adventure tawarkan paket wisata outbond dan rafting. Kita bisa rafting di sana. Seru-seruan bersama teman-teman, bermain air sekaligus memancing........ jodoh. Ya, namanya juga usaha. Siapa tahu ada adegan nyebur ke kali tanpa sengaja pegangan tangan lalu bertatapan (backsound Tum Hi Ho).
Rafting (kenapa sih orang-orang Indonesia tidak bangga dengan penamaan “arung jeram”? bukankah itu Bahasa Indonesia, sementara rafting itu Bahasa Inggris, tapi sayangnya rafting lebih sering dipakai dalam percakapan umum. Oh Uwan, please jangan terlalu banyak komplain. Kontribusimu nol buat negara dan daerahmu.) memang menjadi kegemaran tersendiri buat yang suka tantangan. Suatu saat saya akan coba arung jeram biar kelihatan lebih keren sedikit.


Berpetualang di Situbondo Adventure tidak hanya saat bermain di sungai. Kebetulan lokasinya juga bersebelahan dengan bukit kecil. Bisa dibilang bukit kecil karena ketinggiannya masih bisa dilalui selama beberapa menit saja. Namun jangan remehkan ketinggiannya. Buat kamu yang jarang berolahraga jangan terlalu bernafsu saat mendaki. Perlahan-lahan saja sambil menikmati beberapa wahana photo booth. Halah, maksudnya wahana instagramable untuk foto-foto. Sudah disediakan. Kalau hanya ingin naik ke atas bukit, gratis. Kalau mau menikmati arung jeram dan outbond lain, kamu perlu menghubungi pengelolanya. Untuk harga, em, kenapa saya tidak tahu ya? Boleh tidak kalau kita tidak bahas biaya. Nanti saya terlihat bodoh di postingan ini. Kita bahas yang membuat saya terlihat keren dan pintar saja. Oke.

Saran saya sih jangan sendirian kalau naik ke bukitnya ya. Minimal ajak teman untuk jadi tongsis/tongbro. Jangan andalkan swafoto, karena untuk wahana unik-unik yang disajikan, lebih indah kalau ada tukang potretnya. Jangan buang sampah sembarangan ya. Saya paling greget kalau ada yang buang sampah anorganik di tempat wisata. Kalau sampah organik saya masih bisa toleransi karena organisme akan mendegradasi bahan oganik tersebut. Bukan berarti bisa buang sampah organik sembarangan juga ya.

 

Mungkin saat ini spot bagus untuk foto ditambah. Jangan lupa diupload di media sosial dengan hastag #Situbondo ya. Dengan menjaga kebersihan, tidak merusak wahana yang ada, dan memosting di media sosial dengan dilengkapi lokasi, kamu sudah bantu promosikan wisata di Situbondo. Satu informasi di satu akun digital itu sangat penting, karena jejaknya akan bertahan sampai kapan pun. Lengkapi dengan informasi terbaru juga. Agar yang datang ke sana bisa update keadaan dan bisa persiapkan sesuatu, misal ada kegiatan seni.

Apalagi ya? Bahan cerita saya sudah habis di paragraf sebelum ini. Kalau kamu ke Situbondo dan bermain air atau outbond bareng teman-teman sekalian camping, jangan lupa ajak saya ya. Daa... semoga bermanfaat. (Uwan Urwan)

12 comments:

Ella fitria said...

Ya ampun bawa temem tujuannya biar ajd tukang foto, wkwkk

Tika Karlina said...

Wow.. mantap, nich. Maen air yang lebih dari sekadar kecepak-kecepuk yo, mz~

Endah Kurnia Wirawati said...

jadi intinya kalau ke situbondo itu mesti kemana, mas?
#GagalFokus

Dila Augusty said...

Ngajak Uwan, biar nraktir kita kalo ke Situbondo. Plus jadi juru foto. Maksudnya gitu kan

Rara Muhammad said...

owalah di asembagus. kalau pulkam pling2 cuma ke pasir putih atau pathek aja 😁

Normas Andi said...

Kalo temen yang di Asembagus ga mau diajak gimana mas??

Mas Edy Masrur said...

Mau banget rafting sambil nyanyi Tum Hi Ho

Evi said...

Kalau sambil mendaki terus disediakan Spot foto yang menarik dan instagramable, rasa lelahnya pasti tidak terasa. Banyak istirahat nya soalnya

deddyhuang.com said...

situbondo wajib dikunjungi, apalagi ada blogger hits :D

Matius Teguh Nugroho said...

Hahaha. Sebetulnya "traveling" itu artinya "bepergian". Mau itu pake gaya backpacker, geret koper, buat kerja, buat bikin acara, namanya masih traveling. Sanes "dolan" mas, kalo "dolan" itu "hang out". Traveling jaraknya lebih jauh.

Oke siap, nanti aku ke situ kalo ke Situbondo.

missnidydotcom said...

Mungkin biar lebih mudah pengucapannya, apalagi buat kaum cadel kayak Aku. Kalo arung jeram kan harus nyebut R 2x. Kalo rafting, R nya cuma 1

Dee Rahma said...

Sekarang kalo jalan-jalan tapi gak ada agenda selfie, agak kurang ya hehehe :D

Cheers,
Dee - heydeerahma.com