Skip to main content

Jangan Menabung Kalau Ingin Hidup Melarat

"Mangkanya kalau punya uang ditabung," kata temanku dulu.

Waktu itu saya masih duduk di bangku SMA kelas XI. Saya masih ingat betul pesannya sampai sekarang. Dia bisa beli handphone. Waktu itu masih zamannya alat komunikasi poliponik. Saya belum punya. Seringkali merepotkan teman hanya untuk sms ke saudara untuk hal-hal penting. Tak jarang juga diabaikan karena tidak diizinkan meminjam atau meminta satu sms saja meski niat hati ingin membayar biaya sms. Waktu itu satu sms masih seharga Rp350 dan itu tergolong mahal. Jika setiap hari menggunakan Rp3.500 untuk 10 sms, satu minggu menghabiskan Rp24.500. Belum lagi jika harus telepon. Biaya sms Rp350 sudah yang paling murah. Belum banyak bermunculan operator seluler pada zaman itu. Tapi poin dari tulisan ini bukan masalah harga telepon dan sms.


Tak sengaja saya bongkar-bongkar lemari dan menemukan secarik kertas. Isinya percakapan saya dengannya. Begini kira-kira

Eh kamu kalo tiap hari dikasih sangu berapa sih?


Berapa ya. Gak sebanyak kamu. Tapi saya jarang jajan di sekolah. Sering puasa. Uangny saya tabung.



Kamu kok bisa nabung sih? Aku kok enggak?



Mangkanya jangan jajan terus. Sering-sering puasa. Aku dua hari kemaren gak dikasih sangu. Gak enak mau minta. Kasian juga sama bapak ibu. Kamu juga gitu. Punya uang ditabung biar kalo mau beli apa yang dipengenin gak bingung. Aku aja beli hape pake uang tabunganku.


Setelah itu tak ada percakapan lanjutan. Nampaknya saya merenung setelah dikasih wejangan, tapi hanya merenung. Sistem regulasi keuangan pribadi layaknya lalu lintas yang ke sana ke mari dengan cepat. Jika mendapat gaji, tiga hari kemudian langsung berada pada kondisi keuangan pas-pasan dan pada pertengahan bulan sudah krisis. Kenapa bisa begitu? Ya, saya kurang bisa mengatur keuangan. Tidak bisa sedikit melihat apa yang diinginkan, langsung dibeli tanpa pikir panjang.

Tenang, tenang. Saya akhir-akhir ini sudah siapkan kotak khusus untuk menyimpan uang receh. Memulai dari yang kecil boleh kan? Sudah terkumpul beberapa receh dari koin Rp100 sampai yang Rp1.000. Jadi, setiap receh yang saya terima, baik dari hasil kembalian atau punya ibu dan bapak di rumah, saya ambil dan masukkan ke dalam kotak itu. Hihi. Dan syaratnya tidak boleh diambil. Sengaja. Soalna tahun lalu saya melakukan hal yang sama, tapi gagal karena kondisi keuangan benar-benar sulit. Sementara itu tidak memungkinkan untuk meminta uang pada bapak dan ibu.

Tabungan receh saya

Kenapa saya harus menabung dengan benar dan punya komitmen kuat untuk itu? Menabung banyak manfaatnya loh. Jika saya kembali lagi pada secarik kertas perbincangan dengan teman saya, harusnya saya sudah bisa beli laptop lagi jika sejak setahun terakhir menabung. Iya kan? Tapi nyatanya saya belum mampu membelinya dengan uang hasil kerja selama ini. Apalagi beberapa kali saya mendengar cerita bahwa dengan menabung, seseorang bisa beli motor, mencicil rumah, menyekolahkan anak, travelling ke luar negeri, sampai berhaji. Itu berkat menabung. Nih ya saya kasih bocoran faedah yang bisa kita ambil kalau menabung, yaitu

Belajar sabar
Buat kita yang boros atau tidak tahan godaan. Jika melihat barang yang lucu atau unik, ingin membeli rasanya, ingin dibawa pulang. Tidak peduli berapa besar uang yang dikeluarkan, kalau sudah ingin benda/jasa yang itu, harus segera dikabulkan. Jika tidak akan terus menjadi beban pikiran bahkan tidak bisa tidur.

