Tips Aman Pinjam Uang di Aplikasi Pinjaman Online cuma Modal KTP

Suatu hari smartphone yang biasa kupakai untuk bekerja mendadak mati. Panik? Tentu saja. Tanpa hape aku tidak bisa menyelesaikan pekerjaan-pekerjaanku. Aku putar otak dan sampaikan keluhanku pada teman. Teman bersedia membantu untuk pinjamkan smartphone yang tidak ia pakai. Meski kalut, aku masih bisa lega karena ada orang baik di sekelilingku. Aku tidak akan pernah lupa kebaikan-kebaikan mereka.

Aplikasi Pinjaman Online cuma Modal KTP
Bisa dibayangkan gawai yang bisa dipakai untuk bekerja mendadak mati? Beneran panik euyy...


Bagi kamu yang belum tahu, perkenalkan aku Uwan Urwan, konten kreator di blog ini dan di media sosialku, baik di Twitter, Fanpage, dan Instagram. Aku menghasilkan uang melalui kerjasama dengan brand-brand dan kepemeritahan. Hape adalah senjata penting karena bisa melakukan pekerjaanku dalam sekali duduk.


Sementara pakai hape teman, aku coba ke service centre untuk reparasi hape. Begitu tahu biaya untuk pembetulan cukup mahal, sebulan kemudian kuputuskan untuk meminjam uang di aplikasi pinjaman online. Uang itu aku pakai untuk membeli smartphone baru. Alhamdulillah aku bisa melunasi utang sebelum jatuh tempo.


Mau tahu tidak rahasia aman pinjam uang ke pinjaman online (pinjol) tanpa harus diteror-teror dan tagihan jadi berpuluh kali lipat jumlahnya? Aku dan teman-temanku punya tips buat kamu.


Pinjam ke aplikasi pinjaman online terbaik yang berizin

Aplikasi Pinjaman Online cuma Modal KTP
Sms seperti ini aku menduga dari pinjol ilegal


Banyak sekali aplikasi pinjaman online ilegal, karena sebagian masyarakat yang sudah kepepet soal keuangan tidak mengecek terlebih dahulu, akhirnya terjebak. Begitu tidak bisa membayar, semua nomor yang ada di data kontak diteror. Selain itu, penyebaran foto KTP jadi salah satu cara bagi pinjol ilegal untuk meneror korbannya. 


Banyak kasus teman mendapat sms teror akibat salah satu temannya terjerat utang di pinjol ilegal. Tak jarang ada yang ditelpon.


Buat calon peminjam, karena kamu sudah membaca tulisan ini, tolong cek terlebih dahulu aplikasi pinjolnya, apakah sudah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK) atau belum. Berdasarkan informasi yang kudapat dari teman yang pernah terjerat utang di pinjol, aplikasi pinjaman online ilegal akan berganti nama terus. Saat ini per 10 Juni 2021, ada sekitar 125 fintech yang terdaftar di OJK. Daftar fintech akan selalu berubah, seperti penambahan atau pengurangan karena suatu hal. Jadi memang harus "Pake aplikasi yang aman sih," kata salah satu temanku yang mau disebut Buna.


Pelajari aplikasi pinjolnya

Aplikasi Pinjaman Online cuma Modal KTP
Menurut Nursaid, meminjam ke teman atau saudara bukanlah jaminan. Meski teman punya uang, mereka belum tentu memberi pinjaman (Kredit: @nursaidr_)


Kadang mau pinjam uang ke teman atau saudara, Tidak ada yang memberi pinjaman. "Jadi inget waktu itu aku mau jalan-jalan sama teman satu geng ke Bandung tapi gak punya uang. Pinjem ke temen ga ada yang mau ngasih padahal udah ngejanjiin buat potong gaji bulan depan," kata Nur Said Rahmatullah yang berprofesi sebagai bloger.


Kalau sudah begitu, mungkin pinjol adalah salah satu solusi untuk dapat uang dengan cepat. Pengalaman teman yang nama akun Instagramnya @putri_kartiikaa, sebelum memutuskan bekerjasama dengan aplikasi tersebut, "Aku bener-bener pelajari dulu alurnya bagaimana, terus risikonya seberapa," ujarnya. Biasanya di setiap aplikasi pinjaman online ada aturannya. Tetap jangan asal pinjam meskipun perlu uang segera agar tidak repot di masa depan.


Lihat suku bunga dan keunggulan lainnya

Aplikasi Pinjaman Online cuma Modal KTP
Salah satu pertimbangan @putri_kartiikaa sebelum pinjam uang di aplikasi pinjol, ia membandingkan suku bunga pinjol satu dengan yang lain. (Kredit: @putri_kartiikaa)

@putri_kartiikaa juga mengungkapkan bahwa penting sekali melihat suku bunganya. Di setiap pinjaman selalu ada bunganya, carilah aplikasi pinjaman online yang bunganya kecil, tidak merepotkan syaratnya, dan bagaimana limit pinjamannya. Kalau perlu, bandingkan aplikasi pinjaman online yang satu dengan yang lain. Bandingkan dan pilihlah yang sesuai dengan kebutuhan.


