Skip to main content

Tiga Hari Seseruan Jelajahi Semarang

Pagi itu saya sudah melayang-layang di udara. Langit terang, tampaknya matahari sedang bahagia. Beberapa kumpulan awan bersenda gurau dengan sesamanya. Saya lihat ke bawah, hamparan sawah berpetak-petak, ada sungai panjang. Genangan-genangan air pantulkan sinar.

Kemudian pemandangan berganti menjadi sekumpulan atap-atap rumah berwarna cokelat-jingga, ada bangunan masjid, pabrik, dan lapangan.


Pesawat kecil membawa saya terbang rendah menuju Bandara Ahmad Yani, Semarang. Beberapa kali berpapasan dengan awan-awan kecil serupa kapas. Kenangan tentang gunting dan cutter yang terpaksa ditinggalkan di Bandara Juanda, telah lenyap. Saya lupa menitipkannya ke bagasi. Terciduk di mesin deteksi, petugas meminta saya untuk meninggalkan benda berharga tersebut.

Untuk kedua kalinya saya mengunjungi Semarang, kota metropolitan terbesar kelima di Indonesia setelah Jakarta, Surabaya, Medan, dan Bandung. Kota dengan sedikit kenangan buat saya itu ternyata menyimpan banyak sejarah dan surga kuliner bagi pecinta kudapan. Selain itu Semarang mendapatkan predikat kota metropolitan paling  layak huni. Sejajar dengan posisi Denpasar dan Palembang. Melalui prestasi tersebut, tentu ada kebanggaan bisa berkunjung kembali ke kota yang dikenal dengan lumpianya itu.

Bertemu Rombongan

Di bandara, saya bergabung dengan rombongan Jelajah Gizi 2018 dari Jakarta. Melalui sebuah kompetisi yang diadakan di Instagram, saya lolos dan masuk 10 besar. Sebagai penghargaannya, seluruh peserta diminta ikut dalam kegiatan tersebut di Semarang selama tiga hari. Tentu saja, kesempatan ini tidak akan saya abaikan. Apalagi kegiatan ini diadakan oleh Nutricia Sarihusada. 


Jelajah gizi di Semarang termasuk kegiatan keenam setelah sebelumnya sempat mendarat di Gunung Kidul (Jawa Tengah), Kepulauan Seribu (DKI Jakarta), Denpasar (Bali), Manado (Sulawesi Utara), dan Malang (Jawa Timur). Saya yakin, pemilihan kota di Provinsi Jawa Tengan ini sudah diperhitungkan baik-baik. 

Jelajah gizi merupakan wadah untuk media dan komunitas penggiat media sosial (blogger) untuk membahas tentang gizi dan pangan lokal. Tujuannya memang untuk sebarkan potensi pangan lokal ke masyarakat luas. Program ini sudah berlangsung sejak tahun 2012. Tak hanya untuk tahu pangan lokal di daerah tersebut, tapi juga mengulik sejarah dan kandungan gizi di dalamnya.

Nutricia dan Sarihusada punya komitmen untuk pastikan kehidupan manusia lebih baik di generasi kini dan kemudian. Salah satunya dengan pemenuhan nutrisi pada tahap awal kehidupan. Kedua perusahaan itu percaya bahwa pemenuhan nutrisi sehat selama 1.000 hari pertama sejak di dalam kandungan hingga tahun ke-2 dampaknya akan panjang. Selain itu, mereka juga bekerja sana dengan dokter, ibu, dan praktisi kesehatan untuk beri edukasi, memberi dukungan konseling, dan beri program pengembangan anak

Terhitung tahun 1954 Sarihusada hadir di Indonesia, kemudian disusul Nutricia tahun 1987. Kedua perusahaan tersebut bagian dari keluarga Danone Early Life Nutrition. Danone sendiri adalah salah satu perusahaan makanan dan minuman terbesar di dunia yang punya misi memberi kesehatan kepada mamsyarakat luas. Danone beroperasi di 160 negara dengan jumlah karyawan lebih dari 100.000 jiwa di seluruh dunia.

