Skip to main content

Bagaimana ASUS ROG Phone 8 Mengubah Cara Aku Bekerja!

Aku, Uwan Urwan, menggenggam erat peran sebagai penulis, kreator konten, dan gamer dalam dunia freelance yang penuh tantangan. Hidupku berkutat dengan smartphone, alat sehari-hari yang memegang kendali terhadap pekerjaanku. Namun, kebahagiaan ini sering terhalang oleh masalah yang timbul dari smartphone yang sudah lama menemani langkahku.

Rusaknya Hape Lama: Layar Buram, Kamera Rusak

Layar yang mulai muncul bercak-bercak yang sangat menggangu dan kamera depan yang tidak berfungsi. Itu menjadi mimpi buruk bagi seorang freelancer sepertiku. Setiap kata yang kucatat, setiap gambar yang kurekam, semuanya terasa terhambat oleh keterbatasan ini.

Asus ROG Phone 8
Selain kamera depan yang rusak dan layarnya sudah muncul bercak, smartphone ini harus aku isolasi karena LCD-nya sudah bisa copot

Apalagi jika ada job review yang mengharuskan membuat video atau berfoto selfie dengan produk. Rasanya seperti ingin membatalkan kerjasama tapi mau tidak mau aku harus mengerjakannya agar bisa bertahan hidup. Mau tidak mau aku mengakali dengan bantuan cermin saat membuat video atau memotret diri.

Kenapa tidak meminta bantuan teman? Teman? Hehe… sayangnya aku tidak punya teman yang bisa membantu pekerjaanku. Teman sih banyak, tapi mereka yang bersedia membantuku banyak tinggal di ibukota. Sementara aku tinggal di Situbondo yang aku tidak akrab dengan teman-teman di sini.

Dan masalah ini semakin meruncing saat aku harus menangani pekerjaan-pekerjaan mendesak yang mengharuskan hapeku berperforma maksimal.

Keterbatasan Smartphone Lama yang Lemot dan Cepat Panas

Bekerja di dunia digital membutuhkan responsivitas dan kecepatan. Namun, smartphone lamaku kerap memperlihatkan gejala lemot yang mengganggu karena usianya sudah memasuki tahun ke-6. Saat aku harus mengedit video, lag dan delay sering kali membuatku frustasi.

Asus ROG Phone 8
Meski ms-nya kecil tapi seringkali aku mengalami lag apalagi jika sedang bertempur

Sebagai seorang pemain game Mobile Legends yang seringkali menghabiskan waktu luang dengan bermain game, aku sering mengalami kesulitan dengan smartphone lama saya yang cepat panas dan menjadi lemot. 

Lagi-lagi aku harus sebutkan bahwa masalah yang kualami menyebabkan lag dalam permainan, yang tentu saja sangat mengganggu dan membuat pengalaman bermain menjadi kurang menyenangkan. Beruntung sekali jika menang, jika kalah aku harus kehilangan bintang.

Tahu kan kalau bermain game Mobile Legends, satu kali pertandingan minimal menghabiskan waktu sekitar 15 menit. Kalau kalah aku merasa membuang-buang waktu.

Solusi Seadanya: Beli Smartphone Baru yang Satu Jutaan

Dalam pencarian solusi atas smartphone lamaku yang semakin menyusahkan, aku memutuskan untuk membeli smartphone baru dengan harga terjangkau. Kenapa terburu-buru?

Asus ROG Phone 8
Pengalaman hape pernah tiba-tiba mati total membuatku ingin menangis padahal sedang banyak pekerjaan yang harus diselesaikan

Aku pernah punya pengalaman, smartphoneku mendadak mati di saat aku sedang berada di puncak kejayaan karirku, maksudnya, pekerjaanku sedang banyak-banyaknya. Hehe... Aku tidak mau pengalaman itu terjadi lagi dan kebetulan aku mendapatkan rezeki menang lomba blog meskipun masuk ke kategori favorit.

Menang lomba blog
Alhamdulillah dapat rezeki sedikit untuk mengurangi kekhawatiranku

Akhirnya aku putuskan membeli smartphone murah untuk berjaga-jaga. Beberapa tahun terakhir sejak pandemi, aku memang mengalami kesulitan keuangan. Jadi rasanya tidak mungkin menabung untuk membeli smartphone baru.

Namun, apakah ini akan menjadi jawaban atas semua masalahku sebagai freelancer?

Keterbatasan Smartphone Baru Murah dalam Pekerjaan Freelanceku

Quote smartphone murah

Ternyata, smartphone baru dengan harga terjangkau pun masih belum mampu mengatasi semua hambatan. Meskipun aku berusaha bersabar, namun lag, pemanasan yang berlebihan, dan keterbatasan performa masih saja menghantui setiap langkahku dalam menyelesaikan pekerjaan.

