10 Hal Yang Bikin Malas Jadi blogger

Sebenarnya fenomena blogger sudah ada sejak zaman website pertama kali diciptakan. Mungkin kalau dulu lebih ke perusahaan ya. Perusahaan harus punya website. Belakangan, untuk memenuhi kebutuhan masyarakat yang juga ingin punya website, mulai banyak yang berlomba-lomba punya juga. Apalagi akhir-akhir ini yang punya website pribadi adalah keharusan. Tidak harus sih, cuma kalau punya website itu akan ada lebih banyak orang yang bisa tahu tentang kita dan apa yang sedang dipikirkan. 

Apa bedanya website dan blog? Menurut saya sih sama saja. Gak ada bedanya. Mungkin bedanya dalam penggunaannya ya. Itu website digunakan untuk pribadi atau kelompok/instansi. Saya mulai sotoy

Okeh, saya akan sebut website itu blog saja ya daripada salah ngomong. Blog sekarang sudah mulai banyak yang berbayar, misalnya www.uwanurwan.com (halah narsis). Yang gratisan bagaimana? Loh tetap lanjutkan perjuangannya. Menulis itu bukan perkara pakai rumah mahal atau rumah bambu. Sebelumnya saya juga pakai blog gratisan kok, bahkan blog saya yang wordpress terbengkalai. Nah, kali ini saya akan bahas kenapa banyak orang nyerah jadi blogger. Kebanyakan kan emang pengen bikin blog, tapi tidak tahu mau menulis apa akhirnya terbengkalai dan nyerah. Nah ini kira-kira ada beberapa hal yang bikin kamu nyerah jadi blogger,.



1. Ditolak adsense

Tujuan punya blog tidak bisa dipungkiri ya ingin berpenghasilan. Tidak hanya sekadar menulis, tapi yang menghasilkan. Apalagi buat kamu yang tidak punya pekerjaan lain. 


Tenang, masalah ditolak adsense bukan hal baru. Sampai sekarang saya juga masih ditolak kok. Hal itu tidak membuat saya berhenti ngeblog. Saya menulis, apa saya yang ingin ditulis. Anyway, rezeki ngeblog bukan cuma di adsense loh. Serius. Cuma, pelan-pelan saya belajar dari teman-teman yang sudah ada adsensenya. Sering-sering konsultasi dan insyaallah ada jalan. Doain ya diterima. Hiks.



2. Gak dapat job

Santai. Santai dong. Pada poin pertama saya akan ulangi, rezeki ngeblog bukan cuma dari job blog placement, review product, atau yang lain. Fenomena ini juga diungkapkan Riyardi Arisman juga, pemilik blog www.riyardiarisman.com, bahwa banyak blogger yang suka nunggu job, iri job, dan saling sindir kalau ada teman yang dapat job.


Saling iri masalah job ternyata sudah merambah ke dunia blogger (kredit: Riyardi Arisman)
Job di dunia perbloggeran ada banyak. Kebetulan kalau kamu sudah punya blog, jangan hanya berhenti nulis di blog saja. Share postinganmu ke teman-teman, grup WhatsApp, grup BBM, grup Line, grup di facebook, termasuk di media sosial kita sendiri. Raih kesempatan sebanyak-banyaknya agar orang mau membaca tulisan kita. Eits, kalau bisa share yang bermanfaat. Berilah banyak manfaat untuk pembaca kita. Jangan keasyikan sendiri. Nanti pembaca malas untuk berkunjung lagi.

Semakin banyak faedahnya tulisan kita, akan semakin banyak orang melirik. Apalagi jika menjadi populer. Bisa jadi perusahaan-perusahaan tiba-tiba menghubungi kita. Nah, mangkanya jangan lupa sertakan kontak di blog. Entah itu email atau kontak apa saja yang bisa mempermudah hubungan kita dengan calon klien



3. Gak diajakin ke acara keren

Jangan baperlah. Ngeblog itu tidak harus menghadiri event ini itu. Di kota besar memang blogger sangat dipuja banyak perusahaan untuk promosikan produk atau event mereka. 