Biasanya kasus ini terjadi untuk orang-orang yang punya hobi, hobi yang hanya hobi, tidak untuk dikembangkan dalam bisnis. Jadi buat saya hobi kadang menjerumuskan. Saya pernah kehabisan uang dan akhirnya pinjam uang tetangga karena kalap membeli barang-barang yang memang khusus untuk dikoleksi. Nyatanya barang tersebut tak berfaedah. Hanya membuat senang sesaat saja.

Kalau kamu punya hobi tertentu, cobalah untuk benar-benar bersabar untuk menahan diri tidak membeli barang kalau benar-benar tidak butuh.

Hidup hemat
Dengan meminimalkan pengeluaran untuk ditabung artinya kita lebih hemat. Jadi tahu mana yang harus diprioritaskan dan mana yang tidak. Belum lagi kalau ada pengeluaran mendadak, misalnya uang les tambahan, tetangga meninggal, teman baru melahirkan anak, patungan buat liburan, dan lain-lain. Bayangkan kalau semua uang kita dibelanjakan untuk hal-hal yang tidak berguna? Akan kesulitan untuk ikut liburan dengan teman-teman, pinjam sana-sini untuk beli kado, dan berakhir tidak enak tidur karena terlilit utang.

Punya cadangan uang saat ada kebutuhan mendesak

Senang kalau bisa travelling dari hasil tabungan

Nah poin ini sudah dijelaskan di atas. Pokoknya keuntungan menabung itu ada cadangan uang. Kita tidak pernah tahu apa yang akan terjadi pada masa depan. Segalanya harus direncanakan baik-baik meski kadang tidak selalu berhasil. Tiba-tiba kita sakit yang mengakibatkan harus ke dokter. Tahu kan biaya ke berobat ke dokter tidak murah. Belum lagi obatnya. Jika uang di dompet habis, tinggal pakai uang yang ada di tabungan.

Investasi hari tua
Emas bagus untuk investasi jangka panjang

Gila kalau kita boros. Beberapa orang sudah berinvestasi dengan mendaftarkan diri di asuransi. Saat tua dan kita tidak bekerja lagi, tidak perlu pusing-pusing lagi. Atau kalau kita pensiun dari pekerjaan lalu bingung mau bekerja apa lagi, untuk sementara bisa menggunakan uang hasil tabungan kalau tidak punya uang. Investasi bukan hanya dalam bentuk uang lo. Investasi bermacam-macam, bisa emas, barang-barang berharga di rumah, rumah, tanah, dan lain-lain. Nah untuk menabung memang awalnya dalam bentuk uang. Biasanya kalau sudah banyak, uang dibendakan jadi tanah, bangunan, dan lain-lain yang nantinya bisa dimanfaatkan untuk hal lain. Contohnya saja untuk dikontrakkan, dijadikan kebun buah, dan dijadikan toko atau kafe. 

Menghindari utang
Utang memang menyebalkan. Siapa yang tidak pernah pinjam uang tetangga? Kalau kamu jawab "saya", artinya hebat. Hidup tanpa utang itu indah banget. Hidup jadi nyaman, aman, tenteran, dan sentosa. 

Perencanaan keuangan yang baik bisa menghindarkan diri dari terlilitnya hidup kita dari utang. Saya lagi belajar mengatur keuangan. Dengan pemasukan berapa pun, pengeluaran kudu dipikirkan terlebih dahulu. Ya kecuali untuk investasi sih. Saya biasanya berinvestasi cat air, kertas, kanvas, dan barang-barang mentah untuk kerajinan saya. Jangan khawatir barang itu hilang. Suatu saat pasti berguna. Kalau ada teman menikah, melahirkan anak, butuh dekorasi rumah, tinggal keluarkan koleksi produk seni saya. Ya beberapa orang menyukai dan menghargai karya seni, karena karya-karya seperti itu biasanya cuma ada satu di dunia. 

Lebih menghargai nilai uang
Ini nih poin penting buat saya. Sebelum tersadar, biasanya suka belanja hal tidak penting atau jajan di luar. Uang rasanya tidak berharga. Setiap membeli sesuatu tapi keadaan keuangan mepet, dalam hati selalu membenarkan, "Besok-besok pasti ada rezeki lebih." Ya, prinsip seperti itu berlaku untuk orang yang banting tulang kerja setiap hari dengan gaji harian, misalnya pedagang asongan, penjual siomay, dan pengusaha lain. Tapi untuk saya yang dulu kerja di perusahaan dengan gaji bulanan dan selalu bergantung pada itu, harus benar-benar mengatur keuangan dengan baik. Kalau ada pekerjaan sampingan sih boleh.