Frustrasi dengan Keterbatasan Smartphone Murah

Pengalamanku dengan smartphone baru ini seringkali dipenuhi dengan rasa frustrasi.

Asus ROG Phone 8
Sering frustasi setelah beli smartphone murah karena ada banyak sekali kendala yang membuatku harus me-restart smartphoneku 

Saat aku sedang asyik bermain game Mobile Legend, tiba-tiba smartphone mengalami lag dan jalannya patah-patah. Tak hanya itu, beberapa aplikasi loadingnya lambat terutama aplikasi Capcut untuk editing video. Saat melakukan editing video aku harus melakukan restart berulang kali agar tidak terjadi delay.

ASUS ROG Phone 8
Untuk mengedit video saja aku harus ekstra sabar karena sering tidak sinkron dengan audionya. 


Ada banyak sekali pengalaman minus yang kurasakan. Tidak ada pilihan lain selain bersabar dan menyadari bahwa akibat budget yang tipis, aku sepertinya masih harus bersyukur setidaknya smartphone baruku ini masih bisa dipakai.

Saat ini, solusi terbaik yang aku pikirkan adalah dengan menabung untuk membeli smartphone baru yang mampu menangani pekerjaan dan kebutuhan gamingku dengan lebih baik.

Salah satu pilihan yang sangat menarik dan sesuai dengan kebutuhanku adalah ASUS ROG Phone 7.

Mengapa smartphone gaming? Karena smartphone gaming biasanya didesain dengan spesifikasi yang lebih tinggi, tahan banting, dan memiliki sistem pendinginan yang lebih baik. Hal ini membuatnya lebih canggih daripada smartphone biasa yang hanya digunakan untuk kebutuhan sehari-hari.

Mengapa smartphone gaming cocok untuk konten kreator

Saat membuka aplikasi yang lebih ringan daripada aplikasi game, smartphone gaming juga akan jauh lebih responsif dan pekerjaan jadi lebih lancar.

Keputusan Pintar: Mengincar ASUS ROG Phone 7

Review ASUS ROG Phone 7

Dari review teman-temanku ASUS ROG Phone 7 spesifikasinya gahar. Untuk itu aku sudah memasukkan ASUS ROG Phone 7 dalam wishlistku. Ponsel ini bukan hanya sekadar perangkat gaming biasa; ini adalah keajaiban teknologi yang mengubah cara aku melihat gaming dan pekerjaan sehari-hari.

Mimpi Menggunakan ASUS ROG Phone 7: Spesifikasi Unggul yang Membuat Terkesima

Sebagai seorang konten kreator, memiliki ponsel dengan spesifikasi unggul bukan hanya keinginan, tetapi juga kebutuhan yang penting. Itulah sebabnya aku selalu bermimpi untuk memiliki ASUS ROG Phone 7.

Chipset Snapdragon 8 Gen 2
Chipset Snapdragon 8 Gen 2 (kredit: Tekno kompas)

Chipset Snapdragon 8 Gen 2 terbaru dan RAM LPDDR5X 8533 Mbps tidak hanya memberikan performa puncak untuk game berat, tetapi juga memastikan aku bisa melakukan multitasking dengan lancar. ROM UFS 4.0 yang cepat membuat loading game dan aplikasi menjadi lebih cepat, sementara baterai 6000 mAh dengan HyperCharge 65W memberikan daya tahan lama dan pengisian daya super cepat.

Layar AMOLED 165Hz yang responsif dengan HDR10+ dan perlindungan layar yang tangguh dari Corning Gorilla Glass Victus membuat pengalaman menggunakan ponsel ini akan semakin memukau.

Tantangan Menabung untuk Upgrade ke ASUS ROG Phone 7

Asus rog phone 7

Namun, tantangan terbesar yang aku hadapi adalah mengumpulkan cukup uang untuk melakukan upgrade ke ASUS ROG Phone 7.

Spesifikasi yang mengagumkan seperti layar AMOLED 165Hz yang responsif, HDR10+ yang memberikan visual yang realistis, dan perlindungan layar yang tangguh sangat penting bagi kebutuhan pekerjaanku. 

Sebagai konten kreator, aku sering menggunakan ponsel untuk menulis di blog, membuat ilustrasi, mengedit video, dan mengedit foto. Dengan spesifikasi unggul dari ASUS ROG Phone 7, aku yakin pekerjaanku akan menjadi lebih lancar dan produktif.

Fitur gaming seperti AirTrigger 6 ultrasonic buttons dan sistem pendinginan GameCool 6 juga memberikan nilai tambah yang besar, terutama saat aku ingin bersantai dengan bermain game di waktu luang.