Kegiatan jelajah gizi itu berupa rangkaian wisata kuliner dari satu tempat ke tempat lain, mendapat inspirasi dari kisah hidup pendirinya, mengetahui sejarahnya, mengetahui kandungan gizi di dalamnya, pelajari cara membuat dan cara mengolah, sekaligus menyebarkannya kepada masyarakat luas di media masing-masing. Berlangsung selama tiga hari (20-22 April 2018), seluruh peserta juga dihimbau untuk sosialisasikan konsep pangan berkelanjutan seluas-luasnya.

Untuk cerita lengkap wisata kuliner selama tiga hari, kamu bisa baca ini

Berkeliling Semarang

Tak hanya eksplorasi pangan lokal, saya dan teman-teman juga melakukan kunjungan wisata ke beberapa tempat. Sekalian ada di Semarang, tidak mungkin sepanjang hari selama tiga hari saya makan saja, bukan? Kalau kamu mencari informasi seputar tempat wisata di Semarang, tentu yang akan muncul banyak, mulai dari yang bernuansa alam, museum, sampai bangunan instagramable. Boleh saya sebutkan beberapa? Boleh? Asyik. Baiklah, beberapa tempat wisata di Semarang yang sangat ingin saya kunjungi, antara lain Old City 3D Trick Art Museum, Setiya Aji Flower Farm, Puri Maerokoco, Bantir Hills, Lereng Kelir, Masjid Agung Jawa Tengah, Hutan Pinus Kayon, Museum Kereta Ambarawa, Benteng Pendem Ambarawa, Umhil Sidomukti, dan Curug Lawe. Ah, kebanyakan wisata alam ya? Iya. Saya termasuk salah satu orang yang lebih suka berwisata alam, tapi bukan berarti tidak suka bermain-main di tempat wisata non-alam. Saya juga suka berkunjung ke museum dan tempat-tempat dengan arsitektur menawan.

Untuk mempermudah saya bercerita, seperti kisah tentang wisata kuliner sebelumnya, saya akan buat poin per poin.

Masjid Raya Baiturrahman

Terletak di pusat kota, masjid ini diresmikan oleh Presiden Soeharto pada 15 Desember 1974. Kali kedua ke Semarang akhirnya bisa merasakan salat di sana. Kebetulan hari pertama Jelajah Gizi 2018 jatuh pada hari Jumat, pria muslim yang ikut serta, salat jumat di sana. Masjid berbentuk limas berdiri di atas lahan seluas 11.765 m2. 


Masjid Raya Baiturrahman termasuk masjid terbesar di Kota Semarang. Dengan kapasitas ribuan jamaah, masjid ini bergaya arsitektur Jawa. Kubahnya di dalam berbahan kayu. Nuansa hijau terasa kental jika dilihat dari luar, sebab pagar dan gerbang dicat warna hijau dengan ornamen dan kaligrafi hijau. Tempat wudlu memiliki banyak sekali kran, sehingga tidak membutuhkan lama antri. Di dalam masjid terasa sejuk dan saya takjub dengan kaligrafi besar yang menempet di bagian depan. 

Simpang Lima

Kredit: @dadangtriippo

Simpang Lima sudah saya ceritakan sebagian di tulisan sebelumnya. Kebetulan memang suasana di Simpang Lima sangat mendukung untuk berkumpul bersama teman-teman atau mengadakan kegiatan bersama. Selain, terdapat pujasera yang mengelilingi Lapangan Pancasila, ada beberapa wahana yang tidak bisa dilewatkan begitu saja, misalnya naik sepeda atau naik kendaraan dengan lammpu-lampu kecil sebagai hiasannya. Menyenangkan? Tentu saja akan menyenangkan jika dilakukan bersama teman-teman. Jika bosan, kamu bisa pergi ke pusat perbelanjaan yang juga ada di sana. 

Kawasan Kota Lama

Setiap kota saya yakin ada kawasan bersejarahnya. Zaman dahulu kala, Indonesia pernah dijajah bangsa asing selama beratus-ratus tahun. Jadi wajar jika bangunan-bangunan peninggalan penjajah bertahan. Hanya saja, tidak setiap kota punya bangunan bersejarah yang banyak, di Situbondo saja bangunan lama letaknya terpisah dan tidak semegah di Jakarta atau Semarang. Kalau kamu pernah ke Jakarta atau tinggal di Jakarta dan sekitarnya kemungkinan besar pernah ke kawasan kota lama. Semarang pun punya dan sudah menjadi kawasan wisata untuk turis lokal maupun mancanegara. 