Prinsipnya sudah benar sih, cuma harus disesuaikan dengan realita. Mungkin gaji tidak bertambah, tapi insyaallah rezeki lain ada, misalnya ditraktir teman atau tiba-tiba bertemu teman di jalan akhirnya bisa nebeng. Hemat ongkos angkot Rp7ribu. Pasti bisa makan sampai akhir bulan, hanya saja ya begitu, agak terlilit. Ya, akibat kurangnya manajemen keuangan.

Dengan menabung kita bisa menghargai uang sekecil apapun. Kita tidak akan menyepelekan koin Rp100. Tanpa koin Rp100 uang Rp900 tak ada artinya. Seringkali saya temukan uang receh Rp100 dan Rp200 tergeletak di jalan dan tak ada yang mengambilnya. Kalau saya, sudah pasti diambil. Biasanya saya kumpulkan. Entah itu untuk koleksi atau untuk jaga-jaga pada tanggal tua saat receh menjadi sangat berharga.

Bisa disiplin
Nabung bikin hidup jadi disiplin dan tegas, juga berkomitmen. Cuma memang harus dijaga agar stabil. Untuk bulan-bulan awal mungkin kesulitan. Namun jika dijalani dengan baik pasti lancar. Anggap saja setiap hari kita menabung Rp1.000. Pokoknya tidak boleh diambil sampai satu tahun, misalnya. Rp1.000 x 365 hari = Rp365.000. Bisa dibilang ini jumlah yang kecil untuk ukuran masyarakat perkotaan. Tapi jangan dilihat nilainya, perjuangan untuk menghasilkan itu membutuhkan effort tinggi lo. Untuk orang-orang tertentu yang memilih menabung dengan jumlah lebih besar pasti akan terasa sekali. Secara tidak langsung kalau konsisten, kita akan jadi pribadi yang disiplin dan tegas tidak hanya dalam masalah keuangan, tapi hal-hal lain juga.

Mengurangi stres
Saya tidak melakukan survey sih. Hehe. Cuma yang saya rasakan, stres yang dialami orang-orang kebanyakan pasti bersumber dari uang. Manajemen keuangan yang buruk meningkatkan stres. Coba lihat berapa banyak pungli dan koruptor di sekitar kita? Hal-hal seperti ini memang sudah menjadi budaya, cuma harus ditangani secepat mungkin. Mulai dari diri sendiri. Banyak orang menghalalkan segala cara untuk mendapatlan keuntungan lebih buat pribadi. Karena apa? Uang. 

Uang dapat membuat stres lo. Tidak bisa belanja, tidak bisa berobat, tidak bisa membeli barang yang disukai, kadang juga menyebabkan antisosial akibat tidak enak kalau harus ditraktir makan, dan lain-lain. Menambah penyakit iya kan? 

Bisa membeli barang yang diinginkan
Nah ini dia juga yang paling seru. Saya beberapa kali bertemu orang yang bisa membeli rumah dengan hemat dan menabung. Bukan berarti pelit ya. Oh ya jangan lupakan zakat. Insyaallah saya selalu menunaikan zakat setiap mendapat rezeki. Aamiin semoga selalu begitu.  Tak jarang juga saya temui teman yang alhamdulillah bisa mencicil kredit sepeda motor sampai lunas. Mereka juga bisa beli perlengkapan untuk bayi, dekorasi rumah, sampai membiayai anaknya sampai lulus kuliah. Saya adalah contohnya. Saya sekolah sampai perguruan tinggi akibat orangtua yang disiplin dalam menghemat pengeluaran tidak penting. Atau bisa travelling ke luar pulau bersama teman-teman berkat menabung. Seru lagi apalagi bawa oleh-oleh yang dibagi-bagikan kepada saudara. Ada perasaan bangga.

Hai, saya sudah sarjana lo

Nah, bagaimana? Masih ingin boros? Tidak takut stres berkepanjangan akibat tidak punya uang atau dikejar-kejar rentenir? By the way, tulisan ini juga buat saya loh. Setiap menulis, selalu jadi bahan introspeksi buat saya ke depannya. Dan kalau kamu punya uang yang lebih besar, alangkah baiknya kalau ditabung di bank sih. Nabung di bank aman apalagi sudah dijamin Lembaga Penjamin Simpanan Republik Indonesia. Dijaminnya sampai Rp2juta pula.