Dari sisi audio, speaker stereo front-firing yang powerful, ESS Sabre DAC, amplifier headphone berkualitas tinggi, dan dukungan Hi-Res Audio memberikan pengalaman audio yang jernih dan mendalam.

Software khusus untuk gamer seperti ROG UI, Armoury Crate, dan X Mode juga memungkinkan aku untuk mengatur performa, kontrol game, dan pencahayaan RGB sesuai keinginan.

Jadi, meskipun tantangan finansial mungkin ada, keunggulan dan manfaat yang ditawarkan oleh ASUS ROG Phone 7 membuatnya menjadi investasi yang sangat berharga bagi produktivitas dan kenyamanan kerja sehari-hari. Aku tak sabar untuk segera mengubah cara aku bekerja dengan spesifikasi unggul dari ponsel gaming terbaik ini.

Revolusi Baru: ASUS ROG Phone 8

ASUS ROG Phone 8

Setiap kali aku membayangkan memiliki perangkat canggih untuk memperlancar pekerjaanku sebagai seorang konten kreator dan gamer, ASUS ROG Phone 8 selalu muncul sebagai pilihan yang menarik. 

Momen ini pun kembali terjadi ketika aku baru saja menabung untuk membeli ASUS ROG Phone 7, tiba-tiba ASUS mengumumkan peluncuran generasi terbaru mereka, yaitu ASUS ROG Phone 8 Beyond Gaming.

ASUS ROG Phone 8
Peluncuran generasi terbaru mereka, yaitu ASUS ROG Phone 8 (kredit: @travelerien)


Ketenaran ASUS ROG Phone 7 sebagai salah satu smartphone gaming terbaik di pasaran membuatku semakin penasaran dengan apa yang ditawarkan oleh ASUS ROG Phone 8. Apalagi, sebagai seorang konten kreator, aku selalu membutuhkan spesifikasi yang tangguh untuk menunjang pekerjaanku sehari-hari.

Fitur-Fitur Unggulan ASUS ROG Phone 8 yang Membuat Terpesona

Memiliki perangkat yang dapat mendukung produktivitas dan kreativitasku sebagai konten kreator tentu menjadi impian beras. ASUS ROG Phone 8 hadir dengan berbagai fitur unggulan yang membuatku terkesima.

ASUS ROG Phone 8
Udah pakai Snapdragon Gen 3 lho!

Pertama-tama, performa yang tak terkendali menjadi daya tarik utama ASUS ROG Phone 8 yang desainnya ramping. Ditenagai oleh chipset Snapdragon 8 Gen 3, RAM LPDDR5X 8533 Mbps, dan penyimpanan UFS 4.0, ponsel ini memberikan performa puncak yang melampaui pesaing di kelasnya. 

Tak hanya itu, keberanian ASUS untuk menghadirkan ponsel gaming pertama di dunia dengan sertifikasi IP68 membuat ROG Phone 8 menjadi lebih unggul.

Keunggulan ASUS ROG Phone 8
Keunggulan ASUS ROG Phone 8 


Layar yang ultra-bright juga menjadi salah satu keunggulan ASUS ROG Phone 8. Layar AMOLED fleksibel 6.78 inci dengan refresh rate hingga 165 Hz dan kecerahan puncak 2500 nits memberikan visual yang luar biasa, baik untuk keperluan gaming maupun menonton konten multimedia.

ASUS ROG Phone 8

Sistem kamera yang disempurnakan dengan 50 MP utama, 13 MP ultrawide, dan 32 MP telephoto dengan 3X optical zoom dan OIS membuat ASUS ROG Phone 8 menjadi pilihan yang menarik bagi pecinta fotografi dan videografi.

Kamera ASUS ROG Phone 8


Tak hanya itu, fitur-fitur AI yang disematkan dalam ASUS ROG Phone 8 juga memukau. Mulai dari AI Grabber untuk bermain game hingga AI Noise Cancellation untuk pengalaman audio yang lebih jernih, ASUS ROG Phone 8 membawa pengalaman pengguna ke tingkat yang lebih tinggi.

Performa Maksimal untuk Mendukung Pekerjaanku dan Bermain Game Mobile Legends

ASUS ROG Phone 8
Dari penampilan gaharnya udah bisa disimpulkan bahwa ASUS ROG Phone 8 ini tahan banting

Sebagai seorang konten kreator yang selalu bergerak, performa yang maksimal menjadi kebutuhan utama. Dengan Snapdragon 8 Gen 3 yang tangguh dan RAM LPDDR5X 8533 Mbps, ASUS ROG Phone 8 memungkinkanki untuk melakukan multitasking dengan lancar tanpa hambatan.

