Tips Hemat Belanja Online Selama Ramadan

kredit: Ben Ostrower

Gila.. gila... gila... Ramadan sudah di depan mata. Tidak terasa ya? Pasti kamu sudah mulai heboh, bagaimana menjalankan puasanya, belanja bulanan, belanja baju baru dan tetek bengeknya, sekaligus mengatur jadwal beribadah dan pekerjaan agar saat menjalankan puasanya lancar. Tentunya, umat muslim tak mau ketinggalan melakukan banyak hal baik, apalagi keutamaan beribadah bulan Ramadan sudah dijamin. Namun, di sela-sela beribadah, kamu pasti juga memikirkan lebaran juga. Belum lagi harus mudik, mempersiapkan tiket pulang pergi, dan lain-lain. Bisa jadi selama bulan puasa, kita hanya fokus dengan itu, bisa jadi malah tidak dapat hemat. Pengeluaran jadi membludak. Eh, tapi tenang, saya punya beberapa tips belanja online, ya, belanja offline akan sangat mengganggu ibadah pasti, agar bisa hemat.

Kebetulan saya langganan belanja di Tokopedia. Jadi saya akan kasih tips biar kamu bisa belanja murah, semurah-murahnya di Tokopedia.


  • Bandingkan harga setiap toko
Ada banyak sekali toko berkualitas di Tokopedia. Jangan pernah lihat di satu toko. Bandingkan! Kalau perlu skrol sampai ke bawah-bawah, karena biasanya ada yang menjual dengan harga jauh lebih murah dengan kualitas barang yang sama. Cukup cari produk yang dibutuhkan, ribuan produk dengan berbagai harga siap untuk dibeli. Untuk menghemat pengeluaran belanja online saat Ramadan, cukup pilih produk dengan harga tepat dan spesifikasi yang pas.

  • Pilih produk berkualitas dari kreator lokal
Untuk membuat Ramadan Ekstra, bukan berarti harus selalu gunakan barang branded dengan harga selangit. Tokopedia, e-commerce dengan produk terlengkap memiliki koleksi  berbagai produk hasil kreasi kreator lokal maupun brand terkenal dunia. Hemat pengeluaran belanja kita di bulan Ramadan dengan memilih produk kreasi dari kreator lokal yang hadir dengan kualitas bersaing namun harganya lebih miring.
  • Cari toko online terdekat
Saat berbelanja online, komponen biaya yang tak boleh terlupakan adalah biaya ongkos kirim (ongkir). Pilih toko online yang lokasinya paling dekat dengan lokasi kita untuk mengurangi ongkir berlebihan. Di Tokopedia, kita dapat mengetahui lokasi toko online secara detail sehingga kita dapat memilih toko online dengan lokasi terbaik. Jangan sampai kamu sudah deal dengan harga di toko tertentu ternyata lokasinya jauh, begitu ditotal, harga bisa jauh lebih murah dari toko yang menjual barang tersebut dengan harga standar.
  • Pilih cara pembayaran yang tepat
Salah satu kemudahan berbelanja online di Tokopedia adalah dalam hal cara pembayaran. Berbagai metode pembayaran dapat kita gunakan mulai dari Saldo Tokopedia, transfer bank, kartu kredit, cicilan, hingga pembayaran melalui minimarket. Memilih metode pembayaran yang sesuai dengan kondisi keuangan tentu dapat menghemat pengeluaran saat berbelanja online.
  • Pilih metode pengiriman paling efisien
Dalam melakukan pengiriman barang yang kita beli, Tokopedia memberikan beberapa alternatif pengiriman, mulai dari pengiriman secara konvensional hingga kurir instan melalui jasa transportasi online. Dalam memilih metode pengiriman ini, kita dapat membandingkan biaya ongkos kirim terbaik diantara metode pengiriman yang ada untuk menghemat belanja online kita.
  • Manfaatkan promo dan diskon
Promo atau diskon memberikan pengaruh yang signifikan untuk menghemat pengeluaran kita dalam berbelanja online. Di bulan Ramadan kali ini, Tokopedia memberikan kesempatan baru bagi pembeli dalam menikmati bulan Ramadan. Dengan rangkaian promo sepanjang bulan Ramadan yang bisa kita gunakan untuk buat Ramadan kali ini makin Ekstra.
  • Belilah barang yang benar-benar dibutuhkan
Jangan beli barang hanya karena murah dan lucu. Beli yang benar-benar dibutuhkan. Konsep hemat bisa jadi hilang kalau kamu tergiur dengan promo-promo yang ada. Saya yakin bulan Ramadan ini promo gila-gilaan pasti banyak, tapi tetaplah bertahan dengan prinsip tersebut. Ingat, setelah lebaran, jangan sampai kamu kehabisan uang untuk jajan.

Oh ya bocoran, masih ada rahasia kejutan pada 25 Mei 2018 dari Tokopedia yang akan membuat Ramadan Ekstra menjadi lebih Ekstra! Layaknya festival belanja onlineBlack Friday”, kejutan seperti apa yang bakal buat pengalaman belanja online di bulan Ramadan Ekstra ini jadi lebih spesial?

Saya yakin kamu penasaran? Sama. Hahaha... Nah itu dia, mulai sekarang saya kudu menabung untuk kejutan-kejutan yang akan ditawarkan pada tanggal itu. Saya kebetulan orangnya penyabar sih. Kamu saya saya tunggu sampai putus dengan dia, apalagi kabar baik dari Tokopedia? 

7 comments:

Dee Rahma said...

Noted nih, bulan ramadhan bisa memanfaatkan promo belanja dari tokopedia :)

Cheers,
Dee Rahma - heydeerahma.com

Mas Edy Masrur said...

Asiik, dapet ide buat belanja keperluan Lebaran di Tokopedia aja. Makasih infonya, Kak.

Ang Leonard Anthony said...

Wah saya banget nih kl mau belanja online selalu membandingkan ke suma OL shop hehehe

Ariefpokto said...

Duh tgl 25 bentar lagi. Siap2 aaaah.. Ada kejutan apa yaaa

Liana said...

belanja online emng lebih hemat pastinya ya mas.
udah gak makan banyak waktu, bahkan dari rumah atau kantor aja kita bisa belanja.

btw saya jadi gak sabar mau cepet2 tgl 25 mei haha

deddyhuang.com said...

asikk... uwan mau traktir aku belanja di tokped pake tokocash :p

Matius Teguh Nugroho said...

AKU MAOK BELI KOPER 20 INCH!