Siapa yang tidak bahagia jika tabungannya banyak?

Buat kamu yang khawatir uangnya dirampok, dimaling, dimakan rayap, atau pelan-pelan diambil untuk kebutuhan tak terduga, saya sarankan simpan di bank. Kalau tidak di bank umum, masih ada bank syariah kan. Yuk menabung! (Uwan Urwan)

Comments

Paling banyak dibaca

Mengilhami Dinding Sel Supermini

Pohon mangga ( Mangifera indica ) setinggi 4 m berdiri kokoh di halaman kantor saya. Daunnya rimbun membentuk payung hidup. Saat berdiri di bawah naungannya, angin sejuk dapat saya rasakan. Tentu saja, oksigen sebagai hasil metabolisme tanaman anggota family Anacardiaceae itu membersihkan karbondioksioda di udara dan digantikan oleh unsur yang bersifat oksidator. Pantas jika setiap orang yang ternaungi, tak hanya terlindung dari terik matahari, tetapi juga merasa segar. Pohon mangga (kredit: irwantoshut.net )        Tanaman itu sangat kokoh dan konsisten berdiri bertahun-tahun bahkan kian tinggi. Meski tidak memiliki rangka seperti hewan dan manusia, tanaman (tak hanya mangga) memiliki rangka-rangka dalam berukuran mikroskopis. Rangka-rangka itu dapat disebut dinding sel. Sebenarnya tidak tepat jika saya mengatakan bahwa dinding sel adalah rangka dalam (endoskeleton) tanaman, tetapi fungsinya mirip dengan sistem rangka pada tubuh hewan. Itu terbukti pada fungsinya yang memberi be

Jamur blotong Nama Ilmiahnya Ternyata Coprinus sp.

Saya menduga jamur yang selama ini saya beri nama jamur blotong nama ilmiahnya Coprinus sp. Setiap usai musim giling, biasanya musim hujan, saya dan tetangga berburu jamur ini di tumpukan limbah blotong di dekat Pabrik Gula Wringin Anom, Situbondo. Jamur Coprinus sp . tumbuh di blotong Asli, kalau sudah tua, payungnya akan berwarna hitam seperti tinta dan meluruh sedikit demi sedikit Sudah sekian lama mencari tahu, berkat tulisan saya sendiri akhirnya saya tahu namanya, meski belum sampai ke tahap spesies . Jamur yang bisa dimakan ini tergolong dalam ordo dari Agaricales dan masuk dalam keluarga Psathyrellaceae. Selain itu, jamur ini juga suka disebut common ink cap atau inky cap (kalau benar nama ilmiahnya Coprinus atramentarius ) atau Coprinus sterquilinus (midden inkcap ) . Disebut begitu karena payungnya saat tua akan berwarna hitam dan mencair seperti tinta. Nama yang saya kemukakan juga berupa dugaan kuat, bukan berarti benar, tapi saya yakin kalau nama genusnya Copr

100 Blogger Keren Berkumpul! Orang-orang Terbang ke Jakarta Demi Momen Ini...

Dunia blogger bukan lagi sekadar hobi, tetapi sebuah panggung untuk menggali potensi tak terduga. Menemukan ratusan blogger dari berbagai latar belakang dan talenta yang beragam adalah sebuah pengalaman yang luar biasa. Mereka tidak hanya menulis, tetapi juga menjadi fotografer, desainer, dan penggiat seni lainnya. Bergabung dalam komunitas yang beragam ini membuka mataku tentang keberagaman dan kemungkinan yang tak terbatas di dunia maya. Keajaiban Acara BloggerDay 2024: Inspirasi, Peluang, dan Persahabatan BloggerDay 2024 adalah magnet bagi blogger dari seluruh Indonesia. Acara ini bukan hanya tentang berbagi tips dan trik, tetapi juga tentang membangun hubungan, menciptakan peluang, dan menemukan teman sejawat. Bertemu dengan 100 blogger keren dari berbagai penjuru memberikan energi dan inspirasi yang luar biasa. Ini adalah momen langka di mana bakat, kreativitas, dan semangat bersatu untuk merayakan kekuatan komunitas. Mendekati Masa Depan Blogger dengan Dukungan Para Sponsor Acara

Bagaimana menu isi piringku yang benar?