ASUS ROG Phone 8
Kemampuan mendinginkan perangkat dengan cepat tentu membuat kita bisa bekerja seharian 

Sistem pendinginan inovatif GameCool 8 dan AeroActive Cooler X memastikan bahwa ponsel tetap dingin bahkan saat digunakan dalam sesi gaming yang panjang.

Selain itu, layar AMOLED dengan refresh rate adaptif dan kecepatan sampling sentuh yang tinggi memastikan responsivitas yang luar biasa, baik saat bermain game maupun melakukan pekerjaan kreatif seperti mengedit foto dan video.

Dukungan 5G juga menjadi nilai tambah yang signifikan, memungkinkanku untuk tetap terhubung dengan kecepatan yang tinggi di mana pun aku berada.

Dari Pekerjaan Biasa Menjadi Luar Biasa dengan ASUS ROG Phone 8

ASUS ROG Phone 8

ASUS ROG Phone 8 tidak hanya menjadi alat kerja, tetapi juga menjadi mitra kreatif yang memampukanku untuk mengekspresikan ide-ide dan kreasi dengan lebih baik.

Peningkatan produktivitas dengan performa tanpa batas membuatku bisa menyelesaikan tugas-tugas dengan lebih efisien. Kreativitas tanpa hambatan juga menjadi kunci dalam menghasilkan konten-konten yang menarik dan berkualitas tinggi.

Aku membayangkan, saat menggunakan ASUS ROG Phone 8 untuk mengedit video, aku merasakan kemudahan dalam mengakses berbagai fitur dan efek yang disediakan. Tidak lemot lagi seperti yang biasa terjadi di smartphone murah yang kubeli.

Layar yang besar dan berkualitas memberikan visual yang jernih dan detail, sehingga proses editing menjadi lebih menyenangkan dan produktif. Tak hanya itu, fitur-fitur AI seperti Semantic Search dan AI Wallpaper juga akan memberikan pengalamanku jadi lebih intuitif dan personal.

Gaming Maraton Tanpa Batas: Nikmati Pengalaman Gaming Sejati!

Baterai asus ROG Phone 8

Dengan baterai monster berkapasitas 5.500 mAh, kamu bisa menikmati sesi gaming maraton tanpa khawatir tentang baterai lowbat yang mengganggu konsentrasi. Tak hanya itu, teknologi HyperCharge 65W memungkinkan pengisian daya super cepat, mengisi baterai dari 0% hingga 70% hanya dalam waktu 30 menit!


Baterai asus ROG Phone 8

Selain keunggulan dalam hal daya tahan baterai dan pengisian daya cepat, ASUS ROG Phone 8 juga menawarkan performa maksimal untuk berbagai jenis game. Dengan spesifikasi yang mumpuni, seperti prosesor terbaru, RAM besar, dan layar berkualitas tinggi, ASUS ROG Phone 8 siap memberikan pengalaman gaming yang luar biasa. Desain ergonomisnya juga membuatnya nyaman digenggam dalam waktu yang lama, memungkinkan kamu untuk fokus pada permainan tanpa kendala fisik.

Mengenal Lebih Dekat Performa dan Kualitas Visual ASUS ROG Phone 8

Sebagai seorang konten kreator, harapan dan antusiasme saya terhadap ASUS ROG Phone 8 sangat tinggi. Fitur-fitur unggulan yang disematkan dalam ponsel pintar ini jadi dambaan banyak orang.

Fitur yang disempurnakan AI

Empat fitur AI yang ramah untuk bermain game di seri ROG Phone 8 meningkatkan pengalaman bermain game ke tingkat yang lebih tinggi.

ASUS ROG Phone 8

Gamer dapat dengan mudah mengalihkan game ke latar belakang dengan Background Mode atau menangkap momen penting dengan X Capture, menjadikan perangkat ini sangat diperlukan oleh para gamer yang cerdas sepertiku. 

AI Grabber yang intuitif untuk menangkap teks dan X Sense meningkatkan pengalaman bermain game dengan memberikan tips dan bantuan saat dibutuhkan. 

AI Grabber kini juga dapat mengambil teks langsung dari game menggunakan teknologi Machine-Learning Recognition, dan X Capture serta X Sense 2.0 kini mendukung lebih banyak game terbaru berkat teknologi AI Pattern Recognition.

AniMe Vision

ASUS ROG Phone 8

Seri ROG Phone 8 terbaru memiliki elemen unik yang dapat disesuaikan, termasuk logo Aura RGB Lighting (ROG Phone 8) dan layar Mini-LED Anime Vision (ROG Phone 8 Pro / Pro Edition), yang memungkinkan pemiliknya untuk mengekspresikan individualitas dan kreativitas masing-masing.