Sebenarnya saya dan teman-teman tidak benar-benar berjalan di kawasan Kota Lama. Kebetulan waktu itu sedang ada kegiatan di dalam dan waktu sudah menunjukkan jam-jam istirahat, akhirnya diputuskanlah kembali ke hotel. Namun, tidak sesedih itu juga sih, bus masih bisa berkeliling di kawasan Kota Lama dengan dipandu guide lokal.

Lawang Sewu

Lawang Sewu termasuk ikon Kota Semarang. Ada cerita seram di balik bangunan tersebut karena memang pada zaman dahulu beberapa bagiannya digunakan sebagai penjara bawah tanah. Dua kali ke Lawang Sewu, dua kali pula dipandu. Lawang Sewu merupakan bangunan bekas kantor perusahaan kereta api swasta pada masa Hindia-Belanda.


Nama asli Lawang Sewu adalah Indische Spoorweg Maatscappij. Perusahaan ini yang pertama kali membangun jalur kereta api di Indonesia yang menghubungkan Semarang dengan Surakarta dan Yogyakarta. Setelah kemerdekaan, Lawang Sewu digunakan sebagai Perusahaan Kereta Api, lalu diambil alih oleh militer. Bahagianya, Lawang Sewu saat ini kembali ke tangan PT. KAI dan sempat dipugar dan dikelola museum pada 2011.


Cukup menyenangkan saat menyusuri bagian dalam Lawang Sewu. Saya bisa menemukan benda-benda bersejarah, foto-foto zaman lampau, dan cerita-cerita. Lawang Sewu tak benar-benar berpintu seribu, jumlah yang benar diperkirakan 429 pintu. Beberapa teman yang punya kemampuan merasakan dan melihat makhluk selain manusia, pasti merasakan aura tersebut. Namun, untuk saya yang tidak punya kelebihan tersebut, menyusuri bagian dalam bangunan sangat mengesankan. Apalagi saya termasuk yang suka berkunjung ke bangunan bersejarah. Oh ya, ada area-area yang tidak bisa saya kunjungi karena ditutup untuk umum.

Kampoeng Kopi Banaran

Sudah puas berkeliling ke bangunan terbaik di Semarang, kini saatnya saya ajak kemu berkeliling di Kampoeng Kopi Banaran. Selama perjalanan menuju lokasi, saya sempat tertidur di dalam bus. Lokasinya memang agak jauh dari pusat kota, kebetulan tempat wisata ini termasuk wisata alam. 


Kampoeng Kopi Banaran bisa dibilang paket lengkap, karena termasuk salah satu wisata agro di bawah naungan PT Perkebunan Nusantara IX. Letaknya di area Perkebunan Kopi Kebun Getas Afdeling Assinan, Jalan Raya SemarangSolo KM 35. Saya betah di sana, kenapa? Udaranya sejuk, biasanya berkisar antara 23-27 derajat Celcius. Wajar, ketinggian areanya berkisar 480-600 mdpl. Tak hanya itu, ada banyak pepohonan di sana termasuk kebun kopi, bangunan untuk menikmati kopi Banaran, area bermain anak-anak, corporate gathering, coffe walk, out bound, kolam renang, gazebo, hotel, lapangan tenis, taman buah, gedung pertemuan, musala, meeting room, dan Griya Robusta. Total luas areanya 420 hektar.


Karena waktu hanya sampai usai makan siang, tidak mungkin juga saya menikmati semua fasilitas yang ada. Pilihannya ya, naik kereta berkeliling kebun kopi. Ada pemandu lapang sekaligus supir kereta yang siap dicerca jutaan pertanyaan. Tanaman kopi di sana tinggi maksimal hanya 120 cm. Itu bertujuan agar tanaman kopi tidak tumbuh menjulang dan percabangannya cukup banyak dan dapat dijangkau saat panen.