Datang ke acara keren memang menyenangkan, tapi gak selalu kok

Kenapa kita gak diajak ke acara-acara keren di hotel, restoran, atau di gedung-gedung elit? Mungkin kita kasat mata atau kita kurang bergaul dengan blogger lain. Hm, atau juga kita malas sekali say hi, komen, retweet, dan ngelove baik di dunia nyata atau dunia maya. Jangan sombonglah. Mentang-mentang kita sudah punya banyak viewer di blog akhirnya malas komen balik di postingan orang. Semakin sering kita berbincang-bincang, kesempatan untuk diingat dan diprioritaskan untuk diajak ke event keren semakin tinggi. Eh, tapi jangan menjilat ya. Tidak usah terlalu banyak memuji jika memang hal-hal yang mereka posting atau mereka pakai itu tidak sesuai dengan pujian kita. Biasa saja. J a n g a n  l e b a y !

Kalau kamu belum pernah ikut event blogger, biasanya ada koordinator khusus untuk blogger. Entah itu blogger senior atau blogger lain (bisa jadi teman kita sendiri). Tidak semua event berjalan dengan baik. Ada yang juga masih acak adul atau blogger kurang dianggap oleh panitia. Selalu ada celah yang membuat event-event blogger  jadi bikin malas, seperti kata Widya Candra Dewi," Ngeselin kalau acara dan koordinatornya gak profesional."

Widya sering kesal kalau koordinator event kurang profesional (kredit: Widya Candra Dewi)


 
4. Malas dan bosan
Ini memang racun. Well, saya juga pemalas. Okeh, karena saya menulis ini, setidaknya saya harus bertangungjawab agar tidak malas lagi. Bismillah. Bosan ini temannya malas. Ya malas ya bosan, biasanya disebabkan karena target kita tidak tercapai. Yang jelas, jika kamu ingin jadi blogger, jangan asal posting tulisan. Intinya, kian hari kita kudu tingkatkan kualitas diri. Ternyata yang malas bukan cuma saya, tapi Riyardi Arisman. Wkwkw. "Banyak yang mau ditulis, tapi kadang malas," Arisman menambahkan



5. Punya banyak musuh

O ow. Cari teman itu susah, jangan cari musuh. Sudahilah pertengkaran kita dengan teman-teman seprofesi. Karena blogger mainnya di media sosial, biasanya status-status kita jadi nyindir-nyindir yang entah. Tidak ada gunanya. Padahal nyindir tak ada gunanya lo. Tidak menambah tebal dompet. Hihi. Kata Kurnia Amelia Subarkah, pemilik blog www.ameliasubarkah.net, "Entah kenapa dunia blogger jadi suka banget orang-orang nyinyir (nyindir, red) dibandingkan dunia kuter (kuis hunter). Dunia kuter aman dan damai." Kurnia Amelia sebelumnya memang blogger yang merangkap kuter. Sayangnya ia sudah berhenti jadi kuter karena brand kurang suka dengan akun kuter.

Dunia kuter lebih damai kata Kurnia Amelia (kredit: Kurnia Amelia Subarkah)


6. Cuma jadi followers


Ini nih. Jangan terlalu sering jadi followers. Kalau kita sudah punya blog, apalagi yang berbayar, sudah saatnya kita branding diri. Bangun relasi, bukan bangun relasi untuk saling bergosip yah. Tidak baik. Masing-masing dari kita pasti punya kenalan yang bekerja di perusahaan. Cobalah untuk promosikan diri. Perbanyak followers media sosial kita. Mulai beri banyak manfaat untuk followers juga. Jangan cuma asal posting foto selfie di Instagram. Tidak apa-apa kita sok ngartis di media sosial, asal fotonya dipilih yang terbaik. Jangan nyepam postingan. Dalam sehari diatur berapa kali postingan. Tolak tawaran yang tidak sesuai standar kita. Kadang kita asal terima job dengan harga murah dengan banyak syarat. Lalu kita ngomel ke sana ke mari tapi job masih dikerjakan. Gak berkah lo. Inget, jangan turunkan standar, tapi kualitas kita juga kudu ditingkatkan!