AniMe Vision adalah layar 341 elemen yang dapat menampilkan animasi yang telah diatur sebelumnya atau yang dibuat oleh pengguna. Selain itu, sesama pengguna ASUS ROG Phone 8 Pro / Pro Edition juga dapat membuka kunci animasi rahasia dengan menempelkan punggung kedua ponsel satu sama lain. Seru banget.

Oh ya, aku coba berikan spesifikasi ASUS ROG Phone 8 lengkap dalam bentuk tabel ya agar lebih mudah dilihat.

Spesifikasi ASUS ROG Phone 8
Spesifikasi ASUS ROG Phone 8

ASUS ROG Phone 8 Wajib Dimiliki untuk Sukses Freelancer dan Gamer

Aku tak pernah menyangka bahwa memilih ASUS ROG Phone 8 sebagai wishlistku akan menjadi langkah cerdas yang membawa dampak besar pada pekerjaanku sebagai konten kreator dan penggemar game.

Investasi Terbaik untuk Kesuksesan Freelancer

ASUS ROG Phone 8
Tidak perlu repot lagi kalau terkena percikan air, apalagi percikan asmara

Dari ulasan dan spesifikasinya, ASUS ROG Phone 8 Beyond Gaming benar-benar memberikan pengalaman yang luar biasa. Dengan fitur-fitur unggulannya, seperti Snapdragon® 8 Gen 3, layar AMOLED 165Hz, kamera AI tingkat pro, dan sistem pendinginan GameCool 8, ponsel ini tidak hanya menyajikan performa terbaik untuk gaming, tapi juga akan meningkatkan efisiensi dan produktivitasku secara keseluruhan.

Bermain Game Jadi Lancar Jaya dan anti Lemot

ASUS ROG Phone 8

Aku membayangkan saat aku menggunakan ASUS ROG Phone 8, bermain game akan menjadi pengalaman yang sangat menyenangkan. Tak ada lagi lag atau gangguan saat memainkan game favoritku. 

Performanya yang tak tertandingi memungkinkan aku menikmati setiap detik permainan tanpa hambatan teknis. Sistem pendinginan yang canggih juga menjaga suhu perangkat tetap stabil, bahkan saat aku bermain game berat dalam waktu yang lama.

Pilihan Tepat untuk Memaksimalkan Potensi dan Kreativitasku

Tidak hanya untuk gaming, ASUS ROG Phone 8 juga menjadi pilihan terbaik untuk memaksimalkan potensi dan kreativitasku sebagai konten kreator. Layar ultra-bright dan kamera AI tingkat pro membantu dalam proses membuat ilustrasi, mengedit video, dan mengedit foto dengan hasil yang memuaskan. Dengan ponsel ini, aku bisa bekerja dengan lancar dan menghasilkan konten-konten berkualitas tanpa hambatan.

ASUS ROG Phone 8

Menginvestasikan waktu dan uang untuk memiliki ASUS ROG Phone 8 Beyond Gaming adalah keputusan yang aku tidak akan pernah menyesalinya. Ponsel ini benar-benar akan mengubah cara aku bekerja dan bermain, membawa kesuksesan dan kepuasan yang luar biasa.

Jika kamu seorang freelancer yang membutuhkan spesifikasi tinggi dan performa maksimal, serta seorang gamer yang ingin pengalaman gaming yang istimewa, ASUS ROG Phone 8 adalah pilihan yang tepat untukmu. 

Jangan lewatkan kesempatan untuk memiliki ponsel gaming terbaik 2024 ini dan rasakan sensasi luar biasanya sendiri!


Harga & Ketersediaan ASUS ROG Phone 8

Harga ASUS ROG Phone 8

  • ASUS ROG Phone 8 (12/256) Phantom Black: Rp. 10.999.000
  • ASUS ROG Phone 8 (12/256) Storm Grey: Rp. 10.999.000
  • ASUS ROG Phone 8 Pro (16/512) Phantom Black: Rp. 14.999.000
  • ASUS ROG Phone 8 Pro Edition (24/1T) Phantom Black: Rp. 19.999.000

Promo ASUS ROG Phone 8

ASUS ROG Phone 8

First Sale Promo
: Dapatkan Free Aero Cooler Fan untuk setiap pembelian ASUS ROG Phone 8 dengan harga mulai dari Rp. 10.999.000.
Promo berlaku mulai tanggal 20 Mar hingga 30 Apr 2024 di semua partners penjualan resmi ASUS Offline dan Online.
Online: Eraspace, Tokopedia, Blibli dan Asus Online Store
Offline: Erafone, Urban Republic, ROG Store, Asus Exclusive Store dan Asus Authorized Partners.