Jenis kopi yang ditanam adalah robusta. Jika ditanya apa kekhasan kopi Banaran? "Kopinya tidak berampas dan aman buat lambung," kata Jati Nugroho, pemandu kami. Kopi sudah berusia sekitar 15 tahun dan kira-kira saat usia 43-45 tahun, tanaman kopi akan diganti dengan tanaman baru. Panen biasanya tiap bulan Juni, Juli, dan Agustus dan menghasilkan sekitar 700 ton kopi per tahun. Kabar baiknya, 75% hasilnya diekpor. Artinya, kopi di Banaran cukup diperhitungkan di luar negeri dan berkualitas. Saya juga sarankan untuk kamu yang berkunjung ke tempat ini, sewa kereta agar bisa menikmati kesejukan kebun kopi dan melihat pemandangan Rawa Pening dari ketingian. Untuk menyewa kereta sekaligus pemandunya, kamu cukup mengeluarkan uang Rp75.000 saja.

Kelenteng Gedung Batu Sam Poo Kong

Hai teman-teman, saya perlu memberi sambutan sedikit kenapa saya senang terpilih di Jelajah Gizi 2018 ini. Karena... karena... karena... untuk pertama kalinya masuk ke kelenteng (salah satunya). Kelentengnya pun tidak kecil. Sudah lama sekali saya idam-idamkan berkunjung ke Klenteng dan melihat kesibukan apa yang ada di dalamnya. Alhamdulillah, terwujud setelah lima ribu purnama. Haha...


Kelenteng Sam Poo Kong adalah petilasan Laksamana Tiongkok Zheng He (Cheng Ho). Tempat ini dijadikan sebagai tempat peringatan, pemujaan (sembahyang), dan untuk berziarah. Konon katanya, beberapa awak kapal memilih untuk tinggal di Semarang karena telah menikah dengan penduduk setempat dan punya keturunan. Tak heran jika di Semarang penduduk keturunan Tionghoa-nya cukup banyak.

Captured by @ariefpokto

Luas Kelenteng Sam Poo Kong 3,5 hektar. Luas itu hampir menyerupai luas kerajaan Cina. Tempat ini pun dibangun untuk mengenang Laksamana Ceng Ho karena membantu perdamaian dan menyebarkan toleransi terhadap agama apapun. 


Oh ya saat Minggu, akan ramai pengunjung. Saya kira kalau hari-hari biasa tidak seramai itu. Karena ramai, biasanya ada barongsai untuk menghibur pengunjung. Juga, area-area di kelenteng dibatasi. Area untuk wisata dan sembahyang berbeda. Untuk masuk ke area sembahyang, pengunjung harus membeli peralatan sembahyang dan tidak boleh berfoto sembarangan.


Perjalanan selama di Semarang cukup menyenangkan. Saya tidak hanya bertemu teman baru, belajar hal baru, makan-makanan baru, tapi juga pergi ke tempat-tempat baru. Akhirnya menjadi tulisan ini. Di antara keseruang-keseruan itu, saya dan teman-teman harus berpisah juga, kembali ke kehidupan masing-masing, berjuang hidup kembali. Saya terbukti dapat pulang dengan selamat ke Situbondo, meski harus melalui beberapa tragedi delay nyaris empat jam dan terjebak di Bandara Juanda sampai pukul tiga pagi. Kenangan-kenangan itu masih ada, tersimpan rapi, termasuk kenangan tentang kamu, senyum kamu, perhatian kamu, dan genggaman tanganmu (eh, gimana?). Saya sudah kembali ke dunia nyata setelah usai berkisah dalam tulisan ini. Semoga tulisan ini bermanfaat. (Uwan Urwan)

Referensi 
Tribunnews.com
Anekawisata.com
Seputarsemarang.com
Alamatmasedy.com
Kampoengkopibanaran.co.id