7. Gak pernah menang lomba blog
Nah kalau targetmu menang lomba blog, belajarlah dari mereka yang sering menang lomba blog. Jangan karena tidak pernah menang, kita berhenti ngeblog. Balik lagi ke tujuan awal, kamu ngeblog buat apa. Kalau hanya untuk itu, bai bai saja. Kamu tidak cocok jadi blogger.



8. Viewer dan komentator di blog sedikit

Ini juga penyakit. Sudah saya jelaskan pada poin di atas. Hal yang terjadi di dunia nyata juga terjadi di dunia maya. Ada timbal balik. Kalau kita sering share postingan, sering baca dan komentari postingan teman-teman, bukan tidak mungkin mereka akan menengok postinganmu dan berkomentar. Tentu kamu tahu istilah follow for follow, like for like, bomlike for bomlike. Kadang hal-hal sepele ini tidak perlu diberitahu. Mereka akan dengan sendirinya sadar untuk memberikan timbal balik untuk kamu.

Pasti punya banyak teman, sharelah postinganmu ke mereka. Mintalah masukan.

Paragraf di atas bisa jadi kamu tidak setuju, sebab sudah melakukan metode tersebut. Sayangnya tidak ada timbal balik dari yang bersangkutan. Istilah kerennya sih blogwalking (bw). "Malas kalau gak di-bw balik gara-gara enggak se-hits yang di-bw," ungkap Widya Candra Dewi, pemilik blog www.memahataksara.com. Ya ini juga jadi masalah pelik. Beberapa orang senang jika yang berkunjung ke blognya, tapi enggan berkunjung kembali ke blog lain. Ya bisa jadi karena malas, sibuk, tidak sempat, atau alasan lain.Yang jelas, jadi blogger itu tidak semenyenangkan seperti yang dibayangkan, tapi menyenangkan kalau dijalani dengan baik.



9. Keterbatasan teknologi

Bawa laptop ke mana-mana ribet. Sekarang sudah mulai tinggalkan laptop kalau bekerja.
Zaman sudah canggih begini masih mikir ngeblog harus punya laptop? Saya selalu bekerja dengan smartphone lo. Memang berbeda jika dibandingkan menggunakan PC. Layar akan lebih lebar dan proses pengetikan akan berjalan lebih cepat dibandingkan dengan menggunakan smartphone. Saya sering dihadapkan pada situasi, hari ini meliput sebuah acara lalu keesokan harinya tulisan harus sudah terbit di blog. Meski masih berkelana di event-event lain, dengan deadline seperti itu terbukti saya bisa bekerja dengan apa yang ada. Smartphone sudah bisa digunakan untuk apa saja, tergantung kita mau memanfaatkannya atau tidak.
Pakai smartphone, saya bisa share apapun yang saya suka.

Ada lagi masalah. Sinyal. Hm, pakai operator apa sih? Aku pakai XL, sinyal lancar di mana pun. Tak hanya itu, XL sudah terbukti menjadi operator paling diminati di Indonesia. Itu bisa dibuktikan dengan inovasi-inovasi yang selalu dikeluarkan. Sinyal kuat, bonus berlimpah, juga bisa youtube-an dan telpon gratis. Saya memanfaatkan apa yang terbaik yang sudah diberikan orang-orang untuk memperlancar pekerjaan saya. So, tak ada kuota dan masalah sinyal bukan masalah utama lagi. Jangan kebanyakan alasan gak bisa ngeblog deh. Kalau mau jadi blogger, lakukan tanpa banyak mengeluh.



10. Saling sikut
Saya setuju sih. Saya bisa dibilang blogger baru. Blog www.uwanurwan.com sudah berusia tiga tahun lebih. Baru sekitar dua tahun benar-benar diprioritaskan dan ikut kegiatan bersama blogger lain. Banyak berteman dan bertemu blogger senior jadi tahu kehidupan para blogger itu seperti apa. Ada yang begini, ada yang begitu, saling sikut. "Saya sih jadi blogger karena hobi ya. Akhir-akhir ini, sejak blogger berorientasi ke materi mulai kurang asyik. Saling sikut satu sama lain. Jadi hawanya kurang enak," ujar Dewi Sulistiawaty, blogger senior, pemilik www.tamankata.web.id
Ngeblog buat Dewi Sulistiawaty itu hobi kok (kredit: Dewi Sulistiawaty)

Jangan khawatir untuk poin ini. Memang ada banyak kejadian saling sindir atau saling blok dan stop beri job untuk orang-orang tertentu. Tidak masalah. Yang penting tetap berhubungan baik dengan siapa saja dan abaikan konflik-konflik yang tidak ada hubungannya dengan kita. Lagipula, rezeki datangnya bisa dari banyak pintu. Kalau tidak dari teman-teman ya dari website yang memberi pekerjaan untuk influencer, grup Facebook, atau dari banyak lagi. Tetap berusaha dan berdoa. (Uwan Urwan)

83 comments:

Wichan said...