ASUS ROG Phone 8

- Consumer Launch Sales Promo : Dapatkan Free Aero Cooler Fan + Free Exclusive merchandise kolaborasi ROG X PUBGM + Luckydraw dengan berbagai macam hadiah menarik untuk setiap pembelian ASUS ROG Phone 8 dengan harga mulai dari Rp. 10.999.000.
Promo hanya berlaku di offline event Consumer Launch ASUS ROG Phone 8 di FX Sudirman dari tanggal 20 Maret hingga 23 Maret 2024.

Silahkan hubungi toko atau perwakilan resmi ASUS setempat untuk informasi lebih lanjut mengenai ketersediaan dan pembelian ASUS ROG Phone 8.
  • ROG Facebook : https://www.facebook.com/asusrog
  • ROG X : https://www.x.com/asus_rog
  • ASUS Pressroom : http://press.asus.com
  • ASUS Global Facebook : https://www.facebook.com/asus
  • ASUS Global X : https://www.x.com/asus


Tulisan ini diikutsertakan dalam ASUS ROG Phone 8 Blog Writing Competition di Blog Travelerien

Comments

Paling banyak dibaca

Mengilhami Dinding Sel Supermini

Pohon mangga ( Mangifera indica ) setinggi 4 m berdiri kokoh di halaman kantor saya. Daunnya rimbun membentuk payung hidup. Saat berdiri di bawah naungannya, angin sejuk dapat saya rasakan. Tentu saja, oksigen sebagai hasil metabolisme tanaman anggota family Anacardiaceae itu membersihkan karbondioksioda di udara dan digantikan oleh unsur yang bersifat oksidator. Pantas jika setiap orang yang ternaungi, tak hanya terlindung dari terik matahari, tetapi juga merasa segar. Pohon mangga (kredit: irwantoshut.net )        Tanaman itu sangat kokoh dan konsisten berdiri bertahun-tahun bahkan kian tinggi. Meski tidak memiliki rangka seperti hewan dan manusia, tanaman (tak hanya mangga) memiliki rangka-rangka dalam berukuran mikroskopis. Rangka-rangka itu dapat disebut dinding sel. Sebenarnya tidak tepat jika saya mengatakan bahwa dinding sel adalah rangka dalam (endoskeleton) tanaman, tetapi fungsinya mirip dengan sistem rangka pada tubuh hewan. Itu terbukti pada fungsinya yang memberi be

3 Pulpen Terbaik Rekomendasiku yang Bikin Tulisanmu Makin Indah

Meski teknologi sudah canggih, tapi menulis di catatan tak akan pernah punah Sebagai penulis, pulpen bukan sekadar alat tulis biasa, tapi sahabat setia yang menemani proses kreatif. Menemukan pulpen yang nyaman digunakan adalah suatu keharusan bagi penulis seperti saya. Setiap goresan tinta yang mengalir lancar dari ujung pulpen mampu menghadirkan kebahagiaan tersendiri, mengubah ide-ide liar di kepala menjadi rangkaian kata yang indah di atas kertas. Pernahkah kamu merasa frustrasi saat pulpen macet atau tintanya bocor di tengah menulis? Pengalaman itu pasti mengganggu momen indah menuangkan ide dan gagasan. Aku pun pernah mengalami hal yang sama. Saat tengah asyik menulis, tiba-tiba pulpen berhenti mengeluarkan tinta. Aliran pikiran yang seharusnya mengalir deras malah tersendat, membuat frustrasi dan merusak konsentrasi. Kejadian seperti ini bisa menghancurkan inspirasi yang sedang menggebu-gebu. Sejak saat itu, aku bertekad untuk menemukan pulpen yang tidak hanya nyaman digunakan,

Jamur blotong Nama Ilmiahnya Ternyata Coprinus sp.

Saya menduga jamur yang selama ini saya beri nama jamur blotong nama ilmiahnya Coprinus sp. Setiap usai musim giling, biasanya musim hujan, saya dan tetangga berburu jamur ini di tumpukan limbah blotong di dekat Pabrik Gula Wringin Anom, Situbondo. Jamur Coprinus sp . tumbuh di blotong Asli, kalau sudah tua, payungnya akan berwarna hitam seperti tinta dan meluruh sedikit demi sedikit Sudah sekian lama mencari tahu, berkat tulisan saya sendiri akhirnya saya tahu namanya, meski belum sampai ke tahap spesies . Jamur yang bisa dimakan ini tergolong dalam ordo dari Agaricales dan masuk dalam keluarga Psathyrellaceae. Selain itu, jamur ini juga suka disebut common ink cap atau inky cap (kalau benar nama ilmiahnya Coprinus atramentarius ) atau Coprinus sterquilinus (midden inkcap ) . Disebut begitu karena payungnya saat tua akan berwarna hitam dan mencair seperti tinta. Nama yang saya kemukakan juga berupa dugaan kuat, bukan berarti benar, tapi saya yakin kalau nama genusnya Copr

Styrofoam Aman Digunakan Kok. Siapa Bilang berbahaya?