Comments

Paling banyak dibaca

Mengilhami Dinding Sel Supermini

Pohon mangga ( Mangifera indica ) setinggi 4 m berdiri kokoh di halaman kantor saya. Daunnya rimbun membentuk payung hidup. Saat berdiri di bawah naungannya, angin sejuk dapat saya rasakan. Tentu saja, oksigen sebagai hasil metabolisme tanaman anggota family Anacardiaceae itu membersihkan karbondioksioda di udara dan digantikan oleh unsur yang bersifat oksidator. Pantas jika setiap orang yang ternaungi, tak hanya terlindung dari terik matahari, tetapi juga merasa segar. Pohon mangga (kredit: irwantoshut.net )        Tanaman itu sangat kokoh dan konsisten berdiri bertahun-tahun bahkan kian tinggi. Meski tidak memiliki rangka seperti hewan dan manusia, tanaman (tak hanya mangga) memiliki rangka-rangka dalam berukuran mikroskopis. Rangka-rangka itu dapat disebut dinding sel. Sebenarnya tidak tepat jika saya mengatakan bahwa dinding sel adalah rangka dalam (endoskeleton) tanaman, tetapi fungsinya mirip dengan sistem rangka pada tubuh hewan. Itu terbukti pada fungsinya yang memberi be

Jamur blotong Nama Ilmiahnya Ternyata Coprinus sp.

Saya menduga jamur yang selama ini saya beri nama jamur blotong nama ilmiahnya Coprinus sp. Setiap usai musim giling, biasanya musim hujan, saya dan tetangga berburu jamur ini di tumpukan limbah blotong di dekat Pabrik Gula Wringin Anom, Situbondo. Jamur Coprinus sp . tumbuh di blotong Asli, kalau sudah tua, payungnya akan berwarna hitam seperti tinta dan meluruh sedikit demi sedikit Sudah sekian lama mencari tahu, berkat tulisan saya sendiri akhirnya saya tahu namanya, meski belum sampai ke tahap spesies . Jamur yang bisa dimakan ini tergolong dalam ordo dari Agaricales dan masuk dalam keluarga Psathyrellaceae. Selain itu, jamur ini juga suka disebut common ink cap atau inky cap (kalau benar nama ilmiahnya Coprinus atramentarius ) atau Coprinus sterquilinus (midden inkcap ) . Disebut begitu karena payungnya saat tua akan berwarna hitam dan mencair seperti tinta. Nama yang saya kemukakan juga berupa dugaan kuat, bukan berarti benar, tapi saya yakin kalau nama genusnya Copr

100 Blogger Keren Berkumpul! Orang-orang Terbang ke Jakarta Demi Momen Ini...

Dunia blogger bukan lagi sekadar hobi, tetapi sebuah panggung untuk menggali potensi tak terduga. Menemukan ratusan blogger dari berbagai latar belakang dan talenta yang beragam adalah sebuah pengalaman yang luar biasa. Mereka tidak hanya menulis, tetapi juga menjadi fotografer, desainer, dan penggiat seni lainnya. Bergabung dalam komunitas yang beragam ini membuka mataku tentang keberagaman dan kemungkinan yang tak terbatas di dunia maya. Keajaiban Acara BloggerDay 2024: Inspirasi, Peluang, dan Persahabatan BloggerDay 2024 adalah magnet bagi blogger dari seluruh Indonesia. Acara ini bukan hanya tentang berbagi tips dan trik, tetapi juga tentang membangun hubungan, menciptakan peluang, dan menemukan teman sejawat. Bertemu dengan 100 blogger keren dari berbagai penjuru memberikan energi dan inspirasi yang luar biasa. Ini adalah momen langka di mana bakat, kreativitas, dan semangat bersatu untuk merayakan kekuatan komunitas. Mendekati Masa Depan Blogger dengan Dukungan Para Sponsor Acara

Alun-alun Situbondo Dulu dan Sekarang

Alun-alun ibarat pusat sebuah kota, semua orang bisa berkumpul di tempat itu untuk berbagai kegiatan, sebagai ruang publik, ruang sosial, dan ruang budaya. Alun-alun sudah ada sejak zaman Kerajaan Majapahit. Umumnya alun-alun dikelilingi oleh masjid, pendopo, penjara, dan area perkantoran dan dibatasi oleh jalan. Dulunya area ini dipagari Begitu pun Alun-alun Situbondo, batas selatan adalah pendopo, batas barat adalah Masjid Agung Al-Abror, batas timur adalah penjara, dan area perkantoran ada di bagian utara. Dulu, ada pohon beringin besar di tengah-tengah alun-alun Situbondo. Aku tidak ingat betul seberapa besar tapi yang aku tahu dulu ada di tengah-tengah. Masjid Al-Abror juga sudah jauh lebih bagus sekarang Alun-alun Situbondo pernah punya pohon beringin besar Gerakan protes pada akhir masa kepemimpinan Presiden Abdurrahman Wahid, tahun 2001, memicu gerakan besar yang menumbangkan sekitar seratus pohon, termasuk pohon beringin di alun-alun karena dianggap sebagai simbol partai Golka

Bagaimana menu isi piringku yang benar?