He ehm, ternyata kalau di-listing banyak juga ya. Hahahahha.

Biar hits, komen juga jangan sekenanya, tega banget, kan. Kalau bingung komen, tulis puisi yg berkaitan sama artikel juga gpp.
Hahahah

uwanurwan said...

ceritanya nyindir aku? ahahahah...

ya kali yang penting dah komen... kan g harus tulis panjang lebar yang penting dah baca isi blognya..... daripada gak komen sama sekali loo. ahaha

Dikki Cantona Putra said...

pedih memang gan awal awal menjadi blogger gue pernah jadi kaya ente. Tapi alhamdullilah sekarang makin kesini ada tawaran job dan undangan event.

sri rahayu said...

Hahhaha..kok pass banget ya sama aku. Thanks ya infonya

Kurnia amelia said...

OMG Uwannnnnn hahahahaha *maluu akuu maluuuu pada semut merahhhh ��������

Riyardiarisman said...

Aku tak tahu harus berkata apa, tapi..... Aku sukak postingan ini! Hehehe... Uwan always hitzzzz, sekarang job yg akan nyamperin gwa wan wkwkwkw

Dewi Nuryanti said...

Dunia blogger enggak kalah heboh dengan dunia seleb. Penuh cerita dan sekarang didominasi oleh sindir menyindir. Tapi semuanya itu kembali lagi keniat awal dan alasan menjadi blogger sich. Trus soal BW, skrg sdh spt jadi hutang, dituntut utk satu balas satu, dua balas dua, klo sdh di BW trus kagak BW balik,siap2 ditagih, ujung2nya jd asal koment deh. Malah ada yg koment cm dua kata doang.

Dwi Wahyudi said...

Inih keren banged Kak tulisannya, kekinian dan sesuai realita :-)

Nova Violita said...

kayaknya aku masuk semua...hahaahha

Riski Saputra said...

Bikin obatnya sekalian mas biar yang baca semangat jadi blogger lagi, termasuk saya yang udah lama Hiatus hihihi

Awan said...

Alhamdulillah semangat ngeblogku tetap membara hehehe

Bowo Susilo said...

Mantap! Thanks sharing nya mas uwan! Yuk semangat ngeblog nya hehe

Hadi Prayitno said...

Ditolak adsense itu yang paling ngeselin. Tapi aku punya metode lain untuk tetap berpenghasilan lewat blog. Mau tahu caranya? Mampir aja ke blog saya hehehe

uwanurwan said...

Setiap blogger kayaknya pernah ngalamin ini ya kakak. Yang penting konsisten dan tetap semangat ngeblog. Yeayyy

uwanurwan said...

Heheh semangat kakak ngeblognya...

uwanurwan said...

Ahaha apaan sih mbak amelll.... Ini komen kopas ya di fb... Ahahah

uwanurwan said...

Ahahah anjayyy.... Kalimat terakhir...

Aamiin aamiin deh

uwanurwan said...

Ahahah yang penting di bw ish. Kebanyakan protes emang. Ahahah

uwanurwan said...

Ahahah makasih kakak sudah mampir. Semoga bermanfaat...

uwanurwan said...

Ahaha jangan gt atuh kak. Aku juga kok. Loh. Ahahah

Dennise Sihombing said...

Uwan... keren abis deh tips nya. Guna bgt untuk Kk. Krn yang Uwan ceritain kk bgt semoga ke depannya bisa maju deh kk dalam dunia blogger

Dian Juarsa said...

