Inilah Saatnya Ubah Ide Jadi Duit

Pernah tidak kamu mengalami kebuntuan ide? Berjam-jam bahkan berhari-hari tidak bisa melakukan apapun lalu kesal sendiri karena banyak waktu terbuang percuma. Sementara pekerjaanmu menuntut harus segera mendapatkan ide segar yang cukup mengesankan. Pasti pernah. Mau kamu itu penulis, pembuat skenario, sutradara, penyanyi, dan banyak pekerjaan lain yang berkenaan dengan ide, pasti pernah mengalaminya. Ya kecuali memang pekerja yang semua aktivitasnya ditentukan oleh skema yang berputar sepanjang hari, misalnya teller bank, editor, buruh pabrik, pperawat, dan lain-lain. Rasanya untuk beberapa jenis pekerjaan yang saya sebutkan terakhir tidak butuh memeras ide jadi uang setiap hari, karena apa yang harus dikerjakan sudah ada di depan mata. Ada skema yang sudah diatur dan wajib dijalankan sesuai prosedur.

Anggap saja kamu seorang penulis novel. Saat kamu menyelesaikan satu buku, apakah bisa langsung beralih menemukan ide baru lalu menuliskannya? Jawabannya bisa iya atau tidak. Banyak faktor yang menjadi sebab kenapa ide susah muncul. Kira-kira apa ya? Saya coba merangkumnya

  1. Terlalu keras berpikir
Rasanya memang kalau kamu sedang buntu, ingin berpikir keras, tapi justru ide malah tidak keluar. Makin stagnan. Semakin keras memaksa kerja otak, otak menjadi semakin tak berfungsi. Cobalah untuk rileks, istorahatkan otak. Sambil bermain dengan teman, hewan peliharaan, atau melakukan aktivitas fisik juga membantu rilekskan otak.
  1. Kurang membaca
Salah satu poin penting dari kekurangan ide adalah memiliki sedikit ilmu. Kurang membaca buku, membaca keadaan, membaca situasi, membaca perilaku orang lain, membaca keadaan sekitar, membaca tanda-tanda, dan lain-lain. Kegiatan membaca itu sama dengan belajar. Belajarlah apa saja yang kamu anggap tidak mengerti, tingkatkan ilmu. Kalau perlu berdiskusi dengan orang lain.
  1. Stres
Jika kamu stres tentu tidak akan sanggup mendapatkan ide. Otak sudah lelah menghadapi kenyataan hidup lalu kamu paksa untuk mencari ide-ide segar. Apa mungkin sesuatu hal yang segar akan muncul saat sumbernya saja sakit? Tidak kan?
  1. Tidak fokus
Biasanya ada masalah yang belum terselesaikan atau ada pekerjaan lain yang menuntut dikerjakan segera tapi tidak memungkinkan. Seringnya ide hilang begitu saja saat mulai tidak fokus. Ada beban lain, ada hal lain, sehingga ide jadi duit seringkali memberi tempat lebih lapang kepada hal yang semestinya diselesaikan terlebih dahulu. Ibaratnya permisi sebentar.
Main games bisa bikin rileks juga

Ide itu ibarat emas yang bisa jadi sangat berharga saat direalisasikan dan dikemas dengan baik. Ide jadi peluang usaha dan ide jadi pengusaha pun itu berawal dari ide-ide kecil. Saya pernah baca buku dan berdiskusi dengan orang lain, kira-kira ladang ide paling baik itu muncul kapan dan di mana ya?
  1. Saat malam hari menjelang tidur
  2. Di toilet dan kamar mandi saat..... ya kamu pasti tahu di sana apa saja yang dilakukan
  3. Saat menyetir
  4. Saat makan
  5. Saat membaca
  6. Saat berinteraksi dengan orang lain
  7. Saat rileks
  8. Saat galau

Yang jelas ide-ide itu bakalan susah datang kalau sudah berada di depan laptop atau komputer. Mungkin karena tubuh sedang tidak siap harus melakukan sesuatu yang diperintahkan otak. Sementara itu imajinasi di dalam otak kita menggebu-gebu bahkan kadang di luar batas nalar. Solusinya apa? Sediakan catatan kecil setiap bepergian. Orang zaman dulu biasanya menyediakan alat tulis saat buang air besar. Catatan itu sangat penting menurut saya. Kalau tidak ada catatan, pasti kamu sering membawa smartphone ke mana pun berada.

Cukup tuliskan ide-ide brilianmu di sebuah catatan lalu tinggalkan. Besok atau lusa dicek kembali, karena biasanya ide-ide tersebut bisa berkembang menjadi hal-hal yang menakjubkan. Bisa jadi bermanfaat bagi orang banyak. Saya yakin setiap kamu pasti punya ide brilian dan ada kabar gembira lo. Mau ide kamu jadi duit?

