Sehat 365 Hari dengan Herbal

Perubahan cuaca sekarang sangat ekstrim. Seharian panas tiba-tiba hujan turun atau sebaliknya. Sementara pekerjaan menuntut kita untuk tetap beraktivitas seperti biasanya. Tak peduli hujan atau terik, asal pekerjaan hari itu selesai. Orang yang bekerja di kantor pun sering harus lembur. Sudah cuaca cukup ekstrim, rasanya sudah tidak ada lagi yang namanya musim kemarau dan musim penghujan. Hujan bisa datang kapan saja dan panas matahari kian menyengat. Apalagi pepohonan semakin berkurang akibat ditebangi.

Kehidupan menjadi sejalan dengan menurunnya tingkat kesehatan lingkungan dan diri. Tubuh jadi kehabisan waktu untuk menyiapkan makanan bergizi. Tinggal antri di sebuah restoran cepat saji nyaris setiap hari. Pun waktu untuk berolahraga dan istirahat berkurang. Pulang kerja, tak berapa lama kemudian tidur karena esok paginya harus bekerja lagi. Weekend bagaimana? Bisa jadi karena saking sibuknya masih harus ke kantor atau memilih bermalas-malasan di rumah.

Kondisi itu bikin prihatin. Beberapa kali saya berkunjung ke rumah sakit dan tak pernah sepi pengunjung. Belum lagi dengan keluhan kehabisan kamar untuk rawat inap di beberapa rumah sakit. Jelas sakit ringan hingga berat diakibatkan oleh efek global dari hal-hal di atas yang saya sebutkan. Cukup kompleks masalahnya sih. Kita dituntut untuk tetap sehat dalam perubahan cuaca ekstrim seperti itu. Biasanya sih kalau tubuh sedang drop, gangguan saluran pencernaan dan pernapasan melanda. Penyakit berat biasanya diakibatkan oleh penyakit ringan yang diabaikan. Nah.

Mau di mana pun, kapan pun, dan bersama siapa pun rasanya kalau badan kurang fit bisa bikin keseruan berkurang. Saya jadi ingat waktu sedang trip ke Lampung selama tiga hari penuh. Sebenarnya tidak tiga hari juga sih, tapi seminggu penuh,  perjalanan dari Situbondo-Jakarta pulang pergi harus dihitung. Tanpa persiapan matang saya nekat berangkat ke Lampung. Maksudnya dalam kondisi yang memang sebenarnya agak tidak sehat, tapi berusaha sok sehat.


Trip hari ketiga di Lampung bersama Blogger Cihuy. Wajah saya sudah tampak kelelahan itu.

Memang sih rencananya tidak ikut trip dengan banyak pertimbangan, tapi ada alasan yang lebih kuat untuk ikut. Dan tahu apa yang terjadi? Hari kedua setelah mengarungi laut sepanjang harinya, badan langsung terasa remuk. Jika teman lain masih bisa bercanda tawa dengan lepas, saya kudu menahan diri sedikit untuk mengurangi luapan emosi. Apalagi saya harus menggerutu karena masih ada tempat lain yang harus dikunjungi. Dalam hati masih ingin berkelana menikmati malam. Sementara itu, badan sudah tidak bisa diajak kompromi. Tidak ada yang bisa saya lakukan lagi selain minum obat. Padahal bisa dibilang saya antiminum obat kalau tidak terpaksa.

Kalau sudah sakit begitu, sistem imun saya berarti sedang drop. Memang sudah saatnya badan istirahat. Sakit sebenarnya bisa dicegah dengan menyiapkan amunisi agar badan tidak sakit. Ya, sehat itu mahal. Nih ya saya lagi iseng bikin program #Sehat365Hari mulai bulan Maret 2017. Sebenarnya bukan iseng, tapi ini jadi upaya saya menjaga kesehatan. Sakit bisa dicegah dengan menyiapkan asupan cukup, rajin olahraga, dan berpikir positif. Iya serius, bulan ini saya sudah programkan untuk itu semua. Mengingat sistem imun saya gampang anjlok.

Sistem Imun
Sistem imun itu apa sih? Sistem imun itu bagian dari sistem biologis sebagai bentuk pertahanan dari penyakit atau serangan infeksi dari mikroorganisme jahat atau paparan benda asing. Yang paling gampang disebut itu sakit flu. Beuh, sebenarnya memang flu tidak bisa disembuhkan, tapi dilawan dengan meningkatkan sistem imun dalam tubuh.