Setuju bgt sama yg nmr 10. Apalagi anehnya udah pake ada yg ngatain tulisan sampah segala. Aneh banget sampe segitunya ngatain blog gw sepedes itu. padahal dulu punya blog cuma buat konsumsi pribadi dan jg tmn2 yg suka bnyak tanya perihal travelling. Tp makin kesini makin bnyk undangan blogger. Tp sayangnya hater selalu ada aja yah. Padahal kenal deket juga kaga #ehcurcol hahahaaa

turiscantik.com said...

iya kdng ada yg saling sikut pdhal ngeblog mah ngeblog aja, kalau gua sih nhak ada target macem2 ada aja rezeki sih heheheh

Jalan-Jalan KeNai said...

Dari awal, saya niat ngeblog memang untuk menyimpan kenangan. Terutama cerita tentang keluarga sendiri. Kalau disimpan semua di otak rasanya gak mungkin. Manusia beresiko menjadi pelupa. Padahal banyak kenangan baik yang ingin disimpan. Makanya saya menulis dan niat itu yang bikin saya terus semangat. :D

i gde riski murdhaka sip said...

kalo saya buat blog awalnya dari suka foto foto, cuma penuh memory nya, masak harus ku buang,, eh kebetulan ada yang ngasih tahu buat blog ajah dan disimpan,, eh kelamaan jadi hobi.. eh makasih telah diijinin baca baca, mampir ke web saya juga yah

uwanurwan said...

iya wo.. kudu semangat.. kalo enggak, nanti aku gak dapet job. terus apdet status sindir2an. wkwkkw

uwanurwan said...

semangat dongg ayukkkss.. ahahaha... males itu emang racun..... ayo nulis lagi

uwanurwan said...

herm... aku tahu alasannya kenapa bisa gituhhh

uwanurwan said...

hehehe.. bener banget kakak.... ini parah banget kalo ditolak adsense... ahaha

uwanurwan said...

aamiin aamiin. kita maju bareng2 ya kak. sukses terus. pokoknya semangat terus

uwanurwan said...

sabar kak... orang yang udah mau naik pangkat, cobaannya makin berat... sabar.. yang penting terus ngebloggg dehhh

uwanurwan said...

iya nih kak.. kalo rezeki mah g ke mana ya.. mau nyikut kayak apapun kalo bukan rezeki pasti gak dapet.... hihihih

uwanurwan said...

iya bener... ngeblog mah emang kalo dah dari hati mah gt.... mau dibayar ato enggak kalo seneng mah pasti bakalan dilakuin ya kak... hehe semangat

uwanurwan said...

hehe bener banget kak..... biar bermanfaat juga buat orang lain.. btw link blognya apa kak? saya udah cari2 belum ketemu. hehe

Lucky Caesar said...

Haaiii mas waaan. Salaam kenaal. Baru pertama kali mampir kesinii. Sepakaat bangeet sama 10 poin yg dibagikaaan. Kalau uda muncul tanda" males dan gak semangaat ngeblog biasanya aku rehat sejenak, baca buku dan posting curhatan suasana hati. Wkwkwk gapaoa pokoknyaa nulis 😁 dan diselipin moral value yg didapat selama galau ataupun mager. 😁😂😇

Annafillaah said...

Wah, saya masih cemen nih di dunia perbloggeran. Masih usaha buat jadi bloger aktif dan bermanfaat. Makanya paling banter masalah besarnya ada di poin 4, 6,7, 8. //\\"

blog keuangan said...

klw sy karena emang malas hahaha.. pdhl bahan2 untuk nulis cerita perjalnan sudah banyak banget tpi kok malas yah wkwkwkw

Lida Noor said...

Hooo... blogger itu begitu ya...
Hehehe... maklum baru nulis (lagi) di blog, itu juga gegara diajak temen. Belum coba adsense, dll.
Sukses terus nge-blog-nya. Salam kenal.

Windhu said...

Wah, super sekali kakak uwan urwan. Kesepuluhnya tepat ada d dunia Blogger, meski ada iklan providernya ��.