Sering mendengar frase Isi Piringku? Hem, sebagian orang pasti tahu karena kampanye yang dimulai dari Kementerian Kesehatan ini sudah digaungkan di mana-mana, mulai dari media sosial, workshop-workshop kesehatan di daerah-daerah, dan sosialisasi ke ibu-ibu begitu ke Posyandu.  Slogan Isi Piringku menggantikan 4 Sehat 5 Sempurna Isi Piringku adalah acuan sajian sekali makan. Kampanye ini sudah diramaikan sejak tahun 2019 menggantikan kampanye 4 sehat 5 sempurna. Empat sehat lima sempurna terngiang-ngiang sekali sejak kecil. Terdiri dari nasi, lauk-pauk, sayur-mayur, buah-buahan, dan susu adalah kombinasi sehat yang gizinya dibutuhkan tubuh, sebab mengandung karbohidrat, protein, vitamin, dan mineral, susu adalah penyempurnanya. Kenapa harus berganti slogan?  Slogan 4 Sehat 5 Sempurna yang aku tangkap maknanya, dalam setiap makan harus ada empat komposisi dan susu. Mengenai jumlahnya, aku bisa ambil nasi lebih banyak dengan sedikit sayur atau sebaliknya, atau sebebas-bebasnya kita saja.

Alun-alun Situbondo Dulu dan Sekarang

Alun-alun ibarat pusat sebuah kota, semua orang bisa berkumpul di tempat itu untuk berbagai kegiatan, sebagai ruang publik, ruang sosial, dan ruang budaya. Alun-alun sudah ada sejak zaman Kerajaan Majapahit. Umumnya alun-alun dikelilingi oleh masjid, pendopo, penjara, dan area perkantoran dan dibatasi oleh jalan. Dulunya area ini dipagari Begitu pun Alun-alun Situbondo, batas selatan adalah pendopo, batas barat adalah Masjid Agung Al-Abror, batas timur adalah penjara, dan area perkantoran ada di bagian utara. Dulu, ada pohon beringin besar di tengah-tengah alun-alun Situbondo. Aku tidak ingat betul seberapa besar tapi yang aku tahu dulu ada di tengah-tengah. Masjid Al-Abror juga sudah jauh lebih bagus sekarang Alun-alun Situbondo pernah punya pohon beringin besar Gerakan protes pada akhir masa kepemimpinan Presiden Abdurrahman Wahid, tahun 2001, memicu gerakan besar yang menumbangkan sekitar seratus pohon, termasuk pohon beringin di alun-alun karena dianggap sebagai simbol partai Golka

Insto Dry Eyes: Rahasia Menghadapi Mata Kering dan Computer Vision Syndrome

Pernahkah kamu merasakan matamu berkunang-kunang dan migrain setelah seharian menatap layar hape? Aku mengalaminya. Aku, Uwan Urwan, seorang pengembara kata, pemburu cerita, dan pencipta puisi, nyaris terjebak dalam jerat kecanduan layar. Mata yang lelah dan kering menjadi teman setia. Pengalaman Mata Kering karena Terlalu Lama Menatap Layar Hape Keseharianku sebagai seorang blogger, kreator konten, dan penulis puisi membawaku dalam aliran teknologi, menyulut pancaran cahaya layar sepanjang hari. Awalnya hanya urusan pekerjaan, namun perlahan, kebiasaan membuka hape dan laptop terus menggelayuti, meski cahaya pekerjaan telah surut. Mataku pun menjadi korban kelelahan yang terabaikan. Dalam dunia maya, aku menemukan kebahagiaan berinteraksi, meresapi riset para peneliti, dan terbius oleh pancaran cahaya teknologi. Sulit untuk melepaskan diri dari belenggu kecanduan layar hape, bahkan dalam momen-momen sederhana sehari-hari. Namun, kebahagiaan hakiki ditemukan ketika berada di tengah-ten

Bagaimana ASUS ROG Phone 8 Mengubah Cara Aku Bekerja!