Sistem imun dalam tubuh bisa dibilang unik. Untuk sakit yang umum diderita, misalnya demam dan flu, itu memang jadi sinyal agar tubuh kita beristirahat. Telalu banyak aktivitas di luar tanpa diimbangi olahraga dan nutrisi cukup, memang membuat tubuh memaksa kita untuk istirahat. Ya, tapi sayangnya kalau libur bekerja, banyak pekerjaan terbengkalai. Menambah penyakit iya, karena stres. Iya kan?

Sistem imun mencegah sakit (kredit: everydayhealth.com)

Sistem imun melindungi tubuh dari penyakit, menghancurkan mikroorganisme jahat, dan memperbaiki jaringan rusak. Tanpa sistem imun tubuh yang baik daya tahan tubuh lemah, apalagi menghadapi kondisi lingkungan yang mulai tak menentu. Bobot yang semakin meningkat (obesitas), rongga hidung terlalu kering, kurang minum, stres berkepanjangan, sering tidak enak badan, dan sering konsumsi banyak gula termasuk beberapa hal yang menunjukkan bahwa daya tahan tubuh kita lemah.

Orang obesitas menyebabkan ketidakseimbangan hormon, peradangan, dan mengganggu kemampuan tubuh melawan infeksi. Sementara itu jika rongga hidup terlalu kering mengakibatkan mudahnya organisme jahat masuk ke dalam sistem pernapasan. Lendir pada rongga hidung memiliki banyak manfaat, salah satunya untuk menghindari bakteri dan virus masuk ke dalam saluran pernapsan. Lendir menjebak organisme jahat lo

Kurang minum juga jadi salah satu sebab daya tahan tubuh kita rendah. Air merupakan zat cair yang membersihkan. Tahu kan mengapa air digunakan untuk berwudu? Kalau kita sering mengonsumsi bahan kimia atau makanan tidak sehat, dengan minum air bisa jadi penetralisir. Banyak minum artinya akan lebih banyak racun yang akan diserap dan dikeluarkan dalam bentuk urin. Apalagi jika kita stres, gampang sakit. Akan sering mengeluh sakit kepala, leher, atau tidak enak badan. Nah ini lagi. Menurut riset, lima jam setelah makan 100 gram gula, kemampuan sel darah putih melawan kuman penyakit akan turun drastis. Jadi tahu kan sekarang, konsumsi gula berlebih menurunkan sistem kekebalan tubuh.

Sehat dengan herbal

Minum herbal adalah salah satu cara menjaga sistem imun tubuh

Anyway, saya adalah orang yang doyan herbal. Setiap hari saya konsumsi teh hangat, selang beberapa hari saya meracik herbal dengan bahan-bahan yang ada di dapur dan di sekitar. Atau.... saya beli jamu. Biasanya setiap sore ada penjual jamu keliling. Kurangnya sih memang satu, kurang olahraga. Namun, kalau berbicara herbal, saya selalu punya referensi khusus. Mau tahu? Nih saya bisikin, coba cek www.serbaherba.com. Ya wajarlah kalau saya selalu ingin sehat. Meracik herbal sendiri juga ada ilmunya lo. Ada beberapa herbal yang memang tidak boleh dikonsumsi oleh ibu-ibu hamil, atau tidak semua bagian tanaman bisa digunakan sebagai herbal. Iya kan? Saya tahu kamu sedikit malas bongkar-bongkar itu situs. Buat kamu dan kita yang terlalu sibuk bekerja sampai tidak punya waktu menyayangi tubuh sendiri, saya punya artikel buat kamu (dari website itu juga sih). Cocoklah untuk menjaga daya tahan tubuh kita, jadi kita bisa siaga dan yakin deh program yang saya lakukan #Sehat365Hari otomatis akan kita lakukan. Nih artikel cara menjaga kesehatan tubuh, simpan artikel ini http://www.serbaherba.com/daya-tahan/. Ada beragam info sehat di sana. Juga mulai mengenal jenis-jenis herbal untuk menjaga kesehatan kita. 
Ada banyak tips kesehatan di sini

Eh tapi ini serius. Karena saya rajin minum herbal, saat cek kesehatan di rumah sakit atau sakit yang disebabkan oleh kecerobohan sendiri, misalnya infeksi pada pusar saya, kan biasanya dicek oleh suster. Tekanan darah saya selalu normal. Pernah juga ada cek kesehatan gratis dan hasilnya semua normal termasuk kandungan gula darah.