Maria Soraya said...

aku mulai blogging 2009 tapi bener2 serius yg nyari hepeng lewat blog baru agustus 2016

nomor 1 aku gak tertarik, ribet lah ya
nomor 2, waktu pollower sosmed belum 1000 aku suka baper gitu kak klo ada job yg syaratnya 1000 pollower, alhamdulillah itu dulu, sekarang bebas baper lah karena rezeki setiap orang beda2 ya kak

nomor 3 sampai 8, skip lah

nomor 9, belum bisa ngetik pakai hengpon, karena godaannya buat bw ato nebar jempol di sosmed orang XD

nomor 10, belum pernah sikut2an dan gak tertarik juga, menghambat rezeki orang lain tar rezeki aku bisa tersendat2

Leha Barqa said...
This comment has been removed by the author.
Leha Barqa said...

Wahhh ini gw banget bang hahahahhaha
Sering mellow, tp cepet sadar sih kalo rezeki ga akan ketuker (masih belajar juga krn masih newbie)

Leha Barqa said...

Wahhh ini gw banget bang hahahahhaha
Sering mellow, tp cepet sadar sih kalo rezeki ga akan ketuker (masih belajar juga krn masih newbie)

sabda awal said...

saya ga pernah malas ngeblog lagi walaupun hal2 yang diatas cuma sebagian yang tercapai. malah sekarnag semangat buat ikut kontes blog, tujuan akhir jadi master kontes haha

uwanurwan said...

Nahh ini bener banget nihh. Alhamdulillah semoga jadi pemicu buat yang malas malss seperti saya kakak. Aamiin

uwanurwan said...

Hehehs gpp mas. Santai saja.. Saya malah aebagian besar nih di poin di atas.. Sedih kaaan

uwanurwan said...

ageh ditulis kakak. Banyak orang menunggu kayaknya tuhhh.... Pasti bermanfaat buat banyak orang. Aamiin

uwanurwan said...

Waa yang senior ini bisa bisa nambahin kak.. Saya juga masih baru... Ini aja masih suka sok tahu. Semangat juga kak.. Salam kenal

uwanurwan said...

Wkwkwkw.... Tambahi dong kak... Pasti masih ada banyak tuhh

uwanurwan said...

Wahh ngeblognya udah lama banget ternyata... Ahaha iya bener tuh kak... Pake henpon emang kudu fokus. Gak bosa matiin data pas ngeblog.. Jd ya... Kadang emang kudu fokus. Wkwkw.. Kalo fokus....

Sukses terus kak

uwanurwan said...

Yanh senior aja suka melo kak kalo masalah job gmn yang newbi kek kita2. Sedih kalo lagi keren gak dapet job. Wkwjwk.. Tp insyaAllah rezeki selalu ada... Aamiin

uwanurwan said...

Wiiii kereeenn. Semangat terus kak... InsyaAllah yang dicita2kan tercapai. Aamiin.. Aamiin

herva yulyanti said...

duh yang paling ga suka klo ada yang nyinyir apalgi sikut2an untunglah aku kenal blogger yg justru saling supprot kasih kerjaan dan aku tambah tahu oo ternyata ngeblog bisa spt ini dan itu meski aku blm pernah sama sekali ikutan event blogger alhamdulilah tp kenal dengan teman2 blogger baik hati dan tidak nyinyir :D

Tanti Amelia said...

Aiiiih Uwan emang anak pinter ..

*komen apa ini, ngga nyambung ama tulisannya*

*udah gitu ngegantung pula, ga jelas dia pinter dalam hal apa*

*ah ya sudahlah, kan yang penting saya komen*

Titis Ayuningsih said...

Eaaa tulisan yang cerdas, di samping menampilkan informasi tentang dunia blog tapi ada sisi marketingnya hihihi. Jangan terlalu nyaman dengan dunia blog kalau gak bisa manage diri.

Leha Barqa said...

Aamiiin bang uwan

Haryadi Yansyah said...

Wow poin-poinnya hahaha. Kalo aku males ngeblog karena kurang asupan pempek. Itu faktor paling krusial buahahahaha

omnduut.com

Fajrin Herris said...

