Saturday, January 11

Tips Mewujudkan Resolusi 2020

Sebagian manusia sudah punya rencana tahun 2020 mau ngapain, yang jelas resolusi 2020 kudu lebih baik daripada tahun 2019. Ada yang sudah mencatat dan mengorganisir harus ngapain aja, ada yang sudah punya resolusi tahunan tapi tidak punya kerangka kerja (jadi ya tetap diserahlan kepada takdir), dan ada juga yang tidak punya resolusi tapi lebih ke “ya udah jalani aja”.

Resolusi 2020
Bab resolusi kehidupan selalu menghantui memang wkwk

Kamu termasuk yang mana? Kalau aku sebenarnya resolusi tahun baru selalu ada, tapi gak tahunan. Selama aku punya niat, punya mimpi dan itu belum tercapai, ya itu resolusi tahun baru ku. Gak tertulis sih. Dulu sempat bikin resolusi tahunan di buku catatan, eh tapi lebih ke bucket list (daftar keinginan). Waktu SD aku punya diary dan selalu menuliskan curahan hatiku di sana. Sekarang diary sudah tidak ada, berganti ke blog dan media sosial. Ya postingannya sudah bukan curhat yang bersifat personal sih, lebih ke hal-hal yang sekiranya bisa diambil manfaatnya oleh orang lain.

Aku masih ingat beberapa list impian dalam resolusi tahunan yang sudah terwujud, salah satunya menerbitkan buku dan membaca puisi di depan banyak orang di acara besar. Aku bahagia sekali begitu daftar-daftar itu terwujud. Namun ada juga yang gak terwujud sampai sekarang. Nah, gimana caranya biar resolusi 2020 dan bucket list kita terwujud?

Niat yang sangat tulus dan ikhlas

Setiap melakukan sesuatu yang baik dan berguna (minimal buat diri sendiri) harus diniatkan. Karena niat adalah pembuka gerbang cita-cita kita. Contohnya begini, sudah larut malam dan harusnya kamu sudah pulang ke rumah, tapi kalau niat saja tidak ada, semesta akan mencarikan jalan keluar dari masalahmu? Nah, makanya kalau bikin resolusi 2020 kudu dengan niat yang benar.

Gak usah muluk-muluk bikin bucket list (daftar keinginan)



Resolusi 2020
Daftar cita-cita berkala bisa ditulis di laptop kok kalo udah ga musim yang namanya notebook

Ya bikin daftar keinginan (bucket list) buat resolusi tahunan kalau bisa yang realistis. Gak apa-apa keinginannya cukup besar, seperti menjadi penyanyi papan atas, menjadi bintang film holywood, dan lain-lain. Itu mimpi jangka panjang yang harus ditanamkan dalam diri.






Lalu maksudnya yang muluk-muluk itu bagaimana? Menurut aku yang gak mungkin terjadi dan kita gak ada usaha untuk meraihnya, misalnya ingin jadi istri Pangeran Charles sementara yang kita tahu beliau sudah menikah dan kamu sama sekali tidak mengasah kemampuan bahasa inggrismu, ingin jadi penyanyi top tapi kamu sadar suaramu sumbang dan kamu sama sekali gak ada usaha buat ikut kursus vokal atau latihan otodidak di rumah, ingin menjadi kurus tapi kamu tidak berusaha sedikit pun berolahraga atau tidak mengubah pola hidup sehat.

Ya kalau sudah begitu bucket list mu hanyalah penghias impianmu. Gak bakalan terwujud. Ya mimpi aja terus. Tidur terus. Es terus! Eh.

Melakukan strategi untuk mencapai impian yang paling mudah

Coba lihat daftar resolusi tahunan mu, cari yang paling gampang mewujudkannya. Misalnya yang paling gampang adalah bikin baju karya sendiri. Tinggal nabung, beli kain, membuat desain, cari penjahit, dan menunggu hasil karya sendiri. Jadi. Hem, atau punya daftar keinginan makan kepiting di sebuah restoran mahal. Ya, sama saja. Kumpulin duit dulu, hemat pengeluaran untuk mewujudkan keinginan. Nah untuk daftar keinginan yang agak sulit, dikerjakan pelan-pelan sambil melakukan hal lain.






Resolusi tahun baru meski terlihat ketinggian tidak apa. Yang jelas kudu pasang strategi. Bagaimana mau tercapai resolusi tahun baru nya kalau cuma diam-diam saja dan tidak melakukan sesuatu. Melakukan sesuatu pun gak cuma asal ngelakuin kan.

Santuy dalam kehidupan dan mewujudkan resolusi 2020

Resolusi 2020
Gak usah terlalu ngoyo. Nanti gila kamu itu...

Ya hidup dinikmati saja. Tidak perlu dibuat susah. Bila ada keinginan yang belum tercapai tahun ini, ya tidak perlu begitu stres. Bisa jadi tahun 2021 baru bisa memetik semua usaha yang konsisten kita lakukan di tahun ini. Yang jelas, jangan terlalu ngoyo meskipun punya resolusi 2020 yang lebih baik dan lebih hebat. Hidup kita bukan kita yang atur yang penting sudah berusaha.

Post a Comment

1 comment:

  1. intinya mah selow aja yah bang uwan hehehe, slow but sure ;)

    ReplyDelete

Terimakasih sudah meninggalkan komentar. Saya doakan kamu selalu sehat, dilimpahkan rahmat dan rezeki, serta diberi kesehatan jasmani dan rohani. Aamiin.