Kebetulan ada Indosat Ooredoo Wireless Innovation Contest (IWIC) ke-11. Kamu bisa salurkan ide kamu di iwic.indosatooredoo.com. Segera ya! Apa si IWIC? Jadi IWIC adalah semacam ajakan kepada generasi muda Indonesia dan dunia berkompetisi menciptakan ide. Tak hanya secara lokal tapi juga global, bersaing dengan kreator di seluruh dunia. Tahun ini sudah yang ke-11 loh. Kamu harus ikut.IWIC ingin menumbuhkan dan menemukan minat-mnat baru seperti kamu. Tahulah kalau anak-anak zaman sekarang idenya sangat keren dan brilian, berbeda dengan mereka yang sudah melewati usia 50 tahun. Mungkin akan sedikit orang yang masih giat mencari ide-ide segar. Lagipula zaman sekarang serba digital dan makin marak penggunaan aplikasi mobile. 

Tahu tidak, setelah sepuluh tahun menyelenggarakan IWIC, Indosat Ooredoo telah mengumpulkan lebih dari 10.703 proposal ide dan aplikasi digital anak bangsa. Beberapa karya inovatif pemenang IWIC telah dapat dinikmati oleh masyarakat. Tahun ini apakah kamu adalah salah satu pemenang yang idenya akan benar-benar direalisasikan secara global?  

Saya jadi ingat sewaktu ikut lomba menulis puisi dan kaligrafi. Otomatis bertemu dengan orang-orang yang memiliki hobi yang sama. Selama lomba berlangsung kadang kami saling berkenalan, bertukar pikiran, dan mendapatkan pengalaman baru yang luar biasa. Kadang ada informasi yang suka terlewat dan didapatkan dari teman-teman itu. Kompetisi memang seru, apalagi saat menunggu pengumuman. Namun saya yakin, di balik hadiah yang menanti, kamu juga dapat kesempatan emas membangun jaringan kerja dengan orang-orang yang punya semangat sama.

Sudah punya ide menarik? Eh, saya sudah beritahu kamu belum kalau kompetisi di IWIC tentang ide membuat aplikasi? Jadi di IWIC kamu akan diajak untuk berbagi ide, kira-kira kamu ingin membuat aplikasi dan startup digital yang bermanfaat untuk banyak orang. Jadi sudah tahu kira-kira kamu akan membuat aplikasi yang kemungkinan besar akan digunakan oleh miliaran orang di seluruh dunia. Bayangkan saja, saat ini pengguna Twitter saja sudah mencapai 500 juta orang, sementara itu untuk Instagram sudah mencapai satu miliar akun. Jika ada satu miliar orang merasa bermanfaat menggunakan Instagram, kira-kira berapa banyak kebaikan yang penciptanya terima?



Kamu bisa jadi seperti mereka dengan ikut IWIC. Sudah kebayang idenya seperti apa? Nah siapa tahu jadi ide bisnis dan ise usaha kreatif kids jaman nau. Baiklah, sekarang kamu akan masuk pada pengkategoriannya. Simak baik-baik ya. Ada empat kategori untuk kamu, yaitu Kids & Teen, Beginner, Professional, dan Women & Girls. Nah kategori-kategori ini akan berkompetisi untuk ide dan aplikasi di bidang Entertainment, Utility, Media (Sosial media, chatting, ebook), dan juga Special Needs. Hadiahnya apa? Uang tunai senilai ratusan juta rupiah dan kesempatan untuk mengunjungi perusahaan global. Artinya kamu akan diajak jalan-jalan.

By the way, saya sudah siapkan beberapa ide untuk dieksekusi. Kamu harus ikut juga karena saya tidak mau menang sendirian. Yuk! (Uwan Urwan)

10 comments:

Ella fitria said...

Waaah lombanya memarik banget nih kak

Riyardiarisman said...

Bener bgt, gwa dpt ide pas lagi keramas, eeeh pas bilasan, buyaaarrrr semua. Haruskah aku membawa note saat mandi kak?

Akarui Cha said...

Aku biasanya kalau lagi nggak punya ide, senangnya kalau diajak jalan jalan sama teman, atau milih diam seharian nggak kemana-mana dan maunya tidur doang.

ayahblogger said...

menuangkan ide dan mengubah menjadi duit itu menarik sekali. apalagi ada yang memfasilitasinya

Anonymous said...

IWIC ya? Hmm.. menarik. Ide kalau hanya disimpen tidak akan berwujud. Seperti 'hantu penasaran' yang tak berbentuk. Terima kasih informasinya mas, sukses selalu.

Dila Augusty said...

Aku mulai coba menuangkan ide langsung di kertas, Uwan. Minimal kalo besoknya lupa bisa inget lagi pas liat. Metode lama, tapi enak juga dipakai

Dama Vara said...

Aku salah fokus pada gif mu om

Anonymous said...

Waaaah ternyata ada juga ya lomba ide kayak IWIC gitu.! Aku biasanya punya ide kalau emosinya lagi up,ahahahha tapi gak aku catet. Mulai sekarang nyatet ah makasi tukisannya mas!

Rahman Kamal said...

Haduh. Kok gimana ya ? 😂

uyoyahya said...

Bener banget, paling sering ide muncul pas di toilet/kamar mandi. Lagi dibawah shower gitu kan...