Hasil pengujian Badan POM RI terhadap 17 jenis kemasan makanan styrofoam menunjukkan bahwa semua kemasan tersebut memenuhi syarat, artinya styrofoam aman digunakan. Sampai detik ini tidak ada satu negara pun melarang penggunaan styrofoam atas dasar pertimbangan kesehatan. Pelarangan penggunaan styrofoam, nantinya akan jadi sampah non organik, di beberapa negara biasanya berhubungan dengan pencemaran lingkungan. Padahal daur ulang styrofoam sangat mudah. Menurut JECFA-FAO/WHO monomer stiren pada wadah gabus tidak mengakibatkan gangguan kesehatan jika residunya berada di ambang batas 40-500 ppm. Kalau mencapai 5000 ppm bisa menyebabkan kanker. Bungkus makanan hangat pakai styrofoam aman kok Kemasan makanan styrofoam ternyata sebagian besar adalah udara Badan POM RI menguji 17 jenis kemasan, antara lain berupa gelas POP MIE rasa baso, gelas POP Mie Mini rasa ayam bawang, mangkuk NISSIN Newdles Mie Goreng Pedas Kriuk Bawang, mangkuk Bowl Noodle Soup Kimchi flavour Vegetal, kot

Jangan Menabung Kalau Ingin Hidup Melarat

"Mangkanya kalau punya uang ditabung," kata temanku dulu. Waktu itu saya masih duduk di bangku SMA kelas XI. Saya masih ingat betul pesannya sampai sekarang. Dia bisa beli handphone . Waktu itu masih zamannya alat komunikasi poliponik. Saya belum punya. Seringkali merepotkan teman hanya untuk sms ke saudara untuk hal-hal penting. Tak jarang juga diabaikan karena tidak diizinkan meminjam atau meminta satu sms saja meski niat hati ingin membayar biaya sms. Waktu itu satu sms masih seharga Rp350 dan itu tergolong mahal. Jika setiap hari menggunakan Rp3.500 untuk 10 sms, satu minggu menghabiskan Rp24.500. Belum lagi jika harus telepon. Biaya sms Rp350 sudah yang paling murah. Belum banyak bermunculan operator seluler pada zaman itu. Tapi poin dari tulisan ini bukan masalah harga telepon dan sms. Tak sengaja saya bongkar-bongkar lemari dan menemukan secarik kertas. Isinya percakapan saya dengannya. Begini kira-kira Eh kamu kalo tiap hari dikasih sangu berapa sih?

Serba-serbi Dunia Per-Instagraman

Eh, kamu punya Instagram tidak sih? Berapa jumlah follower mu? 100? 500? 800? 1k? 5k? 10k? atau 1m? Gila, luar biasa jika kamu mencapai jumlah followers 1m. Artis banget! Saat postingan mulai diketik, akun Instagram  @uwanurwan berjumlah 6.676  followers . Buat saya ini sudah di level " okay ", tapi untuk tujuan lain, angka 6k masih tergolong cemen . Maaf, bukan bermaksud merendahkan, tapi pada kenyataannya follower dengan jumlah seperti itu, jika saya ingin promosikan jualan, belum terlalu efektif (dalam artian kurang menjangkau lebih banyak orang). Kecuali saya tenar di komunitas tertentu dan mereka butuh barang jualan saya. Saya punya akun media sosial bukan untuk terlihat keren saja, tetapi untuk jualan. Minimal saya mau jual apa yang saya bisa, menulis, menggambar, atau apa gitu .  Saya butuh kerja lebih keras lagi untuk mencapai follower minimal 10k. Saya bisa promosikan produk art dan tulisan saya. Kebetulan saya fulltime blogger dan ilustrator , yang menurut