Ah aku ngeblog juga masih belajar kok Kak. Tapi itu point-point nya sepertinya banyak yg ngalamin y Kak..

uwanurwan said...

hahahah.. mau gak mau.. kenyataannya begitu kak.... ya.... demi uang dan demi hidup. wkwkkw

uwanurwan said...

ahahahah.... jangan bilang pinter mbak tanti.. bilang aja ganteng. itu lebih baik

#apasik. wkwkw

uwanurwan said...

wkwkwk.. yaa mau gmn lagi kak.... tuntutan peran... btw makasih dah berkunjung

uwanurwan said...

ahahah pempek aku g terlalu suka sih kak.... aku malah pengen ngemil keripik pisang kalo lagi buntu.. wkwk

uwanurwan said...

wkwkwk... ya begitulah kak.. kadang baper sendiir... terus nyadar sendiri gt lah.. kek jomblo gt.. makan sendiri.. tidur sendiri.. nyuci baju sendiri... ahahah

Rosanna Simanjuntak said...

Pencerahan banget nih.

Jadi ingat saat dapat undangan sebagai Blogger. Sujud syukur, euui.
Intinya, harus banyak bersyukur ya, Bro.
Karena rezeki tidak selalu diukur dengan materi.
Mendapat teman baru apalagi sosok inspiratif, itu berkah banget!
Priceless.
Kayak saya nih, lewat komunitas Buzzer, ketemu Mas Uwan. Terberkati!

Ahmed Tsar said...

Ebuse 64 komentar, berarti kekinian banget ini postingan. Berisi tips berisi seputar Blogger, mantaap ituuh

adi pradana said...

Insyaallah, saya tetap ngeblog walau tanpa adsense...

uwanurwan said...

hayyahh.. hehehe.. alhamdulillah kak.. kita sama sama ketemu di situ... rezeki bener g cuma uang ish... uang mah cepet abiss.. tapi enggak kalo temen.. sodara. semangat kak

uwanurwan said...

hahaha apaan sih kak ahmed... alhamdulillah,,, hihih.. bikin semangat mah ini nulisnya....

uwanurwan said...

betul kak. kudu semangat.. ahaha.. iya nih walopun g lolos adsensenya.. hikss

KURSUS MC JAKARTA said...

Saling sika itu baik.
SIkat gigi maksudnya :D

INTERNET MARKETING SEMARANG said...

Cie cie ... yang nyesek di tolak adsense .
Semangat bang . masih banyak CPC lain yang cukup baik

Nusantara Adhiyaksa said...

Sabar dan Terus Memberikan yang terbaik pasti ada jalannya ...

uwanurwan said...

wkwkwk sikat gigi

uwanurwan said...

ahahahah.. gak terlalu nyesek sih kak... ahahah.. cuma penasaran... aja #samaajasih ahaha

uwanurwan said...

bener kak.. cuma bisa sabar dan berusaha .. hihih

Ikrom Zayn said...

Bagiku ngeblog itu seni , jadi masalah2 dapet uang dll itu urusan belakang dulu. Bisa buat tulisan Dan foto yg asyik udah seneng. Apalagi klo ditambah punya banyak temen baru rasanya luar biasa.

Ibu Dila said...

Bener - bener berguna buat newbie blogger yang blognya baru 2 bulan kayak saya. Kirain selama ini blog itu hanya sekadar menulis. Ternyata nggak. Banyak banget hal baru yang bikin kaget juga. Makasih sharingnya

Salam kenal dari Medan

Yos Mo said...

aku malas jadi blogger kalau komentarku ini tidak dibalas... hahahaha
good posting, masbro

uwanurwan said...

Bener banget mas.. Seneng banget ada temen baru. Apalagi bloggef kan udah ada di mana mana... Kalo ketemu bisa asyik bgt kek temen lama

uwanurwan said...

Salam kenal Bu Dila... Bener banget Bu.... Masih banyak banget yang saya blm tahu nih... Hehehe... Senior2 pasti banyak yg udah paham

uwanurwan said...

Ahahaha ini dibales mas.... Mau dibales apa mad. Asal jangan minta dibalas dengan cinta...

Via said...

Semangat terus ngeblog nya man teman....

nbcdns said...

kalo blog sudah di terima oleh adsense lebih baik jangan di sebar luaskan gan karena selain saling sindir di medsos ada juga yang adsensenya di isengin jadi saran orang terdahulu yang main adsense blog adsense lebih baik di rahasiakan :D