Perlunya Pemahaman Alergi untuk Mengurangi Dampak Negatif

March 28, 2017

Alergi bisa terjadi pada anak-anak karena makanan, debu, pergantian musim, dan lain-lain (kredit: Uwan Urwan)

Alergi biasanya sering terjadi pada anak-anak. Hal ini disebabkan karena anak-anak masih memiliki daya tahan tubuh yang rendah. Anak yang memiliki penyakit alergi apabila tidak ditangani dengan cepat maka akan menimbulkan penyakit lain yang lebih serius. Alergi dapat ditimbulkan dari berbagai macam, seperti makanan, debu, pergantian musim dan lain sebagainya. Untuk itu sebagai orang tua jika memiliki anak berpenyakit alergi maka perlu memahami penyebab timbulnya alergi pada anak. Karena pemahaman alergi dapat dilakukan apabila telah mengetahui sebabnya, sehingga alergi tersebut dapat dihindari. Seseorang yang memahami penyakit alergi dengan baik maka akan menurunkan dampak negatif yang akan terjadi pada anak. Dampak negatif yang akan ditimbulkan dari penyakit alergi yang berkelanjutan yang tidak ditangani dengan baik, adalah:

  1. Gangguan emosional,
Jika anak yang memiliki alergi tidak ditangani cepat dan baik maka manifestasi klinis pada anak akan memicu terjadinya gangguan emosional anak. Apa bila hal ini terjadi maka anak akan sering rewel, menangis, mudah terkejut, gelisah, bahkan dapat terjadi permasalahan pada konsentrasi anak.

  1. Gangguan motorik dan prilaku,
Anak yang memiliki penyakit alergi akan mengalami penurunan daya tahan tubuh, sehingga dapat mengakibatkan terganggunya aktivitas motorik pada anak.

  1. Gangguan tumbuh kembang anak,
Penyakit alergi yang ada pada anak apabila tidak ditangani cepat maka akan mengakibatkan penurunan kesehatan dan sistem kekebalan tubuh. Hal ini dapat menimbulkan berat badan yang susah naik dan anak menjadi mudah terserang penyakit lain.


Informasi pemahaman alergi perlu dikonsultasikan dengan dokter alergi anak sehingga bisa dilakukan oleh orang tua untuk mencegah terjadinya dampak negatif yang akan timbul pada diri anak. Dengan memahami penyebab alergi maka akan dapat mencegah dan mengatasinya. Jika anak alergi terhadap suatu makanan tertentu maka janganlah memberikan makanan tersebut kepada anak. Anak yang masih balita biasanya alergi terhadap susu sapi, sehingga seorang ibu harus mengganti susu sapi tersebut dengan ASI agar anak tidak terserang alergi.

You Might Also Like

6 komentar

  1. Kunbal niii...
    Salah satu anakku punya riwayat alergi di masa kecilnya.
    Tapi alhamdulillah sekarang sudah bisa makan seafood dan serba ikan, tentunya di porsi yang wajar.

    Salam siang dari ujung timur Lombok.

    ReplyDelete
    Replies
    1. alhamdulillah. sehat terus ya Mbnak anaknya..... temenku alerginya aneh malah... kalo makan ikan yang di jakarta gatel gatel.. tapi kalo makan ikan yang nyarinya di perairan lain yang polutrannya dikit malah g gatel2... alergi bahan kimia hehehe...

      Delete
  2. Alergi yg bikin sensi gak cuma di anak kecil. Orang dewasa juga bisa ngamuk2. Hahahhaha

    ReplyDelete
  3. aku mah alregi dingin , selalu mules , kadang diare, jadi selalu siap norit

    ReplyDelete
    Replies
    1. ooh untunglah ada penanganannya mbak.... kalo g ada mah yang susah kalo ke daerah dingin

      Delete
  4. Alhamdulillah anakku ga ada yg kena alergi smpai sekarang. Kalo ibunya ada satu alergi. Alergi tanggal tua 😂😂

    ReplyDelete

Sangat senang kalau kamu berkenan meninggalkan komentar di sini. Kamu jaga kesehatan ya. 💪

Instagram