Golda Coffee dan Kopi ABC Botol, Kopi Kekinian, Kopi Murah Cuma 3000an

Kamu suka kopi hitam pekat, kopi susu, kopi kekinian, atau yang penting kopi enak di kedai kopi? Mungkin kita sering sekali nongkrong bersama teman di kedai kopi mencoba berbagai aneka ragam kopi, mahal pun tak masalah, tapi yang jadi persoalan jika sedang miskin, apakah akan tetap nongkrong? Pilihannya ya minuman murah, misalnya kopi murah dan kopi enak yang cuma 3000an ini.   Aku, Uwan Urwan, memang bukan penikmat kopi banget, tapi suka minum kopi, kadang sengaja mampir ke kedai kopi punya teman, paling sering membeli kopi Golda Coffee dan/atau Kopi ABC Botol, yang harganya hanya 3000an. Aku akan mencoba mereview empat rasa dari dua merek yang kusebut sebelumnya. Golda Coffee kutemukan di minimarket punya dua rasa, yaitu Golda Coffee Dolce Latte dan Golda Coffee Cappucino. Sementara Kopi ABC botol juga kutemukan dua rasa, chocho malt coffee dan kopi susu.   Keempat rasa kopi kekinian kemasan itu aku pikir sama karena biasanya hanya membeli, disimpan di kulkas, dan langsung ku

Pengalaman Pakai Pasir Pantai sebagai Pengganti Pasir Kucing

Sudah punya kucing sejak kecil. Biasa atas keberadaan kucing membuatku tak pernah berhenti untuk punya kucing. Kucing liar yang sering mampir ke rumah biasanya aku juga beri makan dan yang mau mendekat aku pelihara. Punya kucing sebelumnya dibiarkan pup di luar. Repot kalau anak-anak kucing sudah mulai makan selain air susu induknya, pasti akan kencing dan pup di kasur karena induknya pasti lebih nyaman meletakkan anak-anaknya di kasurku. Dulu harus melatih mereka terlebih dahulu selama beberapa waktu sebelum bisa pup di luar   Setiap hari harus mencuci sprei dan menjemur kasur. Begitu tahu bahwa kasur bukanlah tempat pup dan pipis, mereka akan buang hajat di luar. Tentu saja akan mencari pasir atau tanah yang cukup gembur sebagai tempat merahasiakan hasil buangan. Kadang tanah tetangga jadi sasaran dan harus menerima omelan mereka.   Sejak awal tahun 2022, kembali dari ibukota, kucing melahirkan, dan sudah mulai makan selain air susu induknya, aku siapkan pasir buat mereka. Namu

Empat Alasan Tidak Memakai Pasir Pantai untuk Kucing

  Gara-gara pasir kucing habis dan uang pas-pasan, akhirnya aku putar otak, bagaimana cara kucing bisa pup. Ketemu jawabannya, “pasir pantai”. Kebetulan rumahku bisa dibilang tida terlalu jauh dengan pantai, naik motor setengah jam, sampai.   Itu juga karena aku mendapat inspirasi dari video Tiktok yang rutin mengambil pasir pantai sebagai penganti pasir kucing. Dan setelah mencoba pakai selama dua hari, hasilnya, aku atas nama pribadi, Uwan Urwan, TIDAK DIREKOMENDASIKAN . Kenapa? Pasir pantai lebih berat dibandingkan pasir khusus kucing Pasir pantai tidak jauh berbeda dengan pasir yang dipakai untuk bahan bangunan, berat. Warna pasir pantai beragam, mulai dari hitam seperti batu sampai krem. Ukuran pun beragam, mulai dari yang sangat halus sampai ke pasir ukuran normal. Yan paling au soroti adalah warnanya, ternyata setelah diletakkan di dalam bak, jadi tidak bagus. apalagi kalau sudah ada gundukan pup dan kencing yang seperti menyebar. Berbeda dengan pasir khusus kucing, y

Panen Klentang, Buah Kelor (Miracle Tree) di Pekarangan

Kelor (Moringa oleifera) adalah salah satu tanaman yang cukup banyak tumbuh dan ditanam di Situbondo sejak dahulu kala. Sebelum daun kelor ramai dimanfaatkan sebagai herbal, setahuku umum dimanfaatkan oleh masyarakat suku Madura dan di Nusa Tenggara (entah timur atau barat) untuk sayur. Banyak orang terutama suku Jawa dan keturunannya justru tidak mau mengonsumsi sayur kelor. Entah karena tidak umum atau karena cerita mistisnya. Tulisan ini akan menceritakan sedikit apa khasiat makan buahnya agar kalau kamu menemukannya tidak membiarkannya begitu saja. Kelor (Moringa oleifera) oleh-oleh dari negara penghasil minyak bumi terbesar di dunia Aku Uwan Urwan, lahir di Situbondo, sejak kecil sudah dikenalkan dengan sayur daun kelor yang lezat jika dikombinasikan dengan ikan panggang dan sambal terasi yang kecut. Untuk mendapatkannya pun mudah, tinggal memetik daun kelor yang tumbuh di dekat rumah. Namun, ada yang berbeda pada kepulanganku ke Situbondo tahun 2021 setelah merantau, jadi saksi h