Sering mendengar frase Isi Piringku? Hem, sebagian orang pasti tahu karena kampanye yang dimulai dari Kementerian Kesehatan ini sudah digaungkan di mana-mana, mulai dari media sosial, workshop-workshop kesehatan di daerah-daerah, dan sosialisasi ke ibu-ibu begitu ke Posyandu.  Slogan Isi Piringku menggantikan 4 Sehat 5 Sempurna Isi Piringku adalah acuan sajian sekali makan. Kampanye ini sudah diramaikan sejak tahun 2019 menggantikan kampanye 4 sehat 5 sempurna. Empat sehat lima sempurna terngiang-ngiang sekali sejak kecil. Terdiri dari nasi, lauk-pauk, sayur-mayur, buah-buahan, dan susu adalah kombinasi sehat yang gizinya dibutuhkan tubuh, sebab mengandung karbohidrat, protein, vitamin, dan mineral, susu adalah penyempurnanya. Kenapa harus berganti slogan?  Slogan 4 Sehat 5 Sempurna yang aku tangkap maknanya, dalam setiap makan harus ada empat komposisi dan susu. Mengenai jumlahnya, aku bisa ambil nasi lebih banyak dengan sedikit sayur atau sebaliknya, atau sebebas-bebasnya kita saja.

Insto Dry Eyes: Rahasia Menghadapi Mata Kering dan Computer Vision Syndrome

Pernahkah kamu merasakan matamu berkunang-kunang dan migrain setelah seharian menatap layar hape? Aku mengalaminya. Aku, Uwan Urwan, seorang pengembara kata, pemburu cerita, dan pencipta puisi, nyaris terjebak dalam jerat kecanduan layar. Mata yang lelah dan kering menjadi teman setia. Pengalaman Mata Kering karena Terlalu Lama Menatap Layar Hape Keseharianku sebagai seorang blogger, kreator konten, dan penulis puisi membawaku dalam aliran teknologi, menyulut pancaran cahaya layar sepanjang hari. Awalnya hanya urusan pekerjaan, namun perlahan, kebiasaan membuka hape dan laptop terus menggelayuti, meski cahaya pekerjaan telah surut. Mataku pun menjadi korban kelelahan yang terabaikan. Dalam dunia maya, aku menemukan kebahagiaan berinteraksi, meresapi riset para peneliti, dan terbius oleh pancaran cahaya teknologi. Sulit untuk melepaskan diri dari belenggu kecanduan layar hape, bahkan dalam momen-momen sederhana sehari-hari. Namun, kebahagiaan hakiki ditemukan ketika berada di tengah-ten

Bagaimana ASUS ROG Phone 8 Mengubah Cara Aku Bekerja!

Aku, Uwan Urwan, menggenggam erat peran sebagai penulis, kreator konten, dan gamer dalam dunia freelance yang penuh tantangan. Hidupku berkutat dengan smartphone, alat sehari-hari yang memegang kendali terhadap pekerjaanku. Namun, kebahagiaan ini sering terhalang oleh masalah yang timbul dari smartphone yang sudah lama menemani langkahku. Rusaknya Hape Lama: Layar Buram, Kamera Rusak Layar yang mulai muncul bercak-bercak yang sangat menggangu dan kamera depan yang tidak berfungsi. Itu menjadi mimpi buruk bagi seorang freelancer sepertiku. Setiap kata yang kucatat, setiap gambar yang kurekam, semuanya terasa terhambat oleh keterbatasan ini. Selain kamera depan yang rusak dan layarnya sudah muncul bercak, smartphone ini harus aku isolasi karena LCD-nya sudah bisa copot Apalagi jika ada job review yang mengharuskan membuat video atau berfoto selfie dengan produk. Rasanya seperti ingin membatalkan kerjasama tapi mau tidak mau aku harus mengerjakannya agar bisa bertahan hidup. Mau tidak mau

Styrofoam Aman Digunakan Kok. Siapa Bilang berbahaya?