Aku, Uwan Urwan, menggenggam erat peran sebagai penulis, kreator konten, dan gamer dalam dunia freelance yang penuh tantangan. Hidupku berkutat dengan smartphone, alat sehari-hari yang memegang kendali terhadap pekerjaanku. Namun, kebahagiaan ini sering terhalang oleh masalah yang timbul dari smartphone yang sudah lama menemani langkahku. Rusaknya Hape Lama: Layar Buram, Kamera Rusak Layar yang mulai muncul bercak-bercak yang sangat menggangu dan kamera depan yang tidak berfungsi. Itu menjadi mimpi buruk bagi seorang freelancer sepertiku. Setiap kata yang kucatat, setiap gambar yang kurekam, semuanya terasa terhambat oleh keterbatasan ini. Selain kamera depan yang rusak dan layarnya sudah muncul bercak, smartphone ini harus aku isolasi karena LCD-nya sudah bisa copot Apalagi jika ada job review yang mengharuskan membuat video atau berfoto selfie dengan produk. Rasanya seperti ingin membatalkan kerjasama tapi mau tidak mau aku harus mengerjakannya agar bisa bertahan hidup. Mau tidak mau

Styrofoam Aman Digunakan Kok. Siapa Bilang berbahaya?

Hasil pengujian Badan POM RI terhadap 17 jenis kemasan makanan styrofoam menunjukkan bahwa semua kemasan tersebut memenuhi syarat, artinya styrofoam aman digunakan. Sampai detik ini tidak ada satu negara pun melarang penggunaan styrofoam atas dasar pertimbangan kesehatan. Pelarangan penggunaan styrofoam, nantinya akan jadi sampah non organik, di beberapa negara biasanya berhubungan dengan pencemaran lingkungan. Padahal daur ulang styrofoam sangat mudah. Menurut JECFA-FAO/WHO monomer stiren pada wadah gabus tidak mengakibatkan gangguan kesehatan jika residunya berada di ambang batas 40-500 ppm. Kalau mencapai 5000 ppm bisa menyebabkan kanker. Bungkus makanan hangat pakai styrofoam aman kok Kemasan makanan styrofoam ternyata sebagian besar adalah udara Badan POM RI menguji 17 jenis kemasan, antara lain berupa gelas POP MIE rasa baso, gelas POP Mie Mini rasa ayam bawang, mangkuk NISSIN Newdles Mie Goreng Pedas Kriuk Bawang, mangkuk Bowl Noodle Soup Kimchi flavour Vegetal, kot

Teknologi Scanner dan Printer yang Makin Hebat

Kebutuhan scan dan cetak dokumen sudah sejak dahulu kala ada dan masih diperlukan. Meskipun saat ini sudah banyak perusahaan, organisasi, sekolah, dan kampus yang beralih online, tapi untuk kebutuhan tertentu, dokumen hardcopy sangat penting. Meskipun ada aplikasi scanner, keberadaan scanner yan dijual secara offline tak mengurangi peminatnya sebab secara kualitas aku sangat puas dengan scanner yang mesin. Scanner sekarang pun spesifikasi dan fiturnya lebih canggih, tak perlu repot lagi mencari apliksi scanner tanpa watermark. Kita bisa scan apa saja termasuk scan kartu vaksin. Sementara itu printer terbaik 2021 pasti tergantikan dengan printer terbaik 2022 karena teknologi selalu berkembang.  Scanner tanpa watermark, memindai dua sisi dalam sekali scan Perlu scan dokumen yang di dalam satu kertas, dua sisinya ada tulisannya? Aku punya rekomendasi buat kamu, yaitu HP ScanJet Pro N4000 snw1 Sheet-feed Scanner. Panjang sekali ya namanya. Hehe. Scanner ini tentu akan mempermudah pekerjaan

Bunga Telang Ungu (Clitoria ternatea) Jadi Alternatif Pengganti Indikator PP Sintetis

Makin ke sini, ketenaran bunga telang (Clitoria ternatea L.) kian meluas. Banyak riset terbit di internet, juga tak ketinggalan pecinta herbal dan tanaman obat ikut berkontribusi memperluas infromasi itu.  Bunga telang ungu, tanaman yang juga dikenal dengan nama butterfly pea itu termasuk endemik karena berasal dari Ternate, Maluku, Indonesia. Meski begitu, banyak sumber juga mengatakan bahwa bunga telang berasal dari Afrika, India, Amerika Selatan, dan Asia tropis. Banyak info simpang siur karena sumber-sumber yang aku baca pun berasal dari riset-riset orang. Nanti jika ada waktu lebih aku akan melakukan riset lebih dalam mengenai asal usulnya. Antosianin bunga telang merupakan penangkal radikal bebas Kredit : researchgate.net Bunga telang kaya akan antosianin. Antosianin adalah golongan senyawa kimia organik berupa pigmen yang larut dalam air, menghasilkan warna oranye, merah, ungu, biru, sampai hitam. Tak hanya pada bunga Clitoria ternatea, antosianin juga ada di banyak buah dan say