Saya lebih percaya produk herbal ketimbang obat kimia

Saya memang suka pilih-pilih untuk konsumsi produk kesehatan. Kudu yang benar-benar terpercaya dan alami. Kalau sedang repot, biasanya memang suka browsing produk herbal yang sehat. Saya percaya herbal sudah sejak lama. Apalagi sering mendapat cerita bahwa ada orang-orang sembuh berkat herbal yang mereka konsumsi. Pokoknya target 365 hari ke depan gak boleh sakit. Kudu ada suplemen khusus. Tidak sengaja diperkenalkan produk Stimuno Forte, ya melalui serbaherba.com juga. Saya kan begitu, kalau sudah ada website terpercaya suka sulit move on. Saya mau bagi-bagi tips saja sih buat kamu yang juga peduli dengan tubuh, sudah teruji klinis juga. Informasi produknya kamu bisa cek di sini http://www.serbaherba.com/product_reviews/stimuno-forte/. Di kota besar yang sulit cari herbal kalau tidak menanam sendiri, baik konsumsi ini setiap hari, sebab Stimuno Forte membantu membangun sistem inum agar lebih kuat. Bagaimana cara kerjanya? Yaitu dengan memperbanyak produksi antibodi sehingga badan kita lebih kebal terhadap penyakit. Ada yang bentuk kapsul dan sirupnya lo

Meniran (Phyllanthus niruri) dapat meningkatkan sistem imun tubuh

Stimuno Forte juga herbal, cocok untuk saya yang herbal lovers. Apalagi mengandung ekstrak meniran (Phyllanthus niruri), yang termasuk herbal endemik Indonesia. Meniran dipercaya sebagai panasea, di mana fungsinya sebagai immunomodulator, antibakteri, hepatoprotector, antidiabetes, dan antikanker. Secara tradisional, meniran diolah dengan direbus. Air rebusan itu dikonsumsi langsung dua kali sehari. Meniran di Situbondo masih banyak, saya bisa mengolahnya sendiri di rumah, tapi buat kamu yang tinggal di kota besar, mau cari meniran di mana? Mending konsumsi produk herbal yang sudah jelas terpercaya kan? Cobain deh minum stimuno forte setiap hari! InsyaAllah sistem imun meningkat dan kita bisa sehat sepanjang tahun 2017 dan seterusnya. (Uwan Urwan)

12 comments:

Awan said...

Ooh Stimuno ada buat orang Dewasa ya Kang, kirain anak kecil doang. *kudet :D

Setuju kalo ada yang herbal, kenapa pilih yang kimia :)

agus wibowo said...

wadaw..senior minumnya stimuno forte, ternyata ini rahasianya awet muda..hehehe

uwanurwan said...

yoeettt.... herbal itu pilihan utama kang imawan

uwanurwan said...

ahahahah.... apaan kakak. Ini masih muda.. usia 15 tahun lo. Ini aja baru pulang sekolah.. wkwk

Keluarga Biru said...

Iya neh sekarang cuaca tak menentu, kayak minggu lalu saat berangkat Jumatan panasss terik banget, eh pas sholat mulai mendung dan akhirnya hujan deressss. Gimana tubuh kita ga ngedrop kalau kayak gitu.
Untung ada Stimuno jadi ga kuatir ngedrop.

prana ningrum said...

stimuno forte memang oke ya...aku juga nyetok di rumah

Rani Ayuna said...

Produk herbal memang lebih aman dan ampuh untuk menjaga kesehatan :)

uwanurwan said...

hahha.. minuman nkita sama dong kakak. Toss... sehat terus yaaa...

uwanurwan said...

ngetss kak. ibu juga minum kemaren pas mau sakit....

uwanurwan said...

betul kak.... saya sudah lama percay sama herbal. Jarang banget minum obat kalo gak bener2 terpaksa nih....

Wichan said...

Programnya jalan gak? Hahahhaha

Searang ini obat herbal emang lagi tinggi peminat, konsumen beralih ke herbal karena ada kandungan utama yg jelas.

uwanurwan said...

Ahaha jalan dongg...


Tiap hari minum herbal.... Suka lupa sih....

Instagram