Cek media sosialnya dan googling

Aplikasi Pinjaman Online cuma Modal KTP
Cek semua platform aplikasi pinjol dan cek reviewnya

Zaman sekarang penting untuk selalu cek berulang kali sebelum terjun ke dalam pinjam uang di pinjol. Segala sesuatu yang berhubungan dengan uang memang harus dipikirkan matang-matang. Pengalamanku belanja di marketplace, selalu cek review pembeli. Kalau kebanyakan positif biasanya aku langsung belanja, jika tidak ya beralih ke toko lain.

Sejalan dengan pinjaman online, kamu harus banyak mencari informasi mengenai pinjol tertentu, cek komentar-komentar di media sosialnya, cek hastagnya, cek review di aplikasi Play Store, dan lain-lain. Bila kebanyakan positif, berarti aman.


Hanya untuk kebutuhan mendesak dan tidak melampau kemampuan untuk membayar

Aplikasi Pinjaman Online cuma Modal KTP
Menurut Sylvi, tidak berutang melebihi kemampuan membayar adalah langkah bijak. (Kredit: @sylviasoekotjo

Saran saja sih, jangan berutang kalau tidak mendesak, apalagi hanya untuk membeli hal-hal yang bukan kebutuhan utama. Buna selalu aman saat meminjam di aplikasi pinjaman online karena "Jumlah uang pinjaman aku bener-bener pake buat hal yang perlu banget, bukan hedon gaje," katanya. Sejalan dengan Buna, Sylvia Soekotjo, yang bekerja sebagai finance staff, pun berhutang di pinjaman online tidak melebihi dari kemampuan membayar. "Tiap habis gajian, di hari yang sama aku akan bayar semua tagihan terlebih dahulu karena aku berprinsip malu kalau ditagih," ujarnya.


Mulai hidup hemat dan menyisihkan uang setiap ada kesempatan

Aplikasi Pinjaman Online cuma Modal KTP
Mengurangi pengeluaran adalah salah satu cara agar Ari bisa melunasi utang tepat waktu (kredit: @pangeran.arree)

Yang dilakukan Ari Sofyan, teman Instagramku yang punya username @pangeran.arree, patut dicontoh. Tahu ia punya tanggungan di pinjaman online, ia memilih berhemat dan menyisihkan uang-uang kecil setiap kali ada kesempatan untuk membayar cicilan. "Misalnya dua hari ada duit walau cuma 20ribu aku simpen. Kalo jatah makan per hari 100ribu, aku pake hari ini 50ribu, sisanya buat nambahin cicilan. Jangan nunggu pas ampe jatuh tempo, pasti nyesek liatnya," ujarnya.


Aplikasi pinjaman online cuma modal KTP

Tips-tips di atas bisa kamu terapkan agar terbebas dari tunggakan yang mengakibatkan tagihan membengkak sampai puluhan juta. Aku juga punya rekomendasi aplikasi pinjaman online cuma modal KTP, yaitu singa.id. Salah satu aplikasi pinjaman online terbaik ini adalah layanan dari PT Abadi Sejahtera Finansindo di mana sudah bisa dibilang aman karena berizin dan dalam pengawasan OJK. 


Bunga pinjaman yang diberikan singa.id cukup rendah, hanya 0,8%, itu sudah termasuk biaya layanannya. Keunggulan lain, yaitu kredit diproses dan diterima dalam waktu singkat, aman sekaligus transaksinya transparan, serta data yang diberikan InsyaAllah aman dan tidak akan diperjualbelikan.

Aplikasi Pinjaman Online cuma Modal KTP


Kebetulan di masa pandemi selama beberapa waktu menyulitkan pergerakanku karena tidak ada penghasilan. Aku menemukan aplikasi pinjaman online singa.id di Play Store. Sayangnya aplikasi ini ada di android saja. Langkah-langkahnya mudah:

  • Setelah download, pilih jangka waktu pinjaman, jangka panjang atau jangka pendek. 
  • Registrasi dengan isi nomor hape atau email. Akan ada no OTP yang akan dikirimkan melalui sms.
  • Isi data diri, meliputi data diri, data pekerjaan, informasi kontak, dan data bank.
  • Jangan lupa untuk baca detail syarat dan ketentuannya. Poin ini sangat penting agar tidak terjadi kesalahpahaman di kemudian hari. Bila sudah setuju, bisa menekan tanda centang.
  • Bila disetujui, uang pinjaman akan masuk ke rekening.
  • Gunakan uang itu dengan bijak.


Bunga yang rendah menurutku jadi poin penting dalam satu aplikasi pinjaman online terbaik ini. meski begitu, kita juga harus bijak terhadap keputusan-keputusan yang sudah kita buat. Bila sudah mendesak, singa.id bisa menjadi salah satu pilihan terbaikmu untuk pinjam uang. 

No comments: