Yang Perlu Kamu Tahu Tentang Kopi Tokcer Yang Saya Minum


Kopi sudah menjadi kebutuhan yang tak dapat digantikan dengan minuman lain. Itu sudah berlangsung sejak dahulu kala. Di berbagai daerah, kopi wajib dihidangkan untuk tamu laki-laki, apalagi jika sedang nongkorng bersama teman-teman. Untuk tamu perempuan biasanya disuguhi teh. Hal ini berlangsung cukup lama, termasuk di Situbondo, meski penikmat kopi tidak hanya laki-laki dan penikmat teh bukan hanya perempuan.


Kebetulan Indonesia termasuk salah satu negara produsen kopi, di mana masing-masing daerah punya kekhasan, misanya kopi Gayo, kopi Batak, kopi Aceh, kopi Bali, kopi Situbondo, dan kopi-kopi lain yang citarasanya diduga bergantung pada mineral yang terkandung di dalam tanah di daerah masing-masing. Meski sebenarnya saya pun percaya perawatan memegang peranan penting dalam menjaga kualitas citarasa kopi.

Tanpa disadari memang kopi menjadi kebutuhan primer/sekunder/tersier (ini juga tergantung individu). Beberapa orang tidak bisa bekerja jika tidak minum kopi, tetapi beberapa orang lain bisa. Berbagai varian produk kopi pun bermunculan, baik yang lokal atau yang sudah diproduksi skala besar. Kopi apa favoritmu? Kopi hitam? Kopi susu? Kopi rempah? Kopi ginseng? Kopi luwak? Atau kopinang kau dengan seperengkat alat salat dan kasih sayang? Eh. Sayangnya kopi ini tidak hanya ada di Indonesia. Di negara lain juga ada. Mangkanya tak heran jika gerai coffee shop selalu ramai dikunjungi orang dari berbagai kalangan, baik yang tua, muda, kaya, dan miskin.

Berasal dari negara muslim
Kopi adalah hasil seduhan biji kopi. Biji kopi dalam bentuk bulat? Tentu tidak. Biji kopi yang dipanen dari pohon kemudian dikeringkan lalu disangrai. Biji kopi sangrai dihaluskan menjadi bubuk. Sudah ada lebih dari 50 negara yang budidayakan kopi. Berdasarkan informasi, kopi berasal dari Arab dan secara alami tumbuh di berbagai belahan Afrika, salah satunya Ethiopia. Asal tanaman kopi masih diperdebatkan sebenarnya. Sejarah mencatat, sekte Islam Tarekat Shadhili yang berbasis di Yaman, umumnya diterima sebagai kelompok yang populerkan minuman yang terbuat dari biji kopi panggang dan biji kopi arabika dicampur air panas. Mereka percaya bahwa kafein dalam kopi membantu tetap terjaga untuk beribadah pada malam hari.


Pertengahan abad ke lima belas, kopi begitu dikaitkan dengan Islam sehingga orang Kristen di Ethiopia melarang meminumnya. Popularitas kopi kian menyebar ke beberapa negara setelah umat muslim ramai berziarah ke Mekah untuk ibadah haji. Menjelang pertengahan tahun 1500, pusat budaya kopi berada di Istanbul, Kairo, dan Damaskus. Para pria dapat menikmati kopi di kedai atau kafe, sementara itu perempuan hanya bisa minum kopi di rumah atau tempat khusus. Kemudian orang Kristen di Eropa mulai mengadopsi kebiasaan minum kopi karena dikaitkan dengan kemegahan dan kekayaan orang Turki Utsmain.

Abad ke-19, ada transformasi besar-besaran di mana ada dua pemain baru yang memasuki arena persaingan, yaitu Brasil sebagai negara penghasil kopi dan Amerika Serikat sebagai negara yang mengonsumsinya. Setelah merdeka, Brasil menjadi produsen kopi utama di dunia tahun 1850an. Berdasarkan data dari Coffee Organization, saat ini Brasil masih menjadi negara penghasil kopi terbesar di dunia, kemudian menyusul Vietnam, Kolombia, Indonesia, Ethiopia, India, Honduras, Uganda, Guatemala, dan Peru. Indonesia memasuki peringkat keempat penghasil kopi terbesar di dunia, jadi wajar kalau makin banyak jenis olahan kopi dan coffee shop.

Tingkatkan vitalitas
Mengapa kopi banyak diminati orang? Kafein dalam kopi dipercaya berefek menenangkan dan membuat badan lebih segar, mood jadi lebih baik. Antioksidannya mampu menekan gejala kanker pada tubuh. Kopi juga bersifat antibakteri dan baik untuk kesehatan mulut, kandungan zat asam klorogenatnya mampu tingkatkan pembentukan insulin sehingga dapat mengurangi risiko diabetes, juga telah teruji meningkatkan perlindungan terhadap penyakit yang berhubungan dengan degradasi saraf (alzheimer, demensia, parkinson). Apakah hanya itu? Tidak. Di dunia kecantikan, kopi juga bisa digunakan sebagai masker wajah yang mampu kencangkan kulit dan angkat sel-sel kulit mati, juga bisa mengatasi kerontokan rambut dengan menjaga kulit kepala. Kandungan kafeinnya juga mampu segarkan tubuh saat digunakan sebagai scrub, membersihkan siku hitam dan tumit kakal yang retak. 

Yang jelas kopi aman dikonsumsi. Meski begitu, konsumsi berlebihan tak baik buat kesehatan. Kita dianjurkan minum tidak lebih dari dua gelas kopi dalam sehari. Untuk beberapa orang, minum kopi dapat sebabkan tidak dapat tidur, jantung berdetak lebih kencang, disarankan tidak dikonsumsi sebelum atau setelah berolahraga, ibu hamil lebih baik tidak minum kopi berlebihan, jika menderita asam lambung sebaiknya perhatikan saat mengonsumsi karena bisa menyebabkan tingkatkan asam lambung, tidak disarankan diminum oleh penderita radang usus, dan untuk kasus-kasus tertentu, kopi panas dapat sebabkan sariawan dan panas dalam. Dari beberapa efek samping itu, sangat jarang ditemukan penyakit berbahaya disebabkan oleh kopi.

Sebenarnya di dunia ada empat jenis kopi, yaitu arabika, robusta, liberika, dan excelsa. Sekitar 99% di antaranya didominasi oleh kopi arabika dan robusta, sisanya kopi liberika dan excelsa. Meski saya bukan penikmat kopi sejati, saya sudah mencoba kedua jenis kopi itu, arabika dan robusta. Keduanya enak kok. Biasanya di pasaran selalu ada dua pilihan, mau kopi arabika atau robusta? Kadang pilihan yang sulit buat orang yang menyukai keduanya.

Manfaat yang paling terasa setelah konsumsi kopi memang badan terasa lebih segar dan ceria. Biasanya saya minum saat mood sedang tidak bagus. Kamu pernah membayangkan jika kedua jenis kopi tersebut dicampur dan diseduh dalam satu cangkir? Hem, saya baru menemukan satu produk yang gabungkan dua jenis kopi dalam satu kemasan, ehm, nanti saja saya beritahunya ya.

Biasanya untuk memperkuat manfaat vitalitasnya, produsen menambahkan dengan herbal lain, misalnya ginseng dan viagra jawa. Ups, apa ini? Kopinya sudah termasuk gabungan dari dua jenis kopi, eh masih ditambah ginseng dan viagra jawa. Sudah tahu ginseng, bukan? Hem, kalau saya sih tahu tapi belum pernah melihat langsung. Kalau saya lihat-lihat sih mirip wortel ya? Hehe.. Hanya saja akar-akar serabut wortel tidak sebanyak ginseng.
kredit: Livestrong.com

Ginseng kaya akan kandungan zat yang bermanfaat buat kesehatan, yang paling utama sih untuk stamina, hilangkan stres, mengobati prostat, melancarkan aliran darah, tingkatkan hemoglobin, tingkatkan sistem imun, mengatasi insomnia, mencegah penyakit jantung, tingkatkan memori otak, lancarkan haid, obati gangguan pencernaan, obati diabetes,, dan tingkatkan keefektifan antibiotik. Apa hanya itu manfaatnya? Tentu tidak dong. Ginseng juga bisa sembuhkan ejakulasi dini dan membuat tahan lama saat berhubungan badan dengan istri. Lalu viagra jawa? Viagra jawa pun berkhasiat sama dengan ginseng, menambah vitalitas pria.

Nah, penasaran bukan produk kopi yang saya maksud? Tentu saja. Kebetulan nama produknya CNI Ginseng Coffee KUATTT. Awalnya saya juga bingung mengapa huruf “T”nya sebanyak tiga? Ternyata setelah mencoba mencari informasinya dan memaparkannya di atas, saya tahu kenapa begitu. Hehe... Untuk kebahagiaan pasangan memang perlu menyiapkan stamina yang baik. Kenapa? Dosen saya pernah bilang kalau bercinta itu membutuhkan energi yang cukup besar. Bayangkan saja jika stamina tidak sedang dalam keadaan prima, hubungan suami istri mungkin akan terganggu.

CNI Ginseng Coffee KUATTT cukup diseduh dengan 150 ml air panas. Satu cangkir cukuplah ya. Tidak perlu menambah gula lagi, sebab dalam komposisinya sudah terkandung gula. Rasa manisnya pas di lidah; punya citarasa pahit (pahitnya kopi ya bukan pahitnya hidup); aromanya berbeda dari kopi biasa, seperti aroma cokelat tapi bukan cokelat, dan yang terpenting itu kentalnya pas. Menurut saya cocok dinikmati saat sedang hujan.

Ehm, sebentar. Untuk tujuan khusus, misalnya kamu sudah menikah dan bermaksud minum CNI Ginseng Coffee KUATTT untuk tingkatkan vitalitas saat bercumbu dengannya, itu bagus. Namun, jika kamu belum punya pasangan juga tidak masalah konsumsi kopi ini. Nah untuk kamu yang belum punya pasangan, saya tidak sarankan untuk minum saat malam hari, kecuali sedang ada pekerjaan yang mengharuskan untuk begadang. Kopi ini terbukti manjur, membuat kinerja otak lebih baik. Fyi, tulisan ini saya tulis pada siang hari dan dibiarkan beberapa jam. Sekitar pukul 20.00 WIB, saya coba seduh CNI Ginseng Coffee KUATTT, ternyata saya merasa lebih baik dalam meningkatkan fokus dan konsentrasi saat menulis. Paragraf ini sampai paragraf sampai sebeum subbab baru, ditambahkan pada pukul 23.28 WIB dan saya masih bisa berpikir dengan baik.

Kalau memang tidak ada keperluan lebih baik konsumsi CNI Ginseng Coffee KUATTT saat pagi, siang, atau sore. Saat bekerja, apalagi pekerjaan kantor yang tersekat oleh bilik dan tembok, tentu akan bosan dan mengantuk. Sedia dan minum CNI Ginseng Coffee KUATTT bisa jadi lebih baik agar otak berfungsi maksimal pada waktu yang tepat. Aman kok dikonsumsi setiap hari, sama seperti kopi-kopi biasanya dan badan jadi lebih hangat. Perempuan juga boleh konsumsi. Saya percaya pada herbal, karena memang aman asal tidak dikonsumsi berlebihan.


Good manufacturing Practice
Kenapa sih saya rekomendasikan produk ini? Produk CNI sudah tersertifikasi dan aman untuk dikonsumsi, terlebih CNI Ginseng Coffee KUATTT diproduksi dengan standar Good Manufacturing Practice (GPM) sehingga punya standar khusus agar aman untuk dikonsumsi. Tahu tidak apa itu GMP? GMP merupakan pedoman atau prosedur yang menjelaskan bagaimana memproduksi makanan agar aman, bermutu, dan layak dikonsumsi. Produk olahan umumnya harus memenuhi standar GMP jika ingin produknya semakin berkembang dan dipercaya oleh masyarakat, sehingga memudahkan distributor untuk memasarkan produk tersebut.

kredit: epmmagazine.com

GMP menjelaskan bagaimana produksi makanan agar aman, bermutu, dan layak dikonsumsi. Berisi penjelasan mengenai mengenai persyaratan minimum yang harus dipenuhi seluruh mata rantai makanan, mulai dari bahan baku sampai produk akhir. Jika kamu mau menjual dan memasarkan produk secara global, harus sesuai GMP. GMP mengatur segala hal yang berhubungan dengan produk, sumber daya manusia, dan lingkungan. Jadi tidak ada ketimpangan antara hasil produksi dan limbah yang dihasilkan.

Nah jika diurut dari awal, dari segi lingkungan, harus terawat baik, bersih, dan bebas sampah; sistem pembuangan dan penanganan limbah baik; dan sistem saluran pembuangan air lancar. Lokasinya harus terletak di pinggir kota, tidak padat penduduk, dan lebih rendah dari pemukiman; idak menimbulkan pencemaran lingkungan; bebas banjir, polusi, asap, debu, bau, dan kontaminan lain; serta tidak berada di dekat industri logam dan kimia, pembuangan sampah atau limbah.

Desain bangunan, konstruksi, dan tata ruang harus sesuai dengan alur proses produksi, bangunan cukup luas dan dapat dibersihkan secara intensif, terpisah antara ruang bersih dan kotor, serta lantai dan dinding harus dari bahan kedap air, kuat, mudah dibersihkan, dan sudut pertemuannya berbentuk lengkung. Untuk fasilitas unit usahanya, penerangan harus cukup, ventilasi baik, sarana pencucian tangan dan kaki dilengkapi dengan sabun dan pengering atau desinfektan, serta gudang mudah dibersihkan, terjaga dari hama, pengaturan suhu, dan kelembaban sesuai, penyimpanan sistem FIFO dilengkapi catatan.

Hal lain yang perlu diperhatikan, untuk fasilitas program sanitasi yaitu sarana penyediaan air, pembuangan air dan limbah, pembersihan atau pencucian, toilet, dan hygine karyawan. Untuk pengendalian hama harus ada pengawasan atas barang yang masuk, penerapan hygienis yang baik, menutup lubang dan saluran yang memungkinkan masuknya hama, memasang kawat kasa pada jendela dan ventilasi, mencegah hewan peliharaan berkeliaran di lokasi unit usaha, hygiene karyawan, serta persyaratan dan pemeriksaan rutin kesehatan karyawan.

Biar kuat minum kopi yang bikin kuat dan teruji

Karyawan pun perlu mendapat perhatian, misalnya dari segi kebersihan badan, mengenakan pakaian kerja dan perlengkapannya, menutup luka, selalu mencuci tangan dengan sabun, melatih kebiasaan karyawan, mengendalikan proses, dan mengendalikan preproduksi. Setelah poin di atas terpenuhi, baru memperhatikan bahan baku, komposisi, cara pengolahan, persyaratan distribusi, dan pernyiapan produk sebelum dikonsumsi. Untuk poin terakhir prosesnya pun cukup panjang dan tak mudah. Nah, mungkin GMP juga perlu menjadi perhatian buat kamu yang ingin produknya bersaing di pasaran. Nah, kamu bingung mau beli kopi ini di mana? Beli di sini. Selamat mencoba! (Uwan Urwan)

*****

Tulisan ini tak akan lengkap tanpa kebaikan sumber-sumber di bawah ini yang memperkaya postingan ini. Semoga menjadi berkah dan amal yang tidak pernah putus. Aamiin.

Pndergrast, Mark. 2010. Uncommon Grounds: The History of Coffee and How It Transformed out World. New York: Basic Books.
Mc. Neill William H. 2010. Berkshire Encyclopedia of World History 2nd Edition. Massahusetts: Berkshire ublishing Group.
Wawasansejarah.com
Kabar10.com
Manfaat.co.id
Agroindustri.id







13 comments:

Ajeng Lembayung said...

Sama. Belakangan ini kalo nyari produk herbal di pasaran juga yang sudah GMP. Kalo home industry, minimal ada BPOM sih, gak sembarangan klaim ini herbal bisa ini itu tanpa ada kejelasan produksinya gimana. Lebih aman juga jadinya.

Dede Ariyanto said...

Kopi Arabica bercampur sama Robusta ditambah viagra Jawa (purwaceng), dan ginseng emang sesuatu banget mase. Bikin greng. Wkwkw 🙊😂😂

dama vara said...

Kagum sama tulisanmu om. Banyak persiapan banget tentunya buat nulis ini. Sampai bahas sejarah kopi yang ada latar belakang agamanya. Aku salutttttt.... Fotonya juga nampak butuh persiapan banget untuk produce foto itu. Anyway aku suka sama cangkir bunga cantiknya!

Ani Berta said...

Paling sukaaa baca sejarah perkopian :)
Termasuk sambil menikmatinya apalagi kalo sambil ngobrol bareng2

uwanurwan said...

Iya bener kak. Sembarangan beli herbal bisa bahaya. Apalagi yg blm terferivikasi. Ampun dah takut..

uwanurwan said...

Ahahah Mas Dede.. Sttt.. Ini rahasia lelaki. Ahahaha...

uwanurwan said...

Ahahah Mas Dede.. Sttt.. Ini rahasia lelaki. Ahahaha...

uwanurwan said...

Tengkiu Dama.. Tulisanmu juga bagus kok...

Iya kayaknya efek minum kopi ini jadi semangat nulisnya... Lancar banget. Bahkan yang biasanya banyak typo, jadi lbh teliti. Wkwk

uwanurwan said...

Baru nemu faktanya juga teh ini... Seru ternyata sejarah kopi ini. Jadi pengen beli bukunya

Riyardiarisman said...

Wahhh, aku baru tahu loh sejarah kopi sebegitunya..

Dan kopi mmg menenangkan sih, aromanya aja nikmat. Hehehe

Bang Doel said...

Asik banget artikelnya. Saya jadi tahu kalo ada kopi jenis excelsa :D

Adi Stia Utama S said...

Baru tau saya tentang sejarah kopi
selama ini saya hanya munum saja
Di kampung nenek saya juga punya kebun sendiri kopi
jadi memang sdh akbrab dengan minuman ini sejak kecil tapi klo soal sejaran baru tau dan selama ini gak pernah mau tau haduh..

Munasya said...

Produk bagus neh, patut dicoba buat hadiah