Hasil pengujian Badan POM RI terhadap 17 jenis kemasan makanan styrofoam menunjukkan bahwa semua kemasan tersebut memenuhi syarat, artinya styrofoam aman digunakan. Sampai detik ini tidak ada satu negara pun melarang penggunaan styrofoam atas dasar pertimbangan kesehatan. Pelarangan penggunaan styrofoam, nantinya akan jadi sampah non organik, di beberapa negara biasanya berhubungan dengan pencemaran lingkungan. Padahal daur ulang styrofoam sangat mudah. Menurut JECFA-FAO/WHO monomer stiren pada wadah gabus tidak mengakibatkan gangguan kesehatan jika residunya berada di ambang batas 40-500 ppm. Kalau mencapai 5000 ppm bisa menyebabkan kanker. Bungkus makanan hangat pakai styrofoam aman kok Kemasan makanan styrofoam ternyata sebagian besar adalah udara Badan POM RI menguji 17 jenis kemasan, antara lain berupa gelas POP MIE rasa baso, gelas POP Mie Mini rasa ayam bawang, mangkuk NISSIN Newdles Mie Goreng Pedas Kriuk Bawang, mangkuk Bowl Noodle Soup Kimchi flavour Vegetal, kot

Teknologi Scanner dan Printer yang Makin Hebat

Kebutuhan scan dan cetak dokumen sudah sejak dahulu kala ada dan masih diperlukan. Meskipun saat ini sudah banyak perusahaan, organisasi, sekolah, dan kampus yang beralih online, tapi untuk kebutuhan tertentu, dokumen hardcopy sangat penting. Meskipun ada aplikasi scanner, keberadaan scanner yan dijual secara offline tak mengurangi peminatnya sebab secara kualitas aku sangat puas dengan scanner yang mesin. Scanner sekarang pun spesifikasi dan fiturnya lebih canggih, tak perlu repot lagi mencari apliksi scanner tanpa watermark. Kita bisa scan apa saja termasuk scan kartu vaksin. Sementara itu printer terbaik 2021 pasti tergantikan dengan printer terbaik 2022 karena teknologi selalu berkembang.  Scanner tanpa watermark, memindai dua sisi dalam sekali scan Perlu scan dokumen yang di dalam satu kertas, dua sisinya ada tulisannya? Aku punya rekomendasi buat kamu, yaitu HP ScanJet Pro N4000 snw1 Sheet-feed Scanner. Panjang sekali ya namanya. Hehe. Scanner ini tentu akan mempermudah pekerjaan

Bunga Telang Ungu (Clitoria ternatea) Jadi Alternatif Pengganti Indikator PP Sintetis

Makin ke sini, ketenaran bunga telang (Clitoria ternatea L.) kian meluas. Banyak riset terbit di internet, juga tak ketinggalan pecinta herbal dan tanaman obat ikut berkontribusi memperluas infromasi itu.  Bunga telang ungu, tanaman yang juga dikenal dengan nama butterfly pea itu termasuk endemik karena berasal dari Ternate, Maluku, Indonesia. Meski begitu, banyak sumber juga mengatakan bahwa bunga telang berasal dari Afrika, India, Amerika Selatan, dan Asia tropis. Banyak info simpang siur karena sumber-sumber yang aku baca pun berasal dari riset-riset orang. Nanti jika ada waktu lebih aku akan melakukan riset lebih dalam mengenai asal usulnya. Antosianin bunga telang merupakan penangkal radikal bebas Kredit : researchgate.net Bunga telang kaya akan antosianin. Antosianin adalah golongan senyawa kimia organik berupa pigmen yang larut dalam air, menghasilkan warna oranye, merah, ungu, biru, sampai hitam. Tak hanya pada bunga Clitoria ternatea, antosianin juga ada di